Girls, Makanan Penambah Darah Berikut Sangat Bagus Kamu Konsumsi Saat Haid

Dibuat oleh blogunik

Apa kamu sedang haid saat ini? Bukan suatu hal baru lagi ketika sedang haid para wanita memang sering sekali mengeluh lemas, mudah marah dan terkadang mengalami nyeri dibagian perut. Itu bukanlah alasan saja, namun memang begitu adanya.

Jika haid datang dan kamu sering sekali mengeluh lemas dan letih, bisa jadi kamu sedang mengalami kekurangan sel darah merah. Keadaan tubuh saat kekurangan sel darah merah ini juga sering disebut dengan Anemia.

Ketika kita sedang mengalami kondisi seperti itu, tentunya kita memerlukan nutrisi yang tepat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka akan membantu melancarkan haid dan mengurangi munculnya gejala-gejala yang tidak membuat kita nyaman ketika haid datang. Nah makanan apa saja sih yang cocok dikonsumsi ketika haid? Berikut ini makanan penambah darah yang sangat bagus dikonsumsi ketika sedang haid

1. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via tanamsendiri.com

Makanan penambah darah ketika haid yang bisa kamu konsumsi yaitu sayuran yang berdaun hijau. Ada banyak sekali sayuran yang berdaun hijau seperti bayam yang kaya akan zat besi. Makanan yang kaya akan zat besi ini mampu meningkatkan produksi sel dara merah dalam tubuh. Selain bayam ada juga kangkung yang dapat kamu konsumsi. Meskipun baik dikonsumsi saat haid, tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan ya!

Tak hanya mengandung zat besi sayur bayam dan kangkung juga mengandung asam folat tinggi. Menambahkan vitamin B ke dalam makanan tentunya juga bermanfaat untuk melawan kekurangan darah. Zat besi, vitamin B tak lupa juga sayuran berdaun hijau tersebut juga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A akan mendukung produksi sel darah merah, vitamin A ini akan membantu sel darah merah mengakses zat besi yang dibutuhkan untuk mereplikasi.

2. Ikan

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via kompas.com

Next ada ikan, ada banyak sekali jenis ikan yang dijual dipasaran tapi mana sih yang cocok dikonsumsi ketika sedang haid? Ternyata ikan salmon dan tuna sangat baik dikonsumsi karena kedua ikan ini memiliki banyak asam lemak Omega 3 yang bagus untuk merelaksasi otot-otot dalam tubuh saat haid menyerang.

Tak hanya Omega 3, ikan juga mengandung vitamin B12 yang mampu meningkatkan fungsi sumsum tulang agar lebih banyak menghasilkan sel darah merah normal. Jika dirasa ikan salmon sangat mahal, kalian bisa kok memakan ikan tuna saja keduanya memiliki kandungan yang baik juga kok untuk tubuh. Tapi jika kamu alergi makan ikan tuna, yah ikan salmon menjadi pilihan terakhir.

3. Daging Merah dan Daging Unggas

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via headtopics.com

Tidak suka ikan? Kalian masih bisa menggantinya dengan daging merah kok, daging sapi, kambing dan domba bisa kamu konsumsi. Di dalam daging merah ini mengandung banyak zat besi yang memang dibutuhkan wanita yang sedang haid. Tak hanya mengandung zat besi, di dalam daging merah juga mengandung vitamin B12 yang baik dikonsumsi untuk penambah darah ketika haid.

Selain daging merah, daging jeroan seperti ginjal dan hati sapi bisa kamu konsumsi juga. Karena daging jeroan ini juga kaya akan zat besi. Gak bisa makan daging merah? Masih ada daging unggas juga yang mengandung tembaga. Asupan tembaga memang tidak secara langsung menghasilkan sel darah merah. Namun dapat membantu sel darah merah mengakses zat besi yang dibutuhkan untuk mereplikasi.

4. Buah-buahan

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via foodpanda.co.th

Kiwi, mangga, alpukat, stroberi, jeruk, jambu biji, semangka, jeruk bali dan melon adlaah beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi selama haid. Buah-buahan ini mampu memperlancar aliran darah dan mampu mengurangi kram. Buah semangka, jeruk bali dan melon mengandung vitamin A tinggi yang juga mendukung produksi sel darah merah.

Untuk buah jambu biji, jeruk serta stoberi mereka semua mengandung vitamin C tinggi yang membantu tubuh menyerap zat besi agar produksi sel darah merah lebih baik. Sedangkan buah alpukat, kiwi dan mangga mengandung vitamin E tinggi yang dibutuhkan untuk melindungi membran sel darah merah dari kerusakan oksidatif atau akibat radikal bebas.

Buah pisang juga sangat baik dikonsumsi ketika haid karena kaya akan kalium dan vitamin B6 yang baik untuk meningkatkan dan memperbaiki suasana hati, karena pada umumnya ketika haid perasaan sedikit lebih sensitif. Pisang juga mampu mengatur pergerakan usus agar terhindar dari masalah perut seperti diare.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via sinarharapan.net

Ketika sedang haid, mengkonsumsi kacang-kacangan memang sangat dianjurkan. Kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang polong, kacang mete, kacang tanah, walnut, biji kwaci, biji wijen dan kacang almond. Kacangan-kacangan tersebut kaya akan zat besi, vitamin B, tembaga dan vitamin E. Kandungannya tersebut mampu mengembalikan keseimbangan tubuh dan tentunya menambah darah agar terhindari dari anemia.

6. Coklat

Makanan Penambah Darah Saat Haid

photo via perfectdailygrind.com

Semua orang pastinya menyukai camilan satu ini yaitu coklat. Rasanya yang manis membuat kita ketagihan mencicipinya. Coklat ini sangat cocok dikonsumsi ketika haid karena di dalam coklat mengandung magnesium, nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang haid. Tapi meskipun baik dikonsumsi saat haid, mengkonsumsi makanan yang manis-manis berlebihan justru membuat kadar gula menjadi tidak stabil. Maka dari itu jangan memakannya secara berlebihan ya!

Beberapa makanan diatas mampu menambah darah dan sangat bagus dikonsumsi saat haid. Ketika sedang haid terkadang badan memang terasa lemas dan terasa nyeri perut. Untuk mengatasinya agar tidak semakin buruk, sebaiknya konsumsi makanan-makanan di atas ini ketika sedang haid.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait