Rekomendasi Tempat Wisata Saat Lebaran Yang Wajib Dikunjungi

5 bulan lalu, by blogunik

Selain kumpul keluarga, bersilahtrahmi dan bermaaf-maafan, libur lebaran juga menjadi satu momen yang luar biasa untuk berlibur bersama keluarga ke tempat-tempat wisata yang menarik. Nah mengingat Lebaran sudah semakin dekat, ada baiknya kamu rencanakan dari sekarang tujuan wisata yang ingin kamu sambangi bareng keluarga di libur Lebaran nanti.

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu dan keluarga kunjungi namun masalahnya tidak semua tempat wisata buka pada saat Lebaran. Meskipun buka, kamu juga harus bersiap karena hampir tidak ada tempat wisata yang sepi saat libur lebaran nanti. Nah untuk memudahkan kalian dalam memilih tempat wisata yang cocok dikunjungi saat libur lebaran nanti, berikut Blog Unik rekomendasikan beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi saat Lebaran. Check this out guys!

1. Taman Margasatwa Ragunan – Jakarta

photo via : metro.tempo.co

Tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bareng keluarga saat lebaran adalah Taman Margasatwa Ragunan. Tempat satu ini memang menjadi destinasi favorit kalangan keluarga yang murah meriah. Selain murah, liburan di kebun binatang bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang satwa-satwa. Selain itu, pengalaman menunggang kuda, onta atau gajah tersebut tentunya akan menjadi cerita menarik bagi anak-anak yang dituturkan kepada teman-temannya. Kebun Binatang Ragunan di Jakarta ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang paling ramai di ibukota dan menjadi tujuan wisata lebaran yang paling digemari.

2. Taman Impian Jaya Ancol – Jakarta

photo via : http://simplenesiaplus.blogspot.com

Tempat wisata yang gak kalah seru dikunjungi saat lebaran selanjutnya adalah Taman Impian Jaya Ancol. Taman Impian Jaya Ancol menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi karena banyaknya wahana yang tersedia mulai dari Dufan, Gelanggang Samudera sampai Pantai Ancol. Berbagai aktifitas dapat dilakukan di tempat wisata ini, mulai dari menikmati olah raga pantai, menikmati wahana air lewat Atlantis Water Adventure yang memiliki 8 kolam dengan ombak besar beserta seluncuran. Serta menikmati 27 wahana yang memacu adrenalin seperti Niagara, Hysteria, Tornado, Halilintar, Kicir-kicir sampai dengan Roller Coaster besar. Di tempat wisata ini pengunjung juga dapat menjumpai Eco-Park dan Ocean-Park, serta Pasar Seni yang akan membuat suasa lebaranmu semakin spesial. Aksesnya yang mudah dan harga tiketnya yang ekonomis juga menjadi alasan kenapa tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi saat libur Lebaran.

3. Tugu Monas – Jakarta

photo via : www.instagram.com/widi4_lee

Gak bisa dipungkiri jika saat Lebaran, keuangan keluarga terkuras sehingga anggaran untuk berwisata saat lebaran menjadi berkurang. Tapi tenang saja guys, kamu masih bisa menikmati liburan menyenangkan dengan keluarga tanpa harus mengeluarkan budget lebih. Kamu bisa mengunjungi Tugu Monas guys!. Disana kamu bisa menikmati pemandangan dari puncak Monas. Kamu juga bisa melihat-lihat 51 diorama yang menceritakan mengenai perkembangan sejarah Indonesia dari zaman pra-sejarah sampai Orde Baru di museumnya. Yang lebih menyenangkannya lagi kamu dan keluarga bisa berpiknik dan menikmati taman di sekitar Monas sambil menggelar tikar beramai-ramai.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta

photo via : java-wisata.co.id

Selain Monas, tentunya Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat lebaran nanti. TMII tetap dibuka seperti jadwal biasa selama Lebaran, yakni pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Ditempat dengan luas 150 hektar ini, kamu bisa mengeliling Indonesia lho! Taman satu ini dibuat melambangkan Indonesia dalam bentuk mini. Semua serba-serbi mengenai Indonesia terdapat di taman ini. Kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukkan seru yang disuguhkan oleh pihak TMII.

5. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk – Jakarta

photo via : www.instagram.com/why_ajie

Gak bisa pulang kampung saat Lebaran? Tenang, kamu yang ada di Jakarta bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk yang terletak disisi utara Kota Jakarta. Sesuai dengan namanya, tempat ini dikelilingi oleh pohon bakau dan hutan mangrove. Suasana asri yang masih alami sangat bisa dirasakan dari tempat ini. Hutan mangrove ini dihubungkan dengan jembatan-jembatan dari kayu yang sangat keren untuk dijadikan spot foto kamu dengan keluarga saat lebaran. Ada juga beberapa bangunan kayu yang seperti mengapung di atas air. Kamu dan keluarga juga bisa belajar beberapa jenis tanaman mangrove di sana secara lebih leluasa dan secara langsung.

6. Taman Safari Bogor – Jawa Barat

photo via : www.instagram.com/corryserefina

Dari Jakarta kita terbang ke Bogor guys! Buat kamu yang tinggal Kawa Barat, kamu bisa mengunjungi Taman Safari Bogor untuk libur lebaran kamu. Perlu kamu tahu guys, Taman Safari Bogor ini sempat dinobatkan ebagai kebun binatang terbaik di Indonesia lho! Dengan koleksi ribuan hewan yang terdiri dari 270 jenis, Taman Safari Bogor memang memiliki koleksi lengkap akan binatang dan juga beberapa tumbuhan. Di Taman Safari, binatang-binatang berkeliaran bebas tanpa dikandang. Untuk bisa melihat semua binatang, kamu harus berkeliling menggunakan kendaraan yang diberikan. Jangan lupa untuk mengunjungi cowboy show, yaitu wahana yang menunjukkan 10 jenis binatang melakukan aksi yang lucu dan menggemaskan.

7. Taman Buah Mekarsari, Bogor – Jawa Barat

Meskipun lebaran, namun Taman Buah Mekarsari yang ada di Jalan Raya Cileungsi Jonggol Km 3, Bogor, Jawa Barat ini tetap buka seperti hari biasa. Mekarsari Taman Buah merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah- buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Nah ditempat ini kamu bisa belajar mengenal tumbuh-tumbuhan dan mencintai alam sekitarnya. Mekarsari juga menyediakan fasilitas wisata yang bernuansakan alam dan beberapa paket wisata yang bisa diikuti oleh pengunjung sehingga pengunjung dapat merasakan suasana berbeda tentang Agrowisata. Untuk mengisi acara selama Lebaran, Mekarsari biasanya mengadakan berbagai pertunjukkan menarik dan seru lainnya.

8. Kebun Raya Bogor – Jawa Barat

photo via : www.travelsafe-aca.com

Masih di daerah Bogor, selain Taman Buah Mekarsari kamu juga bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor saat Lebaran nanti. Kawasannya yang begitu luas ditambah dengan berbagai macam koleksi bunga, membuat Kebun Raya Bogor menjadi tempat wisata favorit keluarga di Bogor. Ditempat ini kamu bisa mengunjungi Monumen Lady Raffles, menikmati keindahan alam di Danau Gunting, kamu juga bisa melihat-lihat kolam yang luas yang dihiasi dengan bunga teratai berwarna pink. Dan jangan lupakan bangunan kokoh berwarna putih yang merupakan Istana Bogor. Selain tempat-tempat tersebut, masih banyak lagi spot menarik yang bisa kamu temui di Kebun Raya Bogor ini.

9. Trans Studio Bandung – Jawa Barat

photo via : www.instagram.com/transstudio.bandung

Sepanjang libur Lebaran, Trans Studio Bandung tetap beroprasi seperti hari-hari biasanya. Nah Trans Studio Bandung Theme park indoor yang berada di kawasan Bandung Supermal Jl Gatot Subroto, Bandung ini bisa jadi tempat liburan yang paling tepat bersama keluarga. Kamu bisa menemani ibu kamu shoping di bagian mall, bisa juga menikmati wahana permainan yang sangat lengkap dan memencakup semua kalangan, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa. Selain dapat menikmati berbagai wahana permainan yang seru, kamu juga bisa mendapat beragam kejutan dan promo spesial Ramadhan yang biasanya dihadirkan oleh pihak Trans Studio Bandung. Jadi bila kamu memilih Trans Studio Bandung sebagai tujuan wisata liburan Lebaranmu, jangan khawatir, karena Trans Studio Bandung menjamin kepuasan, keseruan dan kemeriahan yang dirasakan oleh pengunjungnya.

10. Kawah Putih Ciwidey, Bandung – Jawa Barat

Salah satu tujuan wisata yang selalu digemari saat libur lebaran tiba adalah Kawah Putih Ciwidey. Objek wisata alam ini memang menghadirkan pemandangan yang amat mempesona. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Jadi gak heran kalau tempat wisata satu ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang gemar berselfie ataupun photography karena keunikannya tersebut.

11. Wahana Bahari Lamongan – Jawa Timur

photo via : ngadem.com

Di Lamongan, Jawa Timur, Wahana Bahari Lamongan (WBL) menjadi tempat tujuan favorit saat liburan lebaran tiba. WBL lamongan merupakan tempat rekreasi terbesar dipesisir pantai Jawa. Sebelum didirikan tempat ini lebih sering dikenal dengan nama tanjung kodok kemudian dikembangkan dengan memadukan konsep wisata bahari dengan dunia wisata modern. Berbagai wahana permainan tersedia di tempat ini yang cocok untuk semua usia. Jadi seluruh keluarga bisa puas bermain sesuai dengan keinginannya. Bagi kamu yang menyukai tantangan, bisa mencoba wahana yang dapat memacu adrenalin. Wahana yang banyak digemari oleh kalangan anak muda adalah speed flip, Banan Boat, Paus Dangdut dan masih banyak lagi. Tetapi bagi kamu yang berlibur dengan keluarga, WBL juga menyediakan banyak wahana yang cocok sebagai wisata keluarga yang menyenangkan seperti Sepeda air, Naik Onta, Srang Bajak Laut, Panggung Gembira dan bebrapa wahana lainya.

12. Water Blaster, Semarang – Jawa Tengah

photo via : www.radioidola.com

Libur hari raya pengennya berenang dan main air? Tenang guys, cukup kunjungi Water Blaster yang ada disemarang agar liburan yang kamu mimpikan dapat terwujud. Water Blaster Semarang merupakan tempat rekreasi yang bisa dibilang all in one. Berlokasi di di Jl. Bukit Candi Golf No. 1, tempat ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan air yang pastinya sangat seru. Selain permainan air, juga tersedia permainan lainnya seperti paint ball, kora-kora, flying fox dan arena ATV. Selain itu, Water Blaster Semarang juga menghadirkan spot-spot menarik yang mengundang keinginan para pengunjung untuk hunting foto selfie.

13. Bali

Setelah Lebaran biasanya kita masih memiliki waktu libur untuk beberapa hari kedepan. Nah liburan panjang tersebut kalian bisa gunakan untuk liburan ke Bali bersama keluarga ataupun dengan teman-teman. Nah seperti yang kita tahu, Bali adalah pulau yang memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Selain pesona pantai yang menawan, kamu juga bisa menikmati panorama sawah yang masih asri di Ubud dan Kintamani. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke wilayah Karangasem untuk menikmati pemandangan mempesona di Virgin Beach, Pura Lempuyang Luhur, Tirta Gangga, Bukit Putung, hingga ke Desa Adat Tenganan.

14. Banyuwangi

Selain Bali, kamu juga bisa mengunjungi Banyuwangi sebagai tujuan wisata saat libur lebaran. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disana, seperti melihat blue fire di Kawah Ijen. Kemudian kegiatan safari di Taman Nasional Baluran untuk melihat beragam satwa yang ada di sana. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Bansring untuk snorkeling. Bila ingin menghirup udara segara dengan suasana yang lebih teduh, bisa datang ke obyek wisata hutan De Djawatan.

15. Lombok

Satu lagi tujuan wisata yang gak boleh dilewatkan saat libur lebaran yakni Lombok. Di pulau ini kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang sangat menarik, seperti Islamic Center Lombok. Tempat yang satu ini merupakan sebuah masjid yang disebut-sebut sebagai masjid terbesar di NTB. Tempat ini sangat megah dan bisa menjadi salah satu referensi wisata religi saat berada di Lombok. Selain bisa beribadah di sana, pengunjung juga bisa mencoba mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga dengan nuansa yang islami.

Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Senggigi dan Gili Trawangan yang memiliki panorama yang indah. Melihat-lihat pemandangan menakjubkan dari gunung Rinjani hingga mengunjungi Desa Sade. Desa yang satu ini adalah desa tradisional yang ditinggali oleh suku Sasak. Pengunjung bisa melihat secara langsung bangunan-bangunan adat yang ada di Desa Sade, lengkap dengan kehidupan sehari-hari masyarakat di sana. Di sana juga ada proses penenunan khas dari Suku Sasak yang bisa dilihat oleh pengunjung.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat libur lebaran. Semoga bermanfaat ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *