Ini Lho Manfaat Air Rendaman Bawang Putih Yang Bagus Bagi Kesehatan

Dibuat oleh blogunik

Nggak hanya menjadi bumbu wajib pada masakan, namun bawang putih juga ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh lho. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Bawang putih secara ilmiah dikenal sebagai Allium sativum yang mengandung vitamin A, B, dan C tingkat tinggi. Serta menyimpan senyawa sulfur, allicin, dengan antioksidan dan bahan aktif lainnya. Saat makan bawang putih atau memasukkannya ke dalam makanan, maka tetap bisa mendapatkan manfaatnya namun kurang efektif.

Khasiat dari bawang putih akan lebih maksimal kita rasakan ketika kita meminum air rendaman bawang putih yang direndam selama 6 jam. Manfaat dari air rendaman bawang putih inipun telah dibuktikan oleh seorang chef asal Inggris yaitu Chef Ricardo.

Ricardo mencoba minum air rendaman bawang putih selama 10 hari. Hal itu rupanya membantu menurunkan berat badan di tubuhnya. Ricardo yang awalnya bertubuh agak tambun jadi memiliki perut rata dan bagus gara-gara rutin minum rendaman air bawang putih tersebut. Nah bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tapi bawang putih juga masih memiliki berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh lainnya. Kira-kira apa saja? Let’s check it out guys!

Ini-Lho-Manfaat-Air-Renadaman-Bawang-Putih-Yang-Bagus-Bagi-Kesehatan

photo via ru.freepik.com

1. Mendetok racun pada tubuh

Minum segelas air hangat dicampur dengan irisan bawang putih mentah punya sejuta manfaat, salah satunya adalah mendetoks racun yang menumpuk pada tubuh. Bawang putih sendiri punya kandungan bernama allicin yang membantu memproduksi sel darah putih, sehingga bisa menghilangkan dan mencegah racun masuk kembali dalam tubuh. Dengan membuang racun di dalam tubuh, kita membuat tubuh jauh lebih sehat dan jauh dari penyakit.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan prebiotik dalam bawang putih membuat pencernaan tubuh menjadi lancar, karena prebiotik tersebut menyeimbangkan jumlah mikroorganisme dalam pencernaan. Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung. Selain itu, bawang putih sendiri juga bisa membuat napsu makan bertambah, tapi juga bisa membantu mengurangi berat badan berlebih.

3. Menyehatkan ginjal

Manfaat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menyehatkan ginjal. Ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring darah, menghilangkan racun, dan membantu mengeluarkan air kencing. Ketika fungsi tersebut terganggu, kesehatan kita juga bakalan terancam. Dikutip dari Health.grid.id, studi dari Universitas Panjab menjelaskan jika mengonsumsi air rendaman bawang putih bisa mengobati dan mencegah kerusakan ginjal. Dengan makan bawang putih, tubuh kita yang inflamasi akan kembali normal dan membantu ginjal bekerja dengan lebih baik.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dikutip dari Alodokter.com, beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini karena bawang putih sendiri punya kandungan bernama allicin yang bisa membunuh bakteri jahat, salah satunya seperti kolesterol. Tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas. Bawang putih dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, serta penyakit jantung koroner.

Ini-Lho-Manfaat-Air-Renadaman-Bawang-Putih-Yang-Bagus-Bagi-Kesehatan

photo via menstrual-cycle-calculator.com

5. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada jantung.

6. Menstabilkan gula darah

Jika mempunyai riwayat gula darah yang tinggi, air rendaman bawang putih bisa jadi solusi yang tepat. Bawang putih merupakan sumber vitamin B6 dan C. Vitamin B6 terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan vitamin C berperan menjaga kadar gula darah. Sehingga mengonsumsi air rendaman bawang putih sangat dianjurkan untuk penderita diabetes, namun dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

7. Menyehatkan mata

Bawang putih sendiri punya kandungan antibakteri yang ternyata sangat bagus untuk kesehatan mata. Pembengkakan, kemerahan dan infeksi umum pada mata dapat diobati menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung nutrisi seperti vitamin C, selenium dan quercetin. Namun sebelum menggunakan bawang putih secara langsung, disarankan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

8. Tulang semakin kuat

Dikutip dari Health.grid.id, studi dari BMC Musculoskeletal jurnal, air rendaman bawang putih dapat menurunkan risiko terkena osteoartritis dan penyakit tulang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kadar esterogen yang sangat penting untuk tulang akan meningkat lewat air rendaman bawang putih.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, seperti allicin, minuman bawang putih dapat memberi dorongan besar pada sistem kekebalan tubuh dengan melindungi tubuh dari berbagai patogen infeksius, terutama yang tertelan bersama makanan.

Ini-Lho-Manfaat-Air-Renadaman-Bawang-Putih-Yang-Bagus-Bagi-Kesehatan

photo via ediblealchemy.co

10. Meningkatkan sistem pernapasan

Manfaat kesehatan dari air rendaman bawah putih selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan kemacetan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Minuman bawang putih juga membantu mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi. Jika kalian menderita batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau hidung tersumbat, maka secangkir air rendaman bawang putih dapat membantu kalian. Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

11. Menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, air rendaman bawang putih juga berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Air rendaman bawang putih mampu menstimulasi metabolisme, yang dapat meningkatkan pembakaran lemak pasif dan membantu penurunan berat badan, serta bisa menekan nafsu makan.

12. Mencegah kanker

Manfaat air rendaman bawang ptuih berikutnya adalah dapat mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

13. Mengobati keputihan

Mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, membuat air rendaman bawang putih juga berfungsi untuk mengobati keputihan pada area kewanitaan. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan. Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur untuk mengobati masalah keputihan.

14. Mengobati sakit gigi

Manfaat kesehatan bawang putih selanjutnya adalah mampu mengobati sakit gigi. Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi bateri jahat penyebab sakit gigi tersebut. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

Ini-Lho-Manfaat-Air-Renadaman-Bawang-Putih-Yang-Bagus-Bagi-Kesehatan

photo via facetofeet.com

15. Meningkatkan imunitas

Ekstrak bawang ptuih juga berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

16. Meningkatkan metabolisme tubuh

Bawang putih mengandung enzim alam yang mampu meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh. Hal ini menambah daftar manfaat air rendaman air putih untuk kesehatan tubuh.

17. Mengobati psoriasis

Manfaat konsumsi air rendaman bawang putih selanjutnya adalah untuk mengobati psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Kamu bisa meminum air rendaman bawang putih ataupun bisa langsung memakan mentah bawang putih. Kamu juga bisa mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

18. Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah cukup secara rutin terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

Ini-Lho-Manfaat-Air-Renadaman-Bawang-Putih-Yang-Bagus-Bagi-Kesehatan

photo via culturedfoodlife.com

19. Mengobati jamur pada kaki

Sifat anti-inflamasi pada bawang putih juga dapat mengobati hingga sembuh jamur pada kaki yang membandel dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur di kaki.

Nah itulah manfaat air rendaman bawang putih yang bagus bagi kesehatan tubuh. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik mencoba deretan manfaat baik bawang putih untuk kesehatan ini?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.