10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia

4 hari lalu, by blogunik

Pemandangan Bawah Laut Terindah di Dunia

Beberapa tempat paling indah di dunia ini tertutup oleh air, sehingga tak semua orang dapat melihat keindahannya. Namun pemandangan yang menakjubkan dan kehidupan bawah laut yang melimpah membuat tempat-tempat ini layak untuk dijelajahi. Buat kamu yang tidak ingin menyia-nyiakan keindahan ciptaan Tuhan yang berada di bawah laut, maka jangan ragu menyelam dan menjelajah dunia akuatik yang terdapat di 10 destinasi bawah laut dengan pemandangan terindah didunia berikut ini. Let’s check it out guys!

1. Raja Ampat (Indonesia)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Raja Ampat

photo via flickr.com/photos/mikeyru2

Destinasi wisata dengan pemandangan bawah laut terindah didunia di awali oleh Raja Ampat yang terletak di wilayah Papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keindahan alamnya yang sangat mempesona. Tak hanya yang terlihat di permukaan namun juga yang berada di bawah laut.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Raja Ampat

photo via instagram.com/marischkaprue

Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang kesini untuk menikmati keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding-dinding bawah laut dengan cara menyelam. Kerennya lagi, di tempat ini terdapat sekitar 75% atau 540 spesies koral yang tersimpan di bawah laut dunia. Jadi saat kamu menyelam, kamu akan disuguhkan dengan kehidupan bawah laut yang beraneka ragam serta berwarna-warni yang memanjakan mata.

2. Great Barrier Reef (Australia)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Great Barrier Reef

photo via matadornetwork.com

Great Barrier Reef yang terletak di Australia merupakan gugusan karang terbesar di dunia. Formasinya saling berjajar seperti sebuah benteng pertahanan, karena itu disebut Great Barrier Reef atau karang penghalang besar. Barisan karang itu membentang sepanjang 2,3 kilometer. Great Barrier Reef terdiri dari sekitar 3 ribu karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 kilometer. Hamparan terumbu karang ini berlokasi di lepas pantai Queensland, sebelah timur laut Australia.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Great Barrier Reef

photo via matadornetwork.com

Great Barrier Reef mampu menyedot wisatawan, karena selain keindahannya bawah lautnya, kamu juga bisa menyapa 6.600 spesies flora dan fauna, termasuk 1.500 jenis ikan, 4.000 jenis moluska dan 400 jenis terumbu karang. Keindahan Great Barrier Reef tak perlu lagi diragukan. kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari diving, snorkeling hingga aktivitas olahraga air lainnya.

3. Laut Merah/The Northern Red Sea (antara Asia and Africa)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Laut Merah

photo via reddit.com

Laut Merah adalah salah satu laut yang terkenal di dunia. Laut ini merupakan sebuah teluk yang berada di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan dua benua yaki Benua Asia dan Benua Afrika. Jalur laut di sebelah selatan melalui Babul Mandib dan Telk Aden, sementara di sebelah Utara terdapat Semenanjung Sinai dan juga Teruzan Suez. Laut Merah juga merupakan laut yang dihuni oleh beberapa spesies karang. Seperti namanya, Laut Merah memiliki air berwarna merah pada saat-saat tertentu karena ledakan pertumbuhan ganggang Trichodesmium erythraeum.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Laut Merah

photo via dive-the-world.com

Laut Merah menyimpan banyak keindahan di dasarnya. Salah satunya adalah terumbu karang alami yang sangat menakjubkan. Terumbu karang di Laut Merah terkenal cukup stabil di bandingkan terumbu karang yang ada di laut lainnya yang mudah rusak pada perubahan iklim dan polusi laut. Bagi banyak penyelam, kunjungan ke Laut Merah menjadi sebuah kesempatan untuk mellihat beberapa spesies laut yang sudah hampir punah. Tepatnya di bulan Mei sampai Juli, plankton merah di Laut Merah biasanya akan mekar yang membuat beberapa spesies langka akan berdatangan, salah satunya adalah hiu paus.

4. Lion City Of QianDao Lake (China)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Lion City Of QianDao Lake

photo via desertedplaces.blogspot.com

Berbeda dari destinasi bawah air sebelumnya, di Lion City ini kamu tidak akan menemukan terumbu karang yang cantik, namun lebih dari itu, kamu akan menemukan peradaban yang tenggelam. Lion City merupakan sebuah reruntuhan kota kuno di dasar Danau Qiandao, terletak di Provinsi Zhejiang, China. Luasnya sekitar 62 kali lapangan bola, dan berada jauh di bawah air biru yang tenang, tepatnya di dasar Danau. Meskipun bukan laut, namun pemandangan bawah air di Danau Qiandao ini termasuk ke dalam salah satu pemandangan underwater terindah didunia dan sayang untuk dilewatkan.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Lion City Of QianDao Lake

photo via desertedplaces.blogspot.com

Sisa dari reruntuhan kota kuno di dasar Danau Qiandao ini dikenal sebagai Shi Cheng atau Lion City karena letaknya yang berada tepat di sebuah kaki gunung Wu Shi atau juga disebut Gunung Lima Singa. Sebuah monumen bersejarah juga telah ditemukan di dekat Lion City. Diperkirakan monumen ini dibangun pada 208 M atau lebih dari 1.300 tahun yang lalu, pada zaman dinasti Han. Pada monumen ini terdapat beberapa ukiran batu yang kondisinya masih utuh dan terjaga dengan baik. Ketika ditemukan, monumen ini terletak pada kedalaman 26-40 meter di bawah permukaan air.

5. Green Lake (Austria)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Green Lake

photo via dailymail.co.uk

Green Lake yang terletak di Austria juga menjadi salah satu destinasi wisata bawah air yang memiliki pemandangan terindah didunia. Green Lake atau Gruener See merupakan sebuah taman di Austria yang akan berubah menjadi danau pada musim semi setiap tahunnya. Nama Gruner See atau Green Lake diberikan, karena danau ini memili10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawki air bernuansa hijau berkilauan seperti batu zamrud.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Green Lake

photo via businessinsider.com

Pada musim dingin, Green Lake hanyalah sebuah danau biasa yang dikelilingi pepohonan dan dihias bangku taman layaknya taman lainnya. Namun saat musim semi, geyser dan es yang mencair dari pegunungan batu kapur atau karst yang berada di dekat danau memenuhi Green Lake hingga menutupi permukaan taman. Meluapnya permukaan danau ini tak hanya menambah kedalaman danau, tetapi juga “menelan” bangku taman, pepohonan, tanaman, hingga jembatan sehingga membuat dasar danau tampak seperti negeri ajaib, seolah-olah ada peradaban di bawah air.

6. Fernando De Noronha (Brazil)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Fernando De Noronha

photo via pandotrip.com

Fernando de Noronha merupakan sebuah kepulauan dari 21 pulau. Lokasinya sekitar 354 km lepas pantai dari Pantai Brasil. kepulauan Fernando de Noronha adalah surga keindahan yang tak terlukiskan, dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia Alam oleh Unesco.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Fernando De Noronha

photo via theculturetrip.com

Kehidupan di atas dan di bawah laut menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjungi Fernando de Noronha. Penyu, lumba-lumba pemintal dan paus bungkuk, lumba-lumba tutul pantropis, paus pilot bersirip pendek, paus berkepala melon, elang laut, dan banyak spesies lain yang sering diamati sejumlah peneliti maupun wisatawan yang berkunjung ke sini. Gak heran kenapa Fernando De Noronha kerap disebut sebagai salah satu destinasi dengan pemandangan bawah laut terindah di dunia.

7. Orda Cave, Ural Mountains (Russia)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Orda Cave, Ural Mountains

photo via imgur.com

Destinasi wisata dengan pemandangan wabah laut terindah didunia selanjutnya adalah Orda Cave. Orda Cave merupakan gua terbesar yang terletak dibawah air. Gua Orda atau lokal menyebutnya Gua Ordinskaya adalah sebuah gua bawah air yang terdapat di Pegunungan Ural sebelah Barat, Rusia. Jalan masuk Gua adalah dekat tepi Sungai Kungur, wilayah Perm Krai. Ini merupakan salah satu situs alam menakjubkan di Rusia dan telah dipertimbangkan sebagai World Natural Heritage di UNESCO.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Orda Cave, Ural Mountains

photo via geologypage.com

Daerah dalam Gua kaya akan mineral sehingga membuat air tampak sangat jelas. Warna cerah biru tampak dari formasi batuan dalam Gua. Gua Orda ini tampak seperti hamparan kristal yang indah. Gua Orda juga menjadi gua kristal Gipsum bawah air terbesar di dunia dan kedua di Eurasia dalam hal volume galeri-galerinya yang membentang hingga lima kilometer.

8. Cancun Underwater Museum (Mexico)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Cancun Underwater Museum

photo via blog.sigmaphoto.com

Cancun Underwater Museum atau Museo Subacuatico de Arte (MUSA) adalah salah satu tempat wisata bawah laut dengan pemandangan paling menakjubkan didunia. Destinasi ini merupakan sebuah museum bawah laut yang menampilkan lebih dari 500 patung bawah air dalam berbagai macam bentuk patung yang berada di kedalaman 9 meter.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Cancun Underwater Museum

photo via underwatersculpture.com

Dibuat dari bahan-bahan yang mendukung pertumbuhan karang, patung-patung indah ini juga merupakan hasil karya dari seniman asal Inggris, Jason deCaires Taylor yang sebelumnya pernah menciptakan museum bawah laut mini di Grenada pada tahun 2006. Museum bawah laut terbesar di dunia ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti scuba diving maupun snorkelling. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat melihat keindahan terumbu karang yang ada di Cancun.

9. The Great Blue Hole (Belize)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - The Great Blue Hole

photo via en.blog.hotelnights.com

The Great Blue Hole merupakan lubang raksasa yang terletak 70 kilometer dari pesisir Belize, Amerika Tengah. The Great Blue Hole disebut sebagai salah satu situs menyelam terbaik di dunia karena keindahan bawah lautnya. Ditempat ini kamu bisa menemui berbagai jenis ikan tropis dan kehidupan laut lain termasuk hiu karang Karibia. Berkat keindahannya, UNESCO pun memasukkan The Great Blue Hole ke dalam daftar situs warisan dunia.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - The Great Blue Hole

photo via manvsclock.com

Perlu kemampuan menyelam yang baik dan berpengalaman untuk dapat menyelam di The Great Blue Hole. Pasalnya, lubangnya sangat gelap. Namun sebaliknya, jika kamu merupakan penyelam profesional, kedalaman yang gelap itu akan menjadi pemandangan yang mengesankan untuk dilihat. Karang-karang di sekitarnya tampak seperti keajaiban alam. Dalam perairan berwarna biru gelap, kamu bisa menyelam di antara stalaktit dan stalagmit raksasa. Bila kamu beruntung, kamu melihat satu atau beberapa jenis hiu yang melintas. Ada Nurse Shark, Carribean Reef Shark, Blacktip Shark, Bull Shark, juga Hammerhead Shark yang menjadi penghuni lubang biru ini.

10. Monterey Bay Aquarium, Monterey, California (USA)

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Monterey Bay Aquarium

photo via mercurynews.com

Satu lagi destinasi dengan pemandangan bawah laut terindah di dunia adalah Monterey Bay Aquarium yang terletak di California. Untuk dapat menikmati keindahan bawah lautnya kamu tidak perlu menyelam guys, karena seperti namanya, destinasi ini adalah sebuah aquarium tercantik di dunia yang menjadi rumah bagi 35 ribu jenis biota laut dengan 550 spesies beraneka ragam.

10 Destinasi Dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah Di Dunia - Monterey Bay Aquarium

photo via lithub.com

Di Monterey Bay Aquarium, pengunjung dapat mengamati beragam hewan laut cantik penghuni khas California Utara, seperti berang-berang laut dan gajah laut. Tak hanya itu, di sana pengunjung juga akan disuguhi beragam fasilitas dari area pameran, auditorium, kelp forest, jellies, sea bird, the open seas, fragile seas hingga touch pool. Gak heran deh kalau Monterey Bay Aquarium ini dijuluki sebagai jendela menuju keajaiban yang ditemukan di laut.

Itulah 10 destinasi dengan pemandangan bawah laut atau bawah air terindah di dunia yang sayang jika dilewatkan, khususnya buat kalian yang gemar menyelam dan menjelajah kedalaman laut. Bagaimana menurut kalian guys?

Artikel Terkait