Ini Lho Makanan Berkuah Pedas Yang Bisa Kamu Coba

by blogunik
 0  

Makanan berkuah pedas

Ketika musim hujan telah tiba, pastinya kita ingin menikmati makanan yang hangat-hangat seperti makanan berkuah mungkin salah satunya. Jika kamu doyan makanan yang pedas-pedas, sudah pasti makanan berkuah pedas menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Bagi pecintanya, makanan berkuah pedas ini memang menjadi daya tarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Meskipun ketika menikmatinya kita akan mengeluarkan banyak keringat, namun itu tidak sebanding dengan kenikmatan yang ditawarkan.

Mau tahu apa saja makanan berkuah yang pedas dengan cita rasa yang lezat? Simak ulasannya berikut ini.

10 Makanan Berkuah Pedas

1. Asam Padeh Ikan Tongkol

Makanan Berkuah Pedas

photo via akumasak.id

Makanan berkuah satu ini merupakan masakan tradisional masyarakat Minang dan Melayu. Dalam bahasa Minangkabau Adam Padeh itu berarti asam pedas. Untuk membuat hidangan satu ini memerlukan bahan-bahan seperti ikan tongkol, kakap, tuna hingga cumi-cumi kemudian bahan ini dibumbui dengan asam jawa, cabai dan berbagai macam rempah-rempah.

Seperti namanya, selain memiliki citarasa asam yang menyegarkan Asam Padeh Ikan Tongkol ini juga memiliki rasa pedas yang nikmat. Sekali kamu mencobanya akan ketagihan.

2. Asam Pedas Tempoyak

Makanan Berkuah Pedas

photo via saudibro.blogspot.com

Asam Pedas Tempoyak ini berasal dari Jambi, buat kalian yang suka dengan buah durian yang difermentasi pasti akan menyukai hidangan satu ini. Karena terbuat dari ikan patin yang diolah dengan tempoyak atau daging durian fermentasi dan dibumbui juga dengan berbagai macam rempah-rempah yang membuatnya begitu nikmat.

3. Bakso Mercon

Makanan Berkuah Pedas

photo via kulinermantap.com

Dari sekian banyak makanan berkuah, bakso menjadi salah satu makanan berkuah yang paling nikmat dan banyak diminati apalagi ketika musim hujan tiba. Namun jika kamu menyukai makanan pedas, coba deh bakso mercon yang pedasnya nampol abis dan pastinya kamu bakalan ketagihan. Bakso yang lembut dikombinasikan dengan potongan cabe di dalamnya, duh pastinya membuat kamu ngiler.

4. Bakso Aci

Makanan Berkuah Pedas

photo via armadatownsquare.com

Beberapa waktu lalu bakso aci kian marak di pasaran, berbeda dengan bakso pada umumnya. Bakso Aci terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka sehingga tekturnya lebih kenyal dan biasnaya disajikan sebagai camilan. Beberapa variannya ada yang memiliki rasa pedas sehingga patut dicobain. Biasanya dalam seporsi bakso aci terdiri dari tahu, ceker ayam dan pilus atau kerupuk. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis agar semakin nikmat di santap.

5. Bubur Pedas Sambas

Makanan Berkuah Pedas

photo via shefalitayal.com

Bubur Pedas atau Bubbor Paddas merupakan bubur tradisional yang berasal dri orang Melayu di Sambas dan Sarawak. Di Sarawak, biasanya disajikan selama bulan Ramadhan. Di Sambas, Kalimantan Barat, bubur ini biasanya terbuat dari bubur nasi dicampur ikan teri sedikit, kacang, daun bawang dan rempah-rempah. Tambahkan saus dan kecap serta perasan jeruk limau untuk menambah citarasanya. Meskipun tak menggunakan cabai, ternyata bubur ini menggunakan bubuk lada agar bubur terasa pedas dan hangat.

6. Ceker Pedas

Makanan Berkuah Pedas

photo via detik.com

Bagi sebagian orang, ceker ayam dianggap sebagai salah satu makanan yang kurang disukai. Namun berbeda bagi mereka yang menyukainya karena bagian ayam satu ini memiliki tekstur yang cukup unik dan lembut, rasanya pun gurih. Makanan satu ini semakin nikmat jika dimasak dengan bumbu-bumbu pedas. Rasanya tak ingin berhenti menyantapnya ketika dihidangkan.

7. Mie Aceh

Makanan Berkuah Pedas

photo via artikelmesinmakanan.wordpress.com

Makanan berkuah pedas selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu Mie Aceh. Mie pedas khas Aceh ini terbuat dari mie kuning tebal dengan ririsan daging sapi, kambing atau makanan laut yang disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Diatas mienya ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun dan jeruk nipis. Jika kamu ingin lebih pedas, bisa menambahkan cabai ke dalamnya lagi.

8. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng Mercon

photo via katalog.or.id

Buat yang suka makanan pedas, pastinya sudah tidak asing lagi dengan oseng-oseng mercon. Makanan ini memiliki cita rasa pedas yang akan meledak ketika berada di dalam mulut. Bagaimana tidak meledak, cabai yang digunakan saja cukup banyak dan bisa dikatakan kamu hanya dapat melihat hamparan cabai di makanannya. Meskipun begitu, rasa makanannya sangat nikmat dan bikin kamu nambah lagi.

9. Rawon Setan

Rawon Setan

photo via resepistimewa.com

Masakan Indonesia ini berupa sup daging berkuah hitam, warna hitamnya ini berasal dari bumbu yang bernama kluwak. Rawon ini biasanga menggunakan daging sapi yang dipotong-potong dadu, tapi ada juga yang menambahkan campuran jeroan atau kikil sapi. Makanan satu ini diberi nama Rawon Setan karena dulu warung rawon baru buka malam hari dan jam bukanya ini dianggap sama dengan setan yang munculnya di malam hari.

10. Seblak

Makanan Berkuah Pedas

photo via seblak-jeletot-mpok-adek-wiyung.business.site

Terakhir ada seblak, makanan yang berasal dari Bandung ini bercitarasa gurih dan pedas. Bahan utama seblak yaitu kerupuk, cabai, kencur, bawang merah, bawang putih, gula dan garam. Makanan ini juga dapat ditambah dengan ayam, makaroni, telur, sosis hingga bakso. Meskipun memiliki rasa yang pedas, makanan ini memiliki tekstur yang kenyal. Kini seblak menjadi jajanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat.

Bagaimana sudahkah kamu ngiler melihat deretan makanan berkuah pedas diatas? Ketika sedang musim hujan dan lapar menyerang, kamu bisa mencicipi beberapa makanan berkuah pedas diatas lho. Mana yang menjadi favoritmu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait