Wanita Lebih Baik Tidur Dengan Atau Tanpa Bra?

4 bulan lalu

Antara tidur dengan menggunakan bra dan tanpa menggunakan bra, kira-kira kalian ada dipihak mana nih girls? Tidur dengan atau tanpa bra, memang memiliki tujuannya masing-masing. Setidaknya itulah yang dianggap oleh sebagian besar wanita di dunia ini. Ada yang percaya jika tidur dengan menggunakan bra dapat mengencangkan bentuk dadanya. Namun ada juga yang percaya kalau tidur dengan menggunakan bra dapat mengakibatkan iritasi hingga memicu penyakit kanker payudara, oleh karenanya banyak dari mereka memilih untuk tidak menggunakan bra saat tidur.

Padahal menurut Dr. Amber Guth, direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, seperti yang dilansir dari hellosehat.com mengatakan bahwa tidak ada kepastian medis baik dalam segi manfaat atau risiko kesehatan dari tidur memakai bra.

Menurut Dr. Amber Guth tidur mengenakan bra tidak akan membentuk atau mengencangkan otot payudara dan juga tidak akan berpengaruh apapun pada kecantikan payudara kalian. Mitos itu sangat tidak benar. Melainkan pengenduran atau perubahan bentuk payudara diakibatkan oleh sejumlah faktor, seperti kehamilan, menyusui, penurunan berat badan, hukum gravitasi, atau tanda-tanda penuaan (berkurangnya produksi kolagen).

Selain itu, seperti yang dikutip dari klikdokter.com, American Cancer Society juga telah menyatakan bahwa hubungan antara bra dengan kanker payudara hanya mitos. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. Sebuah penelitian di Seattle tahun 2014 pun telah membuktikan bahwa memakai bra saat tidur bukanlah faktor risiko terjadinya kanker. Beberapa faktor risiko terjadinya kanker payudara antara lain jenis kelamin, usia, dan riwayat keluarga menderita kanker payudara.

Photo via clovia.com

Sementara itu, rumor yang mengatakan bahwa bra berkawat atau memakai bra saat tidur dapat meningkatkan resiko kanker payudara telah dimulai sekitar tahun 90-an di mana seorang penulis buku mengklaim bahwa memakai bra ketat setiap hari terutama bra berkawat menimbulkan risiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara.

Penulis tersebut, mengklaim bahwa tidur menggunakan bra dapat memerangkap racun untuk tetap tinggal dalam jaringan payudara dan menyebabkan kanker. Namun, sampai saai ini, belum ada penelitian atau bukti medis yang bisa mendukung klaim tersebut.

Dr. Amber Guth mengatakan bahwa, tidur dengan atau tanpa bra bergantung pada kenyamanan masing-masing individu. Bila lebih nyaman tidur dengan menggunakan bra, maka kalian hanya perlu menghindari memakai bra yang terlalu ketat dan bra yang menggunakan kawat.

Penggunaan bra yang terlalu ketat dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan sirkulasi darah di daerah payudara, iritasi kulit, hingga jamur di lipatan payudara. Sedangkan kawat bra dapat menekan dada saat kalian berbaring telungkup dan menggesek kulit, menyebabkan iritasi atau mungkin kista. Selain itu, tidur menjadi kurang nyaman.

Untuk memilih bra yang nyaman untuk digunakan saat tidur, pilihlah jenis bra berbahan halus dan lembut, seperti bra olahraga, tapi jangan pula yang terlalu melar atau longgar. Bra tidur yang baik tidak hanya memberikan kalian sokongan, namun juga tidak sampai menyesakkan kalian.

photo via : http://www.cosmopolitan.co.id

Sementara itu, menurut Linda Becker, seorang desainer sekaligus pemilik butik khusus bra di Amerika, seperti yang dikutip dari womantalk.com memberikan tips untuk para perempuan dengan ukuran payudara tertentu saja yang menggunakan bra saat tidur. Kalian yang memiliki ukuran dada cup A atau B tidak masalah tidur tanpa menggunakan bra. Sedangkan untuk kalian yang ukuran dadanya cup D ke atas, maka disarankan menggunakan bra sebagai penunjang saat tidur, namun pastikan kalian menggunakan bra berbahan halus, tidak terlalu ketat dan juga tidak memakai kawat didalamnya.

Nah, bagaimana girls, ternyata tidur dengan atau tanpa bra tak ada masalahnya lho, tergantung dengan kenyamanan kalian masing-masing. Cuman harus memperhatikan jenis bra dan ukuran dada kalian saja lho. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Baca Juga