Tips dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda salah satunya yaitu kulit berminyak. Buat kalian yang memiliki kulit berminyak pastinya tidak mudah dalam merawatnya. Sebab jika terlalu banyak sebum pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak yang kemudian menyebabkan pori-pori tersumbat dan muncul jerawat. Memang sih sekarang ada banyak sekali produk perawatan kulit yang dapat merawat kulit berminyak dengan baik. Tapi kamu juga bisa mengatasinya dengan cara alami lho. Bagaimana caranya? Berikut ini tips mengatasi wajah berminyak secara alami.

1. Rajin Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

photo via jd.id

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu rajin membersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit dan membersihkan wajah dari kotoran yang menempel. Untuk mencuci wajah, kamu bisa menggunakan air hangat saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2. Hindari Makanan Berlemak dan Atur Pola Makan Sehat

Apa kamu termasuk orang yang gemar makan goreng-gorengan, manis arau pedas? Jika iya, makanan seperti ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit lho. Maka dari itu ada sebaiknya dihindari atau dikurangi dan gantilah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, telur, kacang-kacangan hingga daging.

3. Konsumsi Banyak Air

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

photo via klikdokter.com

Sudah bukan rahasia lagi, jika mengkonsumsi air dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu dengan mengkonsumsi banyak air dapat juga mencegah atau mengontrol produksi sebum dan minyak berlebih pada wajah. Setidaknya, konsumsilah air sebanyak 7 – 8 gelas sehari.

4. Pilih Produk Yang Tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda maka dari itu ketika memilih produk kecantikan pun harus diperhatikan. Seperti halnya kamu pemilik wajah berminyak, pastikan produk yang kamu pilih memang direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak. Jangan sampai kamu terayu dengan iklan dan membeli produk yang tidak tepat untuk jenis kulitmu. Yang ada bukan kulit wajah menjadi bagus, bisa saja kondisi kulitmu yang berminyak semakin parah.

5. Gunakan Masker Secara Rutin

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

photo via jeda.id

Masker wajah juga dapat mengatasi wajah yang berminyak lho. Kegiatan ini terbilang ampuh untuk mengatasinya terlepas dari jenis maskernya. Yang perlu kamu perhatikan fungsi masker yang akan digunakan sebab dipasaran ada banyak sekali masker yang diperuntukkan untuk jenis kulit tertentu. Apabila kamu ragu menggunakan masker yang dijual, kamu juga bisa membuatnya sendiri lho.

6. Lakukan Facial Steam Di Rumah

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami selanjutnya ada facial steam. Kegiatan ini bisa kamu lakukan dirumah, kamu cukup menggunakan alat-alat sederhana saja seperti air hangat dan baskom. Caranya cukup mudah, pertama siapkan air hangat dalam baskom. Lalu arahkan wajahmu tepat diatas baskom tersebut agar wajah teruapi selama 2 – 4 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin. Namun jangan terlalu dekat mengarahkan wajahmu ke baskom ya. Facial steam ini mampu mengeluarkan kotoran dan zat-zat yang menyumbat pori-pori termasuk minyak.

7. Terapi Es Batu

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

photo via hipwee.com

Selain facial steam, es batu juga ternyata dapat membantu menyegarkan wajah dan mengatasi minyak berlebih pada wajah lho. Selain itu, es batu ini juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga jerawat akan sulit berkembang. Untuk melakukan terapi es batu ini kamu cukup mengoleskan es batu ke seluruh permukaan wajah khususnya di T zone selama 30 detik.

8. Gunakan Minyak Zaitun

Meskipun wajah sudah berminyak, kamu juga masih bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi wajah berminyak secara alami lho. Dalam minyak zaitun mengandung vitamin E, vitamin K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh), phenolic dan zat besi. Kandungan dari minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan seperti mengatasi wajah berminyak, mengatasi kulit kering, menyembuhkan jerawat dan mencerahkan wajah.

9. Gunakan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

photo via tribunnews.com

Next, cara mengatasi wajah berminyak secara alami juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini mengandung senyawa yang baik untuk kecantikan seperti Vitamin A, C dan E. Berkat kandungannya yang baik untuk kecantikan, tak heran jika ada banyak produk lidah buaya yang dipasarkan. Tapi jika kamu ingin yang lebih alami, kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai masker wajah setiap hari.

10. Siapkan Blotting Paper atau Kertas Minyak

Terakhir ada blotting paper atau kertas minyak, produk ini sangat ampuh dalam mengatasi minyak berlebih yang ada pada wajah dan membantu meminimalkan kulit yang berkilau dan berminyak. Meskipun begitu, gunakan blotting paper atau kertas minyak ini sesuai kebutuhan saja ya.

Demikianlah cara mengatasi wajah berminyak secara alami yang bisa kamu lakukan. Mengatasi wajah yang berminyak tak sulit yang dibayangkan bahkan dengan cara sederhana dan bahan alami saja wajah berminyak dapat diatasi. Namun dengan catatat kamu harus rutin melakukannya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.