Mau Wajah Mulus Bak Porselen Tanpa Terganggu Pori-pori Besar dan Tanpa Takut Uang Bulanan Kamu Habis? Cek Disini Sobat!!

2 tahun lalu

Pori-pori pada wajah yang terlihat memang merupakan masalah yang kelihatan kecil, namun bagi beberapa orang pori-pori yang terihat besar di daerah wajah merupakan suatu masalah besar yang harus diperhatikan.

Bagi mereka yang mempunyai uang lebih mungkin lebih memilih untuk melakukan perawatan untuk mengecilkan pori-pori ke salon terkenal ataupun ke klinik kecantikan, namun bagi kalian yang uangnya menengah kebawah sama seperti Blog Unik, mungkin cara ampuh ini dapat membantu kalian, selain berbahan dasar alami, cara ini juga sangat murah sehingga kalian tidak perlu membuang uang untuk pergi kesalon.

Namun sebelum kita beranjak untuk mengecilkan pori pori wajah, ada baiknya kamu simak beberapa penyebab pori wajah membesar berikut ini agar nanti ketika sembuh masalah tersebut tidak muncul lagi.

Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar

Tidak bisa dipungkiri memang pori-pori wajah merupakan bagian terpenting pada kulit kita, namun terkadang ada beberapa penyebab yang menjadikan pori tersebut semakin membesar dan terlihat kurang indah. Penyebab tersebut diantaranya seperti:

Genetika (keturunan)

Multi Generation Family Sitting On Sofa Together

Coba lihat bapak, ibu, nenek, ataupun kakek kamu. Jika ada salah satu dari mereka yang memiliki masalah pori besar di wajah, maka kamu lebih beresiko terkena masalah tersebut. Menurut para ahli, seseorang yang berasal dari riwayat keluarga sebagai penderita pori besar, mereka akan 2x lebih beresiko dari pada orang yang bukan dari keluarga penderita.

Produksi minyak berlebihan

Minyak sangatlah berguna untuk kulit, karena minyak dapat menjadi pelembab kulit secara alami dan mencegahnya dari kekeringan. Akan tetapi apabila minyak tersebut diproduksi dalam jumlah besar/berlebihan, maka bisa menyebabkan pori menjadi bertambah besar. Jika kamu memiliki minyak berlebih, bisa jadi itu adalah penyebab pori wajah membesar selama ini.

Kotoran

Kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi penyebab pori wajah menjadi besar. Kotoran seperti sisa make up, debu, sisa keringat, dan lainnya dapat menempel dan bersarang pada bagian pori. Semakin lama kotoran tersebut akan semakin menumpuk dan menyebabkan pori membesar. Apabila kamu jarang membersihkan kulit wajah, maka pori wajahmu akan lebih beresiko membesar.

Pertumbuhan bakteri pada kulit

Adanya bakteri, kuman, dan jamur merupakan penyebab munculnya pori wajah membesar yang cukup membahayakan. Sebab selain menyebabkan munculnya masalah pori, adanya bakteri tersebut juga cukup beresiko menyebabkan munculnya masalah jerawat dan komedo di wajah kamu.

Sinar matahari siang

Ketika pagi hari kamu bisa mendapatkan manfaat sinar matahari, namun saat sudah melebihi pukul 10.00 sinar matahari tersebut akan berubah menjadi senjata mematikan untuk kulitmu. Pancaran sinar matahari siang dapat menyebabkan pori membesar. Bahkan jika kulit terkena pancaran selama berjam-jam, kulit kamu akan mengalami peradangan dan kanker kulit.

Produk kecantikan

Memang sebagian produk kecantikan bisa membuat kulitmu tampak cantik, mulus, dan bersinar. Namun apabila produk kecantikan tersebut tidak cocok dengan jenis kulit, bisa jadi akan menyebabkan pori-pori wajah membesar. Oleh sebab itu, pastikan dulu produk kecantikan yang kamu gunakan sudah cocok dengan jenis kulit.

Baca Juga Cara Alami Hilangkan Double Chin (Dagu Berlapis)

Berikut beberapa tips dan cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami dan murah meriah :

1. Mengecilkan pori-pori wajah dengan masker tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, dan E yang cukup terkenal mampu merawat kecantikan kulit.

Cara membuat masker tomat untuk mengecilkan pori sangat mudah yaitu Sediakan 1-2 buah tomat yang masih segar, Cuci bersih buah tersebut dengan air dingin. Lantas haluskan bersama dengan biji-bijinya (bisa diblender).

Sebelum menggunakan masker tomat, bersihkan wajah lalu oleskan masker secara merata keseluruh bagian wajah. Tepat pada bagian pori yang besar beri pijatan lembut selama 10 menit.Diamkan masker tersebut bekerja selama 45-60 menit.Selanjutnya bilas dengan air hangat dan susul air dingin sampai bersih.

2. Mengecilkan pori-pori di wajah dengan es batu

Es batu tidak hanya menyegarkan disaat cuaca panas saja, tetapi ternyata sifatnya yang dingin bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori di wajah dengan cepat dan alami. Pertama sediakan dulu 1 bungkus es batu dingin, bungkus es batu dengan kain katun sampai mengeluarkan air, tempelkan es batu yang telah dibungkus tersebut pada bagian wajah, gosok secara lembut selama 15 menit dan lakukan rutin setiap pagi.

Baca Juga Bau Mulut Saat Puasa? Tak Usah Khawatir, Ini Cara Mengusirnya!

3. Mengecilkan pori-pori pada wajah dengan mentimun

Mentimun mengandung air yang cukup tinggi, kandungan air inilah yang bersifat dingin dan mampu meringkas pori wajah kamu. Selain membantu mengecilkan pori wajah secara alami, masker timun juga cukup berkhasiat untuk mengatasi komedo dan minyak berlebih.

Cara membuat masker timun juga sangat sederhana, kalian hanya perlu menyiapkan 1-2 buah mentimun, lalu buang isi mentimun, setelahnya haluskan dengan cara di blender atau parut.

Aplikasikan masker pada seluruh bagian wajah yang sudah dicuci terlebih dahulu secara merata. Beri pijatan lembut secara melingkar selama kurang lebih 10-15 menit. Biarkan masker tersebut bekerja selama 30-45 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih sempurna.

4. Mengecilkan pori-pori wajah dengan madu

Madu ini mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit, termasuk salah satunya untuk mengembalikan ukuran pori-pori wajah ke semula.

Siapkan madu secukupnya dan 1 buah lemon segar. Belah lemon tadi kemudian ambil air perasannya. Campurkan 3-5 sendok makan air lemon dengan madu secukupnya.

Cara memakainya seperti biasa, bersihkan wajah dulu dengan sabun khusus muka lalu oleskan masker madu tadi secara merata keseluruh bagian wajah. Pijat kulit wajah dengan lembut selama 10-15 menitan, kemudian akhiri dengan membilas menggunakan air hangat.

5. Mengecilkan pori-pori wajah dengan oatmeals

Oatmeals merupakan sebuah sereal yang berasal dari gandum dan kaya akan serat. Selain baik bagi pencernaan, kandungan serat tersebut juga bisa mengecilkan pori wajah dengan cepat dan aman. Kombinasikan oatmeals dengan madu dan susu bubuk.

Siapkan dulu 2 sendok makan oatmeals, 5 sendok makan madu alami, dan 2 sendok makan susu murni bubuk. Campur semua bahan tadi sampai merata dan membentuk krim/pasta. Gunakan masker tersebut secara merata pada bagian wajah yang sudah bersih. Diamkan masker bekerja selama kurang lebih 30-45 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Baca Juga Step – step Make Up Simple Ala Korea Untuk Tipe Kulit Indonesia

Namun agar perawatan lebih efektif dan maksimal, ada baiknya kamu melakukan perawatan secara rutin agar pori-pori membesar tidak timbul kembali.  Untuk cara merawatnya coba saja kalian ikuti beberapa cara berikut ini :

1. Membersihkan kulit wajah secara rutin

Seperti yang telah saya katakan diatas tadi, kebersihkan kulit sangatlah mempengaruhi pori-pori wajah kamu. Maka dari itu, usahakan selalu membersihkan wajah secara rutin dan benar. Sebelum membersihkan wajah pilihlah facial foam yang cocok dengan jenis kulit, sebab jika tidak cocok kulitmu akan mudah rusak dan mengalami gangguan. Sebagai saran, pilihlah sabun khusus muka yang banyak mengandung monsturizer dan bahan-bahan alaminya.

2. Eksfoliasi

Apa itu eksfoliasi? Ini merupakan sebuah perawatan yang bertujuan untuk mengangkat kotoran, debu, sisa keringat, dan komedo pada bagian wajah. Orang-orang menyebutnya dengan proses scrubing. Ada banyak sekali bahan yang bisa kamu gunakan sebagai scrub. Mulai dari gula pasir, ampas teh, biji-bijian, dan lainnya.

Caranya pilih salah satu bahan tersebut, misal teh. Kemudian haluskan tetapi jangan sampai halus banget sisakan sedikit butiran-butiran kecil (seperti pasir. Kemudian gosokan ampas teh tersebut setelah kamu selesai mandi secara perlahan-lahan pada kulit yang bermasalah.

3. Lindungi kulit dari terpaan sinar matahari

Sinar matahari buruk sekali untuk kesehatan kulit, khususnya untuk sinar matahari di siang harinya. Usahakan kulitmu jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung, terutama dalam waktu yang relatif lama. kamu bisa menggunakan payung, topi, sunblock, lotion, hand and body, dan lainnya untuk melindungi kulit wajah.

Baca Juga Cara Alami Yang Ampuh Hilangkan Bulu Ketiak Dengan Sekejap

4. Membersihkan minyak secara rutin

Usahakan kami selalu membawa tisu atau kacu kemanapun. Gunakan tisu tersebut untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan minyak berlebih. Dengan membersihkan minyak berlebih secara rutin, maka pori-pori wajah tidak akan menjadi semakin membesar, malah bisa mengecil dengan sendirinya.

Nah itulah beberapa tips mengecilkan pori-pori yang dapat Blog Unik bagikan ke sobat semua, Ada baiknya kalian langsung mencobanya dirumah ya!.  Selamat mencoba!

 

 

Baca Juga