Beberapa Negara Yang Mengalami Pemadaman Listrik Menghebohkan Seperti Indonesia

2 minggu lalu

Siapa nih yang masih kesal dengan pemadaman listrik massal yang terjadi minggu kemarin? Jabodetabek dan sebagian Jawa Barat serta Jawa Tengah memang mengalami mati listrik massal kurang lebih sekitar 10 jam. Terhitung dari hari Minggu, 4 Agustus, hingga Senin, 5 Agustus. Dikutip dari Kompas, pemadaman listrik massal tersebut terjadi akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

Akibat pemadaman listrik ini, PT PLN (Persero) dilanda kerugian sekitar Rp 90 miliar. Angka tersebut merupakan kalkulasi atas 9.000 MW listrik yang hilang dikali lama durasi pemadaman selama sekitar 10 jam.

Selain itu beberapa layanan publik yang bergantung pada pasokan listrik PLN pun ikut terganggu. Seluruh perjalanan kereta rel listrik (KRL) dan beberapa kereta MRT dilaporkan terhenti setelah terjadi pemadaman. Tak hanya itu, padamnya aliran listrik ini juga mengakibatkan gangguan di sejumlah jaringan seluler. Hal ini menyebabkan aktivitas jutaan masyarakat Indonesia terganggu. Banyak kerugian yang diakibatkan terputusnya aliran listrik dalam kejadian ini, baik kerugian yang dialami masyarakat juga kerugian besar yang dialami pihak PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Tapi guys, pemadaman listrik yang terjadi di Indonesia ini belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pemadaman listrik yang terjadi dinegara-negara lain. Yup, Bukan hanya Indonesia saja, sebab ada beberapa negara yang juga pernah mengalami pemadaman listrik secara massal bahkan dengan waktu yang cukup lama. Untuk lebih jelasnya, berikut negara-negara yang pernah mengalami pemadaman listrik massal seperti yang terjadi di Indonesia minggu kemarin. Check it out guys!

1. India – 2001 & 2012

photo via pri.org

Jauh sebelum di Indonesia, India atau negara yang terkenal dengan film Bollywoodnya ini telah mengalami pemadaman listrik yang cukup parah pada tahun 2001 dan 2012. Ditahun 2012, Mati listrik selama 2 hari berturut-turut terjadi di India tepatnya pada tanggal 30 dan 31 Juli 2012. Akibat pemadaman listrik ini lebih dari 1,2 miliar penduduk di 20 negara bagian India terkena imbasnya. Kejadian ini menghentikan operasi kereta dan lampu lalu lintas, serta membuat kemacetan parah. Seramnya lagi ratusan penambang di begara Bengal Barat terperangkap didalam tambang batubara karena lift tidak teraliri listrik.

Pemadaman listrik yang serupa juga terjadi ditahun 2001 sebelumnya di India. Saat itu, lebih dari 230 juta penduduk di bagian Utara India terkena dampaknya. Meskipun jumlah penduduk yang terkena imbas lebih sedikit dibanding tahun 2012, namun tetap saja pemadaman listrik massal di India tahun 2001 ini menghebohkan dan tercatat dalam insiden pemadaman listrik kedua terbesar didunia.

2. Caracas, Venezuela – 2019

photo via france24.com

Selain Indonesia, Venezuela juga baru-baru ini mengalami pemadaman listrik secara besar-besaran pada 22 Juli 2019. Pemadaman listrik ini terjadi hampir diseluruh penjuru negeri. Listrik padam pada Senin mulai sekitar pukul 16.45 waktu setempat dan baru pulih secara bertahap di ibu kota dan beberapa bagian lain negara itu pada Selasa dini hari.

Dikutip dari Kompas, ada beberapa pernyataan yang berbeda-beda tentang penyebab pemadaman listrik tersebut. Ada yang mengatakan jika pemadaman listrik massal tersebut disebabkan oleh serangan elektromagnetik. Ada juga yang mengatakan pemadaman listrik di Caracas, Venezuela adalah ulah para teroris yang sengaja menyerang pusat pembangkit listrik negara tersebut. Selain itu ada juga yang mengatakan pemadaman listrik disebabkan oleh tindak korupsi dan ketidakmampuan rezim pemerintah.

Terlepas dari penyebab-penyebab tersebut, kejadian ini menimbulkan banyak kerugian pada masyarakat, mulai dari kemacetan parah di Caracas akibat tidak berfungsinya lampu lalu lintas. Selain itu, trotoar juga dipadati oleh pejalan kaki setelah kereta metro berhenti.

3. New York, AS – 2019

photo via thenational.ae

New York juga pernah mengalami pemadaman listrik massal yang sangat menghebohkan yang melanda Manhattan dan Upper West Side. New York mengalami pemadaman listrik pada Sabtu 13 Juli 2019, pukul 18.47 waktu setempat. Setelah dilakukan penyelidikan, pemadaman listrik tersebut diakibatkan oleh kesalahan sambungan di antara gardu induk di kota New York. Akibat pemadaman listrik yang berlangsung selama beberapa jam ini, lebih dari ratusan ribu penduduk terkena imbasnya. Selama terjadi pemadaman listrik, petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu mengeluarkan warga yang terjebak di lift dan kereta bawah tanah.

4. Seoul, Korea Selatan – 2011

photo via newsinfo.inquirer.net

Pernah membayangkan ketika idol grup kesayanganmu sedang tampil dipanggung tapi tipa-tipa semua gelap karena Korea mengalami pemadaman listrik? Setidaknya hal ini pernah melanda Korea Selatan guys. Tepatnya pada tanggal 15 September 2011, pemadaman listrik massal terjadi di ibu kota Korea Selatan, Seoul dan daerah sekitarnya. Pemadaman listrik massal ini disebabkan oleh kegagalan perusahaan listrik negara, Korea Electric Power Corp (KEPCO), dalam mempersiapkan lonjakan penggunaan listrik akibat gelombang panas yang melanda negara itu.

Akibat pemadaman listrik ini, sebanyak 1,62 juta rumah tangga dilaporkan terkena imbasnya. Pemadaman listrik di Korea Selatan ini memicu terjadinya sejumlah kecelakaan karena lampu lalu lintas yang tidak berfungsi, membuat orang-orang terjebak di dalam lift, serta mengancam keselamatan pasien di rumah sakit. Situasi diperparah dengan dimatikannya pasokan listrik secara sewenang-wenang tanpa peringatan di daerah yang terdampak sehingga menambah kebingungan publik. Pemadaman bergilir kemudian dilakukan selama 30 menit di masing-masing daerah dan pasokan listrik dapat kembali pulih pada pukul 19.56 malam waktu setempat.

5. Singapura – 2018

photo via asiaone.com

Dari negara tetangga yakni Singapura juga sempat mengalami yang namanya pemadaman listrik secara massal guys. Pemadaman listrik di Singapura ini terjadi pada 18 September 2018 lalu dan disebabkan karena dua unik pembangkit listrik kehilangan sebagian pasokan mereka. Dikutip dari Kompas, Otoritas Pasar Energi Singapura (EMA), menyatakan pemadaman listrik yang terjadi pada pukul 01.18 itu berdampak pada 146.797 pelanggan.

Meski pemadaman listrik hanya berlangsung selama 38 menit dan telah kembali pulih pada pukul 01.56, EMA memandang serius insiden gangguan pasokan listrik di Singapura tersebut karena sangat merugikan masyarakat. Tak tanggung-tanggung, bahkan pemadaman listri di Singapura ini melanda hampir semua bagian wilayah Singapura mulai Boon Lay, Choa Chu Kang, Clementi, Jurong, Pandan Loop, Aljunied, Geylang, Tanjong Rhu, Mountbatten, Kembangan, Bedok, East Coast, Ang Mo Kio, Bishan, Thomson, Mandai, Admiralty, Sembawang, dan Woodlands.

6. London, Inggris – 2003

photo via thesun.co.uk

Ditahun 2003, pemadaman listrik berskala luar melanda beberapa wilayah yang ada di London dan Kent, Inggris pada 28 Agustus. Ada dua hal yang menyebabkan pemadaman listrik ini terjadi. Yang pertama adalah karena adanya masalah dengan jaringan nasional di daerah Wimbledon, London Selatan. Dan yang kedua sekaligus sebagai penyebab utama pemadaman adalah adanya pemasangan bagian yang salah pada perangkat dalam sistem cadangan.

Akibat pemadaman secara massal ini, sekitar 500 ribu orang terkena imbasnya. Bahkan ratusan ribu penumpang kereta bawah tanah dilaporkan terjebak. Meskipun pemadaman listrik hanya terjadi selama 34 menit namun pemadaman listrik di london ini disebut yang terparah sejak pemadaman yang disebabkan Badai Besar pada 1987.

7. Moskwa, Rusia – 2005

photo via edition.cnn.com

Pada 25 Mei 2005, Ibu kota Rusia mengalami pemadaman listrik massal yang disebabkan oleh ledakan gardu listrik di Chagino. Pasokan listrik ke sejumlah kota di Rusia, termasuk ibu kota Moskwa, mengalami gangguan setelah terjadi pemadaman listrik massal tersebut.

Beberapa wilayah yang terdampak adalah kota Moskwa, Tula, Kaluga, dan Ryazan. Akibatnya, jaringan transportasi Moskwa ditutup. Sekitar 20.000 orang terdampar di terowongan yang bersuhu panas. Tak hanya itu, bursa saham juga sempat ditutup selama dua jam. Aliran listrik dapat mulai kembali beberapa jam kemudian. Namun, dibutuhkan waktu hingga 10 pekan atau sampai 3 Agustus 2005 untuk benar-benar memulihkan jaringan listrik secara penuh.

8. Pakistan – 2015

photo via runwaypakistan.com

Pada 26 Januari 2015, Pakistan pernah mengalami mati listrik terparah sepanjang sejarah negara tersebut berdiri. Pemadaman tersebut disebabkan oleh meledaknya pembangkit listrik di Provinsi Sindh yang berdampak pada 80% atau sekitar 140 juta penduduk di Pakistan. Pamadaman terjadi kurang lebih selama 2 jam sebelum akhirnya listrik pulih secara bertahap di beberapa wilayah seperti Islamabad dan Karachi. Dilain sisi, Pemerintah Pakistan menuding pemberontak ada di balik kejadian mati listrik ini.

9. Bangladesh – 2014

photo via qz.com

Bangladesh, negara yang bertetangga dengan India juga pernah mengalami pemadaman listrik massal pada 1 November 2014. Akibat pemadaman ini sekitar 160 juta penduduk Bangladeh mengalami kerugian dari berbagai bidang. Yang paling menyedot perhatian adalah Rumah sakit dan pabrik garment terpaksa beroperasi menggunakan generator. Bahkan, kediaman perdana menteri Bangladesh gelap gulita ikut terdampak mati listrik.

10. Brazil – 1999

photo via mentalfloss.com

Berbeda dari negara lainnya yang mengalami pemadaman karena kesalahan pemasangan ataupun kurangnya pasokan, Brazil mengalami pemadaman karena adanya petir yang menyambar gardu listrik di Sao Paulo yang menyebabkan matinya pembangkit Itaipu, pembangkin listrik tenaga air terbesar didunia. Kejadian ini sempat membuat 60. 000 orang terjebak di kereta bawah tanah di Rio de Janeiro. Mati listrik ini juga membuat 1.200 polisi disiagakan di kota tersebut untuk mencegah penjarahan.

Nah itu dia beberapa negara yang sempat mengalami pemadaman listrik massal seperti yang terjadi di Indonesia minggu kemarin guys! So, jangan terus-terusan kesal karena pemadaman listrik kemarin. Karena, jangankan Indonesia, negara-negara maju seperti Amerika, Inggris hingga Koreapun tak luput dari yang namanya pemadaman listrik massal.

Baca Juga