Lezatnya Makanan dan Minuman Khas Semarang Yang Siap Menggoyang Lidahmu

4 bulan lalu

Kalau kamu jalan-jalan ke Jawa Tengah, ada baiknya kalian mampir ke Semarang untuk mencicipi berbagai kuliner khas daerah tersebut. Ada banyak makanan dan juga minuman yang bisa kamu temui di sana yang merupakan makanan khas daerah tersebut. Dengan cita rasanya, bentuk dan juga ragam namanya, berbagai makanan dan juga minuman tersebut tentu saja jarang bisa kalian temui di tempat lain. Untuk menemukannyapun tidaklah sulit, lantaran kota Semarang yang terkenal dengan julukannya Venetie Van Java alias Venesia di Pulau Jawa ini memiliki banyak gerai, rumah makan maupun restoran pinggir jalan yang menjuaal berbagai makanan dan minuman. Penasaran makanan apa saja ? Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman khas Semarang.

1. Lumpia

photo via : www.kincir.com

Kalau kamu pecinta kuliner dan sedang jalan-jlan ke Semarang, jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini yah. Makanan yang satu ini memang tidak boleh kalian lewatkan saat kamu berkunjung kesini. Apa lagi kalau bukan Lumpia yang merupakan makanan khas Semarang yang berisikan rebung yang telah dilapisi dengan kulit seperti rollade. Berbeda dengan lumia yang lainnya, selain diisi dengan rebung, lumpia ini juga berisi isian lainnya seperti udang, telur, daging ayam dan masih banyak lagi yang lainnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Bandeng Presto

photo via : www.pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan sebuah olahan makanan ikan bandeng yang dimasak dengan cara dipresto untuk menghilangkan duri ataupun melunakkan duri-duri yang ada pada ikan. Rasanya yang lezat tentu saja membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya. Sebelumn dipresto, ikan bandeng ini harus diberi bumbu-bumbu terlebih dahulu seperti bawang putih, garam dan juga kunyit yang telah dihaluskan. Buat kamu yang ingin mencoba makanan ini, tidak usah khawatir, lantaran Bandeng Presto bisa kamu temui di banyak tempat di sekitar Semarang. Salah satu penjual Brandeng Presto yang terkenal adalah Bandeng Presto Juwana.

3. Roti Ganjel Rel

photo via : frontoneinnsemarang.com

Nama yang unik memang untuk ukuran sebuah roti. Tapi jangan salah yah, roti ini tidak benar-benar digunakan untuk mengganjel rel kereta api yah. Meskipun jika dilihat dari tekstur dari roti ini memang terasa keras. Roti ganjel rel terbuat dari tepung tapiokan, santan, gula, kayu manis dan air nira. Untuk bagian toping atau atasannya, roti yang satu ini menggunakan biji wijen sebagai pemanis bentuk bagian atasnya. Untuk mendapatkan roti yang satu ini tidaklah susah, lantaran kalian bisa menemukannya hampir di banyak tempat di sekitar kota Semarang.

4. Tahu Bakso

photo via : www.befren.com

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan perpaduan antara tahu dan bakso. Makanan ini dibuat dengan jalan memasukan bakso kedalam tahu yang selanjutnya dimasak. Makanan yang satu ini amat nikmat untuk dinikmati saat sore-sore. Cara penyajiannyapun tidaklah susah dimana makanan ini ada yang digoreng ataupun direbus. Dengan rasanya yang gurih dan juga khas, makanan yang satu ini memang pantas untuk disantap dan dinikmati sembari menunggu untuk beraktifitas.

5. Nasi Pindang

photo via : www.diahdidi.com

Mungkin kalau kalian melihat dari namanya, pasti akan mengira jika makanan yang satu ini ada hubungannya dengan ikan pindang. Secara nama pindang selalu identik dengan ikan yang telah direbus dan diasinkan. Tapi hal ini tentu saja berbeda dengan nasi pindang Semarang ini. Untuk Nasi pindang Semarang, nasi ini merupakan olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah-rempah kluwek dan daun Melinja. Kalau belum kebayang seperti apa, makanan nasi pindang ini bentuknya mirip seperti nasi rawon. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Mangut Welut

photo via : cookpad.com

Kalau makanan mangut ikan tawar mungkin sudah sering kita jumpai di daerah-daerah sektiar kita. Namun kalau untuk MangutWelut sendiri, suit untuk bisa kita temui tentunya selain di Semarang. Welut yang dimaksudkan disini adalah Belut. Seperti yang sudah kita ketahui, Belut merupakan hewan air tawar yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, belut juga memiliki rasa yang gurih saat digoreng hingga kering.

7. Pisang plenet

photo via : www.pegipegi.com

Untuk makanan selanjutnya ini bisa dibilang dapat kita temui di sebagian besar ruas jalan di Semarang. Apalagi di daerah sektiaran jalan Gajah Mada, Semarang, olahan pisang yang satu ini bisa banyak ditemukan. Selain rasanya yang enak dan manis, makanan yang satu ini juga relatif murah. Pisang plenet dijual dengan harga sekitaran Rp 6.000. Sesuai dengan namanya, pisang plenet atau yang berarti pisang penyet ini ibuat dengan cara ditekan hingga gepeng. Rasanya yang manis membuat pisang yang satu ini jadi banyak disukai oleh orang-orang. Apalagi untuk cara penyajiannya juga amat baik yakni disajikan dengan cara ditangkupkan satu sama lainnya seperti sandwich.

8. Tahu Gimbal

photo via : www.titik.online

Jika sebelumnya terdapat makanan dengan tahu yang merupakan campuran antara tahu dan bakso, kali ini maish dengan tema tahu, terdapat makanan dengan anama Tahu Gimbal. Tapi jang kira gimbal disini adalah rambut gimbal yah, lantaran yang dimaksudkan dengan gimbal disini adalah bakwan udang. Makanan ini sendiri dibuat dari perpaduan antara lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan juga tauge yang disiramkan dengan saus kacang berbumbu petis. Untuk rasa dari makanan ii sendiri tidak perlu diragukan lagi. Dengan perpaduan antara rasa manis, gurih dan juga asin, tentu saja membuat makanan yang satu ini jadi terasa amatnikmat untuk disantap.

9. Olahan burung belibis

photo via : www.tripzilla.id

Kalau daging ayam dan bebek sudah biasa kita lihat dan juga makan di berbagai daerah di Indonesia, mungkin olahan dengan menggunakan daging burung yang satu ini belum pernah kalian lihat. Sesuai dengan namanya, daging yang digunakana pada makanan ini adalah daging burung belibis. Untuk rasanya sendiri, daging burung yang satu ini mirip seperti daging unggas lainnya seperti ayam ataupun bebk. Hanya saja, daging belibis terasa lebih empuk untuk dimakan. Hal ini lantaran olahan daging burung belibis ini dimasak dengan menggunakan api kecil dalam waktu yang cukup lama.

10. Wingko Babat

photo via : www.oleholehsemarang.id

Kalau kalian ingin membeli oleh-oleh setelah berkunjung ke Semarang, kue yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Kue Wingko Babat ini terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda dan gula. Kalau kalian ingin mendapatkan makanan yang satu ini, kalian bisa mampir ke jalan Pandanaran Semarang, lantaran disana kalian bisa menemukan banyak sekali penjual Wingko babat disekitaran daerah tersebut.

11. Kue sarang madu

photo via : www.tokopedia.com

Untuk makanan selanjutnya yang bisa juga kalian jadikan oleh-oleh adalah kue sarang madu. Kue yang satu ini merupakan makanan kering yang dibuat dari tepung beras, santan dan juga gula. Untuk bentuknya sendiri, kue yang satu ini mirip seperti ranting bambu dengan olesan gula merah pada bagian atasnya. Kalau urusan rasa, kalian tidak perlu kawatir lagi. Lantaran kue yang satu ini rasanya manis dan juga gurih. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

12. Wedang Tahu

photo via : www.pegipegi.com

Kalau ditempat lain ada yang namanya wedang ronde dan juga wedang jahe, kalau di semarang kalian bisa menemukan wedang tahu di tempat yang satu ini. Minuman unik yang satu ini bisa dibilang amat cocok buatmu yang sedang berburu makanan dan juga minuman di Semarang. Wedang tahu sendiri dibuat dari campuran gula jawa, jahe dan juga kemang tahu yang berasal dari sari kedelai. Untuk rasanya sendiri, tidak perlu dikawatirkan lantaran minuman yang satu ini memiliki rasa yang cenderung manis dan juga menghangatkan.

13. Es Conglik

photo via : ifvellive.blogspot.com

Mungkin hampir semua orang pernah menyantap yang namanya es krim. Apalagi saat ini ada banyak sekali merek eskrim yang membrikan cita rasa yang enak dan juga bentuk yang begitu unik. Namun kalau kalian pergi ke Semarang sebaiknya kalian mampir dan mencoba mencicipi Es Puter Conglik atau yang lebih dikenal dengan nama es conglik. Sama seperti es puter pada umumnya, es puter Cong Lik menggunakan teknik manual dalam hal pembuatannya. Namun, untuk es Cong Lik ini terdapat resep kusus yang membuatnya jadi berbeda sekaligus istimewa tanpa menggunakan pemanis buatan atauun pengawet. Untuk es Cong Lik ini sendiri terdapat empat pilihan variasi rasa yang bisa kamu coba seperti coklat, alpukat, kelapa dan juga durian.

14. Jamu Jun

photo via : traveltodayindonesia.com

Jika sebelumnya adalah es puter, untuk minuman kali ini bernama Jamu Jun. Berbeda dengan jamu-jamu kebanyakan yang lebih berfokus pada rempah-rempah seperti kunyit ataupun kencur, untuk jamu jun sendiri terbuat dari campuran air, tepung beras, tepung ketan, santan, gula pasir, gula jawa, daun pandan dan berbagai rempah-rempah seperti jahe, serai, merica dan juga kayu manis. Jamu ini sendiri bakalan membantu tubuh kita untuk terasa hangat. Cocok banget diminum kala udara dingin nih. Kalau kalian ke Semarang, janga lupa cobain yah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

15. Wedang kacang

photo via : travelingyuk.com

Untuk minuman yang satu ini memiliki nama yang agak mirip dengan wedang tahu, dan apalagi kalau bukan wedang kacng. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini terbuat dari campuran kacang tanah dan juga kacang hijau sebagai bahan utamanya. Minuman ini sendiri biasanya disajikan dalam sebuah mangkuk dalam keadaan hangat dan tentu saja bakalan menggugah selera makan kita. Selain kacang tanah dan kacang hijau, wedang kacang juga diberikan sebuah bumbu kusus rempah-rempah yang mana kacang tanah dan juga kacang hijau direbus dalam kuah jahe di dalam sebuah tungku kecil.

Baca Juga