Tips Agar Kaos Kaki Tidak Berbau Tak Sedap

2 tahun lalu, by blogunik

Jika bepergian keluar, kita pasti biasanya menggunakan sepatu dan juga kaos kaki. Apalagi untuk anak-anak di bangku sekolah, kaos kaki merupakan salah satu bagian yang wajib digunakan bersama sepatu saat pergi ke sekolah. Karena seringnya digunakan, terkadang kaos kaki yang kita gunakan menjadi berbau tak sedap.

Bukan hanya kaos kaki, sepatu dan kaki kita pun menjadi berbau tak sedap karenanya. Banyak hal dan faktor yang menyebabkan kaos kaki kita menjadi berbau tak sedap. Namun kalian tidak perlu khawatir lagi tentang hali itu, Berikut ini adalah cara agar kaos kaki, sepatu dan kaki kalian tidak bau.

1. Gunakan kaos kaki dengan bahan halus

photo via : hai.grid.id

Saat memilih untuk membeli kaos kaki, usahakan untuk memilih kaos kaki yang terbuat dari material yang tidak kasar alias lembut. Karena dengan menggunakan kaos kaki yang berbahan dasar yang lembut, mampu menyerap keringat yang ada pada kaki kita selama beraktifitas menggunakan sepatu dengan baik. Apalagi jika sepatu ataupun alas kaki yang kita gunakan memiliki tipe yang tertutup seperti sepatu fantofel salah satunya. Untuk itu, amat disarankan untuk menggunakan kaos kaki yang memiliki bahan lembut dan nyaman seperti kain katun, spanex, silk atau jenis kain sutera.

2. Bersihkan kaos kaki secara berkala

photo via : sandyschussel.com

Membersihkan kaos kaki secara berkala adalah hal yang wajib untuk dilakukan agar kotoran dan bau tak sedap yang menempel didalamnya tidak menumpuk. Untuk membersihkan kaos kaki sendiri cukup mudah. Kalian cukup merendam kaos kaki kotor dengan menggunakan detergen selama 30 menit. Rendam di air yang bersuhu sekitar 30 derajat celcius dan jangan gunakan air hangat agar kaos kaki tidak mengalami penyusutan alias molor.

Setelah direndam selama 30 menit, kalian bisa mencucinya seperti biasa di seluruh bagian dari kaos kaki. Namun saat memeras kaos kaki ini jangan terlalu kencang untuk menariknya agar kaos kaki kalian tidak cepat molor. Jika kalian menggunakan mesing cuci untuk mencuci kaos kaki, jangan gunakan pengering pada mesin cuci, karena karet kolor dari kaos kaki beresiko melar apabila terkena panas berlebihan.

3. Celupkan kaos kaki pada pewangi pakaian

photo via : javasaromachem.com

Saat mencuci kaos kaki, ada baiknya kalian mencelupkannya pada pewangi pakaian setelah di cuci. hal ini dilakukan untuk membuatnya lembut dan harum. Bau harum pada kaos kaki biasanya tidak bertahan lama tergantung dari alas kaki yang kalian gunakan. Apabila kalian menggunakan alas kaki yang sangat tertutup dan tidak ada ruang ataupun rongga udara sma sekali, tentu saja kaos kaki kalian akan cepat berbau tak sedap.

4. Menjemur kaki dengan cara dibalik

photo via : johannagallo.com

Setelah dicuci dan direndam dengan menggunakan pewangi pakaian, jemurlah kaos kaki kalian dengan posisi terbalik dimana bagian luar kaos kaki menjadi bagian dalam, dan bagian dalam kaos kaki menjadi bagian luar saat dijemur. Cara menjemur kaos kaki seperti ini berguna untuk menjaga warna ataupun gambar dari kaos kaki kita agar tidak cepat mengelupas.

5. Jangan gunakan kaos kaki yang belum kering

photo via : www.technocrazed.com

Saat menggunakan kaos kaki, jangan sekali – kali menggunakan kaos kaki yang masih basah, lembab ataupun belum kering. Hal itu dikarenakan akan mempercepat tumbuhnya bakteri di dalam kaos kaki yang menyebabkannya memiliki bau yang tida enak. Selain bisa membuat kaos kaki kita menjadi berbau, kaki dan alas kaki yang kita gunakan pun juga akan ikut menjadi memiliki bau yang tak sedap.

6. Jangan gunakan kaos kaki saat kaki masih lembab

photo via : assuranceskin.com

Sama seperti saat menggunakan kaos kaki yang masih basah, menggunakan kaos kaki, saat kaki kita masih basah ataupun lembab juga memiliki efek yang sama. Karena kondidi kaki yang lelmbab dan tertutup dengan kaos kaki, mempermudah bakteri untuk berkembang biak dan menghasilkan bau yang tak enak baik pada kai, kaos kaki maupun alas kaki yang kalian pakai. Sebaiknya saat menggunakan kaos kaki, tunggulah kaki kalian agar kering terlebih dahulu sebelum menggunakan kaos kaki.

7. Gunakan alas kaki yang longgar

photo via : www.nike.com

Alas kaki yang tertutup rapat tanpa adanya ruang bagi udara untuk masuk maupun keluar membuat kaki kita semakin cepat berkeringat. Keringat pada kaki ini lah nantinya yang membuat bakteri semakin cepat berkembang hingga membuat kaos kita berbau tak sedap. Pemilihan alas kaki memang menjadi peran penting disini untuk membuat sirkulasi udara pada kaki tetap berjalan lancar. Jika kalian ingin membeli sepatu baru, ada baiknya kalian memilih sepatu yang memiliki sedikit rongga dalam sepatu ataupun membeli sepatu yang tida terlalu pas alias ada sedikit space ataupun jarak kosong antara kaki dan sepatu.

8. Jemur Sepatu

photo via : www.kata.co.id

Meskipun kita sering mencuci sepatu, sepatu juga perlu di jemur ketika sedang tidak digunakan. Cara ini merupakan cara untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada sepatu. Debu yang bercampur keringat bisa berkembangbiak menjadi bakteri, itulah alasan kenapa sepatu atau kaus kaki kalian berbau. Jika sepatumu menggunakan tali, sebaiknya buka talinya dan usahakan sinar matahari bisa menembus sampai ke bagian terdalam agar bakteri dapat mati, sehingga udara dengan mudah bersirkulasi masuk dalam sepatu.

9. Jangan menaruh kaos kaki kedalam sepatu.

photo via : thefairlygoodmother.com

Jika kalian pulang dari sekolah atau dari luar ke acara yang mewajibkan untuk memakai sepatu, setelah selesai menggunakannya sebaiknya kalian jangan menaruh kaos kaki ke dalam sepatu. Agar lebih gampang ingat, kita biasanya pasti menaruh kaos kaki di dalam sepatu. Namun hal itu sebenarnya bukanlah hal yang bagus, karena kaos kaki yang telah digunakan sebelumnya umumnya lembab karena sudah terkena keringat. Jadi kalau kalian masukkan kedalam sepatu tentu saja malah akan semakin bau. Apalagi sepatu kalian pastinya akan jadi semakin bau.

10. Gunakan kopi atau bawang

photo via : www.viva.co.id

Jika kaos kaki kalian sudah terlnjur bau dan ingin menghilangkan sedikit bau tak sedap pada kaos kaki kalian, kalian bisa menggunakan salah satu dari bahan diatas. Kedua bahan tersebut yakni kopi dan juga bawang,keduanya sama-sama mampu menetralkan bau. Caranya pun cukup mudah yakni kalin cukup meletakkan bahan tersebut di dalam ataupun didekat kaos kaki kalian.

Untuk bawang, kalian bisa mengiris-irisnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Sedangkan kopi, gunakan kopi asli ya, jangan gunakan kopi sachet yang biasa ada dipasaran, karena kopi sachet tersebut telah memiliki campuran gula. Jika kalian menggunakan kopi sachet, bukannya bau busuk kaos kaki yang hilang, malah semut yang berkumpul di kaos kakimu. Untuk meletakkan kopi kedalam kaos kakipun cukup mudah. Kalian bisa membungkus kopi kedalam tisu, lalu selanjutnya memasukkan kope tersebut kedalam kaos kaki.

Artikel Terkait