Tempat Ngabuburit Favorit Di Surabaya


    Traveling, Gaya Hidup, Info


Ngabuburit merupakan istilah yang melekat pada saat bulan puasa tiba. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan bersama keluarga ataupun teman sambil menunggu adzan Maghrib. Salah satu kota di Indonesia yang menarik untuk kamu jadikan tempat ngabuburit yaitu Surabaya. Kota Pahlawan ini menawarkan berbagai tempat yang cocok untuk ngabuburit. Berikut ini tempat ngabuburit favorit di Surabaya :

 

1. Masjid Cheng Hoo

Photo via : http://www.pasuruan-travel.com

Masjid Cheng Hoo ini berada di Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya. Masjid Cheng Hoo merupakan perpaduan antara China, Timur Tengah dan Jawa di Surabaya. Pertama kali melihatnya terlihat seperti kelenteng. Nama lengkap masjid ini adalah Masjid Muhammad Cheng Hoo yang didominasi dengan warna merah, kuning dan hijau. Masjid ini dibangun untuk menghormati seorang laksamana dari Cina yang memeluk agama Islam. Buat kamu yang belim pernah kesini, masjid ini bisa kamu jadikan tempat ngabuburit.

 

2. Museum House of Sampoerna

Photo via : https://catperku.com

Tempat ngabuburit selanjutnya di Surabaya yaitu Museum House of Sampoerna. Disini kamu bisa belajar mengenai sejarah rokok kretek lengkap dengan display yang mendukung. Disini ada beberapa bagian yaitu auditorium, kafe, toko dan gallery seni. Di museum ini kamu bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya yang ada di House of Sampoerna. Setelah lelah berkeliling museum kamu bisa berbuka puasa di kafenya.

 

3. Mangrove Pamurbaya

Photo via : http://rri.co.id

Mangrove Pamurbaya terletak di kawasan pantai timur Surabaya. Tempat ini bisa kamu jadikan pilihan untuk ngabuburit,  disini kamu bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan di tengah hutan mangrove. Selain itu kamu juga bisa menambah wawasan tentang satwa dan tumbuhan disini karena terdapat papan informasi di sepanjang jalan. Untuk fasilitas, Mangrove Pamurbaya memiliki tempat ibadah, kuliner, area parkeir dan akses jalan untuk menikmati hutan mangrove.

 

4. Pantai Kenjeran

Photo via : https://samitrawisata.com

Pantai Kenjeran bisa menjadi tempat kamu menghabislan waktu ngabuburit sambil melihat matahari terbenam dan menikmati angin sepoi-sepoi. Untuk berbuka puasa sendiri kamu jangan khawatir, karena disini ada penjual makanan karena tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling terkenal.

 

5. Masjid Sunan Ampel

Photo via : http://abiummi.com

Kamu ingin ngabuburit yang sarat akan suasana religi, kamu bisa datang ke Masjid Sunan Ampel. Masjid ini sudah ada sejak tahun 1421 dan didirikan oleh Sunan Ampel yang merupakan salah seorang wali dalam Walisongo. Saat bulan Ramadhan disekitar masjid ini tedapat makam Sunan Ampel uang ramai dikunjungi peziarah. Disini kamu bisa ngabuburit sambil berdzikir, mengenal sejarah masjid dan berziarah ke makam Sunan Ampel.

 

6. Monumen Kapal Selam

Photo via : https://ksmtour.com

Monumen Kapal Selam atau yang akrab disebut Monkasel ini berada di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Surabaya. Monumen Kapal Selam ini merupakan bangunan yang dibangun dengan konsep skala penuh. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga ngabuburit disini, selain menunggu waktu adzan maghrib kamu juga menambah pengetahuan. Monumen ini memiliki fasilitas pendukung seperti video Rama yang menyajikan film sinematik mengenai Kapal Selam KRI Pasopati 410 saat menjalankan tugasnya., cafetaria, kolam renang untuk anak-anak, rekreasi air, stand souvenir dan area parkir.

 

7. Jembatan Suramadu

Photo via : youtube

Tempat ngabuburit yang wajib kamu kunjungi di Surabaya yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan batas pesisir Surabaya dan Pulau Madura. Pada bulan Ramadhan ini, suasana di jembatan ini lebih ramai dari biasanya. Selepas jam 4 sore, biasanya sudah ada banyak pedagang-pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Namun ada juga pengunjung yang membawa bekal sendiri untuk berbuka puasa. Selagi berbuka puasa kamu juga bisa melihat detik-detik menyalanya lampu di dinding dan kaki jembatan Suramadu.

 

8. Taman Bungkul

Photo via : http://www.reresepan.com

Taman Bungkul merupakan salah satu tempat ngabuburit favorit di Surabaya. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warganya. Taman ini bukanlah sekedar taman biasa, taman ini pernah dinobatkan sebagai taman terbaik di Asia menurut PBB. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas yaitu skateboard track, jogging track, BMX track, taman bermain anak, kolam air mancur dan Wi-Fi gratis.

 

9. Suroboyo Carnival Park

Photo via : https://www.ahstatic.com

Ngabuburitmu ingin bermain wahana-wahana yang seru dan menyenangkan ? datang saja ke Suroboyo Carnival Park. Taman bermain kebanggaan Surabaya ini menawarkan puluhan wahana permainan yang bisa kamu coba sambil menunggu waktu berbuka puasa. Disini juga tersedia food court sehingga saat berbuka puasa kamu tidak perlu keluar dari theme park ini. Suroboyo Carnival Park ini buka mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

 

10. Taman Persahabatan Korea Surabaya

Photo via : https://www.tempat.me

Taman Persahabatan Korea Surabaya terletak di Jl. Dr. Sutomo, Surabaya. Di taman ini terdapat sebuah prasasti mengenai persahabatan yang pernah terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan. Di Taman Persahabatan ini juga terdapat ayunan dan papan seluncur yang biasanya digunakan anak-anak untuk bermain. Tempat ini juga bisa kamu jadikan pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

 

11. Taman Ekspresi

Photo via : https://intaninchan.wordpress.com

Taman Ekspresi ini mempunyai pemandangan yang mengarah ke Sungai Kalimas yang berada tepat di samping taman. Di sepanjang jalan taman ini banyak dijumpai instalasi seni berupa patung-patung yang terbuat dari material bekas yang didaur ulang dan dimodifikasi. Kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit disini bersama teman sambil bercengkrama dan menikmati pemandangan kalimas.

 

12. Taman Lansia

Photo via : surabaya.kotamini.com

Selain taman ekpresi, di Surabaya juga terdapat tempat favorit untuk ngabuburit yaitu Taman Lansia, taman ini terletak di Jl. Kalimantan. Taman ini banyak dimanfaatkan sebagai taman alternatif untuk para lanjut usia. Fasilitas di taman ini tersedia track khusus yang dibuat untuk berolahraga khususnya para lansia. Seperti area untuk berjalan kaki yang dilengkapi dengan jalan bebatuan kecil untuk refleksi kaki.

 

13. Taman Pelangi

Photo via : https://nyero.id

Taman satu ini taman yang tak boleh kamu lewatkan saat ngabuburit yaitu Taman Pelangi. Taman ini berada di Jl. Ahmad Yani, taman ini mempunyai monumen berbentuk setengah daun yang melambangkan bahwa kota Surabaya begitu peduli dengan alam. Taman pelangi juga memiliki air mancur dan pepohonan rindang. Pada saat malam hari, monumen yang ada di Taman Pelangi akan disinari cahaya lampu berwarna-warni terlihat seperti pelangi.

 

14. Taman Prestasi

Photo via : https://wisataman.wordpress.com

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa mengunjungi Taman Prestasi yang berada dekat dengan Monumen Kapal Selam. Taman Prestasi ini dilengkapi dengan fasilitas bermain seperti ayunan, perosotan untuk anak-anak. Buat kamu yang suka naik kuda, kamu bisa menyewa kuda untuk berkeliling taman. Meskipun cuaca panas, kamu akan tetap adem di taman ini karena di taman ini ditumbuhi banyak pepohonan dan rerumputan hijau. Jika dilihat-lihat, di taman ini ada aneka replika penghargaan yang pernah disabet oleh kota Surabaya.

 

15. Kebun Bibit Wonorejo

Photo via : https://queertransgeek.wordpress.com

Kebun Bibit Wonorejo ini terletak di Jl. Kendalsari, Rungkut, Surabaya. Kebun ini bisa kamu jadikan tempat ngabuburit bersama keluarga atau teman. Tempat ini memiliki banyak keistimewaan dimulai dari danau di tengah taman yang menjadi sasaran para pecinta fotografi hingga pembibitan berbagai jenis tanaman. Di taman yang seluas 5,9 hektar ini, kamu dan keluarga bisa bebas menikmati fasilitas yang ada seperti jogging track, taman bermain anak, outbond dan sebagainnya.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >