Si Pencipta Spider-Man, Hulk, dan Supehero Lainnya Meninggal Dunia

2 tahun, by blogunik

Kabar duka kembali datang dari industri hiburan khususnya komik. Pencipta sekaligus Legenda komik Marvel, Stan Lee dikabarkan meninggal dunia di usianya yang menginjak 95 tahun. Kabar tersebut memang benar adanya dan telah dikonfirmasi oleh putrinya JC.

Stan Lee dikenal dunia karena turut serta berperan dalam membuat karakter-karakter komik seperti Spider-Man, Captain Amerika, Iron Man, Thor, X-Men, Hulk, Doctor Strange, Daredevil, dan Fantastic Four. Pemilik Nama asli Stanley Martin Lieber ini meninggal di Rumah Sakit Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles. Ia memninggal akibat infeksi paru-paru yang dialaminya.

Sudah ada banyak sekelai tokoh superhero Marvel yang dibuat oleh legenda komik yang satu ini yang sebagian besar telah dibuatkan film seperti yang saat ini kita lihat. Sedikit cerita mengenai legenda komik yang satu ini, Stan Lee mengawali karirnya dalam dunia komik saat ia masih berusia 19 tahun yang mana awalnya di abekerja sebagai seorang asisten di Timely Comics. Disana Stan bertugas untuk mengisi tinta, meruncingkan pensil, dan menghapus goresan pensil untuk gambar-gambar yang sudah diberi dengan tinta.

Sekitar tahun 1941, Lee berhasil untuk menjadi pengisi teks Captai America dan ia menuliskan nama Stan Lee sebagai nama pena miliknya. Adapun komik pertama yang dibuat oleh Lee adalah Destroyer, pada buleting Mystic Comic yang terbit pada bulan Agustus 1941.

photo via : www.selowae.net

Setelahnya, Lee bersama rekannya Jack Kirby menggagas perusahaan Marvel dalam pembuatan komik. Meskipun pada saat itu, karya-karya DC Comics berhasil menjadi penguasa pasar, namun Lee dan Kirby berusaha untuk mewujudkan ide-idenya tersebut kedalam sebuah karya.

Cerita pertama yang mereka buat dari Marvel adalah Fantastic Four. Bersama Kirby, Lee juga menciptakan Hulk, Iron Man, Thor dan juga X-Men. Ia juga bekerja sama dengan Bill Everett yang akhirnya menciptakan Daredevil. Saat bekerja sama bersama dengan Steve Ditko, Lee berhasil membuat Doctor Strange dan juga Spider-Man.

Sejak saat itu, bersama Marvel Lee membuat sebuah revolusi komik yang terjadi pada dekade 60-an. Komik-komik dari Marvel dikenal memiliki ciri khusus jika dibandingkan dengan komik keluaran DC yang lainnya. Sejak saat itulah, banyak pecinta komik yang kemudian beralih pada kisah-kisah komik yang dikeluarkan oleh Marvel.

Dengan banyaknya karya lainnya yang dibuat oleh Stan Lee bersama marvel, wajarlah orang-orang mengatakan jika dirinya adalah bapak superhero. Karena melalui tangan-tangannya lah berbagai karya dan juga karakter superhero dilahirkan.

Dengan kepergian Stan Lee, tentu saja merupakan suatu kehilangan yang besar terutama bagi keluarga, dan juga bagi para pecinta komik, khususnya komik superhero di dunia.

0
Artikel Terkait