15 Tempat Melihat Sunrise Terbaik di Indonesia

2 bulan, by blogunik

Tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia

Buat kalian penyuka wisata alam tentunya mengejar sunrise dan sunset menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Pesona alam ketika matahari terbit dan terbenam sangatlah mempesona dan pastinya moment ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat untuk melihat sunrise yang tidak boleh kamu lewatkan. Dimana saja tempat itu? Berikut ini tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia

1. Bukit Sikunir, Dieng

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Bukit Sikunir, Dieng

Photo via goodnewsfromindonesia.id

Bukit Sikunir adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise di Indonesia. Bukit Sikunir ini berada di Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, dimana desa ini berada di ketinggian 2.306 mdpl. Tak heran jika kawasan ini dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Meskipun tempat ini terbilang cukup tinggi, Bukit Sikunir ini sudah dilengkapi dengan anak tangga untuk memudahkan para wisatawan untuk menuju puncak. Ketika berada di atas bukit Sikunir kalian bisa menikmati sunrise dengan panorama dataran tinggi Dieng. Buat kalian yang ingin melihat keindahan sunrise disini datanglah saat musim kemarau sekitar bulan Juli hingga Oktober. Karena pada saat itu, cahaya matahari tidak akan terhalang oleh kabut atau mendung.

2. Bukit Punthuk Setumbu, Magelang

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Bukit Punthuk Setumbu, Magelang

Photo via msn.com

Selain Bukit Sikunir, kalian juga bisa melihat sunrise yang mempesona di Bukit Punthuk Setumbu. Di tempat ini selain kamu dapat melihat sunrise, kamu juga disuguhkan dengan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Tak hanya itu saja, kamu bisa melihat keindahan sinar matahari yang muncul di balik Gunung Merapi dan Merbabu. Tak heran jika banyak orang terpesona dengan Bukit Punthuk Setumbu ini. Dari area parkir yang berada di kaki bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan jalur anak tangga yang tersedia. Puncak Bukit ini berupa pelataran luas yang dikelilingi pembatas sehingga kalian tak perlu khawatir. Di sini juga terdapat rumah panggung, gazebo dan kursi kayu untuk menunggu sunrise.

3. Candi Borobudur, Magelang

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Candi Borobudur, Magelang

Photo via kumparan.com

Jika berkunjung ke Magelang tentunya tak lengkap jika kamu tidak mengunjungi Candi Borobudur. Selain dapat melihat warisan budaya, kamu juga dapat melihat sunrise di salah satu situs tujuh keajaiban dunia ini. Buat kalian yang ingin melihat sunrise terbaik di Candi Borobudur ini kalian bisa datang pada pukul 04.30 – 06.00. Selain waktu berkunjung yang berbeda, kamu juga perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 200.000 – Rp. 350.000. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, senter kecil dan makanan ringan setelah turun dari Candi Borobudur.

4. Danau Batur, Bali

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Danau Batur, Bali

Photo via balitriptips.wordpress.com

Pulau Bali memang dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri, Pulau Dewata ini juga memiliki beberapa spot untuk melihat sunrise salah satunya yaitu Danau Batur. Danau Batur ini berada di kawasan wisata di dataran tinggi Bali dimana tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunrise dengan pemandangan alam yang indah. Disini kamu bisa melihat sunrise dengan pemandangan kumpulan awan yang menyelimuti Gunung Batur. Ketika kamu berlibur ke Bali jangan lupa untuk berkunjung ke sini.

5. Danau Toba, Sumatera Utara

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Danau Toba, Sumatera Utara

Photo via klook.com

Siapa yang tidak mengenal Danau terbesar satu ini yaitu Danau Toba. Danau ini menawarkan ragam pesona yang tidak boleh kamu lewatkan mulai dari keindahan alam, kekayaan nilai-nilai sejarah dan lainnya. Danau Toba juga termasuk salah satu tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia. Sebenarnya hampir seluruh kawasan di Danau Toba bisa dijadikan spot untuk melihat matahari terbit. Namun kamu bisa mendapatkan pemandangan sunrise terbaik di Menara Tele. Menara ini berada di jalur lereng bukit antara Pangururan menuju Sidikalang.

6. Gunung Prau, Dieng

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Gunung Prau, Dieng

Photo via tanyaapa.co

Gunung Prau merupakan salah satu tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia. Tempat ini berada di perbatasan tiga kabupaten yairu Banjarnegara, Wonosobo dan Batang Kendal. Gunung Prau ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup landai sehingga cocok dikunjungi untuk pendaki pemula. Buat kalian yang ingin melihat sunrise disini, sunrise terbaik bisa kamu lihat sekitar bulan Desember dan Januari. Karena pada bulan tersebut matahari tampak dengan garis tepi yang cukup jelas. Cahaya merah kekuningan berbaur indah dengan biru langit serta pemandangan puncak Gunung Jawa lainnya seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan lainnya.

7. Gunung Bromo, Jawa Timur

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Gunung Bromo, Jawa Timur

Photo via traveloka.com

Tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia satu ini sudah sangat populer dan tak boleh kamu lewatkan, dimana tempat ini adalah Gunung Bromo. Untuk menuju lokasi ini tentunya kamu harus menggunakan Jeep atau motor trail. Hal ini dikarenakan jalur yang akan dilalui berliku dan cukup terjal sehingga membutuhkan kendaraan yang cukup kuat. Buat kalian yang ingin melihat sunrise kamu bisa memulai pendakian pukul 03.30. Dari ketinggian 2.329 mdpl kamu bisa melihat matahari terbit di balik kumpulan awan berlatar belakang Gunung Bromo. Selain itu tak kalah pentingnya adalah pastikan menggunakan jaket tebal, topi, sarung tangan dan kaus kaki karena udaranya dingin. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memakai jasa pemandu untuk menjelajahi kawasan Gunung Bromo ini.

8. Gunung Kerinci, Jambi

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Gunung Kerinci, Jambi

Photo via dtwjawatengah.id

Buat kalian yang gemar mendaki tak ada salahnya mengunjungi Gunung Kerinci. Tempat ini berada di ketinggian mencapai 3.805 mdpl sehingga membuat Gunung Kerinci ini menjadi salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci ini memiliki berbagai pesona alam yang menakjubkan seperti hutan lebat, habitat beragam binatang liar hingga kawah berwarna biru kehijauan. Selain itu, kamu juga dapat melihat matahari terbit disini. Khusus di Gunung Kerinci kamu perlu menghabiskan waktu kemah semalam agar tidak melewatkan momen sunrise.

9. Gunung Rinjani, Lombok

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Gunung Rinjani, Lombok

Photo via timesmedia.co.id

Gunung Rinjani adalah salah satu tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia. Sebagai gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia dengan ketinggian 3.000 mdpl tentunya kamu tak perlu lagi meragukan pesona alam yang ditawarkan. Mulai dari sabana, kawah, air terjun hingga sumber air panas bisa kamu temukan di sini. Sunrise disni juga sangat cantik, dimana cahaya matahari dipadukan dengan latar Segara Anak dan Gunung Barujari yang bisa kamu lihat dari puncak. Disini kamu hanya boleh menghabiskan waktu 20 hingga 40 menit di puncak karena suhu udara yang cukup rendah.

10. Istana Ratu Boko, Yogyakarta

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Istana Ratu Boko, Yogyakarta

Photo via nolkmjogja.blogspot.com

Tempat terbaik untuk melihat sunrise lainnya di Indonesia yaitu Istana Ratu Boko. Berada di 3 km dari Candi Prambanan, situs sejarah ini dipenuhi reruntuhan candi diatas sebuah bukit. Disini kamu bisa menangkap kesan magis dan indah pada setiap bangunan Istana Ratu Boko yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Selain itu, disini kamu juga bisa mendapatkan pemandangan sunrise dan sunset yang sangat cantik. Untuk kalian yang ingin melihat sunset, kamu bisa datang sekitar pukul 04.30 – 05.00 untuk mengabadikan momen matahari terbit.

11. Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Photo via outingjogja.com

Buat kalian yang sedang berada di Yogyakarta dan ingin melihat sunrise, kalian bisa berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan ini berada di Dlingo, Bantul dan berada di ketinggian sekitar 200 mdpl. Kamu bisa menuju tempat teratas kebun untuk melihat sunrise dengan latar belakang kebun dan sungai yang berada di atas lahan sekitar 23 hektar ini. Untuk kalian yang ingin melihat sunrise, kamu bisa datang mulai pukul 04.00 agar tidak melewatkan setiap momen keindahannya.

12. Pantai Sumur Tiga, Aceh

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Pantai Sumur Tiga, Aceh

Photo via pinterest.com

Pantai Sumur Tiga bisa kamu kunjungi jika ingin melihat sunrise di Aceh. Keindahan pantai berpasir putih ini kerap disandingkan dengan pantai di kawasan Hawai. Pantai ini menghadap ke arah timur sehingga membuat para pengunjung dapat menyaksikan pesona sunrise yang mempesona. Setelah selesai melihat sunrise kamu juga dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya. Disini kamu dapat berselancar, diving hingga snorkeling.

13. Pantai Sanur, Bali

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Pantai Sanur, Bali

Photo via bisniswisata.co.id

Pulau Bali dikenal memiliki pantai yang indah salah satunya yaitu pantai Sanur. Disini kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan kamu bisa datang pada pukul 05.00 – 06.00. Pada waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan cahaya kekuningan menyinari pasir putih dan batu karang di sekitar pantai. Tak heran pesona pemandangan ini berhasil menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

14. Raja Ampat, Papua

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Raja Ampat, Papua

Photo via hayo.co

Keindahan Raja Ampat memang tak perlu diragukan lagi keindahannya meskipun menuju lokasi ini harus menguras isi dompet. Tapi hal itu sebanding dengan pemandangan indah yang kamu dapatkan disana, terutama ketika kamu ingin menikmati keindahan sunrise. Raja Ampat ini menjadi salah satu tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia. Dimana sunrise berwarna keemasan ditambah dengan air laut yang jernih dengan keindahan biota laut menjadi kombinasi yang sempurna.

15. Savana Bekol, Situbondo

Tempat Melihat Sunrise Terbaik Di Indonesia - Savana Bekol, Situbondo

Photo via merahputih.com

Tempat satu ini menjadi salah satu wisata andalan di Taman Nasional Baluran, dimana di Savana Bekol ini kalian bisa melihat matahari terbit. Pemandangan alam seperti padang rumput yang disuguhkan disini mirip dengan pemandangan alam liar di daratan Afrika. Tidak hanya itu saja, jika kalian beruntung kalian bisa bertemu dengan rombongan rusa, ayam hutan dan lainnya. Buat kalian yang ingin melihat sunrise disini kamu bisa menikmatinya di dua lokasi berbeda. Selain di Savana Bekol kamu bisa melihat sunrise di gardu pandang yang disipakan pengelola. Kamu hanya perlu mengerahkan tenaga lebih untuk menaiki gardu pandang yang cukup tinggi.

Itulah beberapa tempat melihat sunrise terbaik di Indonesia. Bagaimana? Tunggu apalagi segera rencanakan perjalananmu untuk menikmati keindahan-keindahan alam ini. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momenmu ketika melihat sunrise ini ya!

0
Artikel Terkait