16 Tempat Wisata Kuliner di Malang Yang Wajib Dikunjungi.

7 bulan, by blogunik

Tempat Wisata Kuliner Di Malang

Ketika berlibur ke Malang tentunya tidak lengkap jika tidak berwisata kuliner. Malang dikenal memiliki beragam kuliner yang wajib kamu cicipi. Mulai dari bakso, sate hingga es krim pun ada. Pastinya kamu tidak akan kecewa dengan makanan yang ditawarakan. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Malang yang wajib kamu kunjungi

1. Bakpao Boldy

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Bakpao Boldy

Photo via travelingyuk.com

Bakpao Boldy adalah salah satu tempat kuliner di Malang yang wajib kamu kunjungi. Bakpao Boldy ini sudah ada sejak tahun 1950 dan bisa dikatakan tempat makan satu ini sudah legendaris. Bakpao satu ini memiliki berbagai macam varian isi mulai dari kacang hijau, kacang tanah, ayam cincang, ayam kecap hingga babi kecap. Selain itu, terdpat isian bakpao yang cukup unik yaitu bakpao dengan rasa taus, dimana isian ini berupa pasta kacang hitam. Bapkao satu ini memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang enak, mereka juga tidak menggunakan pengawet, pemutih atau bahan kimian lainnya.

Alamat : Jl. Mangun sarkoro No.25, RT.10/RW.01, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 07.00 – 17.00

2. Bakso President

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Bakso President

Photo via jarangpanas.com

Buat kamu yang ingin menyantap bakso kamu bisa datang ke Bakso President, dimana bakso ini sudah ada sejak tahun 1977. Di sini ada berbagai macam menu yang disajikan mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso goreng, bakso telur, bakso tulang muda, bakso urat dan lainnya. Yang menjadi menu favorit para pelanggan disini yaitu bakso bakar. Yang menarik dari tempat ini yaitu tempatnya berada di pinggir rel kereta api.

Alamat : Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 08.45 – 21.30 (Minggu, Senin), 08.00 – 21.30 (Selasa – Sabtu)

3. Depot Tahu Lontong Lonceng

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Depot Tahu Lontong Lonceng

Photo via happydyah.com

Depot Tahu Lontong Lonceng adalah tempat wisata kuliner di Malang yang sudah ada sejak tahun 1935 dan sekarang sudah memasuki generasi ketiga. Warung makan ini disebut Tahu Lontong Lonceng karena dulu terdapat tugu dengan lonceng besar namun kini sudah tidak ada lagi. Untuk menjaganya agar tetap enak, pemilik selalu menjaga mutu dan kwalitas masakannya seperti bumbu petisnya yang dimasak terlebih dahulu, kecap dan tahu dibuat sendiri tanpa pengawet. Selain itu, mereka juga menggunakan kacang tanah super 8 mm dan minyak goreng yang digunakan adalah minyak goreng kelapa bukan kelapa sawit. Tahu Lontong Lonceng ini memiliki kelebihan dari tahu lontong lainnya yaitu menggunakan koya kelapa yang gurih.

Alamat : Jl. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 10.45 – 22.00 (Minggu – Jumat), 11.00 – 22.00 (Sabtu)

4. Depot HTS

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Depot HTS

Photo via m.merdeka.com

Tempat satu ini sering dijadikan tempat perhentian oleh wisatawan ketika melakukan perjalanan dari Surabaya. Tempat wisata kuliner satu ini berdiri sejak tahun 1927 dimana tempat kuliner ini dirintis oleh Han Tjwan Sing. Menu andalan disini yaitu onde-onde yang isiannya berupa kacang hijau, kacang merah dan kelapa. Selain itu, terdapat juga beragam menu lainnya yang tak kalah enaknya seperti nasi rawon merah, rawon hitam, garang asem, sop merah, sop sapi dan lainnya. Selain makanan, disini juga terdapat aneka minuman mulai dari teh manis hingga es beras kencur.

Alamat : Jl. DR. Wahidin No.123, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 07.00 – 21.00

5. Es Krim Oen

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Es Krim Oen

Photo via dolandolen.com

Berkunjung ke Malang tak lengkap rasanya jika belum mencicipi dessert enak satu ini yaitu Es Krim Oen. Es krim ini sudah ada sejak tahun 1930 dan cita rasanya pun tidak pernah berubah. Es Krim Oen ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, tak heran jika tempat satu ini menjadi tempat wisata kuliner di Malang yang wajib di kunjungi. Es Krim Oen ini menyajikan beberapa menu seperti es krim, banana split, loempia, vleeskroetje met mosterd (kroket dengan saus mustard) hingga kippen brood met mosterd (pastry ayam dengan paduan saus mustard).

Alamat : Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 09.00 – 21.30

6. Mie Gajah Mada

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Mie Gajah Mada

Photo via tripadvisor.co.id

Mie Gajah Mada adalah salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang wajib kamu kunjungi. Tempat makan satu ini menjadi salah satu tempat legendaris yang menyediakan mie pangsit. Selain mie pangsit, Mie Gajah Mada ini memiliki menu andalan yaitu ayam jamur. Dimana satu porsinya terdiri dari mie, potongan jamur, daging ayam suwir, sawi, daun bawang dan bawang goreng.

Alamat : Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 09.00 – 14.30, 17.00 – 21.00 (Senin hingga Sabtu), 09.00 – 14.30 (Minggu)

7. Orem-orem Khas Arema

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Orem-orem

Photo via pinterest.com

Jika kamu berkunjung ke Malang jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini yaitu Orem-orem. Orem-orem adalah makanan berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam dan dimasak bersama kuah santan yang kental. Biasanya makanan satu ini disajikan dengan lontong dan tauge. Orem-orem ini memiliki rasa yang mirip dengan sayur lodeh namun sedikit lebih pedas. Pada zaman dahulu, makanan ini bisanya disajikan dalam acara hajatan namun sejak tahun 1980-an , makanan ini dapat dibeli di warung tradisional.

Alamat : Jl. Blitar No.14A, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 09.30 – 16.00 (Hari Jumat Tutup)

8. Pecel Kawi

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Pecel Kawi

Photo via malangstrudel.com

Pecel Kawi adalah salah satu makanan yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Malang. Makan satu ini seporsinya terdiri dari nasi putih, sayuran, lauk-pauk dan bumbu kacang kental yang rasanya nikmat. Untuk lauknya sendiri kamu bisa memilih sendiri mulai dari telur goreng, lele goreng hingga dadar jagung pun ada. Jika menyantap makanan satu ini jangan lupa untuk menambah rempeyek yang gurih sebagai pelengkapnya.

Alamat : Jalan Kawi Kios No.43B Kauman, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 06.00 – 18.00

9. Pos Ketan Legenda

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Pos Ketan Legenda

Photo via ksmtour.com

Buat kamu yang gemar dengan makana berbahan dasar ketan, tempat makan satu ini wajib kamu kunjungi yaitu Pos Ketan Legenda. Kuliner satu ini sudah melegenda di kawasan Malang Raya dan sudah ada sejak tahun 1967. Pos Ketan Legenda ini memiliki berbagai macam menu yang enak seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju dan ketan durian.

Alamat : Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 09.00 – 00.00 (Minggu – Jumat), 09.00 – 01.00 (Sabtu)

10. Puthu Lanang Celaket

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Puthu Lanang Celaket

Photo via superadventure.co.id

Salah satu tempat kuliner di Malang yang harus kamu kunjungi yaitu Puthu Lanang Celaket. Disini kamu bisa mencicipi jajanan pasar seperti putu, lapis, cenil dan lainnya. Aneka makanan ini disajikan diatas daun pisang yang disiram dengan gula merah cair dan ditaburi dengan kelapa parut.

Alamat : Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 17.30 – 21.30

11. Ronde Titoni

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Ronde Titoni

Photo via travelingyuk.com

Ronde Titoni adalah salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang wajib kamu kunjungi. Tempat satu ini hampir selalu ramai dipadati pengunjung dan Ronde Titoni ini sudah ada sejak tahun 1948. Untuk menunya sendiri disini menyuguhkan menu utama ronde dan menu ini paling banyak menjadi favorit orang-orang. Disini tidak hanya ada Ronde saja, namun juga terdapat angsle yang tak kalah lezatnya dari ronde.

Alamat : Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 18.00 – 00.00 (Hari Minggu Tutup)

12. Rawon Pak Jenggot

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Rawon Pak Jenggot

Photo via deskgram.co

Kamu ingin makanan yang berkuah-kuah? Datang saja ke Rawon Pak Jenggot. Dimana rawon ini adalah kuliner khas Jawa Timur yang memiliki ciri khas warna hitamnya. Rawon ini memiliki rasa yang nikmat dan daging yang empuk. Kamu tidak akan menyesal setelah mencicipi rawon satu ini.

Alamat : Jl. Sulfat No.5, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 16.00 – 00.00

13. Rawon Nguling

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Rawon Nguling

Photo via travelingyuk.com

Selain Rawon Pak Jenggot, kamu juga harus mencicipi Rawon Nguling satu ini. Rawon satu ini dikenal sangat legendaris dimana sudah dibuka sejak tahun 1982. Rawon Nguling ini memiliki kekhasan pada kuahnya yang berwarna hitam namun tidak terlalu pekat dan berminyak. Selain itu, potongan dagingnya pun besar-besar sehingga kamu akan sangat puas menyantap rawon satu ini.

Alamat : Jl. Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 07.00 – 15.30

14. Rumah Makan Cairo

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Rumah Makan Cairo

Photo via rumah-makan-cairo-bangil.business.site

Rumah Makan Cairo adalah salah satu tempat wisata kuliner di Malang yang wajib kamu kunjungi. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1953 dan tempat ini memang menjadikan daging kambing sebagai bahan utamanya. Disini terdapat berbagai macam menu seperti sate, gulai, krengsengan, nasi kebuli, nasi briyani, nasi mandhi dan lainnya. Daging olahan kambing ini sama sekali tidak amis dan teksturnya pun lembut.

Alamat : Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 08.00 – 22.00 (Sabtu – Kamis), 13.00 – 22.00 (Jumat)

15. Soto Geprak Mbah Djo

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Soto Geprak Mbah Djo

Photo via ksmtour.com

Soto Geprak Mbah Djo adalah tempat wisata kuliner yang sudah dikenal sejak tahun 1935. Kuliner satu ini menjadi salah satu kuliner paling lawas di Malang yang masih bertahan hingga saat ini. Tempat makan satu ini menyajikan soto sebagai menu utama dilengkapi pelengkap lainnya seperti ayam goreng, bebek goreng, perkedel dan lainnya.

Alamat : Jl. Raya Bandulan No.mor 51, Bandulan, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 17.00 – 23.00

16. Warung Lama Haji Ridwan

Tempat Wisata Kuliner Di Malang - Warung Lama Haji Ridwan

Photo via travelingyuk.com

Satu lagi tempat wisata kuliner di Malang yang harus kamu kunjungi yaitu Warung Lama Haji Ridwan. Dimana tempat ini sudah ada sejak tahun 1925 setelah bangunan pasar besar rampung. Pada awalnya tempat makan ini hanya menawarkan 3 menu saja yaitu sate komoh, ayam goreng dan tempe goreng. Namun setelah berkembang seperti sekarang ini, menunya pun semakin banyak. Mulai dari waron, sate usus sapi, krengsengan dan lainnya. Namun menu andalannya yaitu sate komoh, dimana makanan ini berupa sate sapi yang diberi bumbu rempah yang lengkap dan cabai merah. Rasanya pun sedikit manis, pedas dan gurih.

Alamat : Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
Jam Buka : 08.00 – 16.00

 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Malang yang harus kamu kunjungi. Gimana tertarik untuk mengunjunginya?

Artikel Terkait