Tempat Misterius di Dunia Yang Melawan Hukum Gravitasi Bumi

1 bulan, by blogunik

Tempat tanpa gravitasi bumi

Siapa nih yang masih ingat pelajaran IPA tentang hukum gravitasi? Kalau kalian lupa yuk kita ingat-ingat lagi! Hukum gravitasi ditemukan oleh Isaac Newton pada 1687. Hukum ini menyatakan, ada gaya tarik menarik dari dua benda yang menyebabkan kita mampu menginjak bumi, jatuh kebawah dan bukan mengambang. Berbeda dengan ruang angkasa yang merupakan tempat tanpa gravitasi, sehingga kamu akan melihat para astronaut melayang-layang di udara saat berada di ruang angkasa.

Nah bumi yang kita pijak ini memiliki gravitasi yang kuat. Setiap benda yang dilempar setinggi-tingginya pasti akan jatuh ke bawah. Hujanpun akan jatuh ke bawah. Ini membuktikan kalau semua fenomena yang terjadi di bumi tidak lepas dari gaya gravitasi.

Meski demikian, ternyata ada beberapa tempat di dunia ini dimana gaya gravitasi bumi tidak lagi berlaku di dalamnya. Menarik untuk diulas, berikut beberapa tempat misterius di dunia yang ‘tidak memiliki’ gravitasi bumi. Dimana saja? Let’s check it out guys!

1. Mystery Spot, Santa Cruz – California

Tempat tanpa gravitasi di dunia

Photo via tripadvisor.com

Tempat misterius di dunia yang melawan hukum gravitasi pertama adalah Mystery Spot, Santa Cruz yang terletak di hutan Santa Cruz, California. Mystery Spot, Santa Cruz ini merupakan sebuah area yang memiliki luas tak lebih dari 45 meter. Saat kamu memasukan tempat ini, kamu akan mengalami sensasi seperti sedang berada di luar angkasa. Hal tersebut ditandai dengan tubuh akan terasa lebih ringan hingga dapat berjalan miring di tembok. Tak hanya itu saja jika sebuah benda sengaja digelindingkan ke bawah maka yang akan terjadi justru sebaliknya.

Tempat misterius ini ditemukan pada tahun 1939 dan dibuka secara umum sejak tahun 1940. Hingga saat ini masih terus dibuka untuk umum dan selalu ramai dengan wisatawan yang penasaran ingin mengetahui seperti apa tempat yang tidak mengenal hukum gravitasi.

2. Saint Ignace Mystery Spot, Michigan, Amerika Serikat

Tempat tanpa gravitasi di dunia

Photo via tripadvisor.com

Selanjutnya ada Saint Ignace yang terletak di Michigan, Amerika Serikat. Tempat misterius ini terkenal karena diklaim tidak memiliki hukum gravitasi. Menurut sumber, sejumlah peneliti pernah menjelajahi daerah ini pada tahun 1950an, ketika sampai di tempat yang dimaksud, semua peralatan mereka berhenti bekerja. Setelah melakukan beberapa percobaan, mereka menyatakan hukum universal gravitasi tidak berlaku di area berdiameter sekitar 91 meter ini. Yang semakin membuat orang-orang yakin kalau tempat ini tidak memiliki gaya gravitasi adalah orang-orang bisa menaiki dinding tanpa terjatuh, ada juga fenomena orang bisa berdiri miring di sudut tertentu. Bahkan para binatang liar yang hidup di kawasan tersebut tidak berani mendekati area misterius tersebut.

3. Cosmos Mystery Area, South Dakota (negara bagian Amerika Serikat)

Tempat tanpa gravitasi di dunia

Photo via travelsouthdakota.com

Cosmos Mystery Area yang terletak di South Dakota yang merupakan negara bagian Amerika Serikat juga merupakan salah satu tempat yang melawan gaya gravitasi. Hal tersebut dibuktikan dari fenomena-fenomena aneh seperti pohon-pohon yang tumbuh secara miring ke arah tertentu. Tak hanya itu, di satu titik lokasi tersebut jika ada dua orang yang berdampingan kemudian bertukar posisi maka tampak bahwa tinggi badan kedua orang tersebut berubah. Kamu juga bisa berdiri miring tanpa jatuh di tempat yang pertama kali ditemukan oleh mahasiswa di tahun 1952 ini.

4. Spook Hill, Florida

Tempat tanpa gravitasi di dunia

Photo by fisherbray via flickr.com

Hukum gravitasi juga tidak berlaku di Spook Hill, Florida. Di bukit yang berada di Lake Wales, Florida ini kamu akan melihat mobil berjalan menanjak melawan gravitasi tanpa harus menyalakan mesinnya. Spook Hill dikenal sebagai bukit anti gravitasi atau bukit magnet. Selama berada di sana, wisatawan akan mematikan mobil sampai garis batas yang ada. Saat itu juga, mobil akan berjalan kencang. Uniknya, mobil itu tidak berjalan menurun, justru menanjak. Bukit ini seolah-olah memiliki magnet di puncaknya yang menarik mobil menanjak dalam kecepatan tinggi.

5. Magnetic Hill, Leh Ladakh, India

Tempat misterius di dunia yang melawan hukum gravitasi bumi berikutnya adalah Magnetic Hill yang terletak di jalan raya nasional Leh-Kargil-Baltik di India. Bukit magnetik ini diklaim memiliki sifat anti magnetik karena bukannya membuat mobil-mobil melaju bebas ke bawah, namun justru ditarik untuk menanjak meskipun mesin mobil dalam keadaan mati. Konon di balik fenomena misterius ini terdapat gaya magnet yang menarik mobil ke atas bukit. Bahkan pesawat yang melewati wilayah ini meningkatkan ketinggiannya untuk menghindari gangguan magnet.

6. Abhinandan Kavale Waterfall, Kavalshet Point, India

Masih di India, ada tempat lain yang gaya gravitasinya tidak berlaku sama sekali. Lokasinya berada di Kavalshet Point yang merupakan air terjun bernama Abhinandan Kavale Waterfall. Berbeda dari air terjun lainnya, air terjun di Kavalshet Point ini justru melawan gravitasi dengan aliran air yang mengarah ke atas dan bukan turun. Jadi tak heran banyak yang menyebutnya sebagai Reverse Waterfall. Fenomena ini terjadi secara alami. Tekanan angin yang sangat besar dari bawah ke atas, membuat air yang sudah terjatuh kembali naik.

7. Hoover Dam, Nevada, Amerika Serikat

Hoover Dam ataua Bendungan Hoover adalah salah satu bendungan terbesar yang terletak di Nevada, Amerika Serikat. Tinggi bendungan ini mencapai 726,4 kaki. Terlihat seperti bendungan pada umumnya, namun siapa sangka bendungan satu ini merupakan salah satu area tanpa hukum gravitasi didalamnya. Hal ini bisa dibuktikan ketika kamu menuangkan air dari sebuah botol. Maka air tersebut tidak akan jatuh seperti biasanya, dan akan terbang, hal yang sama terjadi jika kamu mencoba untuk menjatuhkan sebuah benda. Maka benda tersebut hanya akan mengambang dan tidak akan terjatuh.

8. Golden Boulder, Myanmar

Tempat tanpa gravitasi di dunia

photo via bellezamyanmar.com

Golden Boulder yang terdapat di Myanmar juga merupakan salah satu tempat didunia yang tidak memiliki gaya gravitasi. Golden Boulder ini merupakan sebuah batu raksasa berwarna emas dan terlihat seperti akan jatuh dari tebing. Namun, batu tersebut sudah berada di tempat yang sama selama 2.500 tahun. Batu tersebut berada di ketinggian 49 kaki dengan sebuah pagoda di atasnya. Diketahui, batu tersebut dilindungi oleh rambut Buddha yang berada di dalamnya. Batu itu dikatakan hanya dapat digeser oleh seorang wanita. Oleh karena itu, tidak ada satupun wanita yang boleh menyentuhnya.

9. Jalan Gunung Aragats, Armenia

Selanjutnya ada sebuah jalan yang terletak hanya 30 kilometer dari perbatasan Turki dan Armenia. Jalan ini membuat banyak orang heran karena di jalan yang menanjak tersebut kamu dapat menyaksikan kendaraan berjalan ke atas dengan sendirinya, walaupun mesin dimatikan. Tak hanya itu, sungai yang ada disekitarnya juga mengalir melawan tarikan gravitasi. Ribuan wisatawan pun datang ke jalan ini untuk menjadi saksi fenomena anti gravitasi yang terjadi di sana.

10. House of Mystery, Oregon Vortex, Amerika Serikat

Tempat tanpa gravitasi di dunia

photo via tripadvisor.co.id

Lokasi di dunia yang tidak memiliki gaya gravitasi bumi selanjutnya adalah House of Mystery, Oregon Vortex, Amerika Serikat. Lokasi ini masih menjadi tempat misterius dimana para binatang takut untuk mendekati rumah tersebut. Bahkan sejak tahun 1930, rumah misterius ini telah menjadi objek wisata yang dikenal akan berbagai fenomena uniknya. Salah satunya seperti tongkat yang tampak berdiri sendiri. Tak hanya itu, ada juga satu titik di tempat itu yang dapat mengubah tinggi badan. Pemandu wisata rumah misterius tersebut mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh berbagai kekuatan yang mengubah struktur molekul tubuh.

11. Jalan Misterius di Pulau Jeju, Korea Selatan

Tempat tanpa gravitasi di dunia

photo via thisiskoreatours.com

Pulau Jeju adalah tempat wisata yang sangat menarik di Korea Selatan. Di pulau cantik ini ada sebuah jalan misterius. Jalan misterius ini berada di Jalan Dokkaebi yang mengarah ke bagian tengah utara pulau, sekitar 7km dari Bandara Internasional Jeju. Jalan yang menanjak ini bahkan dianggap sebagai jalan hantu karena menentang hukum gravitasi. Jika kamu meletakkan kaleng soda di jalan itu, kaleng tersebut akan menggelinding ke atas bukit bukannya ke bawah. Bahkan mobil hingga truk yang terparkir dengan keadaan mesin mati mampu ditarik menanjak secara perlahan. Hal inilah yang membuat jalan tersebut mejadi salah satu tempat wisata populer di Jeju.

12. Devils Tower, Amerika Serikat

Tempat tanpa gravitasi di dunia

photo via amazingplacesonearth.com

Selanjutnya Devils Tower yang berlokasi di Bear Lodger Ranger District, Black Hills, Amerika Serikat. Lokasi ini juga disebut sebagai salah satu spot misterius dimana gaya gravitasi tidak berlaku di tempat ini. Di kelilingi hamparan padang rumput dan pepohonan pinus yang bertebaran, menjulang sebuah formasi bebatuan unik yang dijuluku Devils Tower atau Menara Setan. Banyak pendaki datang ke bukit ini dan mencoba memanjatnya. Namun, sampai saat ini belum ada yang bisa mencapai puncak Menara Iblis. Jika naik ke atas puncaknya saja sudah susah, ternyata lebih susah lagi untuk turun ke bawah. Banyak yang percaya kalau hal ini dipengaruhi oleh pengaruh gaya gravitasi. Devils Tower ini sebenarnya sama sekali tidak punya sejarah kelam atau kisah mengerikan di balik namanya. Malahan, tempat ini dianggap sebagai area sakral oleh suku Indian dan upacara adat pun masih dilakukan di sekitan formasi bebatuan ini.

13. Black Rock, Australia

Tempat tanpa gravitasi di dunia

photo via atlasobscura.com

Magnetic Hill juga ternyata ada di Australia bernama yang dinamai dengan Black Rock. Apabila kalian membawa mobil ke Black Rock, berhentilah di sebuah jalan yang menanjak lalu pindahkan transimisi ke posisi netral. Bukannya mobil bergerak menuruni bukit, namun mobil malah akan bergerak menaiki bukit. Di wilayah ini hukum gravitasi seakan tidak berfungsi sama sekali.

Itulah beberapa tempat misterius di dunia yang seakan melawan hukum gravitasi bumi. Bagaimana menurut kalian guys? Apakah kalian percaya atau kalian punya pemikiran lain kenapa tempat-tempat diatas seakan anti dengan gaya gravitasi? Share pendapat kalian di kolom komentar ya!

3+
Artikel Terkait