Web Drama Korea Terbaik, Pecinta Drakor Wajib Nonton

Web Drama Korea Terbaik

Selain drama Korea yang banyak digemari masyarakat, kehadiran web drama juga tak kalah populernya. Tapi apa sih bedanya drama Korea dan Web drama? Buat yang baru terjun ke dunia per-drakoran mungkin masih bingung. Perbedaan drama Korea dan web drama dapat kita lihat dari durasinya, drama Korea memiliki durasi video yang lebih panjang setidaknya 45 menit keatas per episodenya sedangkan web drama memiliki durasi yang lebih pendek sekitar dibawah 10 menit hingga 25 menit per episodenya.

Selain itu, drama Korea biasanya di tayangkan di TV nasional seperi MBC, SBS dan KBS serta saluran TV kabel seperti JTBC, tvN, MBN, OCN, TV Chosun dan lainnya. Sedangkan web drama ditayangkan melalui platform online seperti YouTube, Naver atau V Live. Meskipun memiliki durasi yang singkat, bukan berarti web drama tidak asyik untuk ditonton ya. Malahan jalan ceritanya sangat menarik ditonton. Nah, berikut ini ada beberapa web drama Korea terbaik yang wajib para pecinta drakor tonton

15. Queen of the Ring (2017)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Web drama pertama yang harus kamu tonton yaitu Top Management. Top Management ini ditayangkan perdana di YouTube Premium dnegan total 16 episode. Drama ini bercerita tentang keseruan di dunia hiburan Korea. Dengan alur cerita yang berpusat disekitar dunia musik.

Menariknya web drama ini dibintangi oleh sederet artis yaitu Seo Eun Soo, Ahn Hyo Seop, Cha Eun Woo, A.Mond dan Jung Yoo Ahn. Dengan bergenre romance, life, drama dan supernatural, pastinya tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Top Management ini menceritakan tentang grup idol yang tidak populer bernama S.O.U.L. Namun dengan bantuan Eun Song sebagai manajer membantu S.O.U.L untuk mewujudkan impian mereka. Dengan kemampuan melihat masa depan, Eun Song pun mengerahkan semangatnya untuk menjadikan S.O.U.L sebagai grup idol papan atas.

14. A-teen (2018)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Di masanya, web drama A-Teen ini sangat digemari oleh para remaja. Drama yang diproduksi Playlist Studio ini menceritakan tentang para remaja dan kehidupan sehari-hari mereka sebagai pelajar mulai dari kisah keluarga, pertemanan, percintaan, kesehatan mental hingga perjuangan untuk mencintai diri sendiri.

Meskipun setiap episodenya hanya berdurasi 6 hingga 10 menit, drama ini sukses mengeksplorasi tantangan individu yang dihadapi oleh para karakter.

A-Teen seasons 1 memiliki 24 episode. Beberapa aktor dan aktris yang bermain dalam web drama ini di antaranya Shin Ye Eun, Lee Na Eun, Kim Dong Hee, Shin Seung Ho, Kim Soo Hyun, hingga Ryu Eui Hyun.

13. Love Playlist (2017 – 2019)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Love Playlist merupakan web drama Korea terbaik yang memiliki 5 season yang diproduksi oleh Naver. Durasinya hanya sekitar 5 hingga 27 menit dengan cerita yang sederhana namun tidak membosankan.

Love Playlist ini menceritakan tentang persahabatan disebuah kampus yaitu Lee Hyun Seung, Han Jae In, Kwak Jun Mo, Jung Ji Won dan Kim Min Wo. Kehidupan persahabatan mereka normal-normal saja selayaknya persahabatan orang lain. Kadang kala persahabatan mereka juga mengalami pasang surut.

Persahabatan mereka juga diwarnai dengan perasaan jatuh cinta satu dengan yang lainnya. Tapi, apakah kisah cinta mereka terhalang oleh persahabatan mereka?

12. Best Mistake (2019)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Jika diperhatikan kebanyakan web drama Korea mengambil tema anak sekolahan seperti Best Mistake ini salah satunya. Drama ini ditayang melalui VLive dengan jumlah episode 15 dan dibintangi oleh Kang Yul, Lee Eun Jae, Yoon Jun Won, Kim So Yeon, Eom Se Ung, Choe Chan Yi dan Joo Hyun Young.

Web drama ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis sekolah menengah atas. Dimana seorang siswi bernama Kim Yeon Do mengaku telah memiliki pacar dengan mengunggah foto serorang siswa yang ia gunakan sebagai pacar palsunya. Hal ini ia lakukan untuk menghindari teman SMP-nya yang menyukainya dan selalu menganggunya.

Tapi siapa yang menyangka ternyata foto yang dipostinya itu adalah foto Ji Hyun Ho, seorang siswa populer di sekolahnya yang terkenal sering bermasalah.

Disisi lain, seorang siswa teladan juga tertarik kepada Yeon Do yaitu Seo Joo Ho. Ia adalah ketua kelas yang selalu menjaga teman-temannya secara diam-diam dari belakang. Namun banyak yang tidak tahu jika ia menyimpan banyak rahasia.

Diceritakan juga Ryu Seol yang merupakan seorang gadis yang kuat dan memiliki kesetiaan yang tinggi. Ia selalu memimpin jalan untuk teman-temannya. Jika ada sesuatu yang mengganggu persahabatannya, dia akan memastikan untuk menyelesaikannya.

11. In Seoul (2019)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Web drama ini dapat kalian tonton di VLive dan sudah dilengkapi dengan subtitle Indonesianya. In Seoul adalah sebuah web drama Korea yang tayang pada tahun 2019 yang bercerita tentang hubungan cinta-benci antara seorang gadis SMA dengan ibunya. Mereka sering sekali bertengkar, ibunya sering memarahinya dan membuat ia menjadi kesal.

Kang Da Mi seorang siswa yang memiliki impian besa dan ingin masuk universitas di Seoul. Saat ini dia berada di tahun terakhir SMA, Da Mi tidak memiliki banyak kemampuan tapi ia ingin melakukan banyak hal.

Ibunya bernama Young Ju, Young Ju sering sekali memarahi Da Mi karena anaknya tidak melihat fakta yang ada dan tidak memiliki kepekaan terhadap kenyataan. Da Mi bertekad untuk bersekolah di Universitas Seoul dan ingin mendapatkan kebebasan dari ibunya.

Sejak ia mengambil keputusan itu, Da Mi justru semakin sering bertengkar dengan ibunya. Young Ju tidak senang jika putrinya terus berbohong kepadanya dan putrinya tidak memiliki kekhawatiran yang realistis. Saking emosionalnya, dia beberapa kali kerap memberikan luka pada putrinya.

Di sekolah, Da Mi memiliki teman bernama Sung Hyun ia menjadi satu-satunya teman laki-laki yang menjadi tempat curhatnya. Ternyata Sung Hyun menyimpan rasa cinta sepihak pada Da Mi sejak tahun kedua SMA.

Bagaimana kelanjutannya, apakah Da Mi bisa mewujudkan keinginannya dan apakah Da Mi bisa akur dengan ibunya?

10. The Way I Hate You (2019)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Mencintai pacar sahabat sendiri bukalah hal yang mengenakan. Itulah yang terjadi dalam web drama berjudul The Way I Hate You. Web drama ini diangkat dari webtoon populer berjudul “How to Hate You” yang memang berkisah tentang cinta dan persahabatan. Sebelumnya, web drama ini sempat heboh dijagat sosial media. Hal ini tak lain karena Na Jaemin member dari NCT Dream menjadi salah satu pemerannya

Oh Mi Ri merupakan seorang mahasiswa baru yang bertekad berubah menjadi lebih ceria dan berani untuk mencari teman baru di kampusnya. Sebenarnya Mi Ri sudah memiliki taman yaitu Lee Da Som, namun ia sedang cuti untuk berlibur keliling Eropa.

Pada suatu hari Mi Ri yang saat itu bekerja paruh waktu di sebuah cafe bertemu dengan Go Eun Tae. Ia pun merasa jika Eun Tae adalah tipe pria idamannya selama ini yang ia cari. Sementara itu di kampus, Mi Ri berteman akrab dengan Han Dae Gang karena menjadi teman tugas kelompok.

Dae Gang dianggap sebagai mahasiswa baru yang penyendiri dan sedikit sombong, ia juga tidak pernah nurut dengan senior. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Mi Ri merasa Dae Gang bukanlah orang seperti itu. Malahan Dae Gang melindungi Mi Ri dari kakak-kakak senior yang bertindak kurang ajar padanya.

Disisi lain Mi Ri ternyata semakin suka dan merasa dekat dengan Eun Tae. Tapi siapa yang mengira ternyata Eun Tae adalah pacar dari Da Som, sahabatnya sendiri. Tidak ingin sahabatnya mengetahui hal itu, Mi Ri pun berpura-pura menjadikan Dae Gang sebagai pacarnya. Mampukah Mi Ri menyembunyikan fakta tersebut selamanya?

9. Temperature of Language (2020)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Web Drama Korea tema sekolah ini dibintangi oleh Jin Ji Hee, Nam Yoon Soo, Kang Min Ah, Park Se Hyun, Yoo Jung Woo dan Joo Eo Jin. Keenam pemeran tersebut akan memerankan karakter utama dengan masalah dan realitas masing-masing.

Temperature of Language merupakan web drama remaja yang menggambarkan realitas yang bisa dipahami oleh siswa-siwi SMA tignkat akhir di Korea Selatan yang menyembunyikan sisi lain mereka yang tidak diketahui oleh para orang tua.

Woo Jin Ah (Jin Ji Hee) merupakan siswi SMA biasa, dia percaya jika ia memiliki kehidupan biasa seperti siswa lainnya. Tapi ketika dia melihat teman-temannya mengambil sikap yang berbeda begitu mereka menjadi siswa kelas 11, ia menjadi terstimulasi dan membuat akun SNS dengan nama “The Temperature of Talk”. Jin Ah pun bertukar pesan di SNS dan bertemu dengan dunia baru.

Han Yu Ri (Kang Min Ah) merupakan gadis populer disekolahnya yang membuat para siswa iri padanya. Di aterlihat begitu sempurna tetapi sebenarnya ia memiliki rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain.

Lee Chan Sol (Nam Yoon Soo) merupakan pemimpin kelas yang memiliki banyak energi. Tapi sayangnya ia harus melalui rasa sakit karena melepaskan mimpinya untuk menjadi pemain sepak bola dikarenakan cedera yang ia alami. Meskipun begitu ia masih suka berolahraga, tapi anehnya ia mulai mendaptkan emosi aneh yang tidak ia ketahui.

Seo Eun Bin (Park Se Hyun) merupakan siswa yang selalu menjadi nomor 1, ia tidak akan pernah mentolerir siapaun yang mengganggu studinya. Eun Bin percaya dengan belajar ia mampu melarikan diri dari kenyataan yang membuatnya seolah-olah berada di neraka.

Ada juga Kim Do Yoon (Yoo Jung Woo) merupakan murid yang sempurna, ia ramah dan selalu mendapatkan skor yang bagus. Tapi kenyataannya dia tidak mau belajar karena ia memiliki mimpi lain. Kini ia dalam posisi kritis antara membuang sekolah, cinta dan persahabatan.

Shin Kang Wook (Joo Eo Jin) adalah siswa pindahan yang misterius, ia dikenal dengan ketidakpeduliannya terhadap apa yang dipirkan atau dilakukan orang lain. Tapi disisi lain ia tertarik pada Han Yu Ri.

8. Ending Again (2020)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Tayang mulai 8 Februari 2020 di channel Naver tv dan kini kamu bisa menontonnya di YouTube Playlist. Selain itu dapat juga kamu saksikan melalui web Naver atau facebook Playlist.

Cha In Yeong (Jo Soo Min) bersama dengan sahabatnya Go So Hye (Kim Min Ah) berada di kamar dan menonton sebuah video. Mereka berdua sedang membahas tentang masalah tipe pria dan bagaimana menjalani hubungan dengan pria yang mereka sukai.

Yoo Chan Hee (Kang Hee) merupakan mantan pacar dari Cha In Yeong yang sebelumnya telah berpacaran selama 8 tahun. Sementara itu ada pria baru yang berusia lebih muda Do Yoon Soo (Kim Geon Won). Mereka berdua sama-sama menyukai In Yeong dan ingin menikahinya.

Banyak orang-orang saat ini menggunakan pernikahan untuk keuntungan mereka. Di web drama ini akan mengungakp realita tersebut.

7. Live On (2020)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Di sutradarai oleh Kim Sang Woo dan di bintangi oleh Jung Da Bin, Hwang Min Hyun, Noh Jong Hyun, Yang Hye Ji, Yeon Woo dan Choi Byung Chan web drama ini wajib masuk daftar listmu.

Berkisah tentang Baek Ho Rang (Jung Da Bin) siswi SMA yang memiliki wajah cantik dan sangat populer di media sosial. Namun, Ho Rang hanya memiliki satu orang teman karena kepribadiannya yang suka merendahkan orang lain.

Pada suatu hari, Ho Rang mendapatkan sebuah masalah, ia tahu jika ada seseorang yang mencoba mengungkap rahasianya. Untuk menemukan orang yang tidak dikenal tersebut, Ho Rang bergabung dengan klub penyiaran di sekolahnya.

Di klub ini ia bertemu dengan Go Eun Taek, kepala klub penyiaran. Eun Taek adalah seseorang yang perfeksionis dan dihormati oleh anggota klub lainnya.

6. XX (2020)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

XX ini dapat kamu saksikan di YouTube dan Facebook. Sejak penanyangan perdananya, XX ternyata disambut antusias oleh penonton. Bahkan web drama XX ini menjadi topik hangat dan menduduki pencarian teratas saat penayangan perdana.

Drama XX ini akan berurusan dengan kisah seorang bartender yang membantu pelanggan menyelesaikan masalah romantis mereka di tempat speakeasy rahasia. Yoon Na Na (Hani) adalah bartender yang terkenal di XX bar. Dia bangga dengan pekerjaan dan posisinya sebagai bartender kepala. Dia tidak melibatkan dirinya di bagian lain di XX seperti memilih item menu atau pengaturan interior.

Pada suatu hari, pemilik baru XX muncul di hadapan Yoon Na Na. Dia adalah Lee Roo Mi (Hwang Seung Un), kedua wanita ini adalah teman baik 5 tahun yang lalu tetapi sesuatu terjadi diantara mereka. Yoo Na Na menjadi kesal pada Lee Roo Mi. Sekarang Lee Roo Mi mencoba berbaikan dengan Yoo Na Na tetapi itu tidak mudah.

5. Twenty-Twenty (2020)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Lagi-lagi Playlist memproduksi web drama yang patut kamu tonton yaitu Twenty-Twenty. Web drama bergenre friendship, romance, life, youth dan drama ini memiliki 20 episode yang tayang di Naver TV Cast, VLive dan JTBC.

Diceritakan tentang kisah anak-anak berusia dua puluh tahun yang berusaha menemukan impian ketika mereka mengalami kebebasan hingga tanggung jawab untuk pertama kalinya.

Lee Hyun jin (Wooshin) adalah pemuda berumur 20 tahun yang baru saja memulai untuk hidup sendiri dan mandiri. Karena orang tuanya hanya peduli dengan pekerjaan selama ini Hyun Jin tumbuh dengan perasaan kesepian.

Hal yang dapat membuatnya merasa nyaman adalah memimpikan musik, Sekarang ia menjadi bagian dari tim dan sedang menulis. Dia bertemu dengan Chae Da Hee (Han Sung Min), seorang gadis dingin yang cantik dan berusia sama dengan Hyun Jin. Mereka pun mulai dewasa bersama dengan menciptakan batasan mereka sendiri. Selama ini, Chae Da Hee hidup dengan menuruti setiap keinginan ibunya. Namun sekarang, ia ingin mulai memutuskan hidupnya sendiri.

Jung Ha Jun (Park Sang Nam) adalah pria baik dan penuh perhatian. Dia mahasiswa di departemen yang sama dengan Chae Dae Hee. Mereka berteman, tetapi sekarang ia merasa asing karena menurutnya Dae Hee telah berubah.

Kang Dae Geun (Jin Ho Eun) dan Son Bo Hyun (Chan) merupakan satu kru dengan Lee Hyun Jin. Dae Geun ingin menjadi seorang produser sedangkan Bo Hyun bercita-cita menjadi seorang rapper.

Bo Hyun merupakan salah satu teman lama dari Lee Hyun Jin, meskipun tahun sebelumnya ia gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi, ia tipe pemuda yang menikmati hidup dan sekarang mempersiapkan diri untuk ujian berikutnya.

Ada juga Baek Ye Eun (Chae Won Bin), dia teman baik Chae Da Hee yang satu jurusan di Universitas yang sama. Terkadang ia ingin seperti gadis lain yang lebih cantik darinya.

4. I Can See Your MBTI (2021)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

I Can See Your MBTI diambil berdasarkan tes kepribadian MBTI yang sedang tren belakangan ini. Lewat tipe MBTI tersebut kita bisa mengetahui kepribadian seseorang.

Web drama bergenre romcom remaja ini membahas tentang MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator yaitu tes kepribadian yang saat ini populer di Gen. Z atau generasi milenial saat ini. Choi Yeon Soo memerankan tokoh seorang siswi SMA yang memiliki kekuatan untuk mengetahui tipe MBTI orang lain. Sedangkan Hyun Jae The Boys memerankan karakter yang memiliki tipe MBTI yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

3. Replay: The Moment When It Starts Again (2021)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Replay: The Moment When It Starts Again merupakan salah satu web drama Korea terbaik dan terbaru diproduksi oleh Heart People. Untuk menontonnya kalian bisa melalui Kakao TV, Seezn, Naver TV Cast, selain itu kalian juga dapat menontonnya di Youtube Channel “라잌댓 LIKE THAT”. Web drama ini diperankan oleh Choi Mi Yeon, Kim Min Chul, Hwi Young SF9, Choi Ji Su dan Marco.

Bercerita tentang kisah romantis, mimpi dan cinta sekelompok anak muda berusia 18 tahun. Mereka berada di tahun-tahun yang paling canggung dan hati yang polos.

Yoo Ha Young (Choi Mi Yeon) adalah gadis muda dan cantik yang dikenal sebagai Dewi vokalis band. Gong Chan Young (Kim Min Chul) adalah pria muda yang memiliki sesuatu spesial dalam dirinya, namun dia juga seorang yang pemalu. Lee Ji Hoon (Hwi Young) adalah pria tampan dan keren, ia jadi gitaris band. Ji Hoon tampak dingin di luar namun sebenarnya berhati hangat. Ia suka terhadap Yoo Ha Young.

Im Seo Eun (Choi Ji Su) adalah gadis cantik dan penggemar berat kpop. Dalam grub band yang dibentuk anak-anak lainnya, ia menjadi pemain bassnya. Ia juga dikenal sebagai Leader Im Seo.

Ada juga Shim Tae Young (Marco), ia merupakan seorang drummer berbakat . Tae Young terlihat kekanak-kanakan apalagi jika berada di depan Im Seo Eun.

Mereka semuanya ini tumbuh dewasa bersama-sama, memahami satu sama lain, bekerja sama untuk meraih mimpi dan menjalin hubungan yang romantis.

2. Breakup Probation, A Week (2021)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Dibintangi oleh Kwon Yuri atau Yuri SNSD yang dipasangkan dengan aktor Hyun Woo. Web drama dengan jumlah 10 episode ini dpat kamu nikmati di VIU.

Breakup Probation, A Week ini berfokus pada kisah pasangan kekasih Park Ga Ram (Yuri) dan Kim Seon Jae (Hyun Woo). Jelang hari pernikahan, keduanya menghadapi nasib malang lantaran terlibat dalam kecelakaan mobil.

Naas, Seon Jae tewas dalam kecelakaan tersebut sementara itu Ga Ram terbaring koma di rumah sakit. Dalam tidurnya ini, Ga Ram mendapatkan dirinya disebuah tempat yang penuh dengan misteri.

Disini ia didatangi oleh pria bernama X (Yoon Ji On) yang memberinya sebuah tawaran. X memberikan waktu seminggu untuk menyelamatkan Seon Jae. Tapi dia harus memutuskan hubungan dengan kekasih yang telah berjanji akan setia selamanya ini,

Ga Ram kemudian kembali ke satu minggu sebelum kecelakaan terjadi. Di saat itu, ia mengetahui jika Seon Jae banyak melakukan hal baik untuknya. Selama ini, Seon Jae berjuang sendirian untuk melindungi cintanya. Namun Ga Ram malah sibuk mencari alasan untuk bisa putus. Lantas mampukah Ga Ram memutuskan Seon Jae demi menyelamatkannya dari kematian?

1. Must You Go? (2021)

Web Drama Korea Terbaik

photo via mydramalist.com

Must You Go? merupakan web drama yang diadaptasi dari Webtoon dan ditayangkan perdana pada 26 Februari 2021.

Berkisah tentang Park Yeon (Chani SF9) seorang penyanyi jenius dari Pungwoldang. Park Yeon hidup di era Joseon tiba-tiba terlempar jauh ke masa depan dan berada di era modern Seoul.

Sementara itu, Min Yoo Jung (Park Jung Yeon) merupakan perempuan berumur 25 tahun yang cantik dan berbakat dalam menyanyi. Namun sayangnya nasibnya kurang beruntung, ia hanyalah seorang pengamen jalanan yang bermimpi menjadi penyanyi pop terkenal.

Nasibnya pun berubah dikala bertemu dengan Park Yeon yang datang dari masa lalu. Park Yeon membantu Min Yoo Jung untuk meraih mimpinya itu agar sukses di bidang musik. Park Yeon melakukan ini karena Min Yoo Jung mirip sekali dengan perempuan yang ia cintai di era Joseon.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan tayangannya di VIU.

Selain drakor, ternyata web drama Korea juga sangat menarik untuk disaksikan. Maka dari itu sudah kami rangkum dalam beberapa rekomendasi web drama Korea terbaik yang wajib kalian tonton. Memiliki durasi yang tergolong singkat, web drama ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang atau sedang berada di transportasi umum.

No items
Artikel Terkait