Di Rumah Aja? Ini Lho Tips Untuk Mengusir Kebosanan Kamu

1 minggu lalu, by blogunik

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

0

Terbiasa menjadi orang yang aktif berkegiatan di luar rumah, tentu membuat sebagian besar orang merasa bosan ketika harus berdiam diri dirumah seharian. Apalagi saat ini, pemerintah menghimbau masyarakatnya agar tetap dirumah saja demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas. Seperti yang kita tahu, saat ini pandemi virus corona yang semakin tak terkendali mengharuskan kita untuk berada dirumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah sebisa mungkin.

Namun tak bisa dipungkiri, berhari-hari menghabiskan waktu dirumah, pasti semua orang akan merasa mati kebosanan. Apalagi bagi mereka yang aktif berkegiatan di luar rumah, nggak kebayang deh bagaimana bosannya ketika harus berdiam diri dirumah berhari-hari.

Tapi nggak usah khawatir guys, pasalnya kali ini, Blog Unik akan berbagi beberapa tips dan cara menyenangkan untuk mengusir rasa bosan ketika kamu berada dirumah. Kira-kira seperti apa? Let’s check it out guys!

1. Menonton film

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via business.time.com

Ketika harus di rumah aja, menonton film terbaru atau film favorit adalah pilihan yang tepat. Kamu tidak akan merasa bosan saat dihadapkan dengan film favorit yang kamu suka, apalagi paras para pemain yang dapat membuat matamu segar kembali. Waktu yang terasa panjang dan membosankanpun menjadi tidak terasa karena kamu habiskan dengan menonton film yang kamu suka.

2. Bermain game

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via cricketmedia.com

Bermain game dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengusir rasa bosan ketika harus di rumah saja. Kamu dapat bermain game dengan kakak, adik ataupun dengan orang tua kamu. Ada berbagai game yang dapat kamu mainkan dirumah, mulai dari game online, bermain game monopoly, bermain kartu uno atau remi hingga bermain susunan balok yang disebut jenga game.

3. Bermain TikTok

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via manado.tribunnews.com

Saat ini aplikasi TikTok sedang trend, nggak ada salahnya kamu bermain TikTok untuk mengusir kebosanan saat harus berdiam diri dirumah. Kamu bisa membuat gerakan-gerakan lucu yang unik atau mengedit sebuah video pendek untuk di posting ke dalam akun TikTok kamu.

4. Bermain alat musik

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via kidzapp.com

Buat kamu yang memiliki hobi bermain alat musik nggak ada salahnya meramaikan suasana dirumah dengan permainan musik yang kamu kuasai. Mau itu bermain gitar, piano, biola, saxophone ataupun harmonika, bermain didepan anggota keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Anggota keluargapun pasti akan terhibur dengan permainan musik yang kamu tunjukkan.

5. Mendengarkan musik

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via bbva.com

Selain bermain musik, buat kamu yang hanya penikmat musik, bisa mengisi kebosanan dirumah dengan mendengarkan musik favorit kamu. Mau itu sambil rebahan, sambil bekerja di rumah atau melakukan kegiatan lain dirumah, kamu bisa memutar lagu-lagu dari penyanyi favorit kamu untuk membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

6. Karaokean

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via thespruce.com

Cara menyenangkan untuk mengusir rasa bosan berikutnya adalah bernyanyi atau karaokean dengan anggota keluargamu. Kalau tidak ada alat-alat karaoke dirumah, kamu bisa menggunakan aplikasi Smule atau WeSing yang diinstal di smarphone kamu dapat karaokean bersama keluarga dirumah. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir rasa bosan dan menghabiskan waktu dengan cara menyenangkan.

7. Membuat camilan atau membuat eksperimen masakan

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via positivehealthwellness.com

Bagi yang suka masak, seharunya nggak ada alasan untuk merasa bosan dirumah berhari-hari. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat camilan lezat atau mencoba resep-resep masakan terbaru. Kamu bisa memasak bersama ibu, adik ataupun kakak perempuanmu, memasak bersama orang-orang tersayang tentu akan lebih menyenangkan.

8. Perawatan diri

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via happybodyformula.com

Selama ini kamu merasa kurang memiliki waktu untuk memanjakan diri karena aktivitas pekerjaan yang begitu padat. Jadi jangan biarkan waktu dirumahmu menjadi membosankan, kamu bisa melakukan perawatan diri dirumah dengan luluran, maskeran, hingga melakukan home spa. Kamu bisa meminta bantuan adik ataupun kakakmu untuk memberikan pijatan diarea yang tidak bisa kamu gapai. Kamu dan anggota keluargapun dapat saling membantu untuk memberikan pijatan sekedar untuk memanjakan diri dan menghilangkan rasa bosan ketika harus di rumah aja.

9. Bersih-bersih dan menata ulang rumah

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via deco.journaldesfemmes.fr

Cara untuk mengusir rasa bosan ketika harus dirumah berhari-hari selanjutnya adalah dengan membersihkan rumah serta mendekorasi ulang rumah bersama anggota keluarga. Kegiatan ini akan menjadi sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Kamu akan mendapati rumahmu semakin bersih dan tertata, waktupun akan terasa cepat berlalu dengan melakukan kegiatan ini, sehingga kamu tidak merasakan bosan selama berada dirumah.

10. Cover dance

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via youtube.com (aliciawu4u)

Buat kamu yang nggak bisa diem dan punya hobi ngedance, hari-harimu dirumah nggak akan pernah membosankan jika kamu menggunakan waktumu untuk membuat cover dance. Kamu bisa mengcover dance-dance dari idol Korea favorit kamu atau lagu-lagu lainnya. Kegiatan satu ini akan sangat menyenangkan bahkan kamu bisa sekaligus berolahraga dengan melakukan kegiatan ini.

11. Olahraga

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via womenshealthmag.com

Menghabiskan waktu dirumah apalagi sampai berhari-hari, memang beresiko membuat berat badan kian meningkat. Apalagi kalau kerjaan dirumah hanya makan dan tiduran, nggak heran deh berat badan naik beberapa kg. Untuk menyiasatinya, selipkan kegiatan olahraga ringan disela kegiatan santaimu dirumah. Dengan berolahraga kamu bisa tetap menjaga berat badan idealmu dan menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Tak hanya itu, berolahraga juga dapat mengusir rasa bosanmu ketika harus berada dirumah seharian atau berhari-hari.

12. Meditasi

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via 101yogastudio.com

Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan meditasi sebagai cara mengusir kebosanan saat di rumah aja. Meditasi adalah latihan untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks. Ada banyak manfaat kesehatan dari bermeditasi yang bisa kamu dapatkan seperti mengurangi stres, mengontrol rasa cemas, meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak hingga menjaga kekebalan dan sistem imun tubuh.

13. Quality time sama keluarga

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via cbc.ca

Karena pandemi virus corona, pemerintah menghinbau kita agar di rumah aja demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk melakukan quality time dengan keluarga. Jarang-jarang kan kamu dan keluarga dapat berkumpul bersama? Kamu dan keluargamu dapat berkumpul bersama, bercakap-cakap dan bersenda gurau. Dengan begitu tidak akan ada kata membosankan ketika harus dirumah seharian.

14. Menyalurkan hobi

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via sydneycommunitycollege.edu.au

Sebenarnya tidak ada alasan yang bisa membuatmu merasa bosan ketika dirumah, karena memiliki waktu yang banyak dirumah membuatmu dapat menyalurkan hobimu yang tertunda karena kesibukkanmu selama ini. Kamu bisa menggambar atau melukis, menulis cerita fiksi, membaca buku, bermain musik, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya sesuai hobi masing-masing. Dapat menyalurkan hobi tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengusir rasa bosan ketika harus dirumah saja selama berhari-hari.

15. Chatting atau video call dengan teman-teman

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via cnet.com

Berkumpul dan mengobrol dengan teman-teman memang kegiatan yang menyenangkan dan dapat membuat beban pikiran sedikit terlupakan, namun ketika harus dirumah aja, kamu tetap bisa melakukannya kok. Jangn lupakan kecanggihan internet dan smartphonemu saat ini. Kamu bisa tetap mengobrol dan berkumpul dengan temanmu melalui video call, dengan begitu hari-harimu dirumah tidak akan terasa membosankan.

16. Mencoba trik makeup terbaru

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via eyesite.co.uk

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mengusir rasa bosan, salah satunya dengan mencoba trik makeup terbaru. Kamu bisa mencari tutorial makeup ataupun trik makeup di YouTube dan mempraktekannya sendiri pada wajahmu ataupun pada wajah saudara perempuanmu. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan, selain kamu mendapat ilmu baru dalam bermakeup, kamupun tidak akan merasa kebosanan ketika harus di rumah aja.

17. Membuat konten YouTube

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via adamsacademy.com

Ketika sekolah diliburkan dan para pegawai dirumahkan, orang-orang menjadi memiliki banyak waktu luang dirumah. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk membuat hal-hal yang positif seperti membuat konten YouTube. Kamu bisa membuat daily vlog yaitu kegiatanmu selama dirumah seharian, kamu juga bisa membuat konten tentang masak-memasak dan berbagi resep dengan yang lainnya. Dengan begitu, waktumu dirumah tidak akan terasa membosankan, justru waktumu dirumah dapat mendatangkan rejeki, jika kamu manfaatkan dengan tepat.

18. Menonton video di YouTube

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via learn.g2.com

Jika kamu masih belum berani membuat konten YouTube, kamu juga bisa menonton berbagai video menarik yang ada di YouTube untuk mengusir rasa bosan ketika di rumah aja. Ada berbagai video lucu yang menarik yang bisa kamu tonton di YouTube, hari-harimu dirumah, tidak akan terasa membosankan jika kamu menemukan video yang menarik.

19. Membuat kerajinan tangan

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via quanjing.com

Cara mengusir kebosanan ketika harus dirumah aja selanjutnya adalah dengan membuat kerajinan tangan. Buat kamu yang memiliki kreatifitas dibidang kerajinan tangan, manfaatkan waktu luangmu yang banyak dirumah untuk membuat kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat. Siapa tahu, kerajinan tangan yang kamu buat bisa dijual sehingga menambah penghasilanmu.

20. Berkebun

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via familytimemagazine.com

Tidak bisa keluar rumah, dan harus dirumah aja membuat kita merasa jenuh, tidak bisa cuci mata dan refreshing. Salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh dan bosan ketika dirumah adalah dengan berkebun. Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk membuat taman kecil di pekarangan rumah atau di rooftop. Kamu bisa menanam tanaman sesuai yang kamu suka, mulai dari tanaman bunga, buah hingga sayur-sayuran. Selain positif, kegiatan ini juga dapat membunuh rasa bosan ketika harus berdiam diri dirumah.

21. Mencari pekerjaan online

Di-Rumah-Aja,-Ini-Lho-Tips-Untuk-Mengusir-Kebosanan-Kamu

photo via careeraddict.com

Ketika perkuliahan atau perkantoran diliburkan, jangan khawatir guys. Kamu bisa mencari kegiatan yang bermanfat untuk mengisi kekosongan waktumu. Salah satunya adalah mencari pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah secara online, seperti menjadi penulis artikel untuk konten web. Dengan begitu, hari-harimu dirumah tidak akan terasa membosankan dan kamupun dapat penghasilan tambahan.

Nah itulah beberapa tips dan cara ampuh serta menyenangkan untuk mengusir kebosanan ketika harus dirumah aja. Ingat guys, manfaatkan waktu berhargamu dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

0
Artikel Terkait