Aneka Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Dibuat oleh blogunik

Di masa pandemi Virus COVID-19 seperti sekarang ini, kamu tak hanya diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Namun kamu juga di tuntut untuk selalu mejaga sistem kekebalan atau sistem imun tubuh agar berfungsi dengan baik. Menjaga sistem imun tubuh memang sangat penting agar dapat terhindar dari serangan penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus. Pasalya, antibodi yang terbentuk dari sistem imun dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme. Sehingga jika sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kamu lemah, maka virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, kita perlu yang namanya menjalani pola hidup yang sehat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat mampu membantu kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membentengi tubuh kita di tengah pandemi virus COVID-19 ini.

Nah makanan sehat yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin C, B6, E. Kemudian makanan yang mengandung mineral seperti zinc yang terkenal dapat membantu menjaga kemampuan tubuh untuk membuat sel dan enzim baru serta memproses karbohidrat, lemak dan protein dalam makanan, juga untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan otot dan luka.

Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan imun tubuh, sejumlah makanan dan minuman sehat berikut ini bisa kamu coba untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. So let’s check it out guys!

25 Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

1. Blueberry

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via news-medical.net

Makanan yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh diawali dari kategori buah berry yakni Blueberry. Blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut antosianin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kandungan ini juga dapat membantu mengobati dan mencegah batuk dan pilek.

2. Stroberi

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via indianexpress.com

Selain Blueberry, mengosumsi buah Stroberi juga mampu meningkatkan sistem kekbalan tubuh karena mengandung vitamin C. Perlu kamu ketahui, setengah cangkir stroberi sudah dapat memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C manusia per hari. Mengonsumsi Vitamin C sangat penting karena dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat polusi dan radikal bebas dalam lingkungan. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa menambahkan potongan stroberi ke yogurt, oatmeal atau dikonsumsi dalam bentuk smoothie.

3. Buah Citrus

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via homestratosphere.com

Ngomongin soal vitamin C, tentu buah-buah yang tergolong dalam kategori buah citrus menjadi andalan banyak orang untuk mendapatkan asupan vitamin C. Citrus sendiri merupakan marga untuk buah-buah seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya. Buah citrus ini merupakan tak hanya kaya vitamin C namun juga merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Termasuk serat, folat, dan kalium.

Aneka buah yang tergolong buah citrus ini memiliki banyak manfaat seperti dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi, anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit.

4. Kiwi

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via timesofindia.indiatimes.com

Kiwi adalah jenis buah lainnya yang mengandung vitamin C yang baik dikonsumsi tiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kiwi secara alami penuh dengan nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, salah satunya flu. Vitamin C di buah ini juga dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Sementara, nutrisi kiwi lainnya bermanfaat untuk menjaga seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

5. Pepaya

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via newsbytesapp.com

Makanan lainnya yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh adalah buah pepaya. Seperti yang kita tahu, buah yang murah meriah ini memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menghindari kamu dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

6. Apel

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via tasteofhome.com

Mengonsumsi buah apel setiap hari juga bisa membantu kamu dalam meningkatkan imun tubuh. Apel dapat membantu mencegah penyakit seperti flu biasa. Selain vitamin C, buah ini mengandung antioksidan fitokimia yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

7. Dark Chocolate

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via selecthealth.org

Makan coklat juga bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun coklat yang di maksud disini adalah jenis dark chocolate. Dark chocolate mengandung antioksidan yang disebut theobromine yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh saat memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit. Namun perlu diketahui bahwa dark chocolate mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi, jadi penting untuk memakannya dalam jumlah sedang.

8. Bawang putih

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via eatthis.com

Bawang putih yang menjadi bumbu wajib yang harus ada di dapur juga merupakan salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Mengkonsumsi bawang putih dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung. Manfaat bawang putih untuk kesehatan ini, tak lepas dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin yang terkandung di dalam bawang putih.

9. Tomat

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via stuff.co.nz

Tak hanya enak di jadikan sambal, ataupun jus, tomat yang juga enak dimakan langsung ini juga memiliki peran penting untuk meningkatkan imun tubuh. Tomat mengandung konsentrasi vitamin C yang tinggi. Satu tomat ukuran sedang mengandung lebih dari 16 miligram vitamin C, yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk sistem kekebalan tubuh tubuh. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan folat yang bisa menurunkan infeksi.

10. Oily Fish (Ikan Berminyak)

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via nyugat.hu

Oily Fish merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung banyak protein dan omega-3. Kandungan dari ikan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan memiliki peran dalam keseimbangan pola diet. Asupan asam lemak omega-3 jangka panjang dari ikan ini dapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis (RA). RA sendiri adalah kondisi autoimun kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan secara keliru menyerang bagian tubuh yang sehat. Jenis ikan yang tergolong ke dalam Oily Fish adalah salmon, tuna, pilchards atau sarden.

11. Extra Virgin Olive Oil (Minyak Zaitun Murni)

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via blueskyemercantile.com

Selanjutnya adalah Olive Oil atau minyak zaitun yang terbukti dapat membantu membangun kembali dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pada minyak zaitun murni terdapat kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi dan berperan sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh. Kandungan dari minyak ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan menjaga tubuh dari infeksi.

12. Madu Murni

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via news-medical.net

Madu yang memiliki rasa manis ini juga bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini. Seperti yang kita tahu, madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti mengatasi sembelit dan menenangkan perut kamu. Madu murni mengandung berbagai macam vitamin, zat besi, kalsium, dan masih banyak lainnya. Dalam sebuah penelitian, madu juga bertindak sebagai antibakteri, yang membunuh semua kuman di tubuh yang dapat menyebabkan kita sakit.

13. Paprika Merah

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via tokopedia.com

Jadi salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang, paprika khususnya yang berwarna merah juga kaya akan kandungan vitamin C. Paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Karena kandungan vitamin C nya ini, paprika merah disebut mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi, ini juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.

14. Brokoli

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via simplyrecipes.com

Siapa nih yang nggak suka brokoli? Brokoli yang bentuknya kribo dan berwarna hijau ini mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E. Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga terbukti ampuh, mampu memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kita jatuh sakit. Disarankan untuk tetap mempertahankan kandungan nutrisi brokoli dengan cara mengolah atau memasaknya dalam waktu sebentar dan sesederhana mungkin. Brokoli bahkan lebih baik lagi dikonsumsi secara langsung setelah dicuci bersih.

15. Bayam

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via mandiriposonline.blogspot.com

Selain brokoli, bayam juga salah satu jenis sayuran yang kaya vitamin C dan mampu membantu kita dalam meningkatkan imun tubuh. Bayam mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi lewat penguatan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Semua kandungan yang terdapat di Bayam telah terbukti ampuh dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita.

16. Kuaci / Biji Bunga Matahari

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via amritahealthfoods.com

Makanan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah biji bunga matahari atau biasa kita sebut dengan kuaci. Bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, kuaci merupakan camilan sehat yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi yang baik lainnya bagi kesehatan. Vitamin E pada biji bunya matahari penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh.

17. Almond

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via floreveparis.com

Kacang almond juga bisa menjadi salah satu makanan yang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Almond mengandung Vitamin E yang merupakan antioksidan kuat sebagai kunci untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Dalam 1 ons kacang almond, di dalamnya terdapat kandungan protein, vitamin E, mangan, magnesium hingga fiber. Kacang ini juga kaya akan vitamin B2 dan fosfor untuk menunjang kesehatan tubuh kamu. Nah buat kamu yang doyan ngemil, maka mengkonsumsi segenggam kecil atau seperempat cangkir almond tiap harinya, maka sudah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

18. Sup ayam

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via amindfullmom.com

Kalau lagi nggak enak badan, memakan sup ayam memang solusi yang tepat. Tak hanya nikmat, namun kuah kaldu atau kandungan air pada sup ayam dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan Kaldu tersebut juga mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan, hangat, maka dalam sekejap tubuh yang kedinginan akan terasa hangat. Ayam sendiri kaya akan vitamin B-6 yang berpengaruh besar dalam pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Menurut penelitian, sup ayam memiliki efek anti-inflamasi dan meredakan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas yang terjadi saat kamu terserang flu.

19. Telur

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via fitfoodiefinds.com

Telur juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. Pasalnya telur mengandung banyak vitamin D, yang sangat penting dalam mengatur dan memperkuat kekebalan. Seperti yang dikutip dari Eatthis.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA, menyebutkan bahwa peserta yang mengonsumsi vitamin D setiap hari di musim dingin cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk terkena flu atau infeksi saluran pernapasan bagian atas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi telur.

20. Plain Yogurt

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via enfemenino.com

Yogurt merupakan produk olahan susu yang mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Kandungan probiotik ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, Yogurt juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink yang berguna untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat baik dari Yogurt, disarankan untuk mengonsumsi Plain Yogurt atau Yogurt yang tawar.

21. Teh Hijau

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via newenglishteas.com

Teh hijau tidak hanya dikenal sebagai salah satu teh terbaik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga salah satu minuman terbaik untuk meningkatkan imun tubuh khususnya untuk melawan flu. Teh hijau mengandung flavonoid, antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan, dan memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, dikenal sebagai antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat membunuh bakteri pemicu flu dan virus influenza.

22. Air Kelapa Hijau

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via herzindagi.com

Minuman yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah air kelapa hijau atau air kelama muda. Tak hanya segar dan nikmat saat diminum, namun air kelapa hijau juga seperti memiliki kandungan kalsium, fosfor, magnesium dan lainnya yang dapat mencegah dehidrasi, meningkatkan elektrolit tubuh, dan daya tahan tubuh.

23. Ginseng

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via landandnest.com

Ginseng mungkin memiliki harga yang cukup mahal, namun ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Secara umum ginseng memiliki kandungan zat aktif yakni ginsenosida dan gintonin. Kedua kandungan zat tersebut dipercaya menawarkan berbagai manfaat ginseng untuk kesehatan, seperti mengurangi peradangan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ginseng sendiri memiliki kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri. Jika sulit menemukan ginseng dalam bentuk utuhan, kamu bisa mengonsumsi ginseng dalam bentuk teh.

24. Teh Jahe

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona

photo via zliving.com

Jahe yang dikonsumsi dalam bentuk teh juga bisa menjadi minuman menyehatkan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jahe dapat memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberikan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh. Jahe juga mengandung vitamin C dan magnesium yang menjadikan jahe sebagai salah satu bahan makanan dan minuman yang mampu memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

25. Minuman Kunyit

Makanan Dan Minuman Yang Bagus Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

photo via teatrunk.in

Selain menjadi bumbu dan pewarna kuning untuk makanan, kunyit juga bisa menjadi minuman kesehatan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kunyit secara empiris memiliki manfaat antiinflamasi untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Konsentrasi tinggi Kurkumin pada kunyit terbukti dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga. Kurkumin pada kunyit juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.Mengkonsumsi kunyit juga dapat meningkatkan respon imun seseorang. Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu, teh ataupun minuman kunyit lainnya.

Nah itu dia aneka makanan dan minuman yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh. Tapi penting untuk diingat bahwa, sistem imun tubuh itu sangat kompleks. Makan makanan yang sehat dan seimbang hanyalah salah satu cara untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan faktor gaya hidup lain yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, seperti berolahraga dan tidak merokok. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait