Wow!! Musim Liburan Sekolah Tiba, Bali Siapkan Kejutan Istimewa Dalam Event Akbar Bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB)

2 tahun lalu

Kalian yang lagi semangat-semangatnya akan liburan bersama keluarga, jangan lupa menambahkan Bali sebagai destinasi paling tepat di agenda kalian. Kenapa?, Yak karena bali akan kembali menggelar acara akbar tahunan yang sangat sayang bila kalian lewatkan.

Acara Akbar yang bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017, memang acara bertema seni terbesar yang ada di Bali dan rutin diselenggarakan tiap tahun oleh pemerintah, apalagi penyelenggaraannya bertepatan dengan musim liburan sekolah di Indonesia. Jadi event akbar ini bisa dinikmati oleh semua orang. Bahkan wisatawan mancanegara sudah hafal betul dengan jadwal acara akbar ini.

Tahun 2017 ini pemerintah menetapkan “Ulun Danu” – Melestarikan Air Sumber Kehidupan, sebagai tema PKB yang ke 39 kalinya. Ulun Danu sendiri mengandung makna yang sangat mendalam, dimana Ulun Danu merupakan kearifan lokal yang berupa pengetahuan tentang bagaimana semestinya kita memelihara, memuliakan dan mengelola air sebagai kehidupan, penghidupan serta sumber peradaban.

Baca Juga Festival-festival Unik Yang Ada di Bali

PKB tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juni hingga 8 Juli 2017 di Taman Budaya Art Centre. PKB tahun ini pun akan sangat berbeda karena kalian akan menyaksikan kesenian Bali yang belum pernah terekspos yang tak kalah menarik dan unik dari kesenian Bali yang sudah sering kalian lihat sebelumnya.

PKB memang diselenggarakan selama sebulan penuh, namun kalian tidak boleh melewatkan parade pembukaan PKB ini, karena yang paling menonjol dalam acara PKB adalah acara pembukaan PKB itu sendiri. Kenapa? yak karena kalian akan dimanjakan dengan parade kesenian dari masing-masing 9 kabupaten yang ada di Bali, dimana tiap-tiap kabupaten akan memperlihatkan busana khas masing-masing, serta pertunjukan tari dan gambelan khas kabupaten masing-masing.

Tidak hanya kesenian di Bali yang di tampilkan, bahkan kalian dapat menikmati parade kesenian khas dari kota-kota lain di Indonesia serta kesenian dari luar negeri. Pokoknya dijamin kalian akan mersa puas setelah menontonnya.

Pembukaan Pesta Kesenian Bali biasanya diawali dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh pejabat tinggi negara seperti presiden atau wakil presiden.

Untuk dapat menonton parade pembukaan PKB kalian harus datang pagi-pagi ke Jl.Puputan Renon, tepatnya di depan Bajra Sandi bagian selatan, dimana panggung kehormatan berada, karena di depan panggung inilah semua kesenian akan dipentaskan dan setelah itu iring-iringan peserta pawai akan menuju ke arah utara (depan kantor DPRD Bali), sampai ujung menuju ke timur Jl Cok Agung Tresna, dan finish di depan Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Jika kalian tak datang pagi-pagi, kalian akan kehabisan tempat yang strategis untuk melihat pertunjukan ini, karena yang datang untuk melihat pertunjukan ini sangat banyak mulai wasatawan lokal sampai mancanegara.

Baca Juga Warna-warni Karnaval Unik di Dunia

Setelah selesai melihat parade pembukaan PKB, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Budaya Art Center karena PKB yang sesungguhnya akan di gelar disana selama sebulan penuh. Tidak hanya pertunjukan seni yang akan ditampilkan, tapi juga terdapat pameran seni dari masing-masing kabupaten di Bali, yang dijamin akan membuat kalian berdecak kagum dengan hasil karya buatan tangan anak bangsa. Jangan sampai ketinggalan juga untuk melihat-lihat dan mencoba stand kuliner khas dari masing-masing kabupaten di Bali yang disediakan khusus di acara PKB ini.

Baca Juga 13 Hari Libur Unik di Dunia

Nah itulah sekilas tentang Pesta Kesenian Bali yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, bagi kalian yang akan liburan jangan sampai ketinggalan untuk dapat menikmati meriahnya acara seni paling akbar ini ya!. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang masih bingung menentukan tempat wisata untuk liburan.

Baca Juga