Manfaat dan Bahaya Roti Tawar Untuk Kesehatan

5 bulan lalu

Manfaat dan bahaya roti tawar

Roti tawar merupakan makanan yang biasa dikonsumsi setiap pagi oleh orang Indonesia. APalagi dengan beberapa tambahan isian didalamnya seperti seres, gula maupun lainnya, tentu saja bakalan membuat roti tawar jadi semakin nikmat untuk disantap tiap harinya. Meskipun roti tawar telah menjamur dan ada di hampir seluruh pelosok di dunia, namun roti yang satu ini sebenarnya berasal dari Timur Tengah. Dengan kandungan karbohidat tinggi miliknya, tentu saja membuat roti tawar menjadi salah satu jenis roti yang amat disukai oleh orang-orang sebagai makanan penunda lapar. Selain mengenyangkan, roti tawar juga memiliki manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya dan juga bahaya dari roti tawar.

Manfaat Roti Tawar

1. Menambah tenaga

Selain praktis dan ukurannya yang kecil, roti tawar juga mampu memberikan tenaga yang lebih banyak pada tubuh. Hal ini tentu saja lantaran roti tawar mengandung karbohidrat yang cukup banyak didalamnya. Diektahui, dalam selembar roti tawar memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 37 gam untuk tubuh kita. Jadi makanan yang satu ini amat cocok dimakan di pagi hari untuk sarapan sekaligus pengganjal perut untuk bisa beraktifitas di pagi hari hingga siang harinya. Karena rasanya yang hambar, mungkin sebaiknya kamu menambahkan isian seperti susu, selai ataupun gula pada roti tawar ini agar lebih enak untuk dimakan.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin

Selain Karbohidrat, roti tawar juga memiliki kandungan lainnya yakni vitamin. Dan salah satu vitamin yang terkandung dalam roti tawar adalah vitamin B. Vitamin B yang baik untuk tubuh bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi roti tawar dengan porsi yang tepat. Tentu saja apabila kalian mengkonsum roti tawar secara berlebihan, bukan manfaat yang bisa didapat, malah bisa berujung tidak baik pada tubuh kita.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

3. Baik untuk tulang

Roti tawar memang memiliki banyak kandungan didalamnya yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan lainnya yang dimiliki oleh roti tawar adalah kalsium yang mana kalsium merupakan zat yang diperlukan oleh tulang kita. Buat kalian yang ingin menjaga kesehata tulang dan untuk mencegah osteoporosis pada tulang, ada baiknya kalian mulai mengkonsumsi roti tawar sebagai sarapan dengan jumlah porsi yang cukup tentunya.

4. Memperlancar pencernaan

Sepertinya memang banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi makanan yang satu ini. Manfaat lainnya adalah mampu memperlancar pencernaan. Kalau kalian merasa sulit untuk buang air besar ataupun ingin tetap bertenaga namun tidak ingin perut terlihat penuh terisi alias buncit, ada baiknya kalian mengkonsumsi roti tawar. Hal ini disebabkan roti tawar mengandung serat yang merupakan bagian dari tumbuhan yang mampu dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resisten terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia.

5. Program diet

Seperti diketahui, dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh roti tawar yang bermanfaat untuk menambah tenaga dan sekaligus memperlancar pencernaan, oleh karenanya roti tawar amat baik jika digunakan dalam program diet. Buat kalian yang ingin ataupun sedang diet, kamu bisa menggunakan roti tawar sebagai bahan pengganti nasi untuk mengganjal perut dan menahan rasa lapar.

6. Mengawetkan kue

Buat kalian yang sudah punya kulkas mungkin cara ini tidak terlalu berarti lantaran kalian bisa menyimpan kue seperti kue ulang tahun di kulkas jika belum habis dimakan untuk dimakan nantinya. Namun kalau kamu belum punya kulkas, kalian bisa menggunakan roti tawar untuk mengawetkan kue yang ada. Caranyapun amat gampang, kalian cukup menutup atau melapisi kue yang ingin diawetkan dengan roti tawar agar kue tetap lembab dan memiliki tekstur yang padat.

7. Mengobati kapalan

Kalau kalian pernah berjalan dengan jarak yang jauh ataupun mendaki, mungkin pernah mengalami kapalan pada kaki. Apalagi seorang ibu rumah tangga yang biasa berjalan kemari di dalam rumah ataupun di pasar untuk berbelanja, pasti kerap kali mengalami kapalan. Kapalan memang terasa menyebalkan apalagi jika sampai gelembung tersebut pecah. Pastinya terasa perih di kaki. Kalau kamu mengalami kaki kapalan, kalian bisa menggunakan roti tawar untuk menanganinya. Cukup dengan merendam roti tawar dalam cuka lalu tempelkan pada kaki dan biarkan semalaman. Niscara keesokan harinya kakimu akan terasa lebiuh baik.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

8. Menyelamatkan nasi gosong

Buat kalian yang pernah memasak nasi pasti pernah punya kejadian dimana nasi yang kalian masak terlalu matang dan membuat nasi seidkit gosong. Nasi yang gosong ataupun sedikit terbakar biasanya memiliki aroma yang agak aneh, oleh karenanya akan sulit bagi kita untuk memakan nasi tersebut. Namun kalau kamu ingin menghilangkan bau aneh pada nasi yang terbakar itu sebenarnya cukup mudah saja, kalian cukup menutup nasi yang gosong tadi dengan roti tawar, kemudian tutup nasi tersebut dan diamkan selama beberapa menit.

Photo via dietdoctor.com

Bahaya Roti Tawar

1. Nutrisi yang tidak cukup

Meskipun roti tawar memilki kandungan karbohidara, vitamin serta serat yang bermanfaat untuk tubuh. Tentu saja dengan kandungan tersebut bisa membuat pertu kita jadi kenyang untuk memkannya. Meskipun begitu, kandungan nutrisi yang dimiliki oelh roti tawar tidaklah banyak yang membuat roti tawar tidak cocok digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Namun masih tetap bisa dijadikan makanan untuk sarapan.

2. Rentan penyakit jantung

Roti tawar sendiri memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi dan apa bila roti tawar ini dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, tentu saja mampu bisa menyebabkan penyakit jantung. Selain karena sodium yang ada pada roti tawar, kandungan lainnya pada roti ini bisa membuat kadar garam di dalam tubuh jadi meningkat dan menimbulkan serangan jantung.

3. Tidak kenyang dalam waktu lama

Dengan kandungan karbohidrat yang dimilikinya, tentu saja mengkonsumsi roti bisa membuat kita menjadi merasa kenyang. Hanya saja lantaran roti tawar juga mengandung serat, hal ini membuat roti jadi amat mudah dicerna oleh tubuh dan tentu saja rasa lapar kita akan jadi cepat menghilang. Apalagi karbohidrat yang terkandung di dalam roti tawar tidaklah sebanyak nasi yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

4. Meningkatkan gula darah

Dalam roti tawar terdapat sebuah kandungan sirup jagung fruktosa yang merupakan sejenis gula yang kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh kita. Sama halnya seperti makanan yang lainnya yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meembahayakan tubuh, untuk Roti tawar juga seperti itu. Dengan kandungan sirup jagung fruktosa yang sangat tinggi yang dimiliki oleh roti tawar ini, bisa membuat gula darah milikmu jadi meningkat jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Menyebabkan penyakit Seliaka

Roti yang terbuat dari gandum seperti roti tawar memiliki kandungan kadat glutten yang sangat tinggi dimana kandungan ini bisa menimbulkan penyakit seliaka. Seliaka sendiri merupakan penyakit yang bisa membuat perut jadi terasa sakit setelah kita mengkonsumsi makanan.

6. Membentuk lendir

Roti tawar yang dibuat dengan Barley dan gandum, memiliki kemampuan untuk menciptakan lendir di dalam tubuh. Dengan adanyalendir ini, tentu saja bisa menyebabkan kita untuk sulit bernafas alias sesak nafas. Hal inipun bisa memperburuk saluran pencernaan kita.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Menggemukkan badan

Lantaran kandungan karbohidrat dan juga serat yang ada di dalah roti tawar, makanan yang satu ini bisa mengenyangkan namun tidak dalam waktu yang lama. Tentu saja karena hal tersebut kita jadi merasa lapar lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang membuat kita jadi terus lapar dan juga terus makan yang membuat kita jadi cepat gemuk.

8. Menimbulkan alergi

Salah satu hal yang terkandung didalam roti tawar adalah adanya kandungan gluten. Namun sayangnya, saat partikel tersebut menuju antibodi darah dari usus, ini menstimulasi terbentuknya histamin. Histamin pada kadar yang tinggi pada tubuh tak akan bagus karena ini menjadi pemicu reaksi alergi. Pada tahap yang ringan, hanya akan ada rasa ketidaknyamanan, namun usus dapat terancam terganggu lebih serius

9. Radang usus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsumsi roti tawar secara berlebihan bisa menstimulasi pembentukan histamin secara berlebihan. Tentu saja dengan tingginya tingkat histamin dalam tubuh dapat memicu sobeknya permukaan serap usus dan mampu mengganggu fungsi penyerapan nutrisi yang ada. Bahkan parahnya kita bisa mengalami diarre secara terus menerus.

Baca Juga