Berbagai Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Jarang Dibersihkan

4 bulan lalu, by blogunik

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Terkontaminasi

0

Ketika cuaca sedang panas-panasnya memang sangat nyaman berada di ruangan yang memiliki air conditioner (AC), penggunaan AC sendiri dikalangan masyarakat khususnya di daerah tropis memang menjadi salah satu hal yang umum. Selain untuk mendinginkan suhu ruangan, AC juga dapat menyerap debut atau bakteri jahat yang ada di dalam ruangan. Namun penggunaan AC juga dapat menyebabkan buruknya kesehatan, hal ini dikarenakan gangguan ventilasi udara.

Gangguan ini dapat berupa kurangnya udara segar yang masuk, buruknya distribusi udara dan kurangnya perawatan sisten ventilasi udara. Kualitas udara yang buruk akan membawa dampak negatif bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan yang ber-AC. AC yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat nyaman bagi mikroorganisme. kondisi ini mengakibatkan kualitas dalam ruangan menurun dan dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Nah, berikut ini berbagai penyakit yang mengintai pada AC yang tidak pernah dibersihkan

1.Kulit Kering

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Kulit Kering

Photo via paradigmayasam.com

Hal yang sering dialami oleh orang-orang yang sering berada di ruangan ber-AC adalah kulit menjadi kering dan iritasi pada selaput lendir. Hal ini dikarenakan AC yang jarang dibersihkan tentunya akan mengganggu kesehatan dan udara yang dihasilkan AC yang jarang dibersihkan ini sudah tercampur dengan debu atau kotoran yang otomatis akan membuat badanmu ikutan terkontaminasi.

Kulit yang kering memang sering kali dialami karena kulit kita sendiri dapat kehilangan kelembapan alaminya sehingga kulit menjadi lebih kering dan sensitif. Untuk mengatasi kulit yang kering di dalam ruangan ber-AC ini kita bisa menyediakan mangkuk atau wadah yang di dalamnya berisi air, taruhlah wadah tersebut didekat meja kita bekerja. Selain mangkuk berisi air, kamu juga dapat menggunakan pelembab kulit agar kulitmu selalu lembab.

2. Sakit Kepala

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Sakit Kepala

Photo via m.klikdokter.com

Jika kamu sering sekali merasakan lelah, sakit kepala atau meriang ketika bekerja di kantor, namun ketika kamu meninggalkan gedung kantormu gejala tersebut menghilang perlahan. Hal ini dikarenakan adanya sick building syndrome yang disebabkan oleh AC yang berada diruanganmu kotor karena jarang dibersihkan. Orang yang bekerja di dalam ruangan ber-AC sering sekali mengalami gejala ini, namun ada sebagian orang merasa sakit kepala ini hal yang lumrah. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengatur temperatur AC yang tidak terlalu dingin dan setiap beberapa waktu pergilah keluar ruangan untuk menikmati udara segar.

3. Mengakibatkan Gangguan Pada Pernapasan

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Gangguan Pada Pernafasan

Photo via aarp.org

AC yang suhunya terlalu dingin juga dapat mengakibatkan masalah seperti sinus, flu, sakit tenggorokan dan gejala lainnya yang berkaitan dengan pernafasan. Ada beberapa AC yang tidak dapat melembabkan udara namun bisa menyebabkan udara menjadi kering. Udara yang kering ini bisa mengakibatkan iritasi pada bagian lapisan mulut dan hidung. Hal ini dapat diperburuk lagi dengan filter udara yang kotor. Filter yang kotor ini menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan jamur karena mereka dapat berkembang biak disana.

Bentuk mereka yang relatif kecil tersebut membuat kalian tidak sadar menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan berbagai macam kuman dan penyakit. Pada saat mikroorganisme tersebut terhirup oleh kita tentunya kita dapat mengalami gangguan pernafasan dan yang paling berbahaya kita dapat terserang radang paru-paru (pneumonia). Hal ini juga bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran pernapasan dan juga dapat menimbulkan masalah bagi alergi dan orang yang mengidap penyakit asma.

4. Penyakit Legionaires

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Penyakit Legionaires

Photo via pronews.gr

Penyakit satu ini diakibatkan oleh bakteri legionella pneumophie, dimana legionaires sendiri adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan AC. Masalah kesehatan yang berkaitan dengan AC ini adalah air hangat yang ditemukan dalam AC Central bisa menjadi tempat berkumpulknya banyak bakteri. Gejala yang paling sering terjadi adalah batuk-batuk, nyeri badan, demam tinggi, sakit kepala dan kelelahan. Jika penyakit ini tidak segera diobati penyakit legionaires ini dapat mengakibatkan komplikasi yang membahayakan.

5. Berat badan bertambah

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Berat badan bertambah

Photo via hellosehat.com

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Albama di Brimingham, Inggris. AC dapat menjadi salah satu faktor peningkatan berat badan. Hal ini karena ketika kita menggunakan AC maka suhu di dalam rumah akan konstan dan tubuh tidak perlu mengeluarkan energi dan tidak perlu membakar kalori. Inilah yang membuat berat badan bertambah karena tubuh tidak melakukan pembakaran kalori.

6. Udara Terkontaminasi

Penyakit Yang Mengintai Pada AC Yang Tidak Pernah Dibersihkan - Terkontaminasi

Photo via artikel.rumah123.com

Jika kamu termasuk orang yang jarang sekali membersihkan AC dan jarang pula membuka ruangan yang terdapat AC maka ditakutkan didalam ruangan ada polutan yang berbahaya. Hal ini tentunya menyebabkan udara yang sudah terkontaminasi akan disirkulasikan kembali oleh AC. Secara langsung kalian pun menghirup udara yang kotor bukannya bersih.

Itulah beberapa penyakit yang mengintai pada AC yang jarang dibersihkan. Untuk mengurangi dampak tersebut ada baiknya kamu membersihkan AC dengan rutin. Filter AC yang kotor bisa menjadi sarang microorganisme yang kemudian akan disirkulasikan oleh AC ke seluruh ruangan. Sehingga percuma saja jika kamu menggunakan AC tapi tidak pernah dibersihkan, hal ini sama saja kamu menimbun penyakit di dalam ruangan.

0
Artikel Terkait