Makanan dan Minuman Khas Bali

6 bulan lalu

Bali merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal, tak hanya di dalam negeri saja namun juga di mancanegara. Bali memang terkenal dengan keindahan alamnya ataupun budayanya. Selain itu, pulau dengan seribu Pura ini juga memiliki beraneka ragam kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Di Bali tak hanya terkenal akan wisatanya saja, namun juga aneka ragam kuliner yang bisa kamu cicipi. Nah, jika kamu berlibur ke Bali tak sedap rasanya jika belum mencoba makanan dan minumannya yang khas. Makanan dan minuman khas apa sajakah yang ada di Bali? Berikut ini makanan dan minuman khas Bali

 

1. Babi Guling

Makanan dan Minuman Khas Bali - Babi Guling

Photo via : https://news.bbmessaging.com

Babi Guling atau Be guling merupakan salah satu makanan khas Bali yang banyak diincar oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Babi guling ini terbuat dari anak babi yang ususnya dikeluarkan terlebih dahulu, kemudian didalam perutnya diisi dengan aneka rempah-rempah dan sayuran seperti ketela pohon. Setelah itu, babi ini dipanggang sambil diputar-putar sampai matang. Warna kulit babi yang kecoklatan inilah yang merupakan favorit banyak orang.

 

2. Ayam/ Bebek Betutu

Makanan dan Minuman Khas Bali - Ayam/ Bebek Betutu

Photo via : https://petualangcemen.wordpress.com

Ayam atau Bebek Betutu adalah salah satu makanan khas Bali selain Babi Guling. Makanan ini bisa dibilang kuliner wajib yang harus kamu cicipi ketika sedang berlibur ke Bali. Makanan ini biasanya disajikan ayam atau bebek utuh dimana bagian dalam perutnya dikeluarkan semua, lalu diisi dengan bumbu kemudian di panggang. Ayam atau bebek ini dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam agar rasanya gurih, lembut dan pedas.

 

3. Serombotan

Makanan dan Minuman Khas Bali - Serombotan

Photo via : http://laskarkuliner.blogspot.com

Serombotan merupakan makanan khas Klungkung dimana makanan ini identik dengan sayur-sayuran. Sayur-sayuran tersebut terdiri dari kacang panjang, kangkung, toge, pare dan terong bulat. Sayuran tersebut kemudian disiram dengan bumbu kalas yaitu santan yang bercampur dengan kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Makanan ini biasanya dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di Bali.

 

4. Nasi Jinggo

Makanan dan Minuman Khas Bali - Nasi Jinggo

Photo via : https://www.kintamani.id

Nasi Jinggo merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat murah meriah. Nasi Jinggo ini dibungkus dengan daun pisang dengan sambalnya yang nampol di lidah. Nasi jinggo ini biasanya dipadukan dengan ayam suwir, mie goreng, tempe manis, serundeng manis dan sambal yang enak. Nasi ini biasanya disajikan hanya sekepalan tangan orang dewasa, kemungkinan kamu tidak akan kenyang dengan hanya satu bungkus saja. Harga yang ditawarkan untuk makanan khas Bali ini berkisar di harga Rp. 5.000-an
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

5. Tum

Makanan dan Minuman Khas Bali - Tum

Photo via : http://balistarnews.blogspot.com

Tum merupakan salah satu makanan khas Bali, dimana Tum ini terbuat dari daging ayam atau babi yang sudah dicincang halus. Daging cincang tersebut nantinya dibumbui dengan beraneka ragam rempah-rempah, setelah itu dibungkus dengan daun pisang. Daging yang sudah dibungkus dengan daun pisang nantinya akan dikukus hingga matang. Tum sendiri ada dua macam versi yaitu tum ayam dan tum babi. Jadi bagi umat Muslim yang ingin membeli dan mencicipi, mohon untuk ditanyakan terlebih dahulu kepada asng penjual.

 

6. Urutan

Makanan dan Minuman Khas Bali - Urutan

Photo via : https://deskgram.net

Urutan atau sosis Bali merupakan salah satu makanan khas Bali yang enak. Urutan ini terbuat dari urus babi yang didalamnya dimasukan daging babi yang sudah dibumbui lengkap. Setelah itu urutan ini digoreng hingga matang, namun ada juga urutan yang tidak digoreng melainkan dijemur atau diasapi. Urutan ini biasanya mampu bertahan hingga berbulan-bulan dan rasanya pun tetap enak. Sebagian besar rumah makan khas Bali menyediakan urutan sebagai salah satu menunya.

 

7. Jukut Ares

Makanan dan Minuman Khas Bali - Jukut Ares

Photo via : https://thekencana.co

Jukut Ares merupakan salah satu makanan khas Bali yang berbahan dasar batang pohon pisang yang di iris-iris tipis. Batang pohon yang sudah diiris-iris ini kemudian dicampur dengan base gede atau bumbu lengkap Bali. Selain itu, jukut ares ini juga dicampur dengan daging, bisa daging ayam atau daging babi. Rasa pada kuah jukut ares ini sangatlah enak. Jadi jika kalian ke Bali jangan lupa untuk membeli dan mencicipinya ya.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

8. Komoh

Makanan dan Minuman Khas Bali - Komoh

Photo via : http://www.picluck.net/user/gusdedwimahardika

Komoh merupakan salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari daging (daging babi, ayam dan lainnya). Selain daging, komoh juga berisi kulit dan hati hewan yang diracik dengan berbagai bumbu yang enak. Komoh ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil, dimana cara memakannya langsung dari mangkok atau menggunakan sendok.

 

9. Lawar

Makanan dan Minuman Khas Bali - Lawar

Photo via : http://www.masakandapurku.com

Lawar merupakan salah satu makanan khas Bali yang menjadi makanan favorit para wisatawan jika berlibur ke Bali. Makanan ini terbuat dari berabeka ragam sayur-sayuran dan daging cincang dengan campuran bumbu Bali. Lawar ini biasanya menggunakan daging babi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam, sapi atau kuwir. Di Bali ada beberapa jenis lawar yaitu lawar merah, lawar putih, lawar belimbing, lawar klungah dan lainnya.

 

10. Tipat Blayag

Makanan dan Minuman Khas Bali - Tipat Blayag

Photo via : https://thekencana.co

Tipat Blayag merupakan salah satu makanan khas Bali yang berada di daerah Buleleng. Tipat blayag ini disajikan dengan bumbu yang terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan bumbu Bali. Selain itu, tipat ini juga ditambah dengan sayur urap, ayam sisit, gorengan ceker ayam dan lainnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

11. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Makanan dan Minuman Khas Bali - Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Photo via : https://www.tripzilla.id, https://ksmtour.com

Kamu yang suka dengan rujak, kamu perlu mencoba yang namanya rujak kuah pindang dan rujak bulung. Makanan ini biasanya di jual di warung-warung kecil yang berada di pinggir jalan. Rujak kuah pindang ini biasanya disajikan dengan irisan mangga atau buah lainnya yang disiram dengan kuah ikan tuna. Selain itu, terdapat juga rujak bulung dimana rujak ini menggunakan rumput laut yang disiram dengan kuah pindang. Rumput laut yang biasanya digunakan yaitu rumput laut boni.

 

12. Sate Lilit

Makanan dan Minuman Khas Bali - Sate Lilit

Photo via : https://bisniswisata.co.id

Sate lilit adalah makanan khas Bali, dimana biasanya sate menggunakan daging utuh beda halnya dengan sate lilit ini. Sate lilit ini  menggunakan daging cincang yang dihaluskan  kemudian dibumbui Bali. Sate ini biasanya dililit dengan menggunakan batang bambu atau batang serai, setelah itu sate ini dibakar dengan arang. Sate ini biasanya bisa kita temukan di rumah makan khas Bali, pasar tradisional ataupun pedagang pinggir jalan.

 

13. Sate Plecing

Makanan dan Minuman Khas Bali - Sate Plecing

Photo via : https://travelingyuk.com

Sate Plecing merupakan salah satu kuliner khas Bali yang terbuat dari daging ayam, ikan atau lainnya. Jika biasanya sate disajikan dengan bumbu kacang, sate plecing ini disajikan dengan bumbu plecing. Dimana plecing ini merupakan sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat dan perasan jeruk limau. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

14. Nasi Tepeng

Makanan dan Minuman Khas Bali - Nasi Tepeng

Photo via : https://tribunnewsbatam.com

Nasi Tepeng merupakan salah satu makanan khas Bali yang berasal dari kota Gianyar. Nasing tepeng ini disajikan dengan menggunakan daun pisang. Nasi Tepeng ini memiliki rasa pedas dan berempah karena dimasak dengan basa genep yaitu campuran lengkap rempah-rempah. Selain itu, nasi tepeng ini disajikan dengan beraneka ragam sayur-sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor dan kelapa parut.

 

15. Bubur Mengguh

Makanan dan Minuman Khas Bali - Bubur Mengguh

Photo via : https://deskgram.net

Bubur Mengguh merupakan salah satu makanan khas Bali yang berasal dari Buleleng. Bubur ini biasanya disajikan saat upacara adat. Bubur ini terbuat dari beras dan santan, kemudian disajikan dengan ayam suir yang sudah dibumbui. Lalu bubur ini disiram dengan kuah ayam kental dan sayur urab yang disajikan terpisah.

 

16. Arak Bali

Makanan dan Minuman Khas Bali - Arak Bali

Photo via : http://alcovina.com

Arak Bali merupakan salah satu minuman keras khas Bali. Minuman keras khas bali ini tidak kalah kualitasnya dengan minuman produksi luar seperti wine. Pada umumnya arak dibuat dari tuak kelapa dengan cara destilasi (penyulingan). *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

17. Daluman

Makanan dan Minuman Khas Bali - Daluman

Photo via : https://travelingyuk.com

Daluman merupakan salah satu minuman khas Bali, mungkin bisa dibilang grass jellynya Bali. Cara membuat daluman ini yaitu dengan meremas-remas daun daluman yang sudah bersih sampai berbusa dan kenyal. Sebelum terlalu kental, daun yang telah diperas disaring sehingga daunnya tidak bercampur dengan adonan daluman. Minuman ini biasanya dicampur dengan santan, gula bali cair dan es.

 

18. Loloh

Makanan dan Minuman Khas Bali - Loloh

Photo via : http://balipocket.net

Loloh atau jamu merupakan salah satu minuman khas Bali yang tidak bisa dilewatkan. Loloh ini salah satu minuman yang menyehatkan dan menyegarkan. Minuman ini biasanya memiliki rasa yang pedas, asam, asin dan manis. Salah satu loloh yang terkenal di Bali yaitu Loloh Cemcem.

 

19. Kopi Bali

Makanan dan Minuman Khas Bali - Kopi Bali

Photo via : http://www.lintaskopi.com

Kopi Bali merupakan salah satu kopi olahan yang masih diproses secara tradisional, bahkan penyangraiannya masih menggunakan kayu bakar. Kayu bakar inilah yang membuat aroma harum kopi begitu khas dan istimewa. Kopi ini juga biasanya digunakan sebagai oleh-oleh.

 

20. Tambring

Makanan dan Minuman Khas Bali - Tambring

Photo via : https://resepdanmasakan.com

Tambring merupakan salah satu minuman khas bali, dimana minuman ini berbahan dasar parutan kelapa muda yang dokombinasikan dengan asam jawa. Minuman ini memilki rasa segar dari air kelapa yang dipadukan dengan asam jawa yang dicampur dengan putih telur.

Jadi jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bali diatas ya kalau kalian datang ke Bali. Namun untuk umat Muslim agar lebih berhati-hati karena beberapa diantaranya ada makanan yang tidak halal.

Baca Juga