Sedang Ada Masalah, Kemana Harus Curhat? Ini Lho Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu

8 bulan lalu, by blogunik

Kalau membicarakan tentang curhat, pastinya semua sobat Blog Unik pernah melakukannya kan? Baik itu curhat yang emang benar curhat, ataupun curcol alias curhat colongan yang tidak disengaja. Curhat atau mencurahkan isi hati ini memang sangat wajar dilakukan oleh setiap manusia kepada orang yang mereka percayai untuk mendengarkan keluh kesahnya. Hanya saja ada orang yang malu untuk mencurahkan isi hatinya dan ada juga yang gak akan tenang sebelum ia curhat dengan seseorang.

Seperti yang kita tahu, yang namanya hidup, masalah pasti akan datang menyambangi kamu silih berganti dan tak akan pernah berhenti. Dari mulai masalah kecil hingga besar, semuanya datang tiada henti. Baru kelar satu masalah, muncul masalah lain seperti cerita sinetron. Namun itulah hidup guys, jadi jangan heran kalau kebanyakan manusia di muka bumi ini membutuhkan teman curhat yang siap siaga mendengarkan segala keluh kesah mereka.

Curhat dianggap mampu melegakan perasaan. Dengan curhat, diharapkan seseorang dapat mendapatkan solusi dari setiap masalah yang dihadapinya. Tapi sayangnya, manusia itu pada dasarnya lebih suka didengarkan daripada mendengarkan guys. Jadi jangan heran kalau gak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Ketika kamu curhat dengan teman, tak jarang temen kamu juga balik curhat tentang masalah yang ia hadapi. Bukannya mendapat solusi, beban pikiran kamu bisa bertambah karena mendengar curhatan darinya.

Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam memilih teman curhat. Jangan memilih orang yang bermulut ember alias tidak bisa menjaga rahasia. Hindari juga curhat dengan orang yang tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Terus siapa dong orang yang tepat diajak curhat? Untuk itu, berikut adalah tempat terbaik yang Blog Unik anjurkan untuk kalian dalam mencurahkan isi hati dan perasaan kalian! Check It Out guys!

1. Tuhan

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Tuhan

photo via : www.videoblocks.com

Tempat curhat paling aman terpercaya, paling pengertian dan gratis adalah Tuhan guys! Siapa lagi kalau bukan Tuhan? Tuhan itu dengan setia mendengarkan segala keluh kesah kamu setiap hari, mau berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan hingga seumur hidup, Tuhan tidak akan pernah mengeluh dan marah-marah padamu. Tuhan juga tak akan pernah mengintrupsi segala perkataanmu saat sedang curhat. Tuhan juga tidak pernah berkhianat dengan membocorkan curhatan hambanya guys, jadi akan aman. Tuhan juga tak akan menagih imbalan pada setiap waktu yang kamu habiskan untuk curhat kepadaNya. Malahan Tuhan akan senang jika hambaNya selalu mengingat diriNya. Seperti kebanyakan manusia saat ini, yang mana hanya mengingat Tuhan dikala sedang susah, namun saat senang Tuhan dilupakan.

Tapi Tuhan tak dapat memberikan solusi? Kalian salah besar jika menganggap Tuhan tak dapat memberikan solusi pada masalah yang kalian hadapi. Justru Tuhanlah yang akan memberikan jalan keluar terbaik untuk masalah kalian guys! Walaupun bukan lewat lisan, namun tanpa kalian sadari, Tuhan akan menunjukkan jalan keluar dari masalahmu dengan caraNya sendiri. Jadi saat mau curhat senang, ataupun curhat sedih, jangan lupa untuk berbagi pada Tuhan ya guys!

2. Pasangan

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Pasangan

photo via : www.hipwee.com

Bersyukurlah kamu jika telah memiliki pasangan, baik pacar ataupun suami/istri. Pasalnya mereka adalah salah satu tempat curhat yang paling ideal bagi masalah diluar percintaan yang sedang kamu hadapi seperti masalah pekerjaan, masalah keluarga, masalah dikampus atau sekolah, hingga masalah dengan para sahabat ataupun teman kamu. Sebagai salah satu orang terdekat secara emosional, pasangan tentu akan sangat mengerti dirimu.

Sangat melegakan rasanya saat kamu berbagi keluh kesah dengan pasangan. Walaupun tidak semua pasangan mampu memberikan solusi terbaik dalam masalahmu. Setidaknya mereka akan dengan sepenuh hati menenangkan pasangannya, mengobati kegalauan yang sedang dihadapi oleh pasangan, menghibur pasangannya hingga mendukung sepenuhnya keputusan pasangan mereka selama hal itu masih positif dan merupakan jalan terbaik bagi pasangan mereka menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.

3. Sahabat

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Sahabat

photo via : www.idntimes.com

Nah bagi kamu yang jomblo atau sedang ada masalah dengan pacar, salah satu tempat terbaik untuk kamu mencurahkan rasa suka dan dukamu adalah pada sahabat ataupun teman. Bagi setiap manusia, teman adalah sosok paling penting dalam hidup, karena tak ada manusia yang mampu hidup sendiri. Bahkan para remaja kebanyakan lebih memilih curhat pada sahabat mereka daripada dengan keluarganya sendiri, karena merasa ada kebebasan untuk mengungkapkan isi hati tanpa ada perasaan segan seperti saat curhat dengan keluarga.

Sama halnya dengan pasangan, sahabat yang benar-benar baik akan dengan setia menjadi pendengar terbaik dalam setiap curhatanmu. Sahabat juga tak akan segan untuk menegur jika dirimu bersalah atas masalah yang sedang kamu hadapi. Walaupun tidak akan menghakimi dirimu, setidaknya mereka akan menjelaskan dimana letak kesalahanmu, disertai bagaimana seharusnya kamu bersikap dalam menghadapi masalahnya.

Tapi kamu harus ingat guys, gak semua sahabat dapat memberikan solusi dalam masalahmu dan juga gak semua teman dapat menjadi sahabat yang baik guys! Pasalnya jika suatu saat hubungan persahabatan berakhir buruk, sahabat terdekatpun dapat berubah menjadi musuh bebuyutan. Jadi intinya kamu harus berhati-hati dalam memilih sahabat guys.

4. Ibu

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Ibu

photo via : www.today.com

Curhat dengan sahabat memang pilihan favorit, namun harus kamu ingat, sahabat tidak akan pernah selalu memiliki waktu untukmu karena sahabatmu juga memiliki kesibukan lain. Sahabatmu juga bisa saja merasa jenuh dan bosan bila terus mendengarkanmu curhatan tentang hal-hal yang sama. Berbeda dengan seorang ibu, dia akan selalu meluangkan waktu untukmu dan rela berlama-lama mendengarkanmu dan tidak akan pernah merasa bosan mendengarkan semua ceritamu. Selain itu, teman atau sahabat, juga bisa saja menceritakan rahasiamu pada orang yang paling tidak ingin kamu beritahu. Lain dengan ibu yang akan selalu menyimpan rapat-rapat semua rahasiamu dan tidak akan pernah menceritakannya kepada siapapun.

Tak ada seorang Ibu yang tak menyayangi anaknya. Kalaupun ada mungkin Ibu tersebut harus diperiksa ke Psikolog. Nah hampir semua ibu didunia ini memiliki ikatan batin dengan anak-anaknya. Ia bisa mengerti perasaan anaknya walaupun hanya dengan melihat sorot matanya. Dia akan paham betul apa yang membuat anaknya merasa kesulitan dalam hidupnya. Percayalah jika suara ibumu mampu menenangkan hatimu yang sedang sakit bahkan mampu menjadi penawar untuk rasa kecewa dan kesedihanmu.

5. Pemuka Agama

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Penasihat Spiritual

photo via : http://www.twipu.com

Kamu merasa tertekan dengan semua masalahmu dan menganggap semua solusi yang diberikan oleh keluarga, sahabat maupun pasangan, tak lagi mempan untuk menghadapi masalahmu yang pelik? Selain mendekatkan diri dengan Tuhan kamu bisa mencari pemuka agama untuk mencurahkan semua beban yang ada didalam hati dan pikiran kamu. Nasehat mereka yang biasanya lekat dengan firman-firman Tuhan dianggap lebih bisa memberi kelegaan. Seringkali seseorang menemukan titik terang setelah menumpahkan isi hatinya kepada para pemuka agama ini.

6. Psikolog

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Psikolog

photo via : www.therapistdevelopmentcenter.com

Walaupun tak banyak, namun ada sebagian orang didunia ini yang memiliki masalah-masalah tertentu yang tak dapat diselesaikan oleh orang awam melainkan harus dibawa ke psikolog. Biasanya masalah-masalah yang sudah sangat ekstrim hingga membuat seseorang kehilangan jati diri, masalah yang membuat mereka kehilangan kendali diri, dan masalah-masalah yang membuat seseorang depresi yang tak akan mampu diredam dengan solusi-solusi yang diberikan oleh orang terdekat. Jadi tempat yang cocok untuk curhat adalah psikolog guys!

Sebagai profesional, mereka juga akan memberikan nasihat yang sesuai dengan koridor hukum dan kepatutan. Jadi, tidak mungkin para psikolog menganjurkan seseorang untuk melakukan tindakan yang tidak patut. Selain itu, kerahasiaan terjamin jika curhat dengan mereka.

7. Aplikasi Curhat

Tempat Curhat Terbaik Untuk Masalahmu - Aplikasi Curhat

photo via : http://riliv.co/

Nah guys satu lagi nih tempat curhat terbaik yang bisa kamu datangi saat ada masalah yakni aplikasi curhat. Aplikasi curhat ini ada beberapa macam yang bisa kamu pilih guys ada Persona, Securhat, Riliv, Curhat Online, Sahabatku, AhwalNote, Chat with Annabel dan masih banyak lagi guys! Dengan aplikasi yang bisa kamu instal di smartphone ini, kamu akan dimudahkan dalam menceritakan apapun masalahmu. Gak perlu cari-cari orang untuk menjadi tempat curhat, karena dengan aplikasi ini kamu akan diberikan berbagai solusi menarik atas masalahmu.

Yah setidaknya daripada kamu curhat di media sosial yang bukannya memberikan solusi tapi malah di cap lebay oleh teman-teman medsosmu, mendingan curhat lewat aplikasi curhat guys. Selain praktis, kamu juga akan dapat solusi, karena beberapa aplikasi curhat tersebut telah bekerjasama dengan beberapa psikolog terpercaya lho. Selain itu aplikasi untuk curhat ini akan dijamin kerahasiaannya jadi gak usah takut guys!

Jadi guys… buat kalian yang sedang dilanda masalah, mudah-mudahan salah satu rekomendasi tempat curhat diatas dapat membantumu keluar dari masalah kalian. Tetap kuat dan semangat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *