Peserta Miss Universe Asal Indonesia Dari Waktu Ke Waktu

4 bulan lalu

Miss Universe merupakan sebuah kontes kecantikan tingkat dunia, dimana pada awalnya merupakan acara Pacific Millis untuk mempromosikan produk pakaian renang Catalina pada tahun 1952. Miss Universe ini pertama kali diadakan di Long Beach, California pada tahun 1952. Miss Universe ini diikuti oleh berbagai macam negara-negara di dunia salah satunya yaitu Indonesia. Sebelumnya, banyak kontroversi yang muncul dan membuat pemerintah Indonesia pada saat itu mengeluarkan larangan untuk menyelenggarakan dan mengirimkan Putri Indonesia ke ajang internasional. Namun izin pengiriman wakil Indonesia ke kontes kecantikan internasional baru diberikan di masa pemerintahan Presiden ke-5. Nah, kira-kira siapa saja peserta Miss Universe wakil dari Indonesia? Berikut ini nama-namanya

1. Nia Kurniasi Ardikoesoema (1974)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Nia Kurniasi Ardikoesoema

Photo via : https://today.line.me

Nia Kurniasi Ardikoesoema merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Ia juga menjadi perwakilan Indonesia pertama dalam kontes kecantikan Miss Universe pada tahun 1974. Nia meninggal dunia pada tanggal 8 April 2018 setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit.

2. Lydia Arlini Wahab (1975)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Lydia Arlini Wahab

Photo via : https://deskgram.net

Lydia Arlini Wahab merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Jakarta dan menjadi wakil Indonesia di kontes kecantikan Miss International 1974 dan Miss Universe 1975, namun tidak menempati posisi di kedua kontes tersebut. Selain itu, Lydia juga mengikuti kontes Queen of The Pacific 1974 dan berhasil meraih gelar atribut Miss Crowing Glory. Lydia pun menjadi satu-satunya wanita Indonesia yang menjadi wakil dari dua kontes kecantikan utama internasional yaitu Miss Universe dan Miss International.

3. Juliarti Rahayu Gunawan (1976)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Juliarti Rahayu Gunawan

Photo via : http://kingkluay.blogspot.com

Juliarti Rahayu Gunawan merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Jakarta dimana saat itu dilakukan pemilihan tertutup. Juliarti juga belum mampu menembus ketatnya jajaran semifinalis Miss Universe 1976.

4. Siti Mirza Nuria Arifin (1977)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Siti Mirza Nuria Arifin

Photo via : http://happyjoyjoy123.blogspot.com

Siti Mirza Nuria Arifin merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Sumatera Selatan, dimana pada waktu itu dilakukan pemilihan tertutup. Ia pun mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 1977 di Republik Dominika dan dia juga tidak meraih spot semifinalis.

5. Andi Nana Riwayati Baso Amir (1980)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Andi Nana Riwayati Baso Amir

Photo via : https://sangpencerah.id

Andi Nana Riwayati Baso Amir merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Andi Nana Riwayati Baso Amir juga menjadi perwakilan Indonesia diajang Miss Universe yang di gelar di Korea pada tahun 1980.

6. Sri Yulianti Soemardjo (1982)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Sri Yulianti Soemardjo

Photo via : http://catatanrupa.blogspot.com

Sri Yulianti Soemardjo merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Jakarta, dimana pemilihannya dilakukan secara tertutup. Ia pun menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe 1982 yang diselenggarakan di Peru setelah absen pada tahun 1981.

7. Andi Botenri (1983)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Andi Botenri

Photo via : https://www.youtube.com

Andi Botenri merupakan seorang ratu kecantikan yang berasal dari Jakarta, ia merupakan perwakilan Indonesia di kontes kecantikan Miss Asia Quest 1982, Miss World 1982 dan Miss Universe 1983, namun tidak menempati posisi disemua kontes itu. Andi menghembuskan nafas terakhirnya pada 16 April 2018 akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

8. Susanty Manuhutu (1995)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Susanty Manuhutu

Photo via : https://puindonesia.blogspot.com

Susanty Manuhutu merupakan satu-satunya pemenang Puteri Indonesia dari wilayah Indonesia Timur yaitu Maluku. Susanty Manuhutu dimahkotai sebagai Putri Indonesia 1995 oleh Venna Melinda. Susanty pun menjadi perwakilan Indonesia dalam kontes Miss Universe 1995 yang digelar di Namibia. Saat ini mantan Putri Indonesia 1995 ini berkarir sebagai public relation Chevron Indonesia.

9. Alya Rohali (1996)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Alya Rohali

Photo via : https://imgsearch.org

Alya Rohali merupakan Putri Indonesia yang mewakili Jakarta pada tahun 1996. Alya juga menjadi perwakilan Inodnesia di ajang Miss Universe pada tahun 1996 yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Setelah selesai bertugas sebagai Puteri Indonesia, Alya mulai masuk ke dunia hiburan Indonesia dan membintangi beberapa sinetron dan juga kerap menjadi MC.

10. Artika Sari Devi Kusmayadi (2005)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Artika Sari Devi Kusmayadi

Photo via : https://id.wikipedia.org

Artika Sari Devi Kusmayadi merupakan perwakilan Bangka Belitung dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2004. Meskipun ditentang banyak orang, kepergiannya ke Thailand untuk mengikuti kontes Miss Universe cukup membanggakan. Artika berhasil menjadi satu-satunya wanita Asia yang berhasil masuk dalam 15 besar Miss Universe 2005.

11. Nadine Chandrawinata (2006)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Nadine Chandrawinata

Photo via : https://spiceee.net

Nadine Chandrawinata merupakan Putri Indonesia 2005 yang mewakili DKI Jakarta. Nadine juga menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe 2006 yang diselenggarakan di Long Angeles, Amerika Serikat dan Nadine pun meraih juara kedua untuk Budaya Nasional Terbaik dan Putri Persahabatan.

12. Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono (2007)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono

Photo via : https://id.wikipedia.org/wiki/Agni_Pratistha

Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono merupakan Putri Indonesia 2007 yang berangkat mewakili Indonesia ke ajang pemilihan Miss Universe 2007. Namun sebelum menyandang gelar Putri Indonesia, Agni sempat mengikuti Cosmogirl of the year pada tahun 2003 dan terpilih menjadi juara II.

13. Gracia Putri Raemawasti (2008)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Gracia Putri Raemawasti

Photo via : http://darwistriadi.blogspot.com

Gracia Putri Raemawasti merupakan Putri Indonesia 2007 yang mengakili Provinsi Jawa Timur. Selain itu ia juga mewakili Indonesia di ajang Miss Unverse 2008 yang diselenggarakan di Vietnam, namun sayangnya tidak berhasil meraih posisi apapun. Setelah melepas gelar Putri Indonesia, Putri menekuni dunia jurnalistik sebagai reporter dan penyiar berita di Trans7.

14. Zivanna Letisha Siregar (2009)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Zivanna Letisha Siregar

Photo via : https://kelaskita.com

Zivanna Letisha Siregar merupakan Putri Indonesia 2008 yang mewakili Indonesia dan mewakili Indonesia diajang Miss Universe 2009. Ia mendapatkan nilai tertinggi melalui jejak pendapat di situs web resmi Miss Universe, namun tidak berhasil masuk sebagai semifinalis. Sebelum mendapatkan gelar Putri Indonesia, Zizi berhasil memenangkan ajang pemilihan model Elite Model Look Indonesia 2006.

15. Qory Sandioriva (2010)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Qory Sandioriva

Photo via : http://produtos-para-emagrecer.info

Qory Sandioriva merupakan Putri Indonesia 2009 yang mewakili Indonesia dalam ajang kontes Miss Universe 2010. Sebelum mengikuti ajang Putri Indonesia, Qory pernah membintangi beberapa FTV dan Sinetron dan ia juga sempat menjadi juara 1 vocal & band Al-Azhar Indonesia serta juara pencak silat.

16. Nadine Alexandra Dewi Ames (2011)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Nadine Alexandra Dewi Ames

Photo via : http://kapanlagi.com

Nadine Alexandra Dewi Ames merupakan Putri Indonesia 2010 yang mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe 2011. Kemenangan Nadine sempat mengundang kontroversi, dikarenakan Nadine tidak fasih berbahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan sejak kecil Nadine tinggal di Inggris dan baru 3 tahun menetap di Indonesia. Pasca kemenangannya dalam Putri Indonesia, Nadine didelegasikan sebagai Duta Wasior, pasca kejadian bencana alam banjir yang terjadi di kota Wasior, Papua.

17. Maria Selena Nurcahya (2012)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Maria Selena Nurcahya

Photo via : https://tommybeautypro.wordpress.com

Maria Selena Nurcahya merupakan Puteri Indonesia 2011, dimana ia mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2012 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Ia juga dikenal sebagai pemain basket professional yang berlaga di Woman National Basketball League Indonesia yang membela tim bola basket Surabaya Fever dan Merah Putih Predators Jakarta. Saat ini, ia terjun ke dunia entertainment sebagai model, presenter, sportcaster dan juga news anchor.

18. Whulandary Herman (2013)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Whulandary Herman

Photo via : https://id.pinterest.com

Whulandary Herman merupakan Putri Indonesia 2013 yang mewakili Sumatera Barat, Whulan juga perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe 2013 yang diselenggarakan di Moskow. Dalam ajang Miss Universe yang diadakan di Moskow ini, Whulan berhasil lolos ke babak 16 besar dan menjadi runner-up ke-3 Best National Costume. Whulan juga Putri Indonesia kedua yang berhasil lolos ke babak 11 setelah Artika Sari Devi pada tahun 2005.

19. Elvira Devinamira Wirayanti (2014)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Elvira Devinamira Wirayanti

Photo via : http://missosology.org

Elvira Devinamira Wirayanti merupakan Putri Indonesia 2014 yang berasal dari Jawa Timur, ia juga mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2014 dimana yang digelar di Amerika Serikat tepatnya di Doral, Florida. Dalam ajang Miss Universe ini, ia meraih posisi 15 besar dan penghargaan khusus Best National Costume.

20. Anindya Kusuma Putri (2015)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Anindya Kusuma Putri

Photo via : https://id.wikipedia.org/wiki/Anindya_Kusuma_Putri

Anindya Kusuma Putri merupakan Putri Indonesia 2015 perwakilan Jawa Tengah, dimana ia merupakan Putri Indonesia ke-tiga yang berasal dari Jawa Tengah. Ia juga mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2015 yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Dalam ajang Miss Universe 2015 ini, Anindya meraih posisi 15 besar.

21. Kezia Roslin Cikita Warouw (2016)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Kezia Roslin Cikita Warouw

Photo via : http://nickverrreos.blogspot.com

Kezia Roslin Cikita Warouw merupakan pemenang kontes Putri Indonesia 2016 yang mewakili Sulawesi Utara. Ia juga mewakili Indonesia ke ajang kontes Miss Universe 2016 yang diadakan di Pasay, Filipina, diajang ini Kezia meraih posisi 13 Besar dan penjargaan khusus Miss Phoenix Smile.

22. Bunga Jelitha Ibrani (2017)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Bunga Jelitha Ibrani

Photo via : https://sumutpos.co

Bunga Jelitha Ibrani merupakan Putri Indonesia 2017 mewakili DKI Jakarta dan ia juga mewakili Indonesia ke ajang Miss Universe 2018 yang diadakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Selain itu, Bunga juga sempay mengikuti kontes bertaraf dunia yaitu Supermodel of Asia Pacific 2011 dan berhasil sebagai pemenang yang baru pertama kali diadakan kala itu di Bangkok, Thailand.

23. Sonia Fergina Citra (2018)

Peserta Miss Universe Indonesia Dari Waktu Ke Waktu - Sonia Fergina Citra

Photo via : https://www.instagram.com/soniafergina

Sonia Fergina Citra merupakan pemenang kontes Putri Indonesia 2018 dam Sonia pun mewakili Indonesia pada kontes Miss Universe 2018 yang diadakan di Bnagkok, Thailand. Sonia berhasil masuk ke dalam Top 20 Miss Universe 2018 melalui sistem Wild Card bersama dengan 4 wanita terpilih lainnya. Pada sesi National Costume, Sonia menggunakan National Costume bertemakan “Bird Of Paradise’ karya Jember Fashion Carnaval dan berhasil masuk dalam jajaran Top 10 Best National Costume Miss Universe 2018.

Itu dia guys deretan peserta Miss Universe asal Indonesia hingga tahun 2018. Semuanya pintar dan cantik lho guys.

Baca Juga