Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung Untuk Memepercantik Rumahmu

Dibuat oleh blogunik

Teras rumah kamu terlihat kosong dan gersang? Menempatkan berbagai macam tanaman hias adalah cara agar teras rumah kamu menjadi lebih asri, segar dan terlihat lebih hidup. Jangan khawatir dengan luas teras yang sempit dan kecil, karena kamu tetap bisa membuat taman hijau di teras rumah dengan memilih tanaman hias gantung.

Selain menghemat tempat, tanaman hias gantung juga akan menambah nilai estetik pada penampilan rumah kamu. Meskipun namanya tanaman hias gantung, cara menempatkan tanaman hias ini tak hanya dengan digantung menggunakan tali, tapi kamu juga bisa memanfaatkan dinding ataupun rak yang ada di teras.

Agar terlihat lebih estetik, berikut beberapa ide dekorasi tanaman hias gantung yang bisa kamu terapkan untuk mempercantik teras rumah kamu. So let’s check it out guys!

Daftar Isi

20 Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

1. Manfaatkan dinding teras untuk menempelkan pot-pot tanaman hias

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via andalusiaviaggioitaliano.com

Untuk mempercantik teras rumah kamu yang kosong, kamu bisa mendekorasinya dengan tanaman hias gantung. Bila tak ada tempat untuk menggantung, kamu bisa memanfaatkan dinding teras kamu yang kosong. Penuhi dinding teras dengan pot-pot tanaman hias kesukaan kamu seperti berbagai jenis tanaman bunga, karena saat berbunga teras rumah kamu akan menjadi cantik.

2. Digantung secara vertikal di atap rumah yang ada di teras

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via thehorticult.com

Ada banyak model pot gantung yang bisa kamu gantung di teras rumah, salah satunya dengan pot tingkat satu ini. Karena digantung bertingkat secara vertical, kamu bisa menggantungnya di atap teras rumah, dan ini tidak akan memakan banyak ruang. Kamu bisa menanam jenis tanaman hias bungan ataupun jenis tanaman hias yang akan berumbai. Ini akan membuat teras kamu semakin estetik.

3. Makin estetik dengan tanaman hias gantung yang menggunakan pot yang unik

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via gardenclub.homedepot.com

Kamu juga bisa memilih model pot tanaman yang unik, salah satunya pot dari bahan serabut yang membentuk setengah lingkaran satu ini. Selain karena ditanami tanaman hias, pot ini juga akan membuat penampilan teras kamu semakin cantik karena bentuknya yang unik dan lucu. Kamu bisa menggantung pot-pot tanaman hias ini dengan ketinggian yang berbeda-beda agar terlihat lebih dinamis.

4. Buat tempat khusus untuk menggantung tanaman hias dari besi

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via domino.com

Agar tampilan teras semakin cantik, kamu bisa membuat tempat khusus yang terbuat dari besi untuk menggantung dan meletakkan tanaman hias kamu sedemikian rupa. Deretan tanaman hias di besi ini juga bisa bermanfaat sebagai penyekat alami antara teras dengan garasi rumah kamu. Dengan ini tentu teras rumah kamu akan semakin asri dan estetik.

5. Menggunakan bambu, kamu bisa membuat tanaman hias gantung sebagai tirai cantik di teras rumah

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via dumpaday.com

Ada sisa bambu di rumah? Kalian bisa memanfaatkannya sebagai pot untuk tanaman hias gantung kamu. Kamu bisa menyusunnya seperti sebuah tirai bunga yang estetik untuk mempercantik teras rumah kamu.

6. Kolaborasikan tanaman hias gantung dan tanaman hias yang di tanam di tanah untuk menciptakan taman yang indah

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via simplesdecoracao.com.br

Jika teras kamu memilih lahan yang cukup, kamu bisa memadukan antara tanaman hias gantung dengan tanaman hias yang ditanam di tanah. Ini akan menciptakan taman yang indah dan asri pada teras rumah kamu. Kamu bisa memilih model tanaman hias gantung seperti anggrek untuk menciptakan kesan yang indah tanpa membuat teras kamu menjadi gelap atau terlihat rimbun.

7. Partisi kayu yang dipenuhi dengan tanaman hias gantung

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via inspirationde.com

Kamu juga bisa melengkapi dinding teras kamu dengan partisi-partisi kayu agar memudahkan kamu menggantung dan menata tanaman hias tanpa merusak dinding kamu. Kamupun bisa menempatkan beragam tanaman hias yang kamu suka di spot-spot yang kamu inginkan.

8. Gantung secara tidak sejajar agar lebih dinamis

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via aesthetecurator.com

Saat menggantung tanaman hias, kamu bisa menggantungnya dengan ketinggian yang berbeda-beda sehingga menciptakan kesan dinamis dan tidak terlalu monoton. Kamu juga bisa memanfaatkan pot tanaman hias gantung yang memiliki pengait sehingga bisa dengan mudah di pindah-pindah sesuai selera.

9. Pilih tanaman hias gantung kesukaan kamu dan padukan dengan tanaman hias lainnya

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via tuacasa.com.br

Buat kamu pecinta tanaman hias tanduk rusa, bisa meniru cara menggantung tanaman hias satu ini. Kamu bisa menggantung tanaman hias ini di depan teras dengan ketinggian tertentu sehingga tidak terkena kepala saat melewatinya. Selain membuat cantik dan asri teras rumah kamu, tanaman hias ini juga bisa menyaring polusi udara sehingga rumah kamu akan terasa lebih segar.

10. Gantung pot tanaman hias dengan sampul tali yang unik

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via temankreasi.com

Ingin memiliki tanaman hias gantung yang lebih dekoratif? Kamu bisa meniru cara menggantung tanaman hias satu ini. Kamu bisa menggunakan tali polypropylene atau tali PP untuk menggantung pot dengan sampul-sampul yang unik. Bahkan saat ini kamu bisa mendapatkan rangkaian pot dengan tali penggantung yang unik ini di pasaran dengan mudah. Kamu hanya perlu memilih tanaman hias yang ingin kamu tanam di pot saja.

11. Tanamam hias yang digantung secara vertikal di dinding

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via chloedominik.com

Kamu juga bisa memanfaatkan pipa paralon untuk menjadi dekorasi tanaman hias gantung yang menarik. Kamu bisa memasang pipa-pipa paralon secara vertikal dan memenuhinya dengan jenis tanaman hias yang kamu suka. Namun jangan lupa menambahkan model tanaman hias yang menjuntai sehingga memberikan kesan yang rindah para teras kamu.

12. Manfaatkan fintorp untuk menggantung tanaman hias di dinding

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via ikea.com

Kamu yang malas menanam paku satu per satu untuk menggantung tanaman hias di dinding, jangan khawatir, sebab kamu busa memanfaatkan fintorp untuk menggantung tanaman hias kamu. Satu rangkaian fintorp bahkan bisa memuat 3 sampai 4 pot tanaman hias yang mini. Dengan memanfaatkan fintorp penataan tanaman hias kamu akan menjadi lebih rapi.

13. Makin estetik dengan rak gantung 3 tingkat untuk tanaman hias berukuran kecil

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via etsy.com

Kamu juga bisa mempercantik teras rumah kamu dengan rak gantung 3 tingkat untuk menempatkan tanaman-tanaman hias kamu yang cantik. Kamu bisa menggantungnya di dinding ataupun di plafon teras kamu. Dekorasi tanaman hias gantung ini akan membuat teras kamu terlihat lebih estetik dan tentunya rapi.

14. Gunakan rak kayu segitiga untuk menggantung dan meletakkan tanaman hias kamu

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via instagram.com/garddenaholics

Buat sudut teras kamu semakin estetik dengan menempatkan rak kayu segitiga untuk menggantung dan menempatkan tanaman hias kamu. Bahkan tak hanya rak segitiga, kamu juga bisa menggunakan rak-rak tanaman lain sebagai dekorasi menarik untuk menggantung tanaman hias kamu. Ini akan membuat teras rumah kamu menjadi lebih menarik tak hanya asri dan segar, namun juga terlihat lebih estetik.

15. Tata tanaman hias di sebuah pallet garden yang di cat warna-warni

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via hometalk.com

Ide dekorasi tanaman hias gantung selanjutnya yang bisa mempercantik teras rumah kamu adalah dengan memanfaatkan pallet kayu untuk menggantung tanaman-tanaman hias dalam pot yang kamu miliki. Kamu bisa mewarnai pallet kayu tersebut dengan warna yang berwarna-warni untuk memberikan kesan yang ceria. Pallet yang dicat berwarna-warni serta tanaman hias yang berbunga warna-warni tentu akan membuat teras kamu semakin cantik.

16. Manfaatkan semua hal yang ada untuk dijadikan dekorasi dan wadah tanaman hias

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via delikatissen.com

Selain rak tingkat untuk pajangan, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang tak dipakai lagi sebagai dekorasi dan wadah untuk menampatkan tanaman hias kamu. Salah satunya seperti tangga kayu yang sudah tak terpakai. Kamu bisa menempatkan pot-pot tanaman hias kamu di tangga tersebut sedemikian rupa. Kamu bahkan bisa membuat salah satu spot di teras rumah kamu menjadi taman yang hijau dengan menggantung beberapa tanaman hias, meletakkannya di rak, hingga meletakkan tangga yang sudah di tempel dengan tanaman hias.

17. Kelilingi dengan tanaman hias gantung jika teras kamu memiliki atap kayu outdoor

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via revistacasaejardim.globo.com

Jika teras kamu memiliki atap kayu outdoor seperti gambar di atas, maka di sekeliling teras, kamu bisa penuhi dengan tanaman hias gantung seperti anggrek atau tanaman hias lainnya yang kamu suka. Selain membuat cantik dan estetik, tanaman hias gantung yang megelilingi teras juga akan membuat kamu lebih rileks saat bersantai di teras rumah.

18. Teras yang asri dengan tanaman hias gantung memenuhi sebagian teras

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via revistacasaejardim.globo.com

Bagi penggemar tanaman hias, kamu bisa meniru cara menggantung tanaman hias di teras satu ini agar teras kamu terlihat estetik dan asri. Kamu bisa membangun pergola kayu di teras rumah kamu untuk menggantung beragam tanaman hias yang kamu miliki. Kamu bahkan bisa menempelkan tanaman hias di pilar kayu untuk memberikan kesan yang lebih rindang.

19. Manfaatkan balok kayu yang tak terpakai untuk menciptakan vertical garden yang cantik

Ide Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via pinterest.com/marcatosan

Ide dekorasi tanaman hias gantung berikutnya adalah dengan memanfaatkan balok kayu lurus yang tak terpakai. Kamu bisa menyusun beberapa tanaman hias di balok kayu tersebut. Cara ini juga bisa menghemat tempat jika kamu memiliki teras yang sempit.

20. Tempat menggantung tanaman hias dari kawat yang hemat tempat

Inspirasi Dekorasi Tanaman Hias Gantung

photo via akadesign.ca

Satu lagi ide dekorasi tanaman hias gantung yang bisa kamu tiru untuk mempercantik teras rumah adalah dengan memanfaatkan jaring-jaring dari kawat. Kamu bisa membingkai jaring-jaring tersebut dengan balok kayu dengan lebar yang disesuaikan dengan luas teras kamu. Setelahnya kamu bisa bebas menggantung pot-pot tanaman hias kamu di jaring kawat tersebut. Cara ini tentu akan menghemat tempat dan membuat teras kamu semakin estetik dan asri.

Nah itu dia beberapa ide dekorasi tanaman hias gantung untuk mempercantik teras rumah kamu. Dengan ide dekorasi tanaman hias gantung ini, kamu akan memiliki teras yang cantik, asri dan segar meskipun teras kamu kecil. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *