Pengalaman Mistis Yang Pernah Dialami Oleh Penjaga Kamar Mayat

12 bulan lalu, by blogunik

Segala profesi pekerjaan didunia ini pasti memiliki tantangannya masing-masing. Namun menjalani profesi sebagai penjaga kamar mayat sepertinya memiliki tantangan yang berlipat ganda. Mereka yang melakoni pekerjaan sebagai penjaga kamar mayat ataupun sebagai petugas forensik ditantang untuk memiliki keberanian yang besar dan iman yang kuat. Sebab tak bisa dipungkiri jika banyak kisah mistis yang bisa saja terjadi pada mereka selaku penjaga kamar mayat. Kisah misteri itu dialami oleh para petugas yang sehari-harinya berkutat dengan urusan forensik, kebanyakan dari mereka mendapat pengalaman yang mengerikan, yang mamppu membuat bulu kuduk merinding. Nah penasaran seperti apa saja pengalaman seram para penjaga kamar mayat? berikut kisahnya!

1. Mendengar suara gemericik air seperti orang mandi

photo via : http://www.tribunnews.com/

Budi Ariyadi merupakan petugas kamar mayat di RSUD AW Syahranie. Sebagai staf penjaga kamar jenazah, Budi bertugas membuat surat kematian, memandikan jenazah, membantu tim dokter melakukan otopsi, hingga mengurus pemakaman jenazah tanpa keluarga. Sebagai petugas yang menangani hal-hal berbau jenazah, ia kerap kali mengalami kejadian yang diluar nalar. Ia bahkan sempat demam tinggi saat pertama kali bertugas mengurus jenasah karena mengalami hal-hal yang diluar akal. Salah satu kejadian mistis yang nyata pernah ia alami adalah ia pernah dikejutkan oleh suara gemericik air seperti orang sedang mandi. Namun, setelah dicek tak ada siapapun di kamar mandi, Tak ada pula bekas air di kamar mandi tersebut. Bahkan, saat piket di malam hari, dirinya sempat dikejutkan dengan ketokan di pintu ruangannya, namun ditunggu-tunggu tidak ada yang masuk, dan ketika dicek keluar, tidak ada siapa-siapa diluar ruangan staf jaga kamar jenazah.

2. Mendengar suara tangisan

Kisah mistis selanjutnya menimpa seorang staf kamar mayat yang akrab dipanggil dengan nama Wak Mijan. Wak Mijan bekerja di kamar mayat RSU dr. Pirngadi, Medan. Wak Mijan telah menjadi penjaga kamar mayat selama 24 tahu. Segudang pengalaman mistis pernah dialaminya. Salah satunya adalah mendengar suara tangisan. Ia bercerita jika pernah suatu kali ia mendengar suara orang sedang menangis. Asalnyapun dari kamar mayat. Posisi Wak Mijan yang saat itu sedang beristirahat di ruangannya yang berada tepat disamping kamar mayat lantas memeriksa keadaan kamar mayat, namun dirinya tak menemukan adanya tanda-tanda orang menangis di kamar mayat tersebut. Suara tangisan tersebut terulang keesokan harinya, namun saat hendak masuk kedalam kamar mayat, pintu kamar tersebut tak bisa dibuka, seperti ada yang menahannya dari dalam. Namu Wak Mijan tak tau apa atau siapa yang menahan pintu tersebut.

Kisah mistis lainnya yang pernah dialami Wak Mijan adalah pintu kamarnya yang diketuk orang dari luar, namun saat dibuka, tak ada seorangpun yang terlihat. Bersamaan dengan itu, Wak Mijan mencium aroma bunga kantil.

Wak Mijan juga pernah melihat sosok gaib yang melintas didepannya. persisnya menjelang maghrib, saat itu hujan gerimis. Seperti hari biasanya, Wak Mijan menikmati secangkir teh dan duduk santai di luar kamarnya. Sedang asyik ia melamun, tiba-tiba sesosok bayangan melintas. Sosok tersebut menyerupai pegawai kamar jenazah. Wak Mijan yang menganggap sosok itu adalah pegawai kamar mayat hanya cuek, namun tak berapa lama, sosok itu kembali melintas, namun saat dipanggil sosok itu tak menoleh dan menghilang saat dikejar. Tak jarang pula televisi dan tape diruangan Wak Mijan hidup sendiri.

3. Diganggu hingga didatangi oleh arwah mayat yang ditangani

photo via : www.msn.com

Kejadian mistis ini dialami oleh Agus, seorang portir sekaligus penjaga kamar mayat di RS Muhammad Hoesin Palembang. Agus sudah bergelut di pekerjaan ini selama 9 tahun yang dimulainya dari tahun 2009. Dalam menjalankan tugasnya ini, Agus mengatakan banyak hal-hal mistis yang ia rasakan sendiri akan kehadiran beberapa penghuni lain yang ikut tinggal di kamar mayat tersebut.

Saat dirinya pertama kali bertugas sebagai penjaga kamar mayat, hampir setiap malam ada saja yang mengganggunya, seperti lampu yang berkedap-kedip, pintu yang menutup sendiri serta beberapa barang yang berterbangan tepat di depan matanya.

Agus juga pernah didatangi oleh arwah jenazah yang ia tangani dimimpinya. Saat itu ia mengatakan jika ia menangani jenazah yang mengalami kecelakaan parah yang diharuskan untuk dijahit agar wajah dan anggota tubuh lainnya tetap menyatu. Setelah proses penjahitan selesai, malamnya jenazah tersebut datang kemimpi Agus dan mengatakan kalau masih ada darah yang keluar dari jahitan tersebut dan tidak menutup semua lukanya. Sontak Agus pun terbangun dan merasa kebingungan dengan apa yang telah ia lakukan pada saat proses penjahitan sebelumnya. Ia pun mengingat pesan jenazah tersebut untuk lebih berhati-hati lagi kedepannya dalam proses penjahitan dan perawatan jenazah.

4. Diganggu saat tidur hingga tak bisa bergerak

photo via : http://lombokpost.net

Kisah mistis selanjutnya dialami oleh Sriadi, seorang penjaga Instalasi Pemulasaran Jenazah (IPJ) di RSUD Kota Mataram, NTB. Sriadi sudah hampir 8 tahun menjadi penjaga IPJ atau yang biasa disebut kamar mayat. Baginya, melihat dan memegang mayat sudah menjadi hal biasa baginya.

Sriadi mengaku jika dirinya pernah mengalami kejadian mistis saat bertugas. Kejadian tersebut terjadi saat malam, ketika dirinya sedang tertidur. Namun tiba-tiba ia merasakan ranjang yang ia tiduri bergoyang dengan sedirinya, seperti digoyang-goyang oleh seseorang. Hal tersebut membuatnya terkejut dan sontak bangun, namun dirinya tak bisa bergerak sama sekali, seperti ada yang mengunci pergerakannya.

5. Diganggu dan dipindahkan tidur di dekat comberan

photo via : http://medan.tribunnews.com

Kisah mistis selanjutnya dialami oleh Sopian alias Biring yang berprofesi sebagai penjaga kamar mayat Rumah Sakit dr Pirngadi Medan. Ia merupakan penjaga mayat yang mengantikan tugas dari Alm Wak Mijan. Sopian mengaku kalau dirinya sering mendapat pengalaman mistis selama bekerja sebagai penjaga ruang instalasi jenazah di RSU Pirngadi Medan. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Salah satunya yang paling membuat bulu kuduk merinding adalah, dirinya yang bangun-bangun telah berada di dekat comberan selokan, padahal ia tertidur di kamar yang letaknya persis didekat kamar mayat. Entah siapa yang memindahkannya namun Sopian mengaku sempat takut dengan kejadian tersebut. Selain itu, Sopian juga sempat diganggu ketika dirinya sedang mandi. Dimana pintu kamar mandinya diketuk dari luar namun saat dipanggil tak ada yang menjawab.

6. Diikuti sesosok makhluk gaib hingga jasad yang mengeluarkan aroma wangi

photo via : http://brebesnews.co

Kisah mistis selanjutnya dialami oleh Kasmuin, yang menjabat sebagai kepala instalasi kamar jenazah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes. Menurut Kasmuin yang hampir puluhan tahun bertugas di RSUD Brebes ini, ia kerap kali mengalami pengalaman mistis saat mengurusi jenazah. Salah satunya seperti mendapat firasat aneh sebelum mengetahui akan ada jenazah yang akan ditanganinya. Pada saat-saat tersebut, Kasmuin biasanya akan melihat penampakan wujud ghoib yang selalu mengikuti dirinya hingga berada dirumah. Entah pada saat di ruangan-ruangan tertentu seperti di ruangan tamu, ruangan tidur bahkan ruangan dapur. Sesekali seluruh badan dan tangannya merinding sendiri bila menjumpai kejadian itu, namun karena sudah terbiasa Kasmuin tidak merasa risau. Kasmuin menganggap hal ini merupakan suatu pertanda yang sudah terbiasa menghampirinya bila ada sesuatu yeng perlu di urus seputar jenazah di RSUD nantinya.

Kasmuin juga pernah mengalami pengalaman yang membuatnya takjub selama mengurus jenazah. Pasalnya dari sekian ratus jenazah yang ia tangani, ada satu jenasah yang mengeluarkan aroma yang wangi dalam tubuhnya walaupun telah meninggal 3hari sebelumnya. Saat itu Kasmuin mengurus jenasah korban tabrak lari yang merupakan seorang pemulung berusia 57 tahun bernama Kastorih. Jenazah Kastorih diinapkan di kamar jenazah untuk menunggu keluarganya. Namun karena 3 hari, tidak ada yang mengaku, jasad Kastorih-pun harus dikuburkan. Anehnya, jasad kastorih yang sempat menginap 3 hari di ruang jenazah RSUD bukan ber- bau busuk, namun justru menebarkan bau wangi. Kasmuin mengaku jika biasanya jasad yang diinapkan selama 3 hari atau lebih, bagian lambung jasad akan pecah dan mengeluarkan aroma busuk, namun untuk jasad Kastorih justru menebarkan aroma wangi seperti wangi bunga atau parfum.

7. Mendengar suara minta tolong, melihat penampakan menir Belanda hingga keranda mayat gerak sendiri

photo via : http://www.tribunnews.com

Dari Brebes, kita ke Bogor, tepatnya di RS PMI Bogor. Hal mistis kerap dialami oleh penjaga kamar mayat di RS PMI Bogor. Mursito (50) atau akrab disapa Ito sering kali mengalami hal gaib selama bertugas sebagai penjaga kamar jenazah. Suatu malam sekitar pukul 22.00 WIB, Mursito sedang duduk santai sambil menonton televisi di ruangan belakangan kamar jenazah. Saat suasana hening, tiba-tiba ada suara perempuan memanggil- manggil namanya. Suaranya pelan tapi cukup terdengar jelas di telinga Mursito. Mursito yang penasaran dengan suara tersebut lantas mencari sumber suara. Dan ternyata panggilan minta tolong itu berasal dari ruang pendingin jenazah.

Pengalaman mistis lainnya yang pernah dialami Mursito adalah penampakan sosok menir Belanda. Ia mengatakan jika dibelakang ruang jenasah memang masih kebun, dan ia mengaku pernah melihat arwah menir Belanda sedang merokok. Mursito mengaku jika terkadang hanya bara rokoknya saja yang ia lihat, sedangkan wujud menir Belandanya hanya bayangan tipis saja, tapi wujudnya tetap terlihat. Seringnnya muncul penampakan orang Belanda kata Mursito, karena bangunan RS PMI adalah bekas peninggalan jaman Belanda.

Pengalaman mistis selanjutnya yang pernah ia alami adalah keranda mayat yang bergerak sendiri. Kejadian tersebut ia alami saat malam Jumat. Dirinya yang sedang berjaga di ruang jenazah, dikejutkan dengan keranda mayat korban pengeroyokan yang bergerak sendiri. Mursito mengatakan, peristiwa yang membuat bulu kuduknya merinding itu terjadi hampir sekitar satu menit. Namun kejadian mistis itu tak membuatnya mundur. Mursito kemudian menghampiri jenazah tersebut dan mengucapkan jika ia akan mencarikan keluarganya sambil menepok-nepok jenazahnya. Setelah dia mengucapkan itu, brankar berhenti bergoyang.

Itulah beberapa pengalaman mistis yang pernah dialami oleh para penjaga kamar mayat di berbagai rumah sakit di Indonesia. Namun selain beberapa cerita mistis tersebut masih banyak lagi pengalaman mistis yang pernah terjadi pada mereka yang pekerjaannya setiap hari mengurusi jenazah, seperti terdengarnya suara-suara aneh. Suara seperti benda jatuh, decitan meja dan kursi, dan masih banyak lagi yang lainnya menjadi sesuatu yang tak lagi asing alias biasa bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu sebagai pekerja di dalamnya.

Terlepas dari beberapa kisah para penjaga kamar mayat tersebut. Sebagai manusia yang taat kepada Tuhan, maka ada baiknya kita dapat mengambil sisi positif dari segala kejadian untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan menjauhi larangannya. Semoga cerita-cerita di atas membuat kita lebih dekat dengan sang maha pencipta. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *