Ini Lho Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

1 bulan, by blogunik

Tanda jika kamu siap menikah

Seringnya muncul pertanyaan “Kapan nyusul nikah?” memang sangat menjengkelkan, terlagi pertanyaan tersebut membuat seseorang terbebani dan memicu seseorang untuk berpandangan bahwa menikah itu harus diusia yang benar menurut pandangan masyarakat umumnya. Padahal untuk menikah bukan hanya soal usia saja, tapi juga lebih melibatkan kesiapan fisik, mental, dan finansial.

Nggak heran kenapa banyak orang memerlukan waktu yang lama untuk memutuskan menikah. Namun kalau kalian memiliki tanda-tanda berikut, bisa jadi kalau kalian sudah siap untuk menikah. Seperti apa tanda-tanda seseorang yang sudah siap untuk menikah? Berikut ulasannya!

16 Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

1. Tidak ada keinginan mengubah pasangan

Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

photo via inews.id

Tanda-tanda kalau kamu sudah siap menikah adalah kamu dan pasangan sama-sama telah yakin dan tidak memiliki keinginan untuk mengubah pasangan. Kamu telah menerima sifat negatif dari pasangan kamu hingga seumur hidup, begitupun sebaliknya. Kamu juga telah yakin kalau dia adalah pasangan yang tepat untuk menemani kamu ketika menua nanti dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kalian miliki.

2. Bisa menyelesaikan konflik

Setiap hubungan, pasti tak terlepas dari yang namanya masalah, konflik alias pertengkaran. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa pertengkaran adalah bumbu dari suatu hubungan. Dari sinilah kematangan emosi dan kedewasaan dinilai. Baik itu masalah kecil atau besar, pertengkaran kecil ataupun besar, hendaknya pasangan yang sudah siap untuk menikah bisa mengatasinya secara dewasa, tanpa perlu berlebihan melibatkan orang lain.

Kamu dan dia bisa sama-sama mencari solusi dari pertengkaran yang kalian hadapi. Kuncinya tentu saja pada komunikasi yang nantinya akan menjadi pondasi kuatnya pernikahan. Dengan begitu, kalian pun mampu untuk tumbuh bersama-sama. Ingatlah bahwa setelah menikah, kalian pasti akan menghadapi masalah yang lebih kompleks.

3. Percaya dengan pasangan

Tanda-tanda seseorang siap menikah

photo via miinglemag.com

Tanda-tanda kalau kamu sudah siap menikah berikutnya adalah kamu sudah percaya sepenuhnya dengan pasangan. Seperti yang kita tahu, kepercayaan adalah landasan setiap hubungan. Kepercayaan ini sangat vital karena menjadi dasar komitmen seseorang. Ketika kamu tidak percaya dengan pasangan saat berumah tangga nanti, maka ini bisa jadi boomerang untuk rumah tanggamu. Jadi, kalau kamu sudah percaya dan mampu berkomitmen dengan pasanganmu, ini tandanya kamu dan pasangan sudah siap untuk menikah.

4. Memiliki time management yang baik

Mampu mengatur waktu dengan baik adalah salah satu tanda kalau kamu sudah siap menikah. Dalam sehari ada 24 jam, dan dalam 24 jam tersebut ada banyak tugas dan kegiatan yang kamu lakukan. Kalau kamu masih kesulitan dalam mengatur jadwal diri sendiri, bagaimana kau bisa membagi 24 jam untuk keluargamu nanti?

5. Pandai mengatur prioritas

Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

photo via hipwee.com

Masih berkaitan dengan poin diatas. Seseorang yang telah siap menikah juga ditandai dengan kemampuannya dalam mengatur prioritas. Dalam setiap kehidupan, ada hal-hal yang harus diprioritaskan dan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum melakukan hal lainnya. Nah ketika kamu menikah nanti, kamu harus memahami, mana hal-hal yang menjadi prioritas kamu setelah kamu memiliki keluarga.

6. Tidak egois dan berpikir lebih dewasa

Setiap orang tentu memiliki sifat egois dalam dirinya. Namun jika sifat egois kamu masih mendominasi, itu tandanya kamu belum siap untuk menikah. Karena salah satu tanda seseorang siap menikah adalah, mampu menghilangkan sifat egois dalam dirinya dan mampu berpikir lebih dewasa. Sebab, jika sepasang suami istri sama-sama egois dan selalu ingin menang sendiri, maka rumah tangga mereka akan hancur seiring berjalannya waktu.

7. Bisa mengatur keuangan

Tanda-tanda seseorang siap menikah

photo via wealthface.com

Hal berikutnya yang bisa menandakan kalau seseorang sudah siap untuk menikah adalah pandai mengatur keuangan. Kamu bijak dalam masalah keuangan dan mandiri secara finansial. Seperti yang kita tahu, kehidupan berumah tangga memang membutuhkan biaya yang besar. Ini sebabnya sebelum memutuskan untuk menikah, kamu harus siap secara finansial terlebih dahulu. Walaupun tak harus sekaya Ruben Onsu, namun setidaknya kamu sudah memiliki tabungan untuk masa depan. Kamu sudah menabung untuk biaya pernikahanmu, untuk kebutuhan rumah tanggamu di masa mendatang, untuk pendidikan anakmu, untuk kesehatan dan juga ada untuk keadaan darurat. Jika kamu dan dia sudah mampu mengatur keuangan dengan baik, maka itu sebuah tanda bahwa kalian sudah siap melangkah ke jenjang yang lebih serius. Percayalah, kehidupan pernikahan tidak hanya seindah cinta dan pengharapan. Ada tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi.

8. Bisa mengatur emosi agar lebih stabil

Pastikan sebelum kamu memutuskan untuk menikah, kamu sudah stabil secara emosional dan mampu mengontrol emosi. Karena seseorang yang sudah siap menikah tidak akan mudah tersulut emosi dan baperan oleh hal-hal sepele. Justru setiap masalah yang dihadapi harus dijadikan sebagai pembelajaran dan menjadikan kamu lebih kuat.

9. Mandiri

Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

photo via dairyreporter.com

Tanda seseorang sudah siap untuk menikah selanjutnya adalah mampu hidup mandiri. Orang yang sudah mandiri dan tidak lagi bergantung pada orangtuanya, atau setidaknya punya penghasilan sendiri dan bisa mengelolanya, menandakan kesiapannya untuk melangkah ke jenjang lebih jauh.

Bukan hanya kemandirian dalam hal finansial, namun juga mental. Orang yang siap nikah pada dasarnya adalah mereka yang bisa mengurus diri sendiri tanpa orang lain. Jadi, menikah bukan dijadikan tujuan terselubung untuk memiliki pasangan yang bisa membantu mengurus dirinya.

10. Menyadari dan menerima konsekuensi setelah menikah

Kalau kamu menyatakan diri sudah siap untuk menikah, berarti kamu juga harus menyadari dan menerima konsekuensi yang akan kamu hadapi setelah menikah. Kehidupanmu saat masih single dan saat menikah akan berbeda 180 derajat. Kamu harus memprioritaskan keluarga dibanding kesenangan diri sendiri. Gak akan ada lagi solo traveling atau bersenang-senang tanpa memperhatikan waktu. Kamu juga tidak akan bisa bermalas-malasan seperti dulu lagi karena kamu memiliki tanggung jawab yang lebih besar ketika menikah.

11. Pandai menempatkan diri dalam berbagai situasi dan kondisi

Tanda-tanda seseorang siap menikah

photo via meetville.com

Pandai menempatkan diri atau beradaptasi dalam berbagai situasi dan kondisi juga bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu sudah siap untuk menikah. Hal ini sangat diperlukan karena saat kamu menikah nanti, kamu akan berinteraksi dengan masyarakat lebih luas.

Kamu akan berinteraksi dengan teman ataupun kolega suami atau istrimu. Kamu juga akan berinteraksi dengan kelompok masyarakat dalam kampung, desa atau kompleks rumah kamu. Kamu juga nantinya akan berinteraksi dengan orang tua dari teman-teman anakmu kelak. Jadi kemampuan untuk beradaptasi ini sangat dibutuhkan ketika kamu menikah nanti.

12. Kamu dan dia memiliki tujuan yang sama

Hal lain yang bisa menandakan kamu sudah siap menikah adalah kamu dan dia memiliki tujuan yang sama. Tujuan pernikahan ada banyak dan berbeda-beda sesuai pasangan menikah masing-masing. Ada yang ingin menikah karena memang ingin hidup bersama-sama sampai menua nanti. Ada juga yang menikah untuk kebahagiaan lahir batin. Dikaruaniai anak atau tidak, bukan menjadi masalah. Yang lebih diprioritaskan adalah tentang menghargai sesama dan membangun cinta dalam rumah tangga agar tetap harmonis dan langgeng hingga tua nanti.

13. Mampu bertanggung jawab

Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Menikah

photo via medicaldaily.com

Salah satu tanda kalau kamu sudah siap untuk menikah adalah kamu sudah mampu bertanggung jawab dengan dirimu sendiri dan pada berbagai hal yang kamu lakukan. Kamu harus bertanggung jawab dengan keluargamu kelak. Bukannya hanya bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka saja, namun bertanggung jawab sebagai orang tua yang baik bagi anak-anaknya.

14. Sudah siap mental

Memiliki kesiapan mental juga menjadi tanda penting bagi kamu yang sudah siap menikah. Ini karena pernikahan tak selalu berjalan dengan mulus seperti apa yang dirasakan semasa pacaran. Permasalahan rumah tangga sangat banyak sehingga memerlukan kesiapan mental untuk menghadapinya.

15. Memahami arti komitmen

Tanda-tanda seseorang siap menikah

photo via sydneycoupleandfamily.com

Sebelum menikah hendaknya kamu memahami arti komitmen. Pasalnya salah satu tanda seseorang yang siap menikah adalah memahami arti komitmen dan menerima segala konsekuensinya. Komitmen dalam pernikahan sendiri berarti berjanji kepada diri sendiri juga kepada pasangannya, dimana keduanya saling menerima dengan ikhlas apa adanya diri pribadi masing-masing dengan segala kelebihan dan kekurangannya, serta saling mendukung apapun yang terjadi dalam segala keadaan. Jadi kalau kalian telah mengerti arti komitmen, maka kamu sudah siap menikah dan niscaya, pernikahan kamu akan langgeng hingga menua.

16. Keterampilan hidup

Satu lagi hal yang menandakan kamu sidah siap menikah adalah kamu sudah memiliki keterampilan hidup. Contoh keterampilan hidup disini seperti membersihkan rumah, memasak, mengasuh anak, serta menjalankan kewajiban sebagai suami/istri/orang tua. Bahkan merawat organ reproduksi hingga pengetahuan alat kontrasepsi untuk pengaturan jarak kehamilan juga menjadi keterampilan yang harus dimiliki sebelum menikah.

Itu dia beberapa hal yang dapat menandakan kalau kamu sudah siap untuk menikah. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian memiliki semua tanda-tanda diatas?

+3
Artikel Terkait