Jenis Tanaman Yang Pas Untuk Mempercantik Teras Rumah

Dibuat oleh blogunik

Dari semua bagian rumah, teras menjadi bagian rumah yang langsung terlihat jika kedatangan tamu. Maka dari itu, tampilan teras harus berkesan dan terasa nyaman. Tak hanya memilih furnitur yang tepat, bagian teras juga bisa dipercantik dengan tanaman hias. Umumnya, tanaman hias diletakkan di kebun atau ada juga beberapa orang memasukan ke dalam rumah. Jika kamu meletakkan tanaman hias di teras, maka tanaman tersebut bisa terlihat langsung oleh tamu atau beberapa orang yang lewat. Ada banyak sekali tanaman yang bisa dipilih untuk diletakkan di teras. Jika kamu bingung memilih yang mana, berikut ini jenis tanaman yang pas untuk mempercantik teras rumah.

27 Jenis Tanaman Yang Pas Untuk Teras Rumah

1. Aglonema

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via lazada.co.id

Aglaonema atau Sri rezeki adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae, setidaknya Aglaonema ini memiliki sekitar 30 spesies. Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkayu. Daunnya sendiri menyirip serta memiliki pembuluh pengakut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak. Ada berbagai macam Aglaonema hibrida yang kini telah dikembangkan. Diantaranya memiliki warna, bentuk serta ukuran yang menarik. Nah agar tampilan teras lebih cantik, kamu bisa memilih tanaman satu ini.

2. Anggrek

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via ruparupa.com

Tanaman satu ini menjadi favorit banyak orang sebagai tanaman hias, karena memiliki bunga yang sangat cantik. Anggrek menjadi pilihan yang tepat diletakkan di teras rumah karena tanaman ini tumbuh di dalam pot kecil maupun pot gantung. Sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak. Selain itu, anggrek termasuk tanaman yang sangat mudah dirawat. Setidaknya ada beragam jenis anggrek yang tersedia, jadi kamu bisa pilih anggrek jenis apa yang kamu sukai dan cocok diletakkan di teras.

3. Andong Merah

Andong Merah

photo via bol.com

Selain dapat menghias teras rumah, ternyata andong merah juga berkhasiat baik untuk kesehatan. Dimana tanaman ini dapat mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi diare hingga TBC.

Seperti namanya, tanaman ini memiliki daun berwarna merah menyala serta berbentuk panjang. Warnanya yang menarik ini pastinya akan mencuri perhatian bagi yang melihatnya. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah sehingga cocok dijadikan tanaman hias dirumah.

4. Bambu Rejeki

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via qhomemart.com

Dracaena sanderiana adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Asparagaceae, asli Afrika Tengah. Tanaman ini biasanya dijual sebagai “bambu keberuntungan”. Tanaman ini sangat cocok menghiasi teras dirumah karena bentuknya mirip seperti bambu dengan daun-daun yang panjang dan runcing seperti pohon bambu pada umumnya hanya saja ukurannya lebih kecil. Bambu Rejeki sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias teras karena bentuknya simpel dan mini. Tanaman ini konon katanya dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

5. Bunga Lobelia

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via mysanantonio.com

Kalian tidak memiliki waktu yang banyak untuk merawat tanaman setiap hari, namun ingin rumah khususnya teras terasa lebih indah dengan bunga-bunga? Coba deh tanam bunga Lobelia dalam pot gantung, dijamin terasmu akan tampak lebih indah. Bunga berwarna ungu ini akan tumbuh sumbur di berbagai musim.

6. Begonia Lilin

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via bukalapak.com

Begonia Lilin atau biasa dikenal juga dengan nama semperflorens memiliki daun yang tampak dilapisi lilin, mungkin karena ini dinamakan Begonia Lilin. Biasanya bunga ini ditanam secara berkelompok dan membentuk sebuah pola disebuah taman. Daunnya sendiri berbentuk lingkaran dan warnanya cukup beragam mulai dari merah, putih hingga merah muda. Tapi kebanyakan warna daunnya hijau dan perunggu. Beberapa jenis tanaman ini juga memiliki daun yang berwarna putih. Bunga ini pastinya akan memikat mata dan menjadikan rumah semakin bagus.

7. Calathea Leopardina

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via peppyflora.com

Jenis tanaman yang pas untuk mempercantik teras rumah selanjutnya ada Calathea Leopardina. Tanaman ini sangat cocok untuk teras rumah bergaya industrial. Hal ini karena tampilan tanaman serta coraknya sangat unik dengan warna dasar hijau gelap serta corak daun mirip seperti leopard. Calathea Leopardina ini bisa kamu tempatkan di pojok teras rumah.

8. Dischidia Geri

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via floraccess.com

Dischidia Geri atau apple leaf merupakan salah satu tanaman yang memiliki warna hijau. Umumnya tanaman ini ditanam dengan pot gantung karena daunnya dapat menjuntai hingga kebawah dengan indah.

Tanaman ini sangat cocok diletakkan di teras untuk memberikan kesan asri dan menyegarkan. Meskipun begitu, agar tanaman ini bertahan lama hindari meletakkannya di depan jendela atau dekat pintu. Akan lebih baik jika diletakkan yang jauh dari paparan sinar matahari langsung.

9. Geranium

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via ikea.com

Tumbuhan ini sebagian besar asli dari Afrika Selatan dan memiliki warna yang beragam mulai dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Karena warnanya yang menarik, membuat siapa saja yang melihat akan terpesona.

Bunga ini dapat diletakkan di dalam pot maupun pot gantung. Dengan warna-warni bunga geranium, tentunya dapat memberikan kesan ceria pada teras rumah. Bunga ini dapat mekar dengan cantik jika digantung dan terkena sinar matahari. Setidaknya bunga geranium ini membutuhkan waktu pencahayaan sekitar 6 – 8 jam.

10. Heliconia

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via noahgardencentre.com.sg

Heliconia adalah genus tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga Heliconiaceae. Tanaman ini cocok untuk teras belakang rumah maupun depan. Untuk menambah kecantikan teras, sebaiknya tanaman ini ditanamn secara rimbun atau merapat. Selain itu, tanaman ini juga dapat menjadi pagar alami didekat kolam ikan yang minimalis.

11. Kumkuat

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via floravietnam.com

Apa kamu ingin memiliki tanaman buah-buahan di teras rumah? Jika ia, kamu bisa lho menanam Kumkuat di rumah. Tanaman ini tidak harus ditanam di tanah langsung karena kamu juga bisa meletakkannya di dalam pot.

Meskipun di dalam pot, Kumkuat masih tetap bisa berbuah dan buahnya akan banyak sekali jika dirawat dengan baik. Ketika tanaman ini berbuah, buahnya menghasilkan warna orange yang cerah dan memberikan efek ceria di teras. Menariknya lagi buahnya dapat dikonsumsi.

12. Kaktus

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via tokopedia.com

Kaktus dikenal sebagai tanaman yang tumbuh baik tanpa banyak air. Cara merawatnya juga cukup mudah karena tidak terlalu sering disiram. Kaktus ini memiliki bentuk yang sangat unik dan cocok sekali digunakan sebagai penghias teras rumah. Karena memiliki duri-duri yang tajam akan lebih baik diletakkan di tempat yang rasanya cukup aman terlebih jika kalian memiliki anak kecil atau binatang peliharaan. Jangan lupa letakkan kaktus di teras yang terkena sinar matahari langsung ya!

13. Lee Kwan Yew

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via 3dwarehouse.sketchup.com

Lee Kwan Yew merupakan jenis tanaman menjuntai sehingga sangat cocok menghiasi teras rumah. Akan lebih baik jika tanaman ini ditanam secara rapat dan digantung di depan teras rumah. Tanaman ini juga bisa menjadi solusi yang tepat jika terasmu terlalu banyak terpapar sinar matahari. Tanaman ini akan menjadikan teras terasa lebih teduh.

14. Lidah Mertua

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via hortology.co.uk

Tanaman ini memang populer dijadikan sebagai tanaman hias rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tak hanya cocok diletakkan di dalam rumah, lidah mertua juga cocok diletakkan di teras. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah bahkan tidak memerlukan keterampilan khusus. Untuk menanam lidah mertua ini bisa menggunakan pot, baik yang mini maupun yang besar untuk di teras

15. Lili Paris

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via blog.orento.id

Chlorophytum comosum, biasanya disebut tanaman laba-laba tetapi juga dikenal sebagai ivy laba-laba. Tanaman ini memiliki daun yang panjang hingga menjuntai kebawah sehingga sering dijadikan salah satu pilihan tanaman hias gantung yang cantik. Daunnya sendiri memiliki corak warna putih atau hijau kekuningan. Lili Paris ini akan memberikan nuansa sejuk karena dapat menyerap racun-racun di udara.

16. Peace Lily

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via adriandurban.com

Jenis tanaman yang cantik dan indah ini sangat cocok diletakkan di teras rumah. Tanaman berbunga ini cukup mudah dalam perawatannya dan mereka tidak terlalu menyukai sinar matahari langsung. Daunnya berwarna hijau dan bunganya berwarna putih bersih. Peace Lily ini dapat memberikan suasana teras yang tenang

17. Philodendron Brazil

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via indoor-plants.co.uk

Philodendron Brazil atau dikenal juga dengan sirih Brazil tumbuh dengan cara merambat. Jika ingin menanamnya pastikan ada ruang untuk mereka merambat. Daun mirip dengan daun sirih dengan warna perpaduan warna hijau dan kekuningan. Meskipun terlihat biasa, tanaman ini akan terlihat sangat cantik ketika digantung diatas. Jika tidak digantung, bisa juga diletakkan dalam pot dan letakkan di sudut teras. Philodendron Brazil ini juga dapat menyerap polutan di udara sehingga udara menjadi lebih sejuk.

18. Petunia

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via plantaddicts.com

Selanjutnya ada Petunia, salah satu jenis tanaman yang pas untuk mempercantik teras rumah. Petunia adalah suatu genus tumbuhan berbunga dari famili Solanaceae yang bunganya berbentuk trompet.

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan. Secara fisik, tinggi tanaman ini antara 16–30 cm, bunganya ada yang bermahkota tunggal dan ada pula yang bermahkota ganda dengan warna yang bervariasi.

Bunga berwarna ungu cerah sehingga dapat membuat tampilan teras menjadi lebih berwarna dan menawan. Tanaman ini akan tumbuh dengan subur dibawah matari yang penuh. Selain itu, Petunia akan tumbuh dengan baik di dalam pot.

19. Sirih Gading

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via hortology.co.uk

Tumbuhan merambat ini biasanya ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

Warna daunnya belang warna kuning cerah hingga kuning pucat dan merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Karena tumbuhan ini merambat akan sangat bagus sekali jika digantung di teras rumah, tapi di letakkan di pot juga bagus hanya saja berikan mereka tempat untuk merambatnya.

20. Sirih Keraton

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via greenspaces.id

Sirih Keraton atau dikenal juga sirih wulung menjadi pilihan yang tepat untuk teras. Tanaman ini memiliki daun berwarna gelap dengan corak berwarna perak dan terdapat garis-garis berwarna merah di daunnya. Menariknya ketika daunnya terkena sinar matahari, sirih keraton ini akan menjadi ungu.

21. Sirih Marble

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via twitter.com/fawazaljalsi

Sirih ini diberi nama marble karena menyerupai marble. Tanaman hias ini sangat cocok digantung di teras rumah, tapi dapat juga diletakkan di dalam ruangan. Sirih Marble ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan tanpa sinar matahari atau dengan sinar matahari.

22. Sweet Alyssum

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via growgreen.ae

Lobularia maritima adalah spesies tanaman berbunga rendah dalam keluarga Brassicaceae. Nama umumnya adalah sweet alyssum atau sweet alison, biasa juga disebut sebagai hanya alyssum.

Sweet Alyssum memiliki bunga berwarna putih dan ungu, tanaman ini akan mempercantik teras rumah. Jika diletakkan di teras, tanaman ini akan bagus jika diletakkan ke dalam pot gantung. Selain cantik, bunganya juga sangat harum.

Yang perlu diperhatikan lagi, tanaman ini yidak dapat tumbuh dengan baik jika terpapar sinar matahari secara langsung. Maka dari itu akan lebih baik diletakkan di teras yang tertutup.

23. Seruni

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via rona.ca

Siapapun yang melihat tanaman ini akan langsung terpesona, seruni atau yang dikenal juga dnegan nama krisan memiliki bunga yang cantik. Warnanya ini mampu menimbulkan suasana yang ceria pada teras. Tanaman ini termasuk fleksibel karena bisa tumbuh di tanah maupun pot. Menurut orang keturunan Tionghoa, Seruni menjadi lambang kesuksesan dan kekayaan.

24. Suplir

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via plantingman.com

Suplir merupakan salah satu tanaman yang populer digunakan untuk penghias ruangan atau taman. Tumbuhan berdaun hijau ini memiliki ukuran daun yang mungil sehingga cocok dijadikan tanaman hias teras. Tapi tanaman ini tidak tahan terhadap matahari sehingga letakkan di tempat yang teduh dan berangin.

25. Siklok

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via ma-petite-jardinerie.fr

Tanaman Siklok banyak disukai masyarakat sebagai tanaman hias untuk teras. Tanaman ini dapat memberikan kesan asri dan sejuk pada rumah khususnya teras. Siklok memiliki bentuk menyerupai pedang dengan ujung yang runcing serta tepi daun berwarna kuning dengan dominasi hijau pada bagian tengahnya. Tanaman hias ini sangat kuat berada di terik matahari sehingga tak masalah diletakkan di teras yang terkena matahari langsung.

26. Sedum Morganianum

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via nurserylive.com

Sedum Morganianum atau kaktus anggur, tanaman ini mirip dengan kaktus dimana memerlukan banyak sinar matahari dan sedikit air. Tapi sayangnya, tanaman ini memiliki warna hijau pucat sehingga penampakannya tidak terlalu menonjol. Meskipun begitu, bentuk tanaman ini sangat unik dan cantik cocok dijadikan tanaman gantung.

27. Tradescantia

Jenis Tanaman Untuk Teras Rumah

photo via pinterest.com

Selain diletakkan di dalam pot, Tradescantia juga dapat digantung di teras rumah. Tanaman ini memiliki corak garis-garis dengan bermacam-macam warna seperti putih, ungu dan hijau. Ketika memutuskan memelihara tanaman ini, kalian harus selalu menjaga akarnya. Tanaman ini juga sangat cocok diletakkan di teras atau terkena sinar matahari langsung.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi tanaman teras rumah versi BlogUnik.com. Jadi sekarang nggak ada alasan lagi buat kamu bingung untuk menentukan jenis tanaman yang pas untuk mempercantik teras rumah kamu kan? Kira-kira, mana nih tanaman favorit kamu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *