Khusus Wanita! Ini Lho Obat Dan Makanan Pelancar Haid Yang Harus Kamu Ketahui

Dibuat oleh blogunik

Siapa nih yang siklus mestruasinya tidak lancar? Jika kalian salah satunya, mungkin deretan obat dan makanan pelancar haid ini bisa menjadi solusi buat kamu!

Normalnya, siklus haid terjadi dalam rentang 26 hingga 32 hari. Sedangkan periode menstruasi yang dianggap tidak teratur adalah jika waktu antara periode terus berubah dan membuat haid datang lebih awal ataupun sangat mundur dari tanggal biasanya.

Namun kalian tidak perlu khawatir, selama tidak disertai gejala-gejala lainnya, menstruasi yang tidak lancar masih dapat dianggap wajar. Ketidaklancaran menstruasi yang dialami wanita pun dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari hormon, konsumsi alkohol, aktivitas fisik yang terlalu banyak, stres, hingga gaya hidup yang kurang sehat. Nah buat kamu yang siklus menstruasinya tidak lancar, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memperlancar menstruasi!

Tips Memperlancar Menstruasi

Khusus Wanita! Ini Lho Obat Dan Makanan Pelancar Haid Yang Harus Kamu Ketahui

photo via mamaxpert.com

1. Istirahat cukup

Salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar haid adalah beristirahat yang cukup. Hentikan kebiasaan begadang karena tidak membawa manfaat apa pun untuk tubuh, bahkan justru membawa dampak buruk pada kesehata. Ini karena tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan penyembuhan diri, regenerasi sel, dan produksi hormon. Kurang tidur dapat membuat kadar beberapa hormon dalam tubuh terganggu. Salah satunya adalah hormon estrogen dan progesteron yang sangat berperan dalam perubahan siklus menstruasi.

2. Menjaga berat badan sehat

Jika siklus menstruasi kalian tidak lancar, cobalah perhatikan apakah tubuh kalian terlalu kurus ataukah terlalu gemuk? Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi lho! Oleh sebab itu, menjaga berat badan tetap ideal menjadi cara terbaik untuk memperlancar haid kamu tiap bulannya.

Nah untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu bisa mulai dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral tubuh. Namun jika kalian kesulitan dalam mencapai berat badan yang sehat, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter maupun ahli gizi.

3. Terapi hormon

Salah satu penyebab mentruasi tidak lancar adalah karena ketidakseimbangan hormon tubuh. Untuk itu, salah satu cara untuk memperlancar haid adalah dengan mendapatkan terapi hormon. Terapi dilakukan dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu, namun terapi hormon tentu dilakukan setelah melakukan konsultasi kepada dokter. Karena biasanya obat hormonal memiliki efek samping yang bervariasi, mulai mual, nyeri payudara, sakit kepala, berat badan yang bertambah, hingga hasrat seksual yang menurun. Terapi hormon sendiri biasanya diberikan kepada wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil, seperti wanita pengidap PCOS.

4. Mengonsumsi vitamin D

Untuk memperlancar hai, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin D lho. Vitamin D sendiri dikenal dapat membantu penyerapan kalsium dalam usus yang bagus untuk kesehatan tulang. Namun selain itu, vitamin D juga bisa membantu mengatur ovulasi agar terjadi secara teratur. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari makanan dan minuman seperti salmon, tuna, produk susu, hingga sereal. Bahkan bisa juga dengan berjemur di pagi hari antara jam 7 sampai 8 selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, sebelum kamu meminum suplemen vitamin D.

5. Mengganti alat kontrasepsi

Khusus buat yang sudah menikah dan memiliki anak, siklus menstruasi yang tidak lancar, bisa jadi karena ketidak cocokkan atau efek samping dari alat kontrasepsi yang kalian gunakan. Maka dari itu, jika kalian mengalami haid tidak lancar setelah menggunakan alat kontrasepsi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Mungkin akan perlu beberapa kali percobaan untuk menemukan alat KB yang cocok dan minim efek samping untuk kamu.

6. Rutin berolahraga

Tips untuk memperlancar haid berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, karena olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap haripun bisa membuat tubuh lebih bugar, dan tentunya membuat menstruasi lebih lancar. Salah satu jenis olahraga yang cocok untuk memperlancar menstruasi adalah yoga. Yoga dapat membantu meredakan stres dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Beberapa gerakan yoga seperti standing pose triangle dan half-moon cukup baik dilakukan untuk merilekskan otot panggul.

7. Jaga pola makan sehat

Untuk memperlancar siklus menstruasi, kamu juga harus menjaga pola makan yang sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan olahan, atau makanan yang mengandung bahan pemanis tambahan dan pengawet, dapat menjadi pemicu tidak lancarnya menstruasi seseorang.

Maka dari itu, cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan sehat seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Sayuran, buahan-buahan yang mengandung vitamin C, dan kacang-kacangan sangat baik untuk membantu melancarkan menstruasi.

8. Konsultasikan ke dokter

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika kamu memiliki keluhan terkait haid yang tidak teratur. Terlebih jika kamu mengalami gejala-gejala seperti berikut!

  • Tidak mengalami haid selama 90 hari
  • Mengalami siklus haid yang lebih pendek dari 21 hari
  • Memiliki siklus haid yang lebih lama dari 35 hari
  • Menstruasi terasa sangat menyakitkan
  • Haid berlangsung selama lebih dari seminggu
  • Aliran darah menjadi sangat berat dengan aliran yang deras
  • Mengalami perdarahan di antara siklus haid

Obat Dan Makanan Pelancar Menstruasi

Setelah mengetahui tips-tips yang tepat untuk membantu memperlancar haid, berikut ini beberapa obat dan makanan pelancar menstruasi yang harus kamu ketahui. So let’s check it out guys!

Obat Herbal dan Makanan Pelancar Menstruasi

Obat Dan Makanan Pelancar Menstruasi

photo via nutraingredients-asia.com

1. Jahe

Obat herbal yang bisa membantu kamu memperlancar haid diawali oleh jahe. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jahe efektif membuat rahim berkontraksi. Dengan begitu, haid pun dapat terjadi. Kamu dapat menjadikan jahe sebagai minuman pelancar haid dengan cara mencampurnya ke dalam teh, ataupun mengonsumsi air rebusan jahe. Tak hanya memperlancar haid, jahe juga dipercaya dapat meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS), meredakan nyeri haid, mengurangi rasa kembung, meredakan mual, dan mengatasi sembelit.

2. Kayu manis

Ada juga kayu manis yang dipercara dapat menjadi obat alami pelancar haid yang efektif. Kandungan dalam kayu manis mampu menghangatkan tubuh sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, siklus haid pun menjadi lebih stabil. Untuk menggunakannya sebagai obat herbal, kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat, atau mencampurkan kayu manis ke dalam teh ataupun susu hangat.

Menariknya, kayu manis tak hanya membantu memperlancar siklus haid saja, tetapi juga mengurangi nyeri haid, dan menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi PCOS.

3. Kunyit

Obat alami yang dipercaya bisa memperlancar haid berikutnya adalah kunyit. Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang dapat mengurangi peradangan dan memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antioksidan alami, yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit, termasuk untuk memperlancar menstruasi. Kamu bisa mengkonsumsi kunyit sebagai obat herbal dalam bentuk jamu, ataupun mencampur kunyit dengan teh, madu, ataupun susu.

4. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau yang menyegarkan juga bisa kamu minum sebagai minuman pelancar haid yang efektif dan aman. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk memperlancar haid.

5. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tak hanya enak dimakan namun juga memiliki segudang khasiat kesehatan. Wortel kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, vitamin E kalium, folat, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam wortel tersebut bisa meningkatkan fungsi hormon sehingga melancarkan haid secara alami. Kamu bisa mengonsumsi wortel dengan cara di jus dan dicampur dengan tomat atau jeruk.

6. Air rebusan daun pepaya

Obat alami yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar siklus menstruasi berikutnya adalah air rebusan daun pepaya. Meskipun rasanya pahit, namun daun pepaya mengandung vitamin A, B, C, D, dan E yang dapat membantu melancarkan haid, kamu bisa mencoba meminum air rebusan daun pepaya, yang telah dicampur dengan asam jawa dan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu pahit. Ramuan herbal ini bisa menjadi obat yang ampuh untuk menstabilkan siklus menstruasi kalian.

7. Cuka sari apel

Obat alami pelancar haid berikutnya yang bisa kamu coba adalah cuka sari apel. Cuka sari apel dipercaya dapat memperlancar siklus haid penderita PCOS jika rutin dikonsumsi setiap hari. Kamu dapat menjadikan cuka sari apel sebagai minuman pelancar haid dengan cara meminumnya secara langsung atau mencampurnya ke dalam air dan madu. Menariknya, cuka sari apel tidak hanya mampu memperlancar siklus mestruasi, tapi juga mampu menurunkan kadar gula darah dan insulin, serta dapat menurunkan berat badan.

8. Sayuran berdaun hijau

Khusus Wanita! Ini Lho Obat Dan Makanan Pelancar Haid Yang Harus Kamu Ketahui

photo via store.drlivingood.com

Aneka jenis sayuran berdaun hijau juga bisa dikonsumsi untuk mambantu melancarkan haid. Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan aliran darah dengan baik. Sebut saja seperti bayam yang merupakan sumber vitamin A, folat, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin E, vitamin C, kalsium, potassium, fosfor, dan masih banyak lainnya.

9. Brokoli

Brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Brokoli memiliki kandungan zat besi dan tinggi vitamin C yang dapat memicu menstruasi dengan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Peningkatan kadar hormon ini merangsang kontraksi rahim, yang pada gilirannya merangsang perdarahan. Vitamin C juga dapat mengurangi kadar progesteron, yang memicu kerusakan dinding rahim, yang mengarah ke periode awal. Brokoli yang dikonsumsi dengan cara yang sehat akan memaksimalkan manfaat dari brokoli ini.

10. Ikan dan minyak ikan

Makanan lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk memperlancar siklus menstruasi adalah ikan dan minyak ikan. Seperti yang kita tahu, ikan memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi. Salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi karena kaya manfaat adalah salmon.

11. Kacang almond dan kenari

Buat kamu yang suka ngemil kacang-kacangan, lebih baik pilih jenis kacang almond ataupun kenari. Pasalnya almond dan kenari memiliki serat dan protein yang baik untuk melancarkan menstruasi dan meningkatkan kesuburan. Sehingga cocok dijadikan camilan untuk memperlancar menstruasi.

12. Biji wijen

Selain almond, ternyata biji wijen juga bagus untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur lho. Ini karena biji wijen mampu membuat hormon pada tubuh kita menjadi lebih seimbang. Tak hanya itu, wijen juga memiliki kandungan lignan dan asam lemak yang bisa membuat hormon menstruasi menjadi teratur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menghaluskan biji wijen dan mengkonsumsinya dengan madu.

13. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Yogurt dipercaya mengandung probiotik baik bagi usus dan bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi saat menstruasi karena dapat melancarkan siklus mestruasi. Pilihlah yogurt plain atau Greek yogurt karena kandungan kalsium yang tinggi dan vitamin D yang mampu meredakan gejala PMS.

14. Susu kedelai

Obat Dan Makanan Pelancar Menstruasi

photo via healthyfood.com

Jika kamu tidak menyukai yogurt, kamu bisa mengonsumsi susu kedelai sebagai minuman sehat pelancar siklus menstruasi. Susu kedelai mengandung protein, vitamin D, vitamin B12, zinc, omega-3, dan rendah kalori yang dapat mendatangkan beragam manfaat sehat, khususnya bagi wanita, yakni sebagai pelancar siklus mentruasi dan juga bisa mempercantik kulit, mengatur lingkar pinggang dan menjaga kesehatan.

15. Telur

Makanan yang bagus untuk memperlancar haid berikutnya adalah telur. Kuning telur mengandung banyak zat besi, vitamin yang larut dalam lemak, asam lemak esensial, dan protein yang akan bermanfaat melancarkan haid secara maksimal ketika dikonsumsi setiap hari.

16. Nanas

Satu lagi buah-buah yang baik dikonsumsi untuk memperlancar siklus mestruasi adalah nanas. Nanas mengandung bromelain yang merupakan salah satu jenis enzim yang mampu meluruhkan dinding rahim sehingga haid dapat terstimulasi. Bromelain juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Obat Pelancar Haid Yang Pada Umumnya Diresepkan Oleh Dokter

Khusus Wanita! Ini Lho Obat Dan Makanan Pelancar Haid Yang Harus Kamu Ketahui

photo via healthline.com

Jika mengonsumsi obat herbal dan makanan pelancar haid tidak membuahkan hasil, mungkin kamu memang perlu obat yang diresepkan oleh dokter. Ketika kamu melakukan konsultasi ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat yang tepat sesuai kondisi kamu. Nah biar kamu tidak bertanya-tanya tentang fungsi obat pelancar haid yang diresepkan dokter, berikut ini beberapa jenis obat yang pada umumnya diresepkan dokter dan sedikit penjelasan tentang obat tersebut!

1. Progestin

Yang pertama ada progestin. Progestin sendiri adalah hormon steroid sintetis yang berperan seperti hormon progesteron alami. Obat yang mungkin saja diresepkan dokter ini berfungsi untuk mengatasi masalah menstruasi seperti amenorea atau tidak menstruasi.

Meski merupakan obat yang diresepkan dokter, namun kamu juga perlu berhati-hati dengan efek samping dari penggunaan obat ini. Efek samping ini bisa berbeda pada setiap orang, tergantung dari dosis progestin serta bagaimana respon tubuh kamu terhadap terapi hormon ini.

2. Bromocriptine

Bromocriptine merupakan obat yang hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter. Bromocriptine sendiri adalah obat untuk mengobati gangguan akibat kelebihan prolaktin. Gejala-gejalanya termasuk haid yang tidak lancar. Untuk dosisnya, dokter akan menyesuaikannya dengan kebutuhan tubuh kamu. Biasanya efek samping bromociptine yang paling utama yaitu perubahan pada gula darah, bisa rendah bisa juga tinggi. Namun pengguna bromocriptine bisa juga mengalami mual, muntah, mulas, hingga diare.

3. Clomiphene atau serophene

Obat dokter yang biasanya akan diberikan untuk memperlancar siklus mestruasi berikutnya adalah Clomiphene atau serophene. Obat ini biasanya akan diberikan kepada wanita yang ovulasinya tidak teratur. Clomiphene sendiri dikenal sebagai obat penghambat estrogen.

Ketika estrogen terhambat, kelenjar hipotalamus dan hipofisis di otak melepaskan hormon GnRH (gonadotropin-releasing hormone), FSH (follicle-stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Ketiga hormon ini berfungsi merangsang ovarium menghasilkan lebih banyak sel telur. Ketika ovulasi mulai teratur, siklus haid akan lebih lancar.

Efek samping dari obat ini tergolong ringan seperti mual, kembung, sakit kepala, dan hot flashes, sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang efek sampingnya.

4. Gonadotropin

Selanjutnya ada Gonadotropin. Gonadotropin sendiri merupakan hormon gonadotropin sintetis yang disuntikkan ke dalam tubuh. Ada 3 jenis Gonadotropin yang biasanya sering digunakan, diantaranya adalah human chorionic gonadotropin (hCG), Follicle-stimulating hormone (FSH), dan Gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH agonist). Hormon-hormon tersebut bekerja merangsang indung telur lebih aktif untuk memproduksi dan melepaskan sel telur agar menstruasi lebih lancar. Efek samping dari obat Gonadotropin ini biasanya bengkak dan memar kemerahan sementara pada area kulit yang disuntik.

5. Pil KB

Satu lagi obat pelancar haid yang mungkin diresepkan oleh dokter adalah pil KB. Meskipun dikenal sebagai obat untuk mencegah kehamilan, namun pil KB juga bisa digunakan sebagai obat pelancar haid. Obat ini bekerja meningkatkan produksi protein globulin yang mengikat hormon seks. Protein ini mampu mengikat hormon androgen utama yaitu testosteron di dalam darah. Dengan mengurangi aktivitas testosteron, otomatis haid yang tidak teratur bisa mulai tertata kembali. Efek samping dari konsumsi obat ini adalah kenaikan atau penurunan berat badan yang cukup banyak, nyeri payudara, perut kembung hingga mood yang berubah-ubah.

Nah itu dia beberapa tips serta obat dan makanan pelancar haid yang harus kamu ketahui. Perlu diingat bahwa sebelum kamu mengonsumsi obat-obatan dan makanan pelancar haid, penting halnya melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab menstruasi yang tidak lancar. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *