Perkenalkan Ini Dia Ubay, Sang Vokalis Baru Grup Band Nidji

7 bulan lalu

Salah satu band besar Tanah Air, Nidji sejak setahun terakhir memang jarang terlihat di layar televisi. Namun kini Nidji kembali hadir dengan nuansa yang baru. Yup melalui konfrensi pers, Nidji mengumumkan secara resmi vokalis terbarunya yakni Muhammad Yusuf Nur Ubay atau Ubay, setelah Giring Ganesha memutuskan terjun ke dunia politik.

Terpilihnya Ubay menjadi vokalis menggantikan Giring tentu saja melalui berbagai tantangan. Ubay dipilih dari sekitar dua ribu peserta yang mengikuti audisi vokalis baru Nidji bertajuk ‘#mimpiadalahkunci2019.’CEO Musica Studio, Indrawati Widjaja alias Acin mengatakan bahwa Muhammad Yusuf Nur Ubay terpilih karena jalan Tuhan ke tubuh Nidji.

Pihak Nidji dan Musica Studio memilih Ubay karena memiliki karakter yang khas yang dirasa mampu memberikan warna baru pada aliran musik Nidji yang telah identik dengan suara khas seorang Giring. Dengan karakter suara Ubay yang berbeda dengan Giring diharapkan bisa memberi warna baru. Rama mengatakan, Ubay tidak menggantikan posisi Giring dan Nidji tidak meminta penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014 itu mirip seperti Giring.

Perkenalan Ubay sebagai vokalis baru Nidji dibarengi perilisan lagu berjudul Segitiga Cinta. Lagu itu ditulis dan diciptakan Andi Ariel Harsya (gitaris) yang nantinya bakal jadi salah satu pengisi lagu tema film Antologi Rasa. Ubay langsung didapuk untuk mengisi vokal di lagu yang telah digarap sejak Desember itu.

Nah guys, buat kalian yang masih penasaran siapa sosok Ubay yang sebenarnya? Berikut beberapa fakta seputar Ubay yang terpilih untuk meneruskan langkah band yang mempopulerkan lagu Laskar Pelangi di Industri Musik Tanah Air.

1. Sosok Ubay

photo via : /www.instagram.com/nidjiofficial

Nama lengkap Ubay adalah Muhammad Yusuf Nur Ubay. Vokalis terbaru Nidji merupakan sosok penyanyi yang masih terbilang muda. Usianya kini baru menginjak 22 tahun. Ubay lahir di Magelang 29 Maret 1996. Kehadiran Ubay di tengah-tengah grup band Nidji sepetinya dapat memberikan jiwa muda di antara personel-personel lainnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

2. Sempat menjadi kontestan Indonesian Idol

photo via : http://www.olahwarta.com

Ubay yang baru berumur 22 tahun ini ternyata pernah mengikuti audisi Indonesian Idol lho! Ia menjadi kontestan di Indonesian Idol di musim kedelapan tepatnya tahun 2014 lalu. Ubay menjadi salah satu peserta yang mengikuti audisi di Kota Yogyakarta. Sempat tersisih di babak 15 besar, Ubay akhirnya mendapatkan wildcard hingga mampu melenggang ke babak berikutnya. Sayangnya, perjalanan Ubay di panggung Indonesian Idol harus terhenti di babak 5 besar.

Ketika mengikuti ajang Indonesian Idol, usia Ubay pun masih begitu belia. Saat itu, Ubay yang masih menjadi siswa SMA Negeri 14 Semarang baru berusia 18 tahun. Kendati demikian, kebolehan Ubay dalam bermusik tak perlu diragukan lagi.

3. Pandai memainkan Saxophone

photo via : /www.instagram.com/yusufubay29

Bukan hanya pandai menyanyi, sosok Ubay juga pandai memainkan alat musik seperti Saxophone. Kepandaiannya memainkan Saxophone sempat ia tunjukan di panggung Indonesian Idol. Ia mampu memadukan kualitas vokal dengan permainan seksofonnya sehingga menjadi penampilan yang memukau. Atas kelebihan ini, Ubay kerap mendapatkan pujian dari para juri.

4. Telah memiliki 2 single

photo via : www.instagram.com/yusufubay29

Ubay bukanlah sosok yang asing di jagad musik Indonesia. Pada awal tahun 2015, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu telah mengeluarkan single pertamanya dan disusul pada September di tahun berikutnya, ia kembali lagi meluncurkan single berikutnya. Single pertama yang bertajuk Falling In Love pada Februari 2015. Sedangkan single kedua berjudul Number One Girl, diluncurkan pada September 2016.

5. Melewati Audisi panjang untuk bergabung bersama Nidji

photo via : /www.instagram.com/nidjiofficial

Untuk menjadi vokalis band Nidji, tentunya perjuangan yang Ubay lakukan tak semudah yang kita bayangkan. Penentuan Ubay setelah melewati audisi yang digelar selama sebulan penuh, dari 19 Desember 2018 hingga 19 Januari 2019. Meskipun demikian, kini Ubay pun telah resmi menjadi vokalis dalam band yang sudah berkarya selama 17 tahun tersebut.

6. Bukan pengganti Giring

photo via : entertainment.kompas.com

Ubay sebagai vokalis baru Nidji, disebut bukan sebagai pengganti Giring, namun meneruskan perjalanan Giring sebagai vokalis Nidji. Walaupun akan banyak komentar negatif, namun Rama sekalu gitaris mengaku siap menghadapi komentar-komentar tersebut. Sementara itu Ubay mengaku memiliki beban besar dalam menjaga nama baik Nidji, namun Ubay pastikan dirinya akan memberikan yang terbaik bagi band yang sudah berdiri sejak 17 tahun lalu tersebut.

7. Tak kesulitan dalam menyanyikan lagu-lagu Nidji

photo via : www.instagram.com/yusufubay29

Didapuk sebagai vokalis baru, Ubay mengaku tak mengalami kesulitan dalam menyanyikan lagu-lagu Nidji. Namun Ubay mengatakan masih ingin mempelajari lebih dalam terkait lagu-lagu yang akan dibawakannya bersama Nidji.

8. Mengidolakan band Nidji sejak SD

photo via : http://manado.tribunnews.com

Ubay mengaku bersyukur dapat terpilih menjadi vokalis penerus dari band yang telah diidolakannya sejak duduk di bangku SD. Bahkan dirinya masih tak percaya dan menganggap semua ini masih mimpi. Ia mengaku sudah memiliki grup band sejak kecil yang dinamakan Spektrum, dan dirinya memegang keyboard. Ia memilih nama Spektrum karena artinya tak jauh berbeda dengan lagu yang dinyanyikan Nidji yaitu Pelangi. Bahkan lagu yang pertama dinyanyikan Ubay adalah lagu Hapus Aku.

Sementara itu, Nidji telah menyiapkan tampilan perdana mereka bersama sang vokalis baru Ubay, sekaligus penampilan terakhir bareng Giring lewat pertunjukan di Love Fest Vol. 3 yang akan diadakan besok, Jumat, 8 Februari 2019 di JCC Plennary Hall Jakarta, 8 Februari 2019. Pertunjukan itu diberi nama ‘Hello x Goodbye,’ yang bercerita mengenai persahabatan dan perpisahan. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Nah buat yang pengen tau langsung seperti apa volalis baru Nidji sekaligus ikut memeriahi aksi panggung terakhir Giring, kamu bisa dapatkan tiketnya di @berlianentertainment. Buruan guys sebelum kehabisan!

Baca Juga