Penting! Ini Lho Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

Dibuat oleh blogunik

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang bahagia. Namun tak semua orang bisa hidup bahagia. Seperti yang kita tahu, mereka yang kaya dan bergelimang harta saja belum tentu bisa hidup dengan tenang dan bahagia, sedangkan mereka yang hidupnya pas-pasan justru bisa hidup bahagia dengan canda tawa yang mewarnai kehidupan mereka.

Sebenarnya rasa bahagia bisa muncul dari kita sendiri, pasalnya bahagia itu bersifat unconditional. Dimana kebahagiaan bisa muncul tiba-tiba dan menghilang begitu saja. Tergantung seperti apa yang ada dalam pikiran kamu saat itu. Ada yang bahagia karena baru dikaruniai anak, ada yang bahagia karena bisnis yang dibangunnya berkembang pesat, ada yang bahagia karena diberi kesempatan untuk Naik Haji, ada juga yang bahagia karena baru ditembak gebetan. Perasaan bahagia setiap individu itu berbeda-beda dan tidak ada standart yang bisa dijadikan patokan untuk seseorang bisa hidup bahagia.

Lantas kenapa hidup bahagia itu rasanya sangat sulit untuk dicapai? Meski kita sudah memiliki pasangan, kehidupan yang mapan, hingga dikelilingi dengan orang-orang yang menyayangi kita, namun tetap saja kebahagiaan rasanya sangat jauh dari diri kita?

Sebenarnya untuk dapat hidup bahagia tidaklah sulit jika kamu bisa lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini. Dengan bersyukur kamu akan selalu merasa cukup. Merasa cukup dan selalu bersyukur akan membuat hidup kamu lebih tenang. Dengan hidup yang tenang, maka kebahagiaan akan ada di sekitar kamu.

Tak hanya bersyukur, masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar rasa bahagia bisa muncul dan bertahan lama di dalam diri dan pikiran. Untuk itu, berikut merupakan berbagai tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk hidup lebih tenang dan bahagia. So let’s check it out guys!

1. Selalu bersyukur

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via happierhuman.com

Seperti yang disebutkan di atas, bersyukur adalah salah satu kunci sukses untuk bisa hidup bahagia. Meski kamu memiliki kekurangan dalam hal bentuk fisik, keuangan yang tidak sesejahtera orang lain, namun kamu harus belajar untuk mensyukuri apapun yang kamu miliki saat ini. Karena faktanya, tidak ada kehidupan yang sempurna bagi manusia. Pasti akan selalu ada kekurangan, namun justru karena memiliki kekurangan itulah, sebagai manusia kamu perlu memperbanyak rasa bersyukur.

Dengan bersyukur, kamu akan selalu merasa cukup. Tidak akan dibebani rasa ingin yang berlebihan. Bersyukur itu akan membuat perasaan kamu tenang dan dijauhkan dari keinginan untuk serakah. Dengan bersyukur juga mampu mengarahkan kita untuk selalu berbuat baik dengan berbagi. Belajar bersyukur dan berterima kasih atas semua yang telah didapatkan, meski sulit namun secara perlahan kamu akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan.

2. Jangan khawatir berlebih

Cara agar dapat hidup tenang dan bahagian selanjutnya adalah dengan jangan mengkhawatirkan sesuatu dengan berlebih. Rasa khawatir yang berlebih dapat memicu stres, penyakit mental, dan sumber ketidakbahagiaan. Meski rasa takut dan khawatir itu sangat manusiawi, namun ada baiknya jangan terlalu berlebihan atau over thinking.

Rasa khawatir ini dapat menyedot energi emosional, membuat tingkat kecemasan melonjak, dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Perlu kalian ketahui, rasa khawatir akan terjadinya sesuatu, belum tentu akan menjadi kenyataan, jadi artinya pemikiran negatif itu hanya buang-buang waktu dan pastinya merugikan kalian.

3. Miliki kepercayaan diri

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via manchestereveningnews.co.uk

Rasa khawatir dan takut yang membuat kamu tidak tenang dan jauh dari rasa bahagia bisa disebabkan karena kamu tidak memiliki rasa percaya diri. Untuk dapat hidup lebih bahagia, maka kamu perlu menumbuhkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri akan membantu kamu dalam meningkatkan kualitas diri kamu, baik dalam bidang karir, asmara dan aspek kehidupan lainnya.

4. Selalu berpikiran positif

Berpikir positif memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama ketika sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Padahal jika pikiran berfokus pada hal-hal negatif yang telah terjadi di masa lalu, hidup akan bergerak ke arah yang negatif.

Maka dari itu, kamu diharuskan untuk selalu berpikiran positif, pasalnya, berpikir positif dapat memberi pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis kamu. Pola pikir yang positif juga bisa membuat kamu lebih menikmati hidup tentunya dengan rasa tenang dan bahagia.

5. Perbanyak senyum dan tawa

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via hccri.org

Biasanya seseorang akan tersenyum dikala hati sedang gembira. Namun ternyata senyuman dapat memancing rasa bahagia menghampiri walaupun kamu berada dalam posisi yang sulit. Jadi, cobalah untuk lebih sering tersenyum.

Meski beda tipis, tertawa juga menjadi obat mujarab yang bisa langsung membuat hidup kamu bahagia. Ini merupakan terapi yang dianjurkan ketika kamu selalu diselimuti kegalauan dan kegelisahan. Kamu bisa lebih sering bertemu dengan teman-teman humoris yang bisa membuat kamu tertawa. Dengan tertawa secara otomatis kegelisahan dalam hidup akan menghilang.

Apalagi menurut penelitian, ketika kita tertawa maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia. Tertawa akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja 87% lebih efektif. Jadi, dengan tertawa, kamu tidak hanya akan bahagia tapi juga hidup yang lebih sehat.

6. Sayangi diri sendiri dan jadikan prioritas

Kebahagiaan tidak akan mendatangi kamu kalau kamu tidak bisa menyayangi dan mencintai diri kamu sendiri. Ada kalanya kamu perlu memikirkan dirimu sendiri. Rawat diri kamu sebaik mungkin dan lakukan hal-hal yang membuat kamu senang. Ini merupakan salah satu cara untuk menyayangi diri sendiri. Selain itu, jadikan diri kamu prioritas. Bukan bertindak egois, namun luangkan waktu untuk memikirkan hal-hal terbaik untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum kamu mengkhawatirkan orang lain.

7. Jangan dendam

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via karoku.com

Untuk dapat hidup tenang dan bahagia, usahakan jangan menyimpan dendam pada seseorang. Meskipun orang tersebut telah menyakiti kamu secara mendalam, belajarlah untuk ikhlas dan menerimanya. Jangan menyimpan dendam apalagi berniat untuk membalasnya karena akan menghabiskan tenaga dan pikiran kamu. Suka menyimpan rasa dendam adalah sebuah penyakit hati yang membuat tidak bahagia dan justru tertekan. Untuk itu, buang jauh rasa dendam karena tidak pernah ada gunanya.

8. Jangan bawa masalah saat tidur

Tips untuk dapat hidup tenang dan bahagia selanjutnya adalah dengan jangan membawa masalah saat kamu tidur. Dikutip dari Tempo.co, sebuah penelitian di Beijing, Cina, mengatakan sebuah kenangan negatif atau buruk yang dibawa tidur membawa dampak sangat buruk untuk kesehatan, terutama kesehatan otak. Jadi, saat seseorang sedang dilanda rasa marah dan kecewa lalu membawa semua masalahnya tidur justru akan membuatnya sangat mudah stres dan teringat terus akan kenangan buruk tersebut.

9. Cukup beristirahat

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via marthastewart.com

Cara hidup bahagia lainnya yang mudah dilakukan adalah dengan beristirahat dengan cukup. Meski terlihat sepele namun cara ini sangat penting dilakukan. Pasalnya tubuh yang lelah setelah menjalani aktivitas seharian harus diistirahatkan. Dengan tidur yang cukup maka tubuh punya waktu untuk pemulihan (recovery). Waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa adalah antara 7-8 jam. Kurang tidur hanya akan membuat kamu merasa lesu dan berpeluang mengundang berbagai macam penyakit. Jika itu terjadi, dipastikan hidup kamu cenderung tidak akan bahagia.

10. Jangan larut dalam kesendirian

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Tak ada manusia yang benar-benar bisa hidup sendiri. Walaupun banyaknya masalah yang menghampiri membuat kamu nyaman dengan kesenderian dan menjadikan kamu seorang introvert, namun janganlah terlalu larut dalam kesendirian dan terjebak didalamnya. Ada kalanya kita tetap membutuhkan satu atau dua orang untuk berbagi dan bercengkrama. Kamu juga bisa mencoba merawat hewan peliharaan di rumah sebagai teman agar hidup kamu lebih berwarna.

11. Terima kenyataan saat momen pahit menghampiri

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via womengetreal.org

Selanjutnya adalah menerima kenyataan saat momen pahit menghampiri. Kamu tidak perlu berpura-pura kuat saat ditimpa kejadian yang menyedihkan. Jujurlah pada diri sendiri, kalau kamu merasa sedih hingga ingin menangis, maka menangislah. Jangan tutupi kesedihan kamu dengan senyuman dan berpura-pura kuat karena justru semakin membebanimu. Namun setelahnya, bangkitlah dan segera move on. Jangan terlarut dalam kesedihan. Karena kebahagiaan masih menanti kamu didepan sana.

12. Refleksi diri

Sekali-kali cobalah untuk melakukan refleksi diri sejauh mana kamu telah berkembang hingga titik ini. Cobalah koreksi diri sendiri, dimana kelebihan kamu dan dimana kekurangan kamu. Kelebihan dalam diri kamu hendaknya di tingkatkan dan kekurangan yang ada didiri kamu bukan untuk disesalkan. Justru perbaiki kekuranganmu agar menjadi lebih baik bahkan kamu bisa manfaatkan kekurangan kamu agar menjadi kelebihan.

13. Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain apalagi iri hati dengan milik orang lain

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via indiatvnews.com

Kamu juga tidak akan pernah merasakan bahagia jika kamu masih membandingkan diri kamu dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain justru akan membuat kamu selalu merasa kurang dengan diri kamu sendiri dan membuat kamu tidak pernah bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

Kamu harus bahagia dengan apa yang dimiliki dan tidak cemburu dengan apa yang orang lain miliki. Keserakahan, cemburu, dan iri hati tidak akan membuat hidup lebih baik. Kamu harus bahagia dengan apa yang didapatkan dalam hidup. Ingat bersyukur adalah kunci sukses untuk bahagia.

14. Terima kekurangan

Kekurangan ada dalam diri, bukan untuk disesali. Terpuruk akan kekurangan diri sendiri justru akan membuat kamu jauh dari rasa bahagia. Ingat tak ada manusia yang terlahir sempura. Semua orang pasti memiliki kekurangan dan pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi jangan terlalu fokus akan kekurangan yang kamu miliki. Terimalah apapun bentuk kekurangan yang ada pada diri kamu, karena kekurangan jika diatasi dengan baik, justru bisa menjadi daya tarik kamu sendiri.

15. Jangan ukur diri dengan bentuk tubuh

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via stylecraze.com

Bukan rahasia lagi kalau saat ini, kebanyakan orang menilai seseorang berdasarkan fisik mereka. Padahal yang terpenting adalah attitude dan inner beauty mereka. Oleh karena itu, berhentilah untuk mengukur diri dari bentuk tubuh ataupun penampilan kamu. Ini merupakan cara terbaik untuk membahagiakan diri sendiri. Sebaiknya, mulailah untuk menghargai diri sendiri dan gunakan apapun yang membuat kalian merasa nyaman, percaya diri dan bahagia.

16. Hiraukan semua komentar dari orang lain

Tips untuk hidup tenang dan bahagia selanjutnya adalah dengan menghiraukan semua komentar dari orang lain. Baik komentar buruk ataupun komentar yang bersifat untuk menyenangkan perasaan kita. Cobalah menyaring komentar orang lain yang ditujukan kepada kamu. Langkah ini bisa membuat kamu lebih bahagia karena pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang senang.

Karena tak dapat dipungkiri, kalau opini atau komentar yang keluar dari orang lain dapat membuat kita kepikiran dan akhirnya mencoba berprilaku seperti yang mereka ekspektasikan ke diri kita.

17. Jauhi orang-orang toxic

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via reductress.com

Setiap manusia memang perlu bersosialisasi untuk dapat menjalani hidup, saling berbagi pengalaman, berbagi pemikiran dan memperoleh energi positif dari kegiatan sosialisasi tersebut. Namun tidak semua orang mempunyai energi yang baik untuk kita. Terkadang ada saja orang-orang toxic yang bukannya memberikan energi positif namun justru menjerumuskan kita ke dalam hal yang negatif. Jika lingkungan sosialmu selama ini tidak membuatmu merasa lebih baik, maka jangan ragu untuk keluar dari lingkungan tersebut. Masih banyak orang-orang positif yang akan menerima kamu dan akan membuat hidup kamu lebih bahagia.

18. Gaya hidup praktis

Ada yang bilang kalau hidup itu sudah rumit, sehingga jangan menambahnya dengan pikiran-pikiran yang rumit. Untuk dapat hidup tenang dan bahagia, belajarlah untuk memulai gaya hidup yang simple dan praktis. Gaya hidup yang simple akan membuat kamu hidup lebih santai dan nyaman. Contohnya, ketika jalanan pada macet sehingga mengubah suasana hati jadi rusak dan kesal. Tidak usah memberatkan pikiran dengan mengumpat kesana-kesini, karena cukup dengan memilih kendaraan yang menjadikan semuanya lebih praktis dan tetap nyaman.

19. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Tips Mudah Untuk Hidup Tenang Dan Bahagia

photo via aleteia.org

Bukan rahasia lagi kalau berdoa kepada Tuhan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman. Tak hanya itu, kebahagiaan yang hakiki juga bisa didapatkan saat dekat dengan Tuhan. Selain itu, semakin dekat dengan Tuhan, semakin terjauhkan dari sifat- sifat negatif yang memperburuk keadaan.

20. Banyak berbagi

Siapa nih yang pernah membantu orang orang tua menyebrang jalan, tapi senangnya minta ampun? Membantu dan berbagi terhadap sesama memang memiliki dampak besar dalam menciptakan rasa bahagia. Meskipun itu hanya berbagi sepotong roti pada orang yang kelaparan atau berbagai tindakan sederhana lainnya, namun jika ditunjukan kepada orang yang benar-benar membutuhkan, maka kamu akan merasakan sensasi bahagia dalam hati kamu.

Itu dia beberapa tips mudah untuk hidup lebih tenang dan bahagia. Dengan hati yang gembira tentunya akan membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Semoga tips diatas berguna ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *