Makanan Oleh-oleh Khas Jogja Ini Recommended Banget Dan Tidak Boleh Kalian Lewatkan Jika Berkungjung Ke Jogja

2 bulan lalu

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja

Ketika kita sedang berkunjung ke Yogyakarta, pastinya tidak lengkap rasanya mencoba makanannya dan oleh-oleh khas Jogja. Yogja memang terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik dan memiliki beraneka makanan seperti gudeg. Selain itu Jogja juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang harganya murah meriah. Kota pelajar ini memang menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Namun ketika berkunjung pastinya tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh, nah kira-kira oleh-oleh apa saja yang bisa dibeli di Jogja ini? Berikut ini snack enak yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika ke Jogja

1. Bakpia

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Bakpia

Photo via : https://www.tokopedia.com

Bakpia merupakan salah satu snack enak yang menjadi makanan khas Jogja. Pastinya tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa membeli bakpia. Bapkia sendiri merupakan kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian di panggang. Saat ini bakpia tidak hanya memiliki rasa kacang hijau, namun juga memiliki aneka rasa lainnya seperti coklat, keju, susu hingga durian. Salah satu bakpia yang melegenda di Jogja yaitu Bakpia Pathok 25, bakpia ini berasal dari daerah Pathok.

2. Jadah Manten

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Jadah Manten

Photo via : http://indonesiaeats.com

Jadah Manten merupakan salah satu snack enak yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jogja. Jadah manten ini terbuat dari beras ketan, santan, daging ayam/sapi sebagai isian. Pada awalnya snack ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono VII kala itu, namun seiring berjalannya waktu snack ini dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat luas. Snack ini dapat kamu beli di pasar Ramadan Kauman atau kampung Ramadan Jogokariyan.

3. Gethuk

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Gethuk

Photo via : http://www.pengusahasukses.com

Gethuk merupakan makanan riangan yang terbuat dari bahan utama ketela pohon atau singkong. Snack ini hadir dalam berbagai macam warna, dimana kamu bisa membelinya di Pasar Pundong. Snack ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis jadi sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun karena dibuat tanpa bahan pengawet jadi snack ini tidak tahan terlalu lama.

4. Krasikan

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Krasikan

Photo via : https://www.indonesiakaya.com

Krasika merupakan salah satu snack yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika ke Yogja. Snack ini memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit kasar, namun rasanya manis. Krasikan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan manisnya gula merah dengan sedikit garam. Snack ini bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh yang ada di Yogja.

5. Lanting

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Lanting

Photo via : https://id.wikipedia.org

Lanting merupakan salah satu snack yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, makanan ini sejenis kerupuk dari singkong yang berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin. Snack ini pada awalnya hanya memiliki rasa gurih dan asin, namun saat ini snack ini memiliki aneka rasa seperti asin pedas dan rasa keju. Snack ini terbuat dari singkong, bawang putih, ketumbar dan garam. Snack ini bisa kamu beli di toko oleh-oleh yang ada di sekitar Yogja.

6. Geplak

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Geplak

Photo via : http://www.dutawisata.co.id

Geplak merupakan makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa. Selain manis, snack ini juga memiliki beraneka ragam warna yang menarik. Selain itu, snack ini juga terkenal tidak cepat basi sehingga cocok digunakan untuk oleh-oleh. Untuk yang tidak suka manis, snack ini tidak di rekomenkan.

7. Yangko

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Yangko

Photo via : http://katalogkuliner.com

Yangko merupakan salah satu snack khas Yogja yang terbuat dari tepung ketan. Yangko ini memiliki bentuk kotak dengan baluran tepung ketan, selain itu memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Yangko ini berisi campuran cincangan kacang seperti kue moci milik Jepang. Selain itu, yangko memiliki rasa buah-buahan seperti stroberi, durian dan melon. Yangko ini akan banyak kamu dapatkan di Kotagede, Yogja.

8. Cokelat Monggo

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Cokelat Monggo

Photo via : https://adira.co.id

Cokelat Monggo merupakan salah satu coklat yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jogja. Coklat ini merupakan produksi oleh seorang WN Belgia yang sudah lama tinggal di Jogja. Coklat ini berbeda dari coklat lainnya karena memiliki varian rasa seperti durian, mangga, jeruk dan rasa cabe. Coklat ini bisa kamu beli ke Monggo Shop yang berada di jalan Tirtodipuran, Mantrijeron.

9. Peyek Tumpuk

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Peyek Tumpuk

Photo via : https://www.tokopedia.com

Peyek Tumpuk merupakan salah satu snack yang bisa kamu jadikan oleh-oleh pada saat kamu berwisata ke Jogja. Peyek tumpuk ini terbuat dari tepung beras dan kacang tanah yang enak, sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Peyek ini dinamakan demikian karena memang bentuknya yang bertumpukan satu sama lain dan membuatnya tak setipis peyek pada umumnya. Peyek ini memiliki tekstur yang crispy dan rasa yang enak.

10. Wader Goreng

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Wader Goreng

Photo via : https://camilancamilun.wordpress.com

Wader Goreng merupakan salah satu makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jogja. Warder goreng ini merupakan ikan kecil-kecil yang digoreng renyah dan cocok di temani dengan nasi hangat. Warder goreng ini memiliki rasa yang gurih-asin namun nikmat sekali. Makanan ini dijual dalam bentuk kiloan atau sudah ada yang dibungkus kecil-kecil.

11. Jogja Scrummy

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Jogja Scrummy

Photo via : https://www.instagram.com/jogjascrummy

Jogja Scrummy merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja, dimana snack ini dimiliki oleh seorang aktor bernama Dude Harlino. Makanan ini perpaduan antara brownies kukus dan puff pastry. Untuk rasanya Jogja Scrummy ini memiliki beberapa varian rasa seperti cokelat, kacang, cheese original, frozting cheese, taro dan caramel. Buat kamu yang ingin membelinya, saat ini Jogja Scrummy sudah dapat ditemukan di berbagai penjuru kota Jogja.

12. Bakpiapia

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Bakpiapia

Photo via : https://blog.reservasi.com

Bakpiapia merupakan salah satu makanan khas Yogja, dimana bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung. Bakpiapia ini memiliki dua jenis yaitu pia basah dan pia kering. Bedanya dari pia lainnya yaitu bakpia ini menyediakan varian rasa gurih, mulai dari rasa abon, brocoli cheese, peda ijo dan tuna pedas. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

13. Mamahke Jogja

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Mamahke Jogja

Photo via : https://www.instagram.com/mamahkejogja

Mamahke Jogja merupakan salah satu snack kekinian yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika ke Jogja. Kue ini ternyata dimiliki oleh Saskia Adya Mecca. Makanan ini memiliki beberapa varian rasa yaitu red velvet dan green tea. Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-ileh, kamu harus bersabar karena gerainya selalu ramai akan pengunjung. Gerainya sendiri berada di kawasan Taman Sari, Jogja.

14. Tasuba

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Tasuba

Photo via : https://mamikos.com

Tasuba atau tahu susu bakso adalah makanan yang cukup laris di Jogja. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan tahu bakso lainnya. Selain itu tahu ini memiliki isian yang lebih gurih dan bebas pengawet. Tasuba ini awet hingga 6 bulan meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Tasuba ini bisa kamu beli di Jl. Adisucipto KM 7,6 dan juga di Candi Gebang, Sleman.

15. Walang Goreng

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja - Walang Goreng

Photo via : https://www.bakpiamutiarajogja.com

Walang Goreng merupakan salah satu makanan khas Gunung Kidul. Dimana daerah tersebut memang banyak ditemui belalang dan kemudian diolah menjadi snack yang enak. Snack ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang mirip seperti udang. Jika kamu ingin membelinya sebagai oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi toko-toko disekitar Gunung Kidul atau disekitar kota Jogja.

Facebook Comments

Baca Juga