20 Tempat Camping di Bogor Yang Recommended Abis

Dibuat oleh blogunik

Mau tahu tempat camping terbaik di Bogor? Simak ulasannya berikut ini!

Kegiatan berkemah atau camping bersama teman dan keluarga sangat menyenangkan dan bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Saat camping kamu bisa menyalakan api unggun, memanggang ikan, sosis atau bahkan ayam, dan menyantapnya bersama-sama teman atau keluarga sambil menikmati panorama alam yang tersaji disekitar tempat camping. Selain untuk liburan, aktivitas camping juga bisa menghilangkan penat mengingat tempat untuk camping biasanya memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Berbicara soal camping, Bogor bisa jadi salah satu destinasi untuk camping yang tepat untuk mengisi liburan kamu. Selain mudah dijangkau, Bogor juga terkenal dengan alamnya yang masih sangat asri dan menyejukkan sehingga cocok untuk tempat camping. Buat kamu yang tertarik mengadakan acara camping di Bogor, berikut beberapa tempat untuk bercamping yang sangat direkomendasikan di Bogor. So let’s check it out guys!

20 Tempat Camping Terbaik di Bogor

1. Gunung Pancar

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via instagram.com/gunungpancar

Rekomendasi tempat camping di Bogor diawali oleh Gunung Pancar. Gunung yang memiliki ketinggian 300 – 800 meter dari permukaan laut ini, memiliki permukaan yang landai pada area perkemahannya. Pengunjung tidak perlu mendaki terlalu terjal untuk dapat mencapai puncaknya sehingga sangat ramah untuk keluarga ataupun pemula.

Sejuknya kawasan hutan pinus ditambah atmosfer udara yang masih segar menjadikannya salah satu tempat camping favorit warga setempat. Tak hany bisa berkemah dan merasakan bermalam lebih dekat dengan alam, di kawasan Gunung Pancar kamu juga bisa menemukan pemandian air panas alami yang sangat menenangkan. Selain pemandian air panas, disini juga tersedia fasilitas outbond yang lengkap yang membuat kegiatan berkemah kamu semakin seru.

Lokasi : Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor

2. Agrowisata Gunung Mas

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via wisata28.blogspot.com

Selanjutnya ada Agrowisata Gunung Mas yang merupakan salah satu tempat camping terbaik di Bogor. Argowisata Gunung Mas ini berada di ketinggian 800 – 1200 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk. Berekemah di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh yang luas. Pembagian zona untuk campingnya juga cukup banyak, dimana zona atau blok ini disebut dengan Hole. Sarana dan prasana juga terbilang lengkap seperti misalnya toilet di masing masing blok hingga lahan parkir yang luas sehingga sangat ramah untuk keluarga. Kamu yang mengajak anak-anakpun nggak usah khawatir sudah tersedia fasilitas lengkap.

Lokasi : Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor

3. Gunung Bunder

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via ajakanak.com

Gunung Bunder menjadi salah satu destinasi camping di Bogor yang kami rekomendasikan untuk kalian. Gunung Bunder ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimum Salak. Berada di ketinggian 1050 mdpl membuat lokasi ini begitu dingin, sehingga penting bagi kamu untuk memperhatikan cuaca jika ingin berkemah.

Di dalam kawasan ini sendiri, ada banyak sekali titik lokasi camping. Salah satu tempat camping yang paling favorit adalah di Curug Cihurang yang menawarkan suasana khas air terjun yang menyegarkan. Tak hanya Curug Cihurang, kamu juga bisa mengunjungi beberapa curug lain yang tak kalah mempesona.

Lokasi : Gunung Bunder II, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat

4. Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via liburananak.com

Mencari lokasi kemah yang dapat menyegarkan pikiran? Tenang, kamu bisa memilih Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas sebagai alternatif tempat kemah di Bogor. Di tempat perkemahan ini, kamu bisa membangun tenda di lapangan luas dan lapang. Area kemah ini dikelilingi rimbunnya hutan dan pegunungan, sehingga begitu asri dan menyejukkan. Jangan khawatir dengan air yang kotor, sebab di kawasan Bumi Perkemahan mandalawangi Cibodas ini, kamu dapat dengan mudah mendapatkan akses ke air bersih.

Fasilitas sanitasi seperti toilet juga sudah tersedia di sana sehingga cocok sebagai lokasi family camping. Tak hanya berkemah, kamu juga bisa melakukan outbond atau aktivitas lainnya seperti flying fox, lintas danau, perahu dayung, dan lain sebagainya.

Lokasi : Area Parkir Mandalawangi Camp Ground Cipanas, Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

5. Eagle Hill Outbound Camp

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via outbound-bogor.web.id

Tempat camping terbaik di Bogor yang bisa kalian pilih adalah Eagle Hill Outbound Camp. Eagle Hill merupakan salah satu bumi perkemahan yang dikelola secara modern. Dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan luas hingga 12 hektar membuat kamu bisa bebas untuk berkemah di sini. Eagle Hill menawarkan 7 camping ground dengan tingkat privasi tinggi untuk setiap groundnya. Kamu juga bisa menikmati wahana lain seperti river journey, jungle adventure hingga air terjun tersedia di tempat ini.

Lokasi : Jl. Al Barokah,, Mega Mendung, Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770

6. Bumi Perkemahan Sukamantri

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via instagram.com/bumiperkemahansukamantri_tnghs

Bumi Perkemahan Sukamantri menjadi salah satu tempat berkemah terfavorit di Bogor. Destinasi camping satu ini menawarkan suasana yang asri, dan juga pemandangan gunung pinus yang menakjubkan. Tak hanya itu, pada malam hari, kamu juga akan disuguhi dengan gemerlapnya lampu kota Bogor ketika malam hari yang sangat megah dilihat dari ketinggian.

Di tempat camping yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, kamu juga bisa mengunjungi Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kaung. Selain berkemah, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan lain bersama keluarga. Seperti membakar jagung atau bermain bersama anak-anak.

Lokasi : Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

7. Perkemahan Citamiang

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via traveloka.com

Ngomongin soal tempat kemah terbaik di Bogor, Perkemahan Citamiang yang berada di Kampung Pondok Rawa tentu nggak boleh dilupakan. Citamiang adalah tempat perkemahan yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona lengkap dengan hijaunya perkebunan teh. Tak hanya bisa berkemah namun juga menikmati serunya melakukan trekking menyurusi hutan dan juga menjelahi hijaunya perkebunan teh. Hutan pinus dan juga sungai menjadi tambahan panorama yang memanjakan mata. Fasilitas pendukung juga sudah tersedia sehingga akan membuat kegiatan camping kamu semakin menyenangkan.

Lokasi : Jl. Ciliwung, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

8. Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via wisatahalimun.co.id

Destinasi camping di Bogor yang menawarkan keseruan bermalam di alam liar selanjutnya adalah Perkemahan Ciputri Tenjolaya. Berlatarkan gunung pinus, kamu bisa langsung melihat keindahan air terjun yang memiliki tinggi 30 meter. Kawasan perkemahan ini masih sangat alami, dan merupakan rumah bagi berbagai satwa seperti Elang Jawa dan juga monyet-monyet yang hidup bebas di hutan.

Selain berkemah kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti menyusuri berbagai air terjun yang indah seperti Curug Putri, dan Curug Padalarang, ataupun melewati segarnya aliran sungai. Fasilitas yang ada di Perkemahannya juga terbilang lengkap mulai dari toilet hingga kebutuhan untuk beribadah bisa kamu temui di lokasi satu ini.

Lokasi : Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor

9. Citra Alam Riverside

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via id.pinterest.com/citraalampin

Sesuai namanya, Citra Alam Riverside merupakan tempat camping di Bogor yang lokasinya berada tepat di tepian sungai. Tak hanya menyediakan camping ground lengkap dengan pemandangan indahnya, tapi juga memberikanmu pengalaman bermalam di kawasan yang menyegarkan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu jajal bersama teman atau keluarga, mulai dari berkuda, rafting, flying fox hingga outbond yang terbilang aman dan juga nyaman.

Keunggulan lain dari Citra Alam Riverside adalah sudah dikelola secara modern dan memiliki akses yang mudah, sehingga fasilitas di sini sudah sangat lengkap. mulai dari penginapan tenda, aula terbuka, tempat ibadah, hingga fasilitas WiFi.

Lokasi : Jogjogan RT03/RW01, Cilember, Kec. Cisarua, Kab. Bogor

10. Kampoeng Awan

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via lapisbogor.co.id

Tempat camping terpopuler di Bogor berikutnya adalah Kampoeng Awan yang berada di kawasan Mega Medung, Bogor. Berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki lahan sekitar 3,5 hektar yang berada di tengah-tengah hutan, sehingga kamu bebas memilih sport berkemah yang kamu inginkan.

Ketika malam hari, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lampu kota Bogor yang indah, dan pemandangan tersebut bisa kamu nikmati langsung dari dalam tenda yang kamu dirikan. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke perkebunan jamur yang ada di sekitar Kampoeng Awan. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memanen jamur tersebut. Salah satu kawasan favorit untuk berkemah ini juga telah dilengkapi semua fasilitas berkemah yang membuat berkemah menjadi lebih praktis. Mulai dari kamar mandi, aula untuk pertemuan lengkap dengan pasokan listrik dan fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi : Jl. Mega Mendung, Sirnagalih, Bogor Tengah, Kec. Megamendung, Kab. Bogor

11. Bumi Perkemahan Suaka Elang

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via instagram.com/piknikbogor

Buat kamu yang suka tantangan, maka Bumi Perkemahan Suaka Elang bisa menjadi destinasi yang tepat untuk camping di Bogor. Bumi perkemahan ini berada di dalam kawasan hutan. Sehingga kamu perlu berjalan sekitar 20 menit dari lahan parkir yang disediakan, dan melewati jembatan gantung dari kayu dan tali tambang.

Untuk berkemah disini, kamu cukup membawa tenda dan hammock untuk bersantai di antara dua pohon pinus yang akan banyak kamu temui. Kawasan ini sangat dekat dengan sungai, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Tak hanya memiliki panorama yang indah, pengunjung juga bisa menikmati spot spot instagramble yang sangat cocok untuk hobby fotografi maupun swafoto untuk diunggah di sosial media.

Lokasi : Ciburayut, Kec. Cigombong, Kab. Bogor

12. Bukit Alesano

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via instagram.com/bogorcampers

Bukit Alesano menjadi alternatif berikutnya buat kamu yang sedang mencari tempat camping terbaik di Bogor. Tempat camping kekinian ini tak hanya memberikan suasana alami namun juga terkenal akan panorama malam harinya yang indah dengan gemerlap lampu perkotaan dari ketinggian yang mempesona. Lokasinya yang masih sangat terjangkau, membuat banyak yang datang untuk camping dan berlibur. Apalagi kawasan perkemahan ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat ibadah dan juga beberapa warung. Bahkan jika kamu tak membawa peralatan kemah, kamu bisa menyewanya dengan harga yang bervariasi.

Lokasi : Cipelang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor

13. D’ Jungle Private Camp

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via instagram.com/djungleprivatecamp

D’ Jungle Private Camp merupakan destinasi camping yang cocok buat kamu yang ingin menikmati kegiatan kemah tanpa gangguan. Ini karena bumi perkemahan ini lokasinya berbatasan langsung dengan hutan dan juga jauh dari pemukiman. Area berkemah satu ini berada di daerah Cisarua Bogor dan memiliki luas hingga 10 ha dengan ketinggian 1000 mdpl sehingga membuat udaranya begitu sejuk dan asri.

Acara kemah kamu akan semakin menyenangkan dengan beragam aktivitas seperti misalnya hiking ataupun tracking menuju Curug Kembar yang terkenal akan keindahannya. Nggak usah khawatir dengan sanitasi, karena area perkemahan ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan kamu bisa mandi dengan air hangat atau menikmati makanan lezat karena ada pelayanan makanannya.

Lokasi : Batulayang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor

14. Gunung Kapur

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via Gunung Kapur

Gunung Kapur juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk melakukan camping. Gunung Kapur memiliki satu lahan khusus untuk mendirikan tenda. Uniknya, lahan ini wujudnya berupa landasan helikopter atau helipad. Sangat berbeda dibanding camping ground pada umumnya. Luasnya cukup untuk menampung sekitar 10-20 tenda. Di area perkemahan ini kamu bisa melihat Gunung Gede Pangrango, Salak, dan Gunung Muara yang mempesona.

Tersedia beberapa spot cantik yang instagramble membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Destinasi ini juga bisa menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati city light alias pemandangan lampu kota Bogor di malam hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat fenomena matahari terbanam dan terbit dari kawasan ini.

Lokasi : Jalan Raya Cikampek Bojong Rangkas Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat 16620

15. Gunung Eusing

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via ngadem.com

Tempat kemah terbaik di Bogor berikutnya adalah Gunung Eusing. Letaknya yang tidak begitu tinggi, hanya hanya sekitar 360 mdpl dengan akses yang tidak terlalu susah, membuat bumi perkemahan ini cocok untuk pemula. Pemandangan alamnya juga tak kalah cantik. Gunung Eusing berada di Desa Gobang yang merupakan sebuah desa wisata di Kab. Bogor.

Lokasi : Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor

16. Griya Sawah Lega

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via performaoutbound.com

Griya Sawah Lega merupakan salah satu tempat camping favorit warga Bogor. Tempat kemah ini berada dalam komplek Griya Sawah Lega Resort and Camping. Sesuai namanya, area perkemahan ini berada di tengah-tengah hijaunya persawahan. terdapat beberapa area hijau yang dimanfaatkan sebagai lokasi mendirikan tenda dan kegiatan yang bertemakan outdoor activities. Suasananya sangat asri sehingga cocok untuk menghilangkan penat. Tak perlu repot membawa perlengkapan camping, karena Griya Sawah Lega sudah menyediakannya.

Lokasi : Kopo, Kec. Cisarua, Kab. Bogor

17. Alang Alang Nature Camp

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via pegipegi.com

Selanjutnya ada Alang Alang Nature Camp yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tempat berkemah dengan pengalaman yang unik. Di tempat ini kamu tidak akan tidur di dalam tenda, namun kamu akan tidur di saung atau gubuk beratap jerami. Selain bermalam, kamu juga bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam yang rindang dan menakjubkan yang tersaji didepan mata.

Lokasi : Ciconggang Kel, Sukaharja, Kec. Cijeruk, Kota Bogor

18. Bravo Adventure

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via instagram.com/bravoadventure

Bravo Adventure merupakan destinasi camping di Bogor yang sedang hits dikalangan wisatawan. Berkemah ditempat ini, kamu akan merasa seperti menginap di hotel. Dari luar memang nampak seperti tenda kemah biasa, namun di dalam kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap layaknya berada di hotel bintang lima. Cocok buat kamu yang ingin berkemah, namun tidak mau repot-repot menyiapkan peralatan kemah. Selain bermalam, kamu juga bisa bermain arung jeram di sungai Citarik yang memang sudah populer sebagai spot arung jeram terbaik.

Lokasi : Bantarselang, Sungai Citarik, Kec. Cikidang, Kab. Sukabumi.

19. Mongolian Camp – The Highland Park Resort – Hotel Bogor

Rekomendasi Tempat Camping di Bogor

photo via hotel-travelling.blogspot.com

Mongolian Camp – Highland Park merupakan salah satu tempat camping di Bogor yang paling unik. Mongolian Camp memiliki konsep berbeda yaitu dengan memadukan antara kultur Barat dan Timur. Hal ini terlihat dari tenda-tenda yang mirip dengan tempat tinggal bangsa Indian dan Mongolian yang dikemas dalam bentuk glamping. Tenda di tempat ini memiliki ukuran yang besar hingga muat sampai 6 orang. Selain menikmati sensasi menginap di tenda ala Mongolia, kamu juga bisa menikmati fasilitas menyenangkan lainnya seperti ballroom, outbond, golf, mini-zoo, hingga equestrian club.

Lokasi : Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

20. Melrimba Garden

Tempat Camping Terbaik Di Bogor

photo via melrimbagarden.com

Hanya berjarak 65 menit dari Jakarta, Melrimba Garden bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berkemah dengan suasana yang menyejukkan. Tempat kemah ini memiliki konsep natural garden, dan memiliki luas area sekitar 5 ha dan ketinggian 1.400m dpl sehingga menjadi salah satu tempat tujuan wisata alam keluarga terbaik yang menawarkan beragam keelokan dan keindahan alam yang sangat mempesona.

Kamu bisa memboyong keluargamu untuk camping sekaligus menikmati berbagai fasilitas, seperti outbond, tea walk, kids playground, fun fishing hingga strawberry pick and eat. Selain itu, di sini kamu juga bisa melihat koleksi bunga anggrek, tanaman herbal hingga buah-buahan.

Lokasi : Jl Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua Bogor, Jawa Barat

Itulah 20 destinasi camping di Bogor dengan keunggulan dan keunikan masing-masing yang bisa kamu pilih. Jadi sudah menentukan akan camping dimana?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *