Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja

6 bulan lalu, by blogunik

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja

Siapa yang tidak mengenal kota satu ini yaitu Jogja, kota pelajar ini tidak hanya dikenal memiliki tempat wisata yang menarik saja. Namun juga dikenal memiliki tempat wisata kuliner yang enak-enak. Berkunjung ke Jogja tentunya tak lengkap rasanya jika belum mencicipi beberapa kulinernya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Jogja yang perlu kamu kunjungi jika berkunjung kesini

1. Angkringan Lik Man

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Angkringan Lik Man

Photo via jogja.idntimes.com

Jogja memang dikenal memiliki angkringan yang sudah melegenda dan salah satunya yaitu Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man satu ini menjadi salah satu yang paling populer dikalangan warga dan wisatawan. Angkringan Lik Man ini berdiri sejak tahun 1960 dan bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor angkringan di Jogja.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Angkringan Lik Man

Photo via idntimes.com

Di Angkringan Lik Man ini terdapat menu andalan yaitu kopi joss, dimana kopi joss ini terdiri dari segelas kopi hitam yang disajikan dengan tambahan arang membara. Selain itu, disini juga terdapat menu lainnya seperti sate telur puyuh, sate usus, gorengan dan banyak lagi.

Alamat : Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Ayam Goreng Mbah Cemplung

Photo via mitosdiet.com

Ayam Goreng Mbah Cemplung adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang berada di kaki Gunung Sempu. Tempat makan ini sangat sederhana dan menawarkan menu makanan yang lezat.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Ayam Goreng Mbah Cemplung

Photo via twitter.com/za_ka

Tempat ini menawarkan ayam goreng yang memiliki rasa yang gurih dan daging yang empuk. Selain itu, ayam goreng ini juga ditemani dengan lalapan, nasi hangat dan sambal yang mantap.

Alamat : Sendang Semanggi RT No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bakso Bethesda 74

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Bakso Bethesda 74

Photo via gudeg.net

Jika kalian ingin menikmati semangkok bakso yang enak, datang saja ke Bakso Bethesda 74. Bakso satu ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang harus kamu kunjungi. Bakso Bethesda 74 ini berdiri sejak tahun 1974 dan bakso ini tergolong legendaris di Jogja.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Bakso Bethesda 74

Photo via gudeg.net

Bakso disini dibuat menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kualitas rasanya. Selain itu bakso ini juga sudah mendapatkan label dari MUI sehingga terjamin.

Alamat :

  • Jl. Jend. Sudirman No.70, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jalan Gondosuli No.5, Baciro, Gondokusuman, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jl. Jagalan – Beji No.41, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Brongkos Bu Rini

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Brongkos Bu Rini

Photo via tribunnews.com

Brongkos Bu Rini adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1973 dan salah satu penjual brongkos paling populer di Jogja. Berongkos atau yang sering disebut dengan brongkos adalah sayuran dan lauk kacang yang disajikan dengan kuah santan.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Brongkos Bu Rini

Photo via travelingyuk.com

Selain itu terdapat juga cabai rawit utuh didalamnya pada saat proses memasaknya. Makanan satu ini memiliki rasa yang sedikit pedas namun sangat lezat.

Alamat : Jl. Polowijan KT1/227, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Bakmi Mbah Mo

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Bakmi Mbah Mo

Photo via kulinerjogja2018.blogspot.com

Saat kamu sedang berada di daerah Bantul, jangan lupa mampie ke Bakmi Mbah Mo. Bakmi Mbah Mo adalah salah satu tempat wisata kuliner legendaris di Jogja yang harus kamu kunjungi. Tempat makan ini terbilang cukup tersembunyi karena terletak di tengah desa namun setelah kamu menemukannya rasa lelah akan terbayar dengan makanan yang lezat.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Bakmi Mbah Mo

Photo via travelingyuk.com

Bakmi Mbah Mo ini buka pada pukul 17.00 hingga 23.00. Di tempat ini, setiap pesanan bakmi akan dimasak satu per satu diatas tungku yang berisi arang sehingga menghasilkan aroma yang khas. Bakmi Mbah Mo ini menggunakan campuran telur bebek untuk menambah rasa gurihnya. Disini juga terdapat 3 macam bakmi yaitu bakmi goreng, rebus dan nyemek.

Alamat : Jl. Parangtritis No.KM.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Es Buah PK

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Es Buah PK

Photo via kotajogja.com

Kamu ingin yang segar-segar? Kamu bisa mendatangi Es Buah PK yang ada di Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan. Es Buah PK ini terbilang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1973.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Es Buah PK

Photo via jogjaasik.com

Tempat wisata kuliner di Jogja satu ini menyediakan semangkuk es buah yang berisi nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, sirup, susu coklat dan es serut. Selain es buah, disini juga terdapat bakso daging sapi yang rasanya sangat lezat dan wajib kamu cicipi.

Alamat : Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Gudeg Mbah Lindu

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Gudeg Mbah Lindu

Photo via akurat.co

Berkunjung ke Jogja tentunya tidak lengkap rasanya jika belum mencoba gudeg. Gudeg sendiri merupakan salah satu kuliner khas Jogja, dimana makanan satu ini cukup banyak ditemukan di Jogja. Namun salah satu gudeg yang legendaris dan harus kamu cicipi yaitu Gudeg Mbah Lindu. Gudeg Mbah Lindu ini sudah berjualan sejak sebelum zaman penjajahan Jepang dan nama gudeg ini diambil dari pemilknya sendiri.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Gudeg Mbah Lindu

Photo via traveloka.com

Mbah Lindu sekarang ini sudah berusia hampir seabad dan sejak zaman dulu mbah Lindu selalu meracik bumbu dan mengolah gudegnya sendiri. Resep masakannya pun tidak pernah berubah demi mempertahankan cita rasa asli, selain itu jenis lauknya juga masih sama seperti gudegm krecek, tahu, rempe dan telur ayam. Gudeg Mbah Lindu ini buka setiap pukul 05.00 hingga 10.00 setiap harinya.

Alamat : Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. House of Raminten

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - House of Raminten

Photo via id.wikipedia.org

House of Raminten adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang buka sejak Desember 2008. Disini kamu bisa menikmati berbagai makanan khas Jawa di satu tempat sekaligus. Tempat makan satu ini memiliki berbagai macam menu makanan seperti nasi kucing, sate lilit, wedang serai dan tahu bola.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu House of Raminten

Photo via instagram.com/houseoframinten

Selagi menikmati makanan kamu juga ditemani dengan lantunan musik dang ending gending Jawa. Menariknya lagi, tempat makan ini buka 24 jam sehingga tak perlu khawatir jika tengah malam kamu merasa lapar.

Alamat : Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Mie Ayam Bu Tumini

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Mie Ayam Bu Tumini

Photo via jejakpiknik.com

Mie ayam satu ini bisa dikatakan salah satu tempat wisata kuliner legendaris di Jogja. Mie Ayam Bu Tumini ini sudah ada sejak tahun 1990. Yang menarik dari Mie Ayam Bu Tumini ini yaitu mie-nya dibuat sendiri. Dalam sehari, tempat makan ini bisa menghabiskan sekitar 70 kg terigu untuk membuat adonan mie.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Mie Ayam Bu Tumini

Photo via bayoranteknik.co.id

Mie ayam disini memiliki tekstur mie yang kenyal dan kuah yang kental gurih bercampur dengan bumbu ayamnya. Disini ada beberapa menu yang bisa kamu pesan seperti mi ayam ceker, mi ayam jumbo hingga mi dengan tambahan ekstra ayam.

Alamat : Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Mangut Lele Mbah Marto

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Mangut Lele Mbah Marto

Photo via food.detik.com

Kuliner khas lainnya yang tak boleh kamu lewatkan yaitu mangut lele, dimana salah satu penjualnya yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Tempat makan satu ini menjadi salah satu tempat makan legendaris karena sudah buka sejak tahun 1945.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Mangut Lele Mbah Marto

Photo via food.detik.com

Mangut lele sendiri adalah lele yang diasap kemudian dimasak menggunakan kuah santan kuning. Tempat makan ini juga cukup menarik, karena untuk menikmati hidangannya kamu harus masuk ke tempat proses masaknya. Di sini kamu bisa mengambil sendiri nasi dan lauk-pauk yang disediakan. Tempat makan ini buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 setiap harinya.

Alamat : Belakang Kampus ISI Jogja, Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

11. Nasi Goreng Beringharjo

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Nasi Goreng Beringharjo

Photo via traveltodayindonesia.com

Kamu penggemar nasi goreng? Kamu bisa berkunjung ke Nasi Goreng Beringharjo. Saat awal buka pad atahun 1968, warung nasi ini berada di dekat pasar Beringharjo. Itulah mengapa tempat makan legendaris di Jogja ini bernama Nasi Goreng Beringharjo.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Nasi Goreng Beringharjo

Photo via travelingyuk.com

Nasi goreng ini dimasak menggunakan bawang merah, bawang putih, garam dan kecap. Selain itu terdapat juga potongan daging ayam atau babi sebagai lauknya. Selain nasi goreng, disini juga terdapat menu lainnya seperti bakmi goreng, bakmi rebus dan capcai.

Alamat : Jl. Mayor Suryotomo No.7, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

12. Sate Klatak Pak Bari

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Sate Klatak Pak Bari

Photo via gudeg.net

Tempat makan satu ini semakin terkenal setelah muncul di film Ada Apa Dengan Cinta 2. Tempat makan ini bernama Sate Klatak Pak Bari, dimana tempat wisata kuliner ini legendaris di Jogja. Sate Klatak Pak Bari ini berdiri sejak tahun 1945.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Sate Klatak Pak Bari

Photo via goodindonesianfood.com

Sate klatak sendiri adalah sate kambing muda usia 8 hingga – 9 bulan yang empuk dan dibumbui dengan garam. Satu porsi sate klatak ini berisi dua tusuk sate kambing muda, sepiring nasi, gulai dan minum.

Alamat : Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

13. Sambel Welut Pak Sabar

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Sambel Welut Pak Sabar

Photo via rentalmobilyogyakarta.com

Tempat wisata kuliner satu ini sudah berdiri sejak tahun 1990, dimana tempat makan ini bernama Sambel Welut Pak Sabar. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat kuliner legendaris di Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Sambel Welut Pak Sabar

Photo via jogja.tribunnews.com

Di tempat makan ini terdapat menu sambal yang dibuat dari belut yang digoreng setelah durinya dihilangkan. Setelah itu, belut goreng akan diulek dengan garam, cabai dan bawang putih serta kencur. Selain menu belut, disini juga terdapat memesan menu lele dan ikan gabus.

Alamat : Jalan Imogiri Barat, Km. 6, Tamanan, Bantul, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

14. Sego Godog Pak Pethel

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Sego Godog Pak Pethel

Photo via kurio.id

Tempat makan satu ini sudah berdiri sejak tahun 1986 dimana setiap harinya buka pada pukul 19.00 hingga 00.00. Sego Godog sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki artis nasi rebus. Nama ini memang sesuai dengan cara menyajikan makanannya.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Sego Godog Pak Pethel

Photo via travelingyuk.com

Dimana nasi disajikan dalam mangkuk lalu disiram dengan kuah yang gurih. Kemudian ditambah dengan daging ayam suwir, kubis, wortel dan taburan selederi. Selain itu, di sini juga terdapat menu lainnya yaitu nasi goreng, bakmi goreng dan bakmi godog.

Alamat : Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

15. Warung Moro Seneng

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Warung Moro Seneng Jogja

Photo via tribunnews.com

Tempat makan satu ini berdiri sekitar tahun 1960 dimana tempat makan legendaris ini buka pada pukul 08.00 hingga 16.00. Ketika berkunjung kesini kamu wajib memesan menu tongseng ayam dimana menu ini menjadi favorit para pengunjung.

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja - Menu Warung Moro Seneng

Photo via makanjogja.com

Satu porsi tongseng ayam ini terdiri dari potongan daging ayam empuk dengan kuah yang dimasak menggunakan bawang merah, bawang putih, serai dan daun salam. Kemudian bumbu tersebut dicampur dengan santan encer sehingga rasanya enak dan gurih. Tak hanya menyajikan menu tongseng dan gule saja, warung ini juga menyediakan menu nasi goreng dan sate ayam.

Alamat : Jl. RW Monginsidi Bantul, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Jogja. Jika kamu ke kota Jogja, jangan lupa untuk mencicipi kuliner lezatnya ini dan dijamin rasanya lezat.

Artikel Terkait