Awas! Ini Dia Tempat Wisata di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto

1 bulan lalu, by blogunik

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto

Siapa sih yang nggak mau keliling dunia dan melihat indahnya beragam tempat wisata didunia? Berkeliling dunia adalah impian bagi semua orang, apalagi bagi para traveller. Keunikan-keunikan destinasi wisata yang tersebar di dunia tak jarang menjadi hasil pencarian terbanyak oleh para pelancong dunia. Saat travelling, kebiasaan yang paling tak bisa dihilangkan tak lain dan tak bukan adalah mengabadikan moment yang ada. Setiap orang yang menemukan keindahan sesuatu yang menakjubkan mata saat berjalan-jalan, pasti akan selalu mengambil gambar baik itu selfie atau mengabadikan keindahan alamnya. Namun, sayangnya tak semua tempat wisata mengijinkan orang-orang untuk mengambil gambar, merekam atau hal-hal yang bersangkutan dengan pengambilan gambar.

Hal ini dikarenakan oleh adanya beberapa alasan dan juga peraturan yang diterapkan oleh masing-masing negara dan pengelola tempat wisata masing-masing. Uniknya, beberapa alasan yang digunakan untuk melarang wisatawan berswafoto terkadang membuat kita terheran-heran, bahkan jika melakukan pelanggaran karena aturan tersebut, kita bisa dikenakan denda atau hukuman. Nah, bagi para traveller atau orang biasa yang ingin melakukan perjalanan wisata keliling dunia, kalian wajib untuk mengetahui beberapa tempat wisata yang tidak mengijinkan para pelancong untuk mengambil gambar. Mau tau dimana saja? Yuk simak list tempat wisata di dunia yang tidak boleh difoto dibawah ini!

1. Taj Mahal – India

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Taj Mahal

Photo via smithsonianmag.com

Tempat wisata di dunia yang tidak boleh di foto diawali oleh Taj Mahal di India. Taj Mahal di India adalah objek wisata populer dunia sekaligus menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan potret bagian luar Taj Mahal yang identik dengan warna putih dan menara yang berdiri kokoh pada sisi-sisinya tersebut.

Tapi ternyata, ada bagian di Taj Mahal yang tidak boleh diambil fotonya, yakni pada bagian dalam bangunan itu sendiri. Hal inilah yang membuat kamu tidak pernah menemukan foto bagian dalam Taj Mahal di internet. Alasan kenapa bagian dalam Taj Mahal dilarang untuk difoto adalah karena bagian dalam terdapat sebuah makam, sehingga pihak Taj Mahal tidak memperbolehkan wisatawan mengambil foto.

2. Menara Eiffel – Paris, Prancis

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Menara Eiffel

Photo via travelioz.com

Tempat wisata berikutnya yang tidak memperkenankan para wisatawan mengambil foto adalah Menara Eiffel. Ya, foto-foto anggunnya menara Eiffel memang bisa dengan mudah kita dapatkan di Internet, namun ternyata ada saat dimana menara Eiffel tidak boleh di foto lho. FYI, Menara Eiffel yang menjadi ikon kota Paris ini ternyata memiliki aturan tersendiri terkait foto yang diambil oleh wisatawan. Dimana kamu boleh mengambil foto pada pagi, siang dan sore hari dengan bebas.

Namun dilarang untuk berfoto di Menara Eiffel pada malam hari, dan bila ketauan maka akan dinyatakan sebagai kegiatan yang ilegal. Ini karena pertunjukkan lampu di Eiffel yang dipasang oleh Pierre Bideau pada 1985 dilindungi oleh hak cipta. Hanya wisatawan yang mengantongi izin saja yang boleh memotret dan menyebarluaskannya di media sosial.

3. Kastil Neushwanstein – Jerman

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Kastil Neushwanstein

Photo via keren-nesia.blogspot.com

Kastil Neushwanstein yang berada di kawasan Bavaria Jerman, juga menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki peraturan terkait pengambilan gambar. Istana cantik dengan gaya abad ke-19 ini menginspirasi terbentuknya Disneyland sehingga disebut juga sebagai kastil raja dongeng.

Tampak luar dari bangunan ini bisa dengan bebas di foto, sedangkan interior dari instana ini sangat dilarang untuk di abadikan. Wisatawan yang tur ke kastil ini dilarang untuk berfoto ataupun merekam video.

4. Kapel Sistina – Vatikan, Italia

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Kapel Sistina

Photo via klook.com

Tempat wisata yang tidak memperbolehkan wisatawan berswafoto berikutnya adalah Kapel Sistina di Vatikan, Italia. Kapel Sistina ini dikenal sebagai objek wisata populer dunia yang memiliki gaya arsitektur yang indah. Bangunan ini dulunya adalah gereja, tapi kini telah menjadi museum dan monumen yang luar biasa dari Renaissance.

Meskipun begitu, para wisatawan dilarang berfoto di dalam kapel ini karena permasalahan hak cipta yang dimiliki oleh Nippon TV yang membiayai renovasi kapel ini sendiri. Nippon TV sendiri mengambil foto bagian dalam Kapel Sistina ini pada 1997 yang lalu. Dan sampai sekarang, otoritas Vatikan masih menetapkan aturan pelarangan mengambil foto di bagian dalam Kapel Sistina.

5. Westminster Abbey – London

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Westminster Abbey

Photo via cityguide.info

Westminster Abbey yang terletak di London juga merupakan salah satu tempat wisata yang tidak memperbolehkan pengunjung melakukan aktivitas pengambilan gambar. Gereja yang memiliki arsitektur Gothic ini disakralkan karena di dalamnya terdapat makam ilmuwan, seniman, politisi, hingga makam raja dan ratu Inggris. Selain itu, gereja yang terletak di sebelah barat Palace of Westminster ini juga dijadikan tempat penobatan raja dan ratu Inggris. Bahkan, tempat ini juga menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1987 oleh UNESCO. Jadi tidak heran mengapa pengunjung dilarang berswafoto di dalam gereja ini.

6. Uluru and Kata-Tjuta National Park – Australia

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Uluru and Kata-Tjuta National Park

Photo via steemit.com

Selanjutnya ada Uluru and Kata-Tjuta National Park yang merupakan salah satu tempat wisata di Australia yang tidak memperbolehkan pengunjung mengambil foto secara bebas. Taman nasional di Australia ini memang menyajikan pemandangan yang luar biasa. Namun sayangnya, mengambil gambar di taman nasional di Australia ini tidak selalu diizinkan dan kalian memerlukan izin khusus untuk memotret untuk tujuan komersial termasuk posting di media sosial. Hal ini dikarenakan beberapa tempat di taman nasional ini diyakini merupakan tempat suci sehingga aktivitas pengambilan gambar sangat di larang. Bahkan melukis tempat ini juga sangat dilarang.

7. Anne Frank House – Amsterdam, Belanda

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Anne Frank House

Photo via cntraveler.com

Selanjutnya objek wisata populer dunia yang tidak boleh difoto oleh wisatawan adalah Anne Frank House, yang terkenal dengan catatan hariannya pada masa Hitler berkuasa. Anne Frank House merupakan sebuah museum di Amsterdam, Belanda yang didedikasikan bagi penulis bernama Anne Frank.

Anne Frank House yang berada di Amsterdam, Belanda ini memang didedikasikan untuk menyimpan beragam koleksi benda peninggalan dari Anne Frank. Sehingga untuk menjaga isi museum dan meminimalisir gangguan dari pengunjung lain, wisatawan yang datang tidak diizinkan mengambil foto bagian dalam Anne Frank House.

8. Valley of the Kings – Mesir

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Valley of the Kings

Photo via tripsavvy.com

Selain piramida Giza, Valley of the Kings merupakan destinasi yang terkenal di Mesir dan menjadi salah menjadi satu objek wisata populer dunia. Valley of the Kings terletak di bagian barat Sungai Nil, dan merupakan tempat kumpulan para makam Raja Mesir Kuno. Selain makam, Valley of the Kings juga berisi benda-benda bersejarah dan harta karun di masa lalu. Di Valley of the Kings, kamu hanya diperbolehkan mengambil foto di bagian luarnya, dan dilarang keras memotret pada bagian dalamnya. Untuk memotret bagian dalam Valley of the Kings dibutuhkan izin dari otoritas pariwisata Mesir dan hanya pada momen tertentu saja.

9. Desa Bergun – Swiss

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Desa Bergun

Photo via wisataku.id

Tempat wisata berikutnya yang memiliki larangan mengambil foto adalah Desa Bergun di Swiss. Desa Bergun merupakan desa tradisional yang terletak di kaki pegunungan Albula di Swiss. Desa ini sudah tersohor akan keindahannya. Bahkan sejak 1952 silam, desa ini menjadi lokasi pengambilan gambar film favorit para sineas Swiss. Tak heran sih, pasalnya desa ini memiliki pemandangan pedesaan yang sangat indah dimana ditempat ini kamu bisa melihat hamparan rumput hijau yang luas, pegunungan dan pohon-pohon hijau yang membuat desa ini terlihat sangat asri.

Alasan kenapa wisatawan tidak boleh mengambil foto di desa ini sebenarnya cukup ilmiah namun terdengar janggal di telinga sebagian orang. Pihak pengelola melarang turis memotret dan menyebarluaskan foto wisatanya di Desa Bergun karena khawatir dapat membuat orang yang melihatnya jadi depresi. Menurut pemerintah setempat, aksi para wisatawan yang berbagi foto keindahan Bergun di media sosial justru membuat sedih dan depresi orang lain yang belum sempat datang berlibur ke desa indah tersebut. Wisatawan yang masih nekat berfoto-foto Desa Bergun, akan dikenakan sanksi yaitu membayar 5 pound atau sekitar Rp90.000 untuk setiap fotonya.

10. Istana Kepresidenan – Uni Emirat Arab

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Istana Kepresidenan - Uni Emirat Arab

Photo via travel.detik.com

Istana Kepresidenan Uni Emirat Arab juga menjadi salah satu tempat didunia yang tidak mengijinkan wisatawan mengambil foto. Istana Kepresidenan Uni Emirat Arab memang terkenal akan kemegahannya. Dengan luas mencapai 150 hektare, Istana Kepresidenan tersebut memiliki fasilitas publik yang lengkap mulai dari masjid, akomodasi staf dan militer, majelis publik, dan juga menara pengawas. Di tempat yang digunakan sebagai kantor resmi Presiden UEA, para pangeran, serta menterinya ini, tidak memperbolehkan pengunjung berswafoto. Kalau ada yang nekat, bisa dipastikan kalian akan ditangkap dan mendapat sanksi.

11. Grand Canyon – Amerika Serikat

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Grand Canyon

Photo via mygrandcanyonpark.com

Siapa sih yang tidak terpukau dengan keindahan Grand Canyon? Grand Canyon merupakan sebuah lembah dalam yang terjal, pada dasar ngarai mengalir Sungai Colorado yang berkelok-kelok.

Salah satu yang paling spektakuler adalah The Skywalk, sebuah jembatan gantung yang dinding dan lantainya terbuat dari kaca yang telah beroperasi sejak 2009. Dari atas jembatan kaca berbentuk U ini, kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan Grand Canyon yang sangat mempesona. Nah, di sinilah kamu tidak bisa mengambil gambar, karena turis dilarang membawa kamera. Peraturan lainnya, kamu harus mengenakan penutup sepatu khusus untuk melindungi kaca dari goresan.

12. Kumsusan Palace of the Sun – Korea Utara

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Kumsusan Palace of the Sun

Photo via wowkeren.com

Tempat-tempat di dunia yang tidak mengijinkan wisatawan berswafoto berikutnya adalah Kumsusan Palace of the Sun di Korea Utara. Istana Matahari Kumsusan di Korea Selatan ini adalah bangunan yang berfungsi sebagai makam bagi Kim Il Sung, pendiri Korea Utara. Tempat ini kelak juga akan menjadi makam bagi putranya, Kim Jong Il. Dikutip dari Wowkeren.com, tidak mudah untuk masuk ke dalamnya, orang asing hanya memperoleh izin untuk masuk ke dalam istana hanya selama tur resmi pemerintah. Beberapa orang yang berhasil masuk ke dalam istana harus mengikuti beberapa aturan. Misalnya untuk tidak mengambil foto atau video, merokok, dan berbicara dilarang di area mana pun dari tempat tersebut. Selain itu, semua pengunjung harus melewati mesin khusus yang menyedot debu yang mungkin mereka bawa sehingga masuk dalam keadaan bersih.

13. Beberapa Kasino di Las Vegas

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Beberapa Kasino di Las Vegas

Photo via tripsavvy.com

Las Vegas dijuluki sebagai Ibukota Hiburan Dunia yang terkenal karena keberadaan sejumlah resor kasino super megah dan berbagai hiburan dewasa lainnya. Jika kamu mengunjungi kasino yang ada di Las Vegas, maka jangan sembarang mengambil foto ya guys! pasalnya dilarang mengambil foto di beberapa kasino Las Vegas karena merupakan salah satu tindakan pengamanan. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah kemungkinan perampokan dan melindungi pengunjung dari gangguan kehidupan pribadinya. Di masa lalu, dilarang bagi orang untuk mengambil gambar di hampir semua kasino di kota. Tapi seiring berjalannya waktu, kini tidak semua kasino menerapkannya.

14. Red Light District – Amsterdam, Belanda

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Red Light District

Photo via entouriste.com

Tempat wisata didunia yang tidak boleh difoto selanjutnya adalah Red Light District Di Amsterdam, Belanda. Red Light District merupakan sebuah lingkungan prostitusi. Tempat ini bebas dilalui siapa saja, termasuk turis. Di siang hari, bangunan-bangunan berkaca yang ada di sepanjang kanal tampak biasa saja. Namun hal ini berubah pada malam hari.

Di malam hari, kaca bangunan tersebut beralih fungsi menjadi display yang menunjukkan para pekerja seks komersial (PSK) dari tempat lokalisasi tersebut. Ada satu larangan yang sudah menjadi rahasia umum di area ini yaitu, boleh dilihat namun tak boleh dipegang, dan tak boleh difoto. Mereka yang nekat memotret para PSK tersebut harus berani berhadapan dengan preman-preman tempat lokalisasi tersebut.

15. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi – Saudi Arabia

Tempat Wisata Di Dunia Yang Tidak Boleh Difoto - Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

photo via bataraonline.com

Masjidil haram sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun tiap harinya tempat ibadah suci umat Muslim ini selalu dipenuhi jemaah dari seluruh dunia. Di sela beribadah di masjid yang terletak di Mekkah, Arab Saudi ini, banyak jemaah yang menyempatkan diri untuk memotret kemegahan dan keindahannya. Namun sayangnya, mulai tahun 2017 lalu, pemerintah Arab Saudi resmi melarang jamaah untuk berfoto ria di dua masjid suci yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Aturan baru ini tidak hanya berlaku bagi smartphone tapi juga kamera, bahkan perekam video. Alasan di balik larangan ini adalah karena jamaah yang sibuk berswafoto umumnya bisa mengganggu jamaah lain yang sedang beribadah. Selain itu, dua tempat suci ini perlu dijaga dan dihormati keberadaannya. Disebutkan pula, sanksi untuk jemaah yang melanggar adalah teguran dari para penjaga masjid hingga pengambilan alat perekam gambar secara paksa.

Nah, itu tadi ulasan mengenai tempat wisata di dunia yang tidak boleh difoto. Bagaimana menurut kalian guys? kalian pasti merasa tercengang bukan? Melihat betapa agungnya Maha karya yang diciptakan dan kita hanya bisa mengingatnya hanya dalam memori otak. Jika kita melihat sisi positif nya, larangan mengambil foto saat berjalan-berajalan ke tempat wisata bisa membuat kita menikmati panoramanya dengan puas tanpa terhalang lensa kamera, menelusuri setiap sudut keindahan alam maupun bangunan serta interior yang disuguhkan dan merekamnya dengan jelas dengan mata kepala sendiri. Mengabadikan moment memang lah hal yang tak bisa ditinggalkan, namun ada hal yang lebih penting, yaitu menikmati setiap moment yang ada saat berlibur ke tempat-tempat tersebut karena hal itu tak bisa diabadikan, selain mengingat dan memutarnya kembali dalam memori.

Artikel Terkait