Makanan yang Tidak Boleh dimakan Bersamaan

    Kesehatan, Kuliner

Buat kalian yang hobi dengan kuliner pasti tentunya jika ada waktu senggang akan mencoba berbagai macam kuliner ataupun makanan yang baru yang bisa kamu temukan. Namun tahukah kalian jika tidak semua makanan baik untuk dimakan bersamaan?

Karena kalau kita makan baik itu di warung, rumah makan ataupun makan di rumah, tentu saja kita tidak makan 1 hal ataupun satu jenis saja. Bayangkan saja kalau kamu makan nasi saja, tanpa lauk, sayuran ataupun garam bagaimna rasanya? Selain hal itu, kita juga memang perlu menyeimbangkan kebutuhan tubuh kita dengan semua makanan yang mengandung karbohidrat, serat, dan juga vitamin. Tapi sebelum kalian makan semuanya, ada baiknya kalian tahu beberapa makanan yang tidak baik untuk dimakan secara bersamaan karena dapat mengganggu kesehatan. Berikut ini diantaranya :

1. Tomat dan Timun

photo via : setiawatiwangrahardja.wordpress.com

Kombinasi 2 buah makanan ini pastinya sering kali kita jumpai saat makan nasi goreng. Selain dalam hidangan nasi goreng, dua jenis buah – buahan ini juga biasanya disajiilMn dalam bentuk salad sayuran. Namun mulai sekarang sebiknya kamu jangan makan 2 jenis ini makanan tersbut, Berdasarkan para peneliti mengenai hal ini, 2 buah sayuran ini apabila dibgabugkan dapat mengganggu jalur biokimia yang ada di dalam tubuh kalian. Selain hal itu, kedua buah sayur dan buah ini memiliki kandungan vitamin yang sulit unutk dicerna dengan baik oleh tubuh kita.

2. Pasta dan Daging Cincang

photo via : www.jurnalasia.com

Sudah merupakan hal yang biasa apabila kita membuat ataupun membeli pasta akan mendapatkan ataupun berisi daging cincang. Untuk mengubah karbodidrat menjadi gula sederhana, kelenjar ludah kita menhasilkan ptyalin dan amilase. Namun apabila zat gula sederhana tadi menutupi protein yang da pada daging cincang, mereka dapat menghasilkan sebuah campuran kimia berbahaya yang dapat menyebabkan diabetes dan CVD atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

3. Kentang dan Daging

Kentang dan daging merupakan dua buah makanan yang bisa dogolongkan sebagai makanan berat. Di dalam pencernaan, dibutuhkan suatu cairan khusus untuk mencerna kanji yang terkandung dalam kentang dan juga protein yang dimiliki oleh daging. Oleh karenanya, apabila kedua makanan ini dimakan secara bersamaan makan akan membuatnya terjebak di dalam perut dan membuat hal – hal yang tida menyenangkan terjadi seperti mulas, bersendawa dan juga gas.

4. Nanas dan susu

Apabila kita makan makanan ataupun buah yang asam, hal terbut akan membuat pencernaan menjadi lebih lambat, terutama di pagi hari. Selain itu, nanas jug amengandung bromelin yang merupakan enzim kompleks yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan apabila dikombinasikan dengan produk olahan susu lainnya. Jika tetap ingin mencoba makanan ini, ada baiknya kamu mengganti buah nanas dengan buah lainnya yang lebih baik jika dikombinasikan dengan susu, seperti buah plum.

5. Bir dan Kacang

photo via : japan-brand.jnto.go.jp

Sebagian besar orang yang minum bir, biasanya akan ditemani dengan kacang. Sebenarnya, kacang yang merupakan makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi bisa menyebabkan kita menjadi dehidrasi. Oleh karenanya orang yang minum bir jadi ingin mengkonsumsi bir lebih banyak karena sebenarnya mereka dalam keadaan dehidrasi. Hal yang terbaik untuk masalah dehidrasi adalah untuk tetap meminum air putih untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

6. Kedelai dengan bayam

Banyak orang yang sering kali memasak sayur bayam bersama lauk tempe ataupun tahu yang notabene terbuat dari kedelai. Padahal, perlu diketahui sebenanrya bayam tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan olahan kedelai seperti tempe. Hal ini karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat berekasi dengan kalsium yang terkandung di dalam kedelai. Dan apabila di dalam usus, campuran ini kan membentuk sebuah endapan yang disebut dengan kalsium oksalat. Hal ini juga akan memperngaruhi penyerapan kalsium di dalam pertu serta menyebabkan terjadinya endapan di dalam perut.

7. Susu kedelai dengan telur

Susu kedelai dan telur memang makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersamaan karena sifatnya yang memang saling berlawanan. Telur merupakan makanan yang kaya akan adanya protein. Sedangkan susu kedelai sendiri mengandung zat yang mampu mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu dalam metabolisme protein. Jika dikonsumsi secara bersamaan, maka tubuh tidak akan mampu mendapatkan jumlah protein yang cukup untuk melakukan aktifitas sehari – hari.

8. Susu dengan coklat

Susu merupakan makanan yang mengandung protein dan juga kalsium. Sedangkan coklat sendiri banyak mengandung asam oksalat didalamnya. Kalsium yang didapat dari susu dan juga asam oksalat dari coklat dapat membut adanya kalsium oksalat. Kalsium oksalat merupakan zat yang tidak mudah larut di dalam tubuh dan juga apabila berlebihan bisa menyebabkan diare.

9. Susu dan sayuran

Susu dan berbagai jenis sayuran juga bukanlah makanan yang cocok untuk dimakan secara bersamaan. Hal itu dikarenakan zat kimia yang terkandung di dalam sayuran, dapat memberikan efek yang negatif terhadap metabolisme kalsium di yang berasal dari produk susu di dalam tubuh kita .

10. Susu dengan Buah

Sama seperti sayuran, susu juga tidak terlalu baik dikonsumsi bersama dengan buah-buahan. terutama buah – buahan yang asam. Hal itu dikarenakan sama seperti kedelai dan juga nanas, buah – buahan banyak yang mengandung asam dan asam akan dengan mudah mengikat protein yang terkandung di dala susu. Seperti yang kita ketahui, protein yang diikat oleh asam akan sangat susahuntuk dicerna oleh erut kita.

11. Daging dan buah semangka

Seperti yang diektahui, diantara buah – buahan yang lainnya, semangka merupakan buah yang “dingin”. Untuk daging sendiri seperti daging kambing memiliki sifat yang panas. Jika kedua makanan ini dikonsumsi secara bersamaan, maka efek gizi yang terkandung dalam daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi mereka penderita Asthenia Limpa tentu saja bisa membahayakan karena dapat mengganggu limpa dan lambung.

12. Daging dengan cuka

Jika sebelumnya makan daging dengan semangka akan membuat kasiat daging yang bersifat panas jadi berkurang, berbeda jika kalian makan bersamaan dengan cuka. Cuka yang bersifat hangat apabila dimakan bersamaan dengan daging, dapat membuatnya overaktif. Meskipun bermanfaat akibat keduanya dapat mengoveraktifkan energi dan juga sirkulasi, namun disisi lain juga dapat membebani kerja jantung kita karena overaktif.

13. Wortel dengan lobak putih

Lobak putih mengandung vitamin C dan kandungan di wortel dapat merusaknya apabila dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, makanlah kedua jenis sayuran tersebut secara terpisah untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

14. Udang dan makanan mengandung Vitamin C

photo via : jateng.tribunnews.com

Resiko serius akan dialami seseorang yang memakan udang bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C (misalnya es jeruk). Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Hal ini dapat mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.

15. Beberapa Buah-buahan dan Seafood

Beberapa jenis buah, misalnya buah anggur, delima, atau kesemek, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut. Karena akan menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare. Hal ini karena buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah-buahan tersebut dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

 

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >