Tips Memilih Power Bank Yang Bagus dan Tahan Lama

7 bulan lalu

Saat ini memang sedang jamannya smartphone dimana hampir banyak hal bisa dilakukan menggunakan smartphone. Mulai yang standar seperti telpon dan sms hingga bermain game dan juga sebagai remote televisi. Dengan banyaknya fungsi yang ada pada smartphone, tentu saja hal ini membuat smartphone jadi semakin memerlukan banyak daya listrik atau baterai. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai smartphone yang habis adalah dengan jalan menggunakan power bank. Namun dengan semakin banyaknya power bank yang berjamuran saat ini, tentu saja akan membuat kita harus semakin jeli untuk memilih power bank yang bagus. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih power bank yang bagus dan tahan lama.

1. Sesuaikan kapasitas power bank dengan baterai

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan kapasitas antara power bank dan juga kapasitas baterai dari smartphone milikimu. Alangkah baiknya saat kamu membeli nantinya, membeli power bank dengan kapasitas daya tampung yang melebihi dari kapasitas baterai dari smartphone milikmu. Misalnya saja saat kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas baterai sebesar 4.200 mAh, sebaiknya kamu membeli power bank dengan kapasitas diatas itu. Tentu saja hal ini dikarenakan jika saat menggunakan anda menggunakan power bank diatas kapasitas baterai, tentu saja baterai smartphone milikmu akan bisa terisi penuh. Namun jika power bank milikmu memiliki kapasitas dibawah itu, tentu saja baterai smartphonemu tidak akan terisi penuh nantinya.

Photo via allegro.pl

2. Samakan arus power bank dan smartphone

Selain harus memperhatikan kapasitas dari baterai dan juga power bank, kalian juga harus mengetahui arus listrik yang ada pada power bank dan juga smartphone milik kita. Misalnya saja, apabila arus listrik yang dibutuhkan oleh baterai smartphone kita adalah 3 ampere, hendaknya kalian memilih power bank yang memiliki arus listrik yang sama ataupun lebih besar. Tentu saja jika kita memilih power bank yang memiliki arus listrik yang lebih besar, hal ini bisa membuat proses pengisian daya dari poer bank menuju smartphone jadi lebih cepat. Untuk bisa mengetahui berapa ukuran daya yang dimiliki oleh smartphone, kita bisa melihatnya di dalam kertas keterangan yang diberikan saat kita membeli baru smartphone milik kita.

 

3. Jenis sel baterai power bank

Meskipun jarang sekali terlihat, karena kebanyakan dari kita lebih fokus pada besaran kapasitas daya tampung listrik dari baterai, ternyata power bank biasanya memiliki dua jenis atau tipe sel. Yakni tipe Li-po dan Li-Ion. Tentu saja kedua tipe atau jenis baterai ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri. Namun kami sarankan jika kalian ingin membeli power bank hendaknya membeli power bank yang menggunakan tipe sel Li-Po. Hal ini tentu saja karena arus listrik yang dialirkan dari baterai Li-Po lebih bagus daripada Li-Ion yang membuat baterai smartphone milik kita jadi lebih tahan lama.

4. Keamanan power bank

Karena kita megisi daya baterai smartphone tidak menggunakan arus listrik langsung, melainkan dengan menggunakan power bank, tentu saja kita harus memperhatikan keamanan dari power bank milik kita agar smartphone yang kita miliki tidak cepat rusak. Adapaun beberapa fitur keamanan yang kita perlukan pada power bank adalah, Over Charging Protection dan Short Circuit Protection. Dengan adanya dua perlindungan keamanan pada power bank tersebut, tentu saja akan mengurangi resiko terjadi korsleting ataupun arus pendek pada smartphone saat kita mengisi dayanya menggunakan power bank. Selain itu dengan adanya fitur tersebut, akan membuat arus daya power bank terputus secara otomatis saat baterai smartphone sudah terisi penuh.

Tips memilih power bank yang bagus dan tahan lama

Photo via livemint.com

5. Selektif memilih merek dan keaslian

Tentu saja yang namanya harga sesuai dengan kualitasnya. Kalian pasti sudah mengenal beberapa merek-merek power bank yang memiliki kualitas yang bagus dan juga diatas rata-rata. Yang kalain butuhkan nantinya cukup memilih power bank dengan merek yang telah terpercaya dan juga memilih power bank yang asli dari merek tersebut. Hal itu karena saat ini ada banyak sekali merek power bank yang dipalsukan alias versi KW. Tentu saja untuk power bank KW atau palsu ada kemungkinan membuat smartphone milikmu lebih cepat mengalami kerusakan.

6. Menentukan budget

Saat ini ada banyak sekali power bank yang beredar di pasaran dengan berbai merek yang dimiliknya, mulai dari yang murah hingga yang mmahal. Buat kamu yang ingin membeli salah satunya, hendaknya sejak awal kalian tentukan budget yang kamu miliki yang bisa kamu keluarkan untuk membeli power bank yang satu ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih selektif nantinya untuk memilih ukuran dan juga merek power bank yang ingin kamu beli.

7. Port USB

Saat ini ada banyak sekali power bank yang beredar termasuk dengan berbagai port yang digunakan oleh masing-masing power bank tersebut. Nah, buat kamu yang ingin membeli power bank sebaiknya kalian memilih power bank yang memiliki port USB yang sesuai dengan smartphone milikmu. Contohnya saja salah satu jenis power bank saat ini yang memberikan 2 buah port USB. Tentu saja dengan adanya dua port ini dapat membuatmu menggunakan power bank ini untuk mengisi daya dua smartphone secara sekaligus.

8. Garansi

Hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah bagian garansi produk. Masing-masing power bank yang kalian beli nantinya, hendaknya telah dilengkapi dengan bukti kartu garansi. Dengan adanya lembaran surat tersebut akan membantu kita untuk bisa lebih percaya dan nyaman untuk menggunakan power bank ini. Dan apabila terjadi sesuatu pada power bank milik kita, tentu saja kita bisa menggunakan claim garansi tersebut.

9. Memiliki Indikator

Power bank yang bagus adalah power bank yang memiliki layar indikator yang tersemat dalam power bank tersebut. Tentu saja dengan adanya layar indikator ini, kamu bisa menggunakannya sebagai penentu apakah power bank milikmu telah terisi daya dan seberapa banyak daya yang telah tersimpan pada power bank tersebut.

10. Sertifikasi

Bukan hanya helm saja yang memiliki sertifikasi SNI, power bank pun ada jenis sertifikasinya. Untuk bisa mendapat power bank yang bagus, sebaiknya kalian mengecek power bank yang ingin kalian beli, apakah telah memiliki sertifikasi standar CE atau FCC didalamnya. Beberapa poduk power bank yang telah mendapat sertifikat CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission) tersebut telah memiliki sebuah jaminan keamanan untuk bisa digunakan didalam pesawat ataupun pada mode transportasi umum lainnya. Intinya, kalian harus memilih powerbank yang telah memiliki sertifikasi lantara dengan adanya sertifikasi, itu artinya

11. Fitur tambahan

Untuk menarik para pembeli, para produsen power bank saat ini sedang berlomba-lomba dalam membuat power bank dengan berbagai fungsionalitas tambahan didalamnya. Contoh saja seperti senter, radio, flashdisk hingga kipas angin mini juga disertakan dalam power bak ini. Namun tentu saja kita harus selalu ingat pada fungsi utama dari power bank yang kita inginkan yakni hanya untuk media pengisian daya saja. Apabila fungsi-fungsi tambahan tersebut dirasa sudah ada pada smartphone, alangkah baiknya apabila fungsi tersebut tidak digunakan kembali.

12. Perbandingan harga

Tentu saja yang namanya harga, biasanya menentukan kualitas dari suatu barang. Semakin tinggi kualitas sebuah barang, biasanya memiliki harga yang cukup mahal pula. Oleh karenanyam, kalian harus bisa membanding-bandingkan power bank sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang kalian miliki. Tentu saja kalian haruys memperhatikan kualitas dari barang yang kamu beli sehingga kalian tidak akan menyesal memberi barang tersebut.

Nah itu dia guys tips untuk membeli power bank yang bagus dan tahan lama, jadi kalian bisa membeli power bank yang cocok untuk smarphone mu.

Baca Juga