Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada Bulan April

2 tahun lalu

Bulan April, bulan ini terkenal dengan April Mop yang jatuh pata tanggal 1 April. Dan bulan ini juga menjadi bulan spesial di Indonesia karena pada tanggal 21 April di peringati sebagai hari Kartini, yaitu salah satu tokoh nasional yang dianggap sebagai pelopor perjuangan kaum perempuan. Pada bulan ini selain banyak perayaan suka cita ada pula peristiwa yang mengerikan yang terjadi. Berikut ini peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan April :

 

1. Meletusnya Gunung Tambora (11 April 1815)

Gunung Tambora siapa yang tidak kenal dengan keganasan letusan gunung ini, Gunung Tambora meletus pada 11 April 1815. Gunung ini juga sekaligus melenyapkan 3 kerajaan pada masa itu. Gunung ini meletus dengan begitu dahsyatnya, saking dahsyat letusannya, membuat bumi bagian utara dan selatan menjadi dingin. Di Eropa dan Amerika Utara mataharipun tertutup abu vulkanik dan membuat daerah tersebut tetap dingin walapun dimusim panas. Jutaan orang kelaparan, mayat terkapar bergelimpangan, semua akibat tumbuhan yang layu dan mati tanpa adanya matahari sepanjang tahun. Salju tak kunjung cair, masa itu dikenal sebagai “Tahun yang tak melalui musim panas” atau ” A year without summer”.

 

2. Tenggelamnya Kapal Titanic (15 April 1912)

Titanic adalah sebuah kapal penumpang terbesar pada zaman itu yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya. Kapal tersebut menabrak gunung es yang membuat lambung kanan kapal menganga dan melengkung ke bagian depan. Tak hanya itu, 5 dari 6 pintu kedap air juga terbuka, akibatnya air mengalir deras memasuki dek kapal. Sebelum pukul 02.20, Titanic yang sudah dipenuhi air terbelah bagian kanan kapal karam ke dasar Samudra Atlantik terlebih dahulu kemudian bagian lain turut tenggelam. Penumpang yang masih ada di dalam kapal langsung tewas akibat hyportemia. Kapal ini memiliki telegraf nirkabel muktahir yang dioperasikan untuk keperluan penumpang dan operasional kapal. Meskipun Titanic mempunyai perlengkapan keamanan yang maju seperti kompartemen kedap air dan pintu kedap air yang bisa dioperasikan dari jarak jauh, kapal tersebut tidak memiliki sekoci yang cukup untuk menampung seluruh penumpang kapal. Karena regulasi keamanan laut yang sudah kuno, Titanic hanya mengangkut sekoci yang hanya mampu menampung 1.178 penumpang – sepertiga dari total penumpang dan awak kapalnya. Wanita dan anak-anak diutamakan untuk menaiki sekoci, dalam sekoci mampu menampung 40 orang namun hanya 12 orang yang menumpang di atasnya. Sekoci hanya memperbolehkan laki-laki yang diperlukan sebagai pengayuh dan tidak untuk sebab lainnya.

 

3. Pembantaian Virginia Tech (16 April 2007)

Pembantaian Virginia Tech, merupakan peristiwa penembakan yang terjadi secara terpisah di Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia. Pembantaian ini dilakukan oleh seorang mahasiswa bernama Cho Seung Hui. Cho Seung Hui secara tiba-tiba membabi buta menembaki mahasiswa disekitarnya. Peristiwa ini menewaskan 32 orang dan 17 orang terluka. Cho melalukan ini karena memendam benci pada teman-teman yang menurutnya penipu dan jahat, ia juga mengancam anak-anak kaya di lingkungan kampus. Kejadian ini merupakan penembakan sipil paling berdarah dalam sejarah Amerika Serikat.

 

4. Invasi Teluk Babi-Kuba (17 April 1961)

Masa pemerintahan Fidel Castro di Kuba tak bisa dilepaskan dari insiden di Teluk Babi. Pada tahun 1961, hubungan AS dan Kuba berada pada titik nadir. Kedua negara yang awalnya bersahabat tiba-tiba berubah menjadi musuh besar. Tidak suka dengan paham yang dibawa Castro, Presiden AS ketika itu Dwight Eisenhower memutruskan hubungan negaranya dengan kuba. Pada 14 April, ia mengubah paham yang dianut oleh Kuba. Sebanyak 1400 warga yang diusir dari negara itu melakukan invasi, mereka masuk ke salah satu daerah paling terpencil di Selatan Kuba yaitu Teluk Babi. Tujuan meraka masuk dan menginvasi Kuba lewat Teluk Babi yaitu menggulingkan rezim Fidel Castro. Upaya tersebut berlangsung penuh darah, pertempuran pecah antar militer Kuba dan pemberontak. Akhirnya pasukan anti-Castro berhasil dilkalahkan, ratusan orang meregang nyawa dan 1.000 lainnya ditangkap. Setelah itu, Kuba langsung mengarahkan sasarannya ke AS, mereka menuding negara tersebut sebagai otak invasi di Teluk Babi. AS menolak segala tuduhan itu, tapi kenyataannya para pasukan yang melakukan invasi ternyata di latih dan dipersenjatai oleh CIA.

 

5. Bom di Oklahoma City (19 April 1995)

Bangunan Alfred P. Murrah yang merupakan kompleks perkantoran pemerintahan Amerika Serikat menjadi target utama pengeboman di kota Oklahoma yang terjadi pada tanggal 19 April 1995. Aksi ini menewaskan 168 orang dan menelan korban luka sebanyak 680 orang. Sebanyak 324 bangunan dalam radius 16 blok hancur, 86 mobil terbakar, dan memecahkan kaca 258 gedung di sekitar lokasi. Kerugian yang disebabkan oleh aksi ini sebesar 652 juta dollar atau sekitar 8 trilyun rupiah. Pengeboman ini didalangi oleh Timothy McVeigh dan Terry Nichols. Motif pengeboman ini adalah pembalasan dendam bagi kelompok Branch Davidian di Waco yang menurut McVeigh telah dibunuh oleh FBI. Bom Oklahoma dianggap sebagai peristiwa teror terbesar sepanjang sejarah AS sebelum teror bom WTC 11 September muncul pada 2000an.

 

6. Martin Luther King dan Abraham Lincoln Dibunuh

Martin Luther King, penerima Nobel Perdamaian termuda yang memperjuangkan persamaan hak warga kulit hitam di Amerika Serikat ini meninggal pada usia 39 tahun. 4 April 1968, sebutir peluru menerjang kepalanya saat ia sedang berdiri di balkon lantai 2 Lorraine Motel di Memphis. Pidatonya yang masih terus dikenang: Saya memiliki impian, pidato 17 menit yang menyerukan kesetaraan ras dan diakhirinya diskriminasi. Abraham Lincoln adalah Presiden AS ke-16 dia dianggap sebagai satu tokoh yang memiliki andil besar untuk mengakhiri perang saudara. Di bawah pemerintahannya, praktek perbudakan di AS dihapuskan. Lincoln dibunuh pada 14 April 1865, yang menjadikannya tercatat sebgai presiden AS pertama yang meninggal akibat pembunuhan.

 

7. Kelahiran Adolf Hitler (20 April 1889)

Tanggal ini dimasukkan dalam hari yang mengerikan karena mengawali kelahiran seorang penjahat kemanusiaan yang paling ditakuti di zamannya.Siapa yang tidak mengenal diktator kejam satu ini yaitu Hitler, seorang pemimpin partai Nazi dipercaya telah memerintahkan pemusnahan massal etnis Yahudi yang berada di seluruh kawasan Eropa. Pada akhir tahun1944, kepemimpinan Hitler mulai goyah. Ia berlindung dalam bunker agar selamat dari serangan musuh. Pada tengah malam pada tanggal 29 April 1945, ia menikah dengan Eva Braun. Namun kebahagiaan itu hanya berlangsung sekejap mata, mereka bunuh diri pada tanggal 30 April 1945.

Baca Juga