Suara Aneh Dan Misterius Di Langit Pekalongan Dan Sekitarnya

9 bulan lalu

Warga Pekalongan dan sekitarnya dihebohkan dengan suara misterius yang terdengar seperti suara gaungan di langit pada Jumat 14 Desember dini hari tadi. Suara misterius tersebut terdengar sepertu suara pesawat kuno seperti di film peperangan jaman dulu.

Fenomena tersebut sontak membuat warganet heboh, pasalnya bukan hanya daerah Pekalongan saja yang mendengar, namun beberapa warga kota seperti Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, hingga Kabupaten Batang juga mendengar dengan jelas suara misterius tersebut.

Suara itu terdengar sekitar pukul 01.00 WIB, berdurasi kurang dari 20 detik. Dari beberapa pengakuan warga, suara tersebut mirip seperti mesin pesawat yang terbang dengan rendah. Namun, belum ada laporan yang menyebutkan suara itu adalah bunyi dengungan pesawat.

Seperti video yang diunggah oleh Fanspage Facebook Pekalongan Info yang menampilkan rekaman suara dengungan mirip pesawat dari langit yang berdurasi 17 detik dan terjadi pukul 01.45 WIB.

Postingan tersebut langsung dibanjiri komentar dan dibagikan ribuan kali, pasalnya sejumlah warganet juga mengaku mendengar suara yang sama di jam tersebut.

Sementara itu, fenomena munculnya suara dengungan dari langit bukan terjadi kali ini saja. Pada 2015 lalu, suara dengungan yang hampir mirip juga terjadi di Jakarta dan beberapa negara lain.

Seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com, seorang ahli Geologi asal Azerbaijan, Elchin Khaliov menjelaskan bahwa apa yang didengar oleh manusia adalah hanya sebagian kecil dari kekuataan sebenarnya dari suara-suara tersebut. Suara tersebut merupakan emisi akustik di frekuensi rendah dalam kisaran antara 20 Hz hingga 100 Hz yang dimodulasi oleh gelombang infrasonik ultra rendah 0,1 Hz sampai 15 Hz.

Dalam ilmu geofisika, mereka disebut gelombang akustik-gravitasi yang terbentuk di bagian atas atmosfer khususnya pada batas atmosfer dan ionosfer. Ada beberapa penyebab kenapa suara tersebut dapat terjasi diantara karena gempa bumi, letusan gunung api, angin topan, badai, tsunami dan banyak lagi.

Namun suara dengungan misterius tersebut skalanya dapat diamati dari segi daerah tertutup dan kekuatannya jauh melebihi fenomena yang didengar oleh kebanyakan orang. Menurut Khalilov, sumber suara yang banyak didengar oleh beberapa orang itu merupakan manifestasi kuar dan gelombang akustik-gravitasi besar yang memproses energi dalam skala besar.

Proses ini meliputi jilatan api matahari yang kuat dan arus energi besar yang dihasilkan bergegas menuju permukaan bumi dan mendestabilisasi magnetosfer, ionosfer dan atmosfer atas. Dengan demikian, efek dari jilatan api matahari yang kuat: dampak gelombang kejut dalam angin matahari, aliran sel-sel dan semburan radiasi elektromagnetik adalah penyebab utama dari generasi gelombang akustik-gravitasi.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada pihak yang mengonfimasi tentang suara yang terdengar di langit Tegal dan Pekalongan tersebut. Polres Pekalongan juga mengaku belum menerima laporan resmi dari siapapun terkait adanya suara misterius tersebut.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nah menurut kalian, suara misterius di atas langi Pekalongan dan sekitarnya tersebut suara apa guys? apa kalian setuju dengan pendapat Elchin Khaliov atau kalian punya pendapat sendiri mengenai suara misterius tersebut?

Sumber :
panturapost.com
cnnindonesia.com

Baca Juga