13 Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Di dunia ini banyak peninggalan-peninggalan sejarah kuno yang menakjubkan telah ditemukan. Peninggalan sejarah kuno tersebut sangat mengejutkan para arkeolog sehingga mereka tidak dapat menjelaskan apa sebenarnya yang mereka temukan, bagaimana hal itu bisa tercipta atau memastikan nilainya. Banyak penemuan-penemuan sejarah kuno yang sangat misterius hingga dianggap sebagai peninggalan iblis dan bahkan membuat para ilmuwan kebingungan.

Jika kalian tertarik dengan penemuan-penemuan sejarah kuno, berikut ini merupakan penemuan-penemuan sejarah kuno paling misterius dan menakjubkan didunia yang membuat orang kagum namun membuat para ilmuwan menggaruk-garuk kepala dari tahun ke tahun. So let’s check it out guys!

1. Atlantis City

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via scienceabc.com

Siapa yang tidak pernah mendengar kota Atlantis yang hilang? Atlantis City alias Kota Atlantis yang hilang mungkin merupakan penemuan arkeologi paling misterius dan menakjubkan yang pernah ada. Plato pada tahun 360 SM adalah orang yang mengajukan asumsi pertama tentang Kota Atlantis, yang tenggelam di lautan.

Para peneliti percaya bahwa Tsunami kuat yang melanda kota itu pada tahun 10 SM menenggelamkan kota Atlantis ke laut. Namun kebenaran sebenarnya di balik kota Atlantis masih belum diketahui oleh para arkeolog.

Menurut cerita kuno, Atlantis dibangun oleh Poseidon, Dewa laut, yang lebih besar dari Asia saat ini. Kota yang kaya dipisahkan oleh cincin air dan daratan. Disebutkan juga jika Kota Atlantis berada di atas lautan Atlantik. Namun para peneliti gagal menemukan lokasi sebenarnya dari kota ini hingga hari ini. Ukuran dan kedalaman lautan sendiri adalah salah satu yang alasan yang membuat para ilmuwan tidak mudah dalam dalam menemukan Atlantis.

2. Stonehenge

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via thesun.co.uk

Stonehenge merupakan salah satu penemuan yang telah menjadi situs Warisan Budaya Dunia. Meski begitu penemuan Stonehenge hingga kini masih menyimpan banyak misteri. Bagaimana tidak, hingga saat ini kapan Stonehenge didirikan pun masih diperdebatkan, bahkan formasi batuan di Stonehenge pun sukses membuat bingung banyak orang termasuk pada ilmuwan.

Stonehenge sendiri merupakan formasi bebatuan yang membentuk lingkaran dan terdapat parit di dalamnya. Batu yang lebih besar memiliki ketinggian 30 kaki yang disebut sarsens dan beratnya mencapai 25 ton. Penemuan ini terletak di kota Salisbury di Inggris dan tujuan sebenarnya dari Stonehenge ini masih belum diketahui.

Ada teori yang menyebutkan jika Stonehenge dibangun antara 3000 SM dan 2000 SM. Orang-orang dizaman Neolitik membawa batu-batu besar tersebut dari bukit Preseli yang berlokasi 150 mil jauhnya dari Stonehenge ditemukan. Diperkirakan 240 orang tewas terkubur di daerah ini.

3. Piramida Mesir

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via livescience.com

Penemuan sejarah kuno yang peling misterius dan menakjubkan di dunia selanjutnya adalah Piramida Mesir. Piramida adalah struktur kuno terbesar yang pernah ada di Bumi. Diperkirakan orang Mesir mulai membangun piramida pada 2700 SM, terutama sebagai makam untuk mengawetkan tubuh kerajaan yang disebut mumi.

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan tertinggi di Mesir yang memiliki ketinggian 481 kaki. Piramida ini memiliki sekitar 2.300.000 blok batu yang masing-masing beratnya 2 sampai 30 ton. Bahkan ada beberapa blok yang beratnya lebih dari 50 ton.

Dasar Piramida memiliki luas 55.000 meter persegi dengan masing-masing sisi memiliki luas lebih dari 20.000 meter persegi. Butuh waktu hampir 20 tahun untuk menyelesaikan pembangunan piramida, menggunakan jutaan batu kapur. Bagian dalam piramida dipenuhi dengan harta berharga dengan tubuh yang diawetkan. Dinding piramida juga menampilkan lukisan dan ukiran yang indah.

Namun yang menjadi pertanyaan terbesarnya adalah darimana orang bisa mengetahui cara teknis dan arsitektur yang kompleks padahal masih ditahun 2700 SM? Dan kenapa karya yang begitu menakjubkan tersebut ditinggal begitu saja?

4. Monumen Yonaguni

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via timepassgo.com

Monumen Yonaguni sering disebut sebagai Atlantis Jepang dan penemuan ini termasuk ke dalam salah satu objek penemuan misterius yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Monumen Yonaguni sendiri ditemukan oleh instruktur selam Kihachiro Aratake setelah ia terjun ke perairan lepas pantai pulau Jepang Yonaguni pada tahun 1986.

Dalam penemuan ini,serangkaian monolit atau batuan besar mirip undakan di sisi gunung terlihat dari kedalaman 6 meter di bawah permukaan laut. Formasi persegi panjang raksasa itu memiliki sudut 90 derajat yang sempurna. Ada bagian dinding yang lurus, bentuk mirip tangga, juga kolom.

Sejumlah ahli yang mengunjungi situs tersebut, mencoba menemukan petunjuk. Namun, hingga hari penemuan tersebut masih menyimpan banyak misteri yang belum terkuak. Tapi muncul sebuah teori yang menyebutkan jika penemuan bawah laun yang menakjubkan tersebut merupakan sisa-sisa sebuah kota kuno yang tenggelam akibat peristiwa seismik ribuan tahun yang lalu.

5. Naskah Voynich

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via facsimilefinder.com

Penemuan sejarah kuno yang paling misterius dan menakjubkan berikutnya adalah Naskah Voynich. Naskah yang penuh dengan teka-teki ini ditemukan oleh Wilfrid Voynich, seorang penjual buku yang membeli kodeks misterius pada tahun 1912.

Naskah tersebut terdiri dari 240 halaman namun teks, bahasa, juru tulis dan penulis naskah voynich hingga saat ini masih belum diketahui dan tidak ada yang bisa menerjemahkan teks yang tertulis pada naskah kuno satu ini. Menurut para arkeolog banyak halaman manuskrip ini yang hilang dan hanya menyisakan 240 halaman saja.

Selain teks yang tidak dapat dibaca, naskah tersebut juga dipenuhi dengan ilustrasi tanaman dan objek yang tidak dapat diidentifikasi maknanya. Namun ada teori yang menyebutkan jika naskah voynich diyakini ditulis pada abad ke-15. Naskah ini diyakini mencatat berbagai tanaman herbal, dan juga berisi bagian dari astronomi, biologi, kosmologi, dan farmasi.

6. Garis Nazca

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via nypost.com

Penemuan menakjubkan didunia yang masih misterius berikutnya adalah garis Nazca. Garis Nazca sendiri adalah formasi garis putih yang tidak biasa yang bisa dilihat saat kamu melakukan perjalanan terbang melintasi gurun pasir Peru selatan.

Garis Nazca juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO yang populer di negara ini. Formasi misterius kuno ini memiliki bentuk trapesium, persegi panjang, segitiga, dan pusaran.

Tak hanya itu, jika kamu melakukan pengamatan dari jarak yang lebih dekat, kamu bisa melihat garis-garis putih yang menyerupai lebih dari 70 jenis hewan, struktur tumbuhan, dan 300 bentuk geometris.

Hingga saat ini, masih belum diketahui apa makna dari garis-gari yang menakjubkan ini. Namun para arkeolog memperkirakan bahwa garis Nazca dibuat oleh orang Indian Nazca antara 500 SM dan 700 M dan masih tetap utuh selama 2000 tahun. Sebagian masyarakat percaya bahwa garis-garis ini dibentuk oleh alien untuk mengikuti jalan yang benar.

7. Terracotta Army

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via nytimes.com

Terracotta Army juga menjadi salah satu penemuan sejarah kuno yang misterius dan menakjubkan yang sayang jika tidak dibahas. Terracotta Army sendiri ditemukan oleh sekelompok arkeolog di Xian, China pada tahun 1974.

Diperkirakan ada sebanyak 8.000 patung tanah liat tentara terkubur di dekat makam kaisar Qin Shi Huang yang merupakan kaisar pertama Cina. Para tentara tanah liat ini ditemukan dengan ekspresi wajah yang berbeda-beda dan senjatanya masing-maisng, dan ada juga kuda serta kereta terakota dalam ukuran besar.

Muncul teori yang menyebutkan jika tentara tanah liat dikuburkan bersama kaisar Qin Shi Huang untuk perlindungan dari kekuatan yang berbeda setelah kematian. Para ilmuwan memperkirakan jika kompleks purbakala ini telah berumur sekitar 2200 tahun.

8. Bola Batu Kosta Rika

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via documentarytube.com

Penemuan kuno yang misterius dan menakjubkan berikutnya adalah bola batu yang berada di Kosta Rika. Batu bulat yang terlihat hampir sempurna ini, pertama kali ditemukan di Delta Diquis di Kosta Rika selama tahun 1930-an. Terdiri dari sekitar 300 buah bola batu raksasa dengan berat terbesar 16 ton dan berdiameter 2,4 meter bahkan yang terkecil ada yang berdiameter hanya beberapa sentimeter saja.

Para ilmuwan percaya bahwa bola-bola batu tersebut pertama kali dibuat sekitar 600 M, namun kapan dibuatnya secara pasti masih menjadi misteri. Penemuan ini menjadi penemuan misterius yang masih membingungkan arkeolog hingga saat ini. Bahkan penemuan ini memicu banyak mitos dan spekulasi.

9. Gobekli Tepe

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via hurriyetdailynews.com

Selanjutnya ada Gobekli Tepe yang merupakan situs arkeologi tertua di dunia yang terletak di Turki. Para ilmuwan menggali struktur melingkar dengan batu berukir rumit dan pilar khas yang berusia lebih dari 12.000 tahun. Pilar-pilar batu kapur yang digunakan seberat 15 hingga 22 ton untuk membuat konstruksi ini, yang dibuat dari balok-balok batu besar.

Para arkeolog telah menemukan 200 pilar besar selama ekspedisi. Bangunan ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya atau candi orang-orang zaman dahulu. Sejak penggalian dimulai pada tahun 1995, penemuan ini telah mengubah cara berpikir para arkeolog tentang era Neolitik dan asal usul umat manusia. Meski begitu, penemuan kuno ini masih harus dieksplorasi secara menyeluruh karena masih banyak misteri yang belum terkuak.

10. Patung Moai, Pulau Paskah

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via theculturetrip.com

Patung Moai di Pulau Paskah adalah salah satu penemuan arkeologi paling misterius dan ikonik yang pernah dibuat. Patung-patung ini adalah daya tarik utama di Pulau Paskah, Chili. Patung Moai diukir oleh orang-orang kuno Rapa Nui antara tahun 1300 hingga 1500 M. Orang-orang rapa nui menggunakan batu dari gunung berapi yang mati di pulau itu untuk mengukir patung-patung ini.

Ada total 288 patung maoi dengan tinggi 13 kaki dan berat 80 ton bisa ditemukan di berjejer di pulau tersebut, namun mengapa patung-patung tersebut berada di tempat mereka berdiri sekarang masih menjadi pertanyaan para peneliti sejak lama.

11. Sacsayhuaman

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via ticketmachupicchu.com

Sacsayhuaman, atau dapat disebut Saksaq Waman juga menjadi salah satu penemuan sejarah kuno paling misterius dan menakjubkan di dunia yang menarik untuk dibahas. Sacsayhuaman sendiri merupakan situs yang berupa reruntuhan Inca kuno di ketinggian 3.701 meter yang dimulai pada tahun 1440 oleh Kaisar Pachacuti. Sacsayhuaman disebut sebagai kompleks berdinding yang sarat dengan misteri di dekat kota tua Cusco, Peru.

Tiga dinding terpanjang di Sacsayhuaman adalah sekitar 400 meter dan tinggi 6 meter. Sekitar 6.000 meter kubik volume batu telah digunakan. Dindingnya terdiri dari berbagai jenis batuan termasuk blok diorit, batugamping yucay dan andesit gelap dengan berat hingga 300 ton.

Namun tidak ada yang tahu bagaimana batu-batu ini dipotong, dipindahkan dan dimasukkan ke dalam tempatnya. Transportasi dari blok batu pada masa itu masih menjadi pertanyaan hingga kini. Pasalnya batu-batu yang besar tersebut harus diangkut lebih dari 50 mil di medan pegunungan yang terjal. Padahal Suku Inca tidak menggunakan kendaraan roda seperti kereta pada waktu itu.

12. Owen Moa

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via ancient-origins.net

Owen Moa juga menjadi salah satu penemuan paling menakjubkan di dunia. Owen Moa sendiri merupakan cakar besar seperti dinosaurus yang ditemukan oleh arkeolog pada tahun 1986 ketika menggali gua besar di Gunung Owen, Selandia Baru.

Ketika ditemukan, cakar besar ini masih terlihat utuh dengan otot dan kulit bersisik yang masih melekat pada cakar tajam tersebut. Para ahli mengkonfirmasi bahwa itu adalah kaki burung moa tanpa sayap, yang saat ini sudah punah.

Spesies burung Moa ini menghilang sekitar 2000 tahun yang lalu karena diburu hingga punah oleh manusia purba. Burung Moa adalah burung besar dengan tinggi hingga 12 kaki dan berat hingga 250 kg. Kini cakar tajam moa disimpan di Natural History Museum of New Zealand.

13. Struktur Golan

Aneka Penemuan Sejarah Kuno Paling Misterius Dan Menakjubkan Dunia

photo via israel21c.org

Penemuan kuno paling misterius selanjutnya adalah strutur Golan yang terletak di Timur Tengah. Pola lingkaran batu ini ditemukan oleh arkeolog yang sedang mempelajari survei udara Dataran Tinggi Golan setelah perang tahun 1967. Terletak di sebidang tanah di antara Suriah dan Israel. Struktur batu Golan terbuat dari tumpukan ribuan batu-batu basalt yang lebih kecil yang keseluruhannya mencapai berat lebih dari 40.000 ton.

Bangunan ini diperkirakan sudah ada sejak 5.000 tahun dan bentuknya melingkar menyerupai labirin. Di tengahnya terdapat ruang pemakaman yang sangat besar. Selain sebagai kuburan, di Golan juga bertujuan sebagai astrologi juga.

Meski begitu, hingga saat ini, bentuk asli dari bangunan dan tujuan mereka membangun pola lingkaran ini masih menjadi misteri. Dan muncul teori lain yang menyebut jika pembangunan pola lingkaran Golan ini dimulai sekitar 3.500 SM dan terus berlanjut selama 2.000 tahun berikutnya.

Nah itu dia aneka penemuan sejarah kuno paling misterius dan menakjubkan di dunia yang menarik untuk di bahas. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian memiliki teori kospirasi sendiri mengenai penemuan-penemuan tersebut?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.