Ngemil Snack VS Ngemil Buah Dan Sayuran, Berikut Untung Ruginya

    Gaya Hidup, Kesehatan, Info

Kegiatan ngemil disela-sela aktifitas harian memang menyenangkan dan telah menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi sebagian besar penduduk bumi ini. Apalagi kegiatan ngemil ini bertujuan untuk menghilangkan ketegangan saat bekerja dan mengurangi kejenuhan pada situasi pekerjaan yang monoton.

Menurut pakar kesehatan ngemil memiliki dampak positif bagi kesehatan, dan ada pula sebagian para pakar yang menyatakan kalau Ngemil menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Ada sebagian para pakar kesehatan yang menyatakan kalau aktifitas Ngemil sangat bermanfaat dalam menyuplai glukose pada proses metabolisme, sebelum menu makan utama. Kalian yang memiliki aktifitas pekerjaan yang menggunakan gerakan fisik seperti perkerja pabrik, montir atau para pekerja lapangan, kegiatan ngemil adalah sesuatu hal yang bagus untuk kesehatan kalian. Namun sebaliknya, jika kalian bekerja dibalik layar komputer sebaiknya membatasi aktifitas ngemil.

Sementara itu ada juga yang mengatakan kalau ngemil memiliki dampak negatif bagi kesehatan, terutama masalah Obesitas. Karena banyak orang yang melakukan aktifitas ngemil, tanpa memperhatikan kadar kalori pada makanan yang dipakai untuk ngemil. Sehingga kandungan kalori pada makanan yang digunakan untuk ngemil melebihi kalori makanan utama. Hal itulah yang menyebabkan obesitas pada sebagian orang.

Dari dua pernyataan positif dan negatif tentang ngemil tersebut, kita bisa mengetahui kalau kegiatan ngemil itu sah-sah saja dilakukan asalkan makanan yang digunakan untuk ngemil harus memiliki kadar kalori rendah, tapi tinggi protein, sebagai pengganti kalori. seperti makanan yang terbuat dari olahan kacang kedelai dan buah buahan. Memang sih untuk ngemil sehat itu perlu budget yang lebih, karena sehat itu mahal.

Mungkin karena hal itulah banyak orang yang beralih kepada makanan ringan seperti, keripik, potato chips, dan snack lainnya yang lebih murah untuk dijadikan bahan cemilan daripada memilih buah-buahan atau sayur-sayuran yang harganya lumayan menguras kantong jika untuk dikonsumsi setiap hari. Maka dari itu, sepertinya kalian perlu tahu apa saja Untung Dan Rugi Ngemil Snack VS Ngemil Buah bagi kehidupan kalian. Berikut ulasannya.

photo via : www.cheatsheet.com

Untungnya Ngemil Snack

1. Harga murah

Tak bisa dipungkiri kalau makanan ringan memang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari sebagian orang. Harganya yang murah dan rasa yang enak membuatnya selalu di buru oleh setiap orang. Bayangkan saja dengan uang 5 ribuan kita sudah bisa mendapatkan 10 bungkus makanan ringan yang harganya 500 rupiah yang banyak dijual di warung-warung terdekat di rumah kamu.

2. Rasa lezat

Selain harganya murah, snack-snack ini juga memiliki rasa yang enak dan mampu membuat orang-orang ketagihan untuk memakannya. Dari rasa asin, manis, pedas, gurih bisa kalian dapatkan dalam sebungkus snack. Tak bisa dipungkiri jika rasa lezat dari snack-snack ini bisa menghilangkan kejenuhan kalian saat sedang bekerja.

3. Mudah di cari

Seperti yang kita tahu, setiap warung, toko, hingga supermarket, semuanya pasti menjual yang namanya snack dalam berbagai merek, rasa hingga harga. Jadi sangat mudah untuk mencari makanan-makanan ringan favorit di sekitar tempat tinggal, hingga lingkungan sekolah dan tempat kerja kamu. Bahkan kantin sekolah hingga kantor juga menjual makanan-makanan ringan ini. Bisa dikatakan, sejauh mata memandang, snack-snack ini selalu muncul dan menggoda iman.

4. Tahan lama

Salah satu alasan kenapa makanan ringan ini selalu menjadi pilihan orang untuk menu cemilan adalah karena makanan ringan ini tahan lama. Kebanyakan orang biasanya akan membungkus dan meyimpan kembali snack yang mereka makan saat tidak habis dimakan saat itu. Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat tanggal tua atau kondisi dompet sudah menipis. Snack yang memang tahan lama ini bisa mereka cemil kembali keesokan harinya. Dan hal itu sekaligus menghemat pengeluaran mereka untuk keperluan snack.

photo via : http://soonerorlighter.bangordailynews.com

Ruginya Ngemil Snack

Seperti yang kita tahu bahwa di dalam cemilan tidak terkandung nutrisi apapun yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikatakan snack atau makanan ringan yang kamu makan hanya memuaskan mata dan lidah kamu saja, namun tak memberikan dampak positif pada tubuh. Justru makanan ringan yang kamu konsumsi setiap hari diwaktu luang itu membawa dampak buruk bagi kesehatan kamu. Pasalnya makanan-makanan ringan itu mengandung zat aditif yang merugikan tubuh seperti, zat pewarna makanan, pemanis buatan hingga pengawet makanan yang tak baik dikonsumsi terus-menerus. Berikut dampak negatif yang diakibatkan oleh kebiasaan ngemil snack alias makanan ringan.

1. Obesitas

Makanan ringan memang banyak mengandung zat aditif yang mampu memicu rasa lapar pada setiap orang yang mengkonsumsinya. Rasa lapar inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk terus makan. Selain itu, walaupun dinamakan makanan ringan, tapi coba lihat jumlah kalori yang terkandung pada cemilan kamu. Biasanya sekitar 300-400 kalori terdapat dalam satu makanan ringan. Sedangkan kebutuhan kalori setiap harinya hanya 2000 kalori untuk semua yang kita makan seharian penuh. Bisa dibayangkan jika kita memakan 3 bungkus makanan ringan dalam sehari, berapa kalori yang mengendap ditubuh kita? Kelebihan berat badan akan menjadi efek samping tentunya.

2. Diabetes Tipe 2

Makanan ringan banyak menggunakan tepung dan pemanis buatan. Tepung sendiri merupakan karbohidrat yang akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Jika mengonsumsi makanan ringan dengan jumlah banyak memungkinkan akan meningginya gula dalam darah dan menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Kolesterol

Yang punya hobi ngemil gorengan, sebaiknya kalian ubah kebiasaan kalian satu ini. Sebab minyak trans yang dikandung didalam gorengan bisa membuat kalian terkena kolesterol. Minyak trans yang mengandung kolesterol jahat atau LDL lah yang memicu penyakit kolesterol dalam tubuh. LDL inilah yang nantinya akan menurunkan kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh atau HDL.

4. Sakit Gigi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, makanan ringan mengandung gula yang amat tinggi. Kandungan gula yang amat tinggi akan memicu munculnya zat asam di dalam mulut, zat asam inilah yang nantinya akan mengikis lapisan email gigi dan melubanginya sehingga membuat gigi kalian bermasalah atau sakit gigi.

5. Alergi

Kandungan pewarna, pemanis, maupun perasa buatan yang ada pada makanan dan minuman ringan tidak semuanya dapat diterima oleh tubuh kamu. Beberapa kasus, alergi pada pewarna makanan dapat memicu lidah melepuh dan tenggorokan terasa gatal serta sakit

6. Penyebab Hiperaktif pada Anak

Khusus bagi orang tua yang kewalahan dengan tingkah Hiperaktif anak-anak, mungkin kalian bisa mengatasinya dengan membatasi makanan maupun minuman ringan untuk buah hati. Sebab pewarna, pemanis, maupun penyedap rasa buatan yang dikandung pada makanan maupun minuman ringan dapat memicu anak menjadi Hiperaktif.

7. Darah Tinggi

Salah satu penyebab penyakit darah tinggi adalah seringnya makan makanan dengan kandungan sodium yang tinggi. Bahaya ngemil bagi kesehatan disini adalah kandungan sodium tinggi yang ada di dalamnya yang pastinya juga akan memicu penyakit darah tinggi.

8. Jantung dan stroke

Bahaya ngemil bagi kesehatan selanjutnya terhubung dengan kandungan kolestrol jahat beserta sodium yang ada pada snack makanan ringan. Kolesterol dan darah tinggi pastinya akan memicu jenis penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Jantung dan stroke akan muncul seiring dengan kebiasaan ngemil yang tidak dibatasi.

9. Depresi

MSG terkenal memiliki efek membuat seseorang mudah galau. Jadi, ketika kamu sering galau dan murung, mungkin salah satunya adalah kamu terlalu banyak mengkonsumsi MSG. Gak mau kan dibilang generasi micin?

10. Jerawat

Bahaya ngemil bagi kesehatan disini terkait dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yang ada pada makanan maupun minuman ringan. Nah, karbohidrat inilah yang memicu munculnya jerawat di muka.

 

photo via : nutrishmish.com

Untungnya Ngemil Buah-buahan Dan Sayur-sayuran

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah dan sayur bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Buah dan sayur bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, bahkan menangkal penyakit. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diberikan oleh buah dan sayur ketika kalian memilih untuk ngemil buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari.

1. Meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak

Semakin bertambah usia, kemampuan mengingat seseorang biasanya juga akan berkurang, tak heran jika banyak orang tua yang mengalami kepikunan. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasi dengan mengemil buah-buahan yang mengandung antioksidan flavonoid bernama anthocyanin bisa membantu kamu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia serta penyakit serius seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Anthocyanins sangat mudah ditemukan dari warna merah atau biru buah-buahan seperti berry, blueberry, strawberry, terung, atau kubis merah. Selain itu antioksidan juga dapat memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.

2. Membantu melancarkan BAB setiap hari

Tingginya serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan kelancaran proses metabolisme tubuh. Dengan begitu proses buang air besarpun menjadi mudah. Kotoran yang keluar tidak keras dan tubuhpun menjadi sehat. Selain itu, konsumsi buah dan sayur dengan porsi yang sesuai dapat menghindarkan dan mengobati dari penyakit wasir.

3. Membuat tubuh menjadi lebih segar dan energik

Seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Vitamin bersama enzim berperam dalam reaksi kimia yang penting untuk fungsi tubuh, termasuk produksi energi. Mineral diperlukan untuk menyusun komposisi tulang, darah dan pemeliharaan fungsi sel tubuh. Karena itu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari dengan porsi yang sesuai baik dibuat cemilan ataupun sebagai makanan pagi, siang atau malam, kita akan merasa lebih segar dan energik.

4. Berat badan terkontrol

Buah dan sayur kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang dan dapat menunda waktu makan kita atau bahkan mengurangi porsi makan yang berlebih. kalori yang terkandung dalam buah dan sayur itu sendiri rendah dan bebas dari lemak jahat yang membahayakan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari, maka asupan kalori akan berkurang sehingga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Hal itu terjadi ketika jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dibanding kalori yang keluar atau kita gunakan untuk beraktifitas. Maka dari itu, berat badan kita bisa terus terkontrol.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah buahan dan sayur sayuran lainnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan pada buah dan sayur memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini yang akan menjaga tubuh tetap sehat dan fit serta tidak gampang sakit.

6. Menurunkan kolesterol

Buah-buahan yang mengandung serat diet juga baik untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, serat dalam buah juga membantu pergerakan sistem pencernaan, membuat kamu cepat kenyang, dan melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengkonsumsi buah seperti pear atau sayuran bayam dan labu untuk mengurangi kolesterol sebagai menu cemilan kamu.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Untuk mempunyai tulang yang kuat gak selalu harus minum susu loh! Buah dan sayuran juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk membuat tulang dan gigi kamu kuat. Untuk itu kamu bisa mengganti makanan ringan kamu menjadi sayuran seperti bayam, kale, dan sayuran lobak. Sayuran tersebut mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

8. Menurunkan tekanan darah

Kalau kamu punya tekanan darah tinggi, maka cemilan berupa buah pisang sangat cocok untuk kamu. Pasalnya buah-buahan seperti pisang yang kaya potasium bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah. Beberapa buah lain yang mengandung banyak potasium dan bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah adalah kentang, jus wortel, bit, dan lainnya.

9. Melindungi dari alergi

Ngemil buah apel setiap hari ternyata dapat membuat paru-paru kalian bekerja dengan baik loh! Namun pastikan kalian memakan buah apel langsung dengan kulitnya yang telah dicuci bersih. kulit apel mengandung antioksidan yang memiliki antihistamine. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang makan lima apel seminggu sekaligus kulitnya memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dan lebih terlindungi dari alergi.

10. Menghindarkan penyakit kolagen

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur apalagi digunakan sebagai cemilan dapat membuat kulit kalian terjaga kesehatannya dan terhindar dari namanya penyakit kolagen. Penyakit kolagen sendiri dapat menyebabkan kekakuan kulit hingga mengeras, bahkan bisa merusak sendi-sendi.

11. Membuat lebih bahagia

Penelitian yang dilakukan oleh University of Queensland mengatakan bahwa mengkonsumsi delapan porsi buah dan sayuran sehari tidak saja meningkatkan kesehatan fisik namun juga meningkatkan kesejahteraan jiwa. Vitamin C merupakan faktor penting dalam produksi dopamin, dimana dopamin merupakan neurotransmitter yang mendasari motivasi dan mempromosikan keterlibatan. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran telah terbukti mengurangi peradangan tubuh dan mampu melindungi seseorang terhadap depresi.

photo via : superfoodsrx.com

Ruginya Ngemil Buah-buahan Dan Sayur-sayuran

1. Harga tak semurah makanan ringan

Seperti yang kita tahu, buah-buahan dan sayuran tak ada yang bisa kita beli dengan harga 500 rupiah. Berbeda dengan makanan ringan yang bisa kita dapatkan dengan harga 500 rupiah per bungkusnya. Bahkan buah apel perbijinya saja dihargai 5ribu rupiah. Mungkin karena itu orang-orang lebih banyak beralih ke makanan ringan daripada buah-buahan.

2. Rasa yang monoton

Tak seperti makanan ringan yang memiliki berbagai rasa mulai asin, manis, pedas hingga gurih. Buah-buah ataupun sayur-sayuran memang memiliki rasa yang itu-itu saja. Bahkan walapun dijadikan salad sekalipun rasanya akan tetap seperti itu. Mungkin hanya akan diwarnai dengan rasa asam dari mayonnaise saja.

3. Tak bisa bertahan lama

Namanya saja alami, jadi buah-buahan dan sayuran ini tak bisa bertahan lama seperti makanan ringan yang telah diberi bahan pengawet. Buah-buahan dan sayuran tak akan bertahan berhari-hari jika kita tak segera memakannya. Pasalnya jika buah dan sayuran ini sudah layu maka rasanyapun tak sesegar dan seenak saat mereka masih fresh.

4. Tak bisa dengan mudah ditemukan

Tak semua warung atau toko menjual buah-buahan dan sayuran. Untuk mendapatkannya kamu harus pergi ke pasar ataupun supermarket terlebih dahulu. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan kios khusus menjual buah-buahan maupun sayuran dipinggir jalan. Jadi kalau tiba-tiba dimalam hari pengen negmil buah dan persediaan di kulkas habis, kamu gak bisa pergi ke warung dekat rumahmu untuk membeli buah atau sayuran, karena sudah pasti mereka tidak menjualnya.

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >