Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alpukat Mentega Dan Keistimewaannya Dibandingkan Alpukat Biasa

Dibuat oleh blogunik

Siapa sih yang meragukan manfaat alpukat untuk kesehatan kulit maupun tubuh? Selain enak dikonsumsi, alpukat juga terkenal sebagai salah satu buah multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Ada banyak jenis buah alpukat seperti alpukat wina, alpukat kendil, alpukat hass, alpukat pluwang hingga yang banyak digemari saat ini adalah alpukat mentega.

Ya alpukat mentega saat ini menjadi alpukat yang sedang banyak peminatnya daripada jenis alpukat lainnya, pasalnya, alpukat mentega merupakan jenis alpukat unggulan, hal ini dikarenakan alpukat ini memiliki buah dengan daging cukup tebal dengan tekstur kenyal tidak berair, warna buahnya kuning bersih layaknya mentega sangat menarik ketika dilihat, selain itu, alpukat mentega juga tidak memiliki serat (berambut) dan memiliki aroma khas alpukat yang lebih tajam.

Alpukat mentega juga diklaim memiliki lebih banyak keunggulan dari jenis alpukat lainnya baik itu dari segi kesehatan hingga rasa. Benarkah demikian? Untuk itu, kali ini Blog Unik akan mengupas tuntas seputar alpukat mentega. Buat kamu yang penasaran, yuk cek ulasannya berikut ini!

Asal-usul alpukat

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu tentang asal-usul buah alpukat. Kenapa bisa populer dan kenapa bisa dengan mudah ditemukan di hampir semua negara. Dikutip dari TanamanMart.com, buah alpukat berasal dari negara bagian Puebla, Meksiko, terdapat beberapa bukti yang di temukan dalam gua-gua yang menunjukkan bahwa pada tahun 10.000 SM dalam budaya Amerika kuno telah menggunakan alpukat yang tumbuh liar, namun setelah itu tidak diketahui lagi penggunaan alpukat sampai dengan beberapa ribu tahun berikutnya. Alpukat baru diketahui muncul di belahan dunia lain dalam 500 tahun terakhir, kemudian dengan cepat terkenal karena penampilannya yang unik, kelezatan rasa, serta manfaatnya di bidang kesehatan.

Alpukat adalah buah yang tumbuh dari tanaman Persea Americana, yang merupakan pohon cemara dari keluarga Lauraceae. Meskipun tidak menyerupai kerabat tersebut, alpukat terkait erat dengan kayu manis dan pohon salam. Pohon alpukat biasanya tinggi dan dapat tumbuh hingga ketinggian 65 kaki. Berat rata-rata buah alpukat adalah antara delapan ons hingga satu kilogram tergantung dari jenisnya. Buah ini dipanen lebih awal untuk kemudian dibiarkan matang secara bertahap, baru setelah itu dijual secara komersial.

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via bukalapak.com

Kenapa dinamakan alpukat mentega?

Dari jenis-jenis alpukat lainnya, alpukat mentega paling banyak mencuri perhatian karena namanya yang menyangkut pautkan produk olahan susu tersebut. Nah dikutip dari Doktersehat.com, embel-embel “mentega” pada alpukat mentega diberikan karena tekstur daging buah alpukat ini mirip seperti mentega, yakni lembut dan halus.

Kandungan nutrisi alpukat mentega

Buah alpukat dianggap sebagai “Makanan Super” dan memiliki posisi khusus dalam piramida kalori makanan, karena kaya akan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral. Buah alpukat juga merupakan sumber energi yang baik, banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serta memiliki kadar gula yang rendah. Mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor dan seng, serta vitamin seperti vitamin C, B6, B-12, A, D, K, E, thiamin, riboflavin, dan niasin. Selain itu, alpukat adalah sumber serat makanan yang besar, dan satu porsi alpukat dapat menyediakan lebih dari 40% kebutuhan harian.

Buah alpukat kaya akan kalium dan juga menyeimbangkan rasio kalium terhadap natrium, dimana hal ini sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut CAC (California Avocado Commission), sebuah alpukat berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga dari lemak ini adalah dari jenis lemak tak jenuh tunggal, dan sangat rendah fruktosa. Yang menarik adalah alpukat memiliki koleksi unik senyawa organik seperti pitosterol, karotenoid dan flavonoid.

Nah buat kamu yang sedang diet, maka alpukat sangat baik untuk kamu, pasalnya, sebagian besar kalori buah alpukat dipenuhi dari lemak. Namun tidak perlu cemas, lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak nabati yang sehat. Lemak cocok untuk kamu yang sedang menjaga diet. Asupan lemak membuat kita cepat merasa kenyang, memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula sehingga kadar gula darah lebih terjaga.

Ciri-ciri alpukat mentega

Seperti yang kita tahu, alpukat memiliki banyak jenis, buat orang awam mungkin akan kesulitan untuk membedakan mana yang alpukat mentega dan mana alpukat yang lain. Untuk itu, berikut adalah cara untuk mengenali alpukat mentega yang dilihat dari ciri-cirinya.

1. Memiliki permukaan kulit yang halus

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via bukalapak.com

Ciri-ciri alpukat mentega yang bisa langsung kamu lihat adalah permukaan kulitnya. Alpukat mentega pada umumnya memiliki permukaan kulit luar yang halus. Buat kamu yang ingin membeli alpukat mentega, sebaiknya memilih alpukat mentega dengan permukaan kulit yang halus dan mulus tanpa ada retak, sebab yang demikianlah yang baik untuk dikonsumsi.

2. Warna kulit berubah menjadi warna hijau kecokelatan saat matang

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via blog.brambang.com

Apabila buah sudah matang, kulit buahnya akan berwarna hijau kecokelatan dan terasa lunak saat ditekan. Jika kamu menerima alpukat mentega dengan kulit masih berwarna hijau, tandanya alpukat tersebut belum matang. Tunggu buah sampai matang antara 1-2 hari.

3. Saat matang biji tidak menempel pada daging alpukat mentega

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via shopee.co.id

Saat kematangannya sudah sempurna, biji alpukat mentega akan terlepas dari dagingnya. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggoyangkan alpukat mentega, jika terdengar bunyi bijinya yang sudah terlepas, itu tandanya alpukat mentega sudah matang dan siap dikonsumsi. Bahkan, itu juga pertanda masak pohon, bukan karbitan.

4. Daging alpukat mentega lebih tebal dan tidak berserat

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via blibli.com

Seperti namanya, alpukat mentega memang terkenal akarena tekstur dagingnya yang lembut seperti mentega dan memiliki warna daging buah yang kuning seperti warna mentega. Tapi tak hanya itu, daging buahnyapun tebal dan tidak berserat sehingga mudah untuk diolah bersama makanan lain ataupun dikonsumsi langsung.

Keunggulan alpukat mentega dari alpukat lainnya

Alpukat mentega merupakan varietas unggul dibanding dengan jenis alpukat lainnya. Selain karena daging buahnya yang lebih tebal, masih banyak lagi keunggulan yang tersimpan dari alpukat mentega. Nah untuk itu, berikut beberapa keunggulan alpukat mentega dibanding alpukat biasa.

1. Lebih mudah dipanen

Alpukat mentega dikenal sebagai alpukat yang berbuah di sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Bahkan jenis alpukat ini bisa di panen 2-3 kali dalam setahun. Kondisi ini membuat banyak orang lebih memilih untuk menanam dan mengkonsumsi alpukat mentega daripada alpukat biasa, karena dinilai lebih menguntungkan.

2. Praktis ditanam

Keunggulan alpukat mentega lainnya yang lebih menguntungkan dari alpukat lain adalah pohon alpukat mentega ini bisa tumbuh dengan tekstur tanah apa saja sehingga bisa ditanam dimana saja. Jadi nggak heran, kenapa saat ini tak hanya buahnya tapi pohonnyapun sedang banyak dicari untuk ditanam dihalaman rumah.

3. Berbuah lebih cepat

Dibanding alpukat biasa yang baru bisa berbuah pada usia 6-8 tahun, alpukat mentega justru membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat. Alpukat mentega sudah mulai berbuah saat memasuki usia 3-4 tahun setelah ditanam.

4. Tidak rentan hama

Jika pohon dan buah-buah lainnya rentan diserang hama jika tidak rutin dirawat, maka tidak dengan pohon alpukat mentega. Kenapa demikian? Usut punya usut ternyata, pohon alpukat mentega mengandung enzim antiprotease yang membuat ulat tidak suka dengan pohon alpukat mentega ini. Jadi nggak heran kalau alpukat mentega ini jarang diserah oleh berbagai jenis hama. Dengan begitu, tingkat keberhasilan dalam memanen alpukat mentega bisa lebih tinggi dibanding yang biasa.

5. Jarang busuk

Tidak hanya terbebas dari hama, keunggulan alpukat mentega lainnya yang membuat banyak orang menyukainya adalah alpukat mentega ini tidak mudah busuk. Hal ini dikarenakan tekstur daging alpukat mentega yang solid sehingga tidak berair dan tidak gampang busuk.

6. Daging lebih tebal

Seperti yang sudah disebutkan tadi, daging buah alpukat mentega memiliki ukuran yang jauh lebih tebal dan tidak memiliki serat seperti pada alpukat biasa yang sering kita temui. Selain itu, tekstur alpukat mentega juga lebih lembut dengan rasa yang lebih manis. Hal ini membuat alpukat mentega lebih disukai dan menjadi favorit pecinta alpukat.

7. Rasa yang legit dan gurih

Alpukat mentega memiliki rasa daging buah yang legit dan terasa gurih dibanding dengan jenis alpukat lain, sehingga rasa buah ini tetap nikmat dikonsumsi meski tanpa campuran gula sekalipun.

Manfaat alpukat mentega untuk kesehatan

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via loveonetoday.com

Di samping rasanya yang lezat, alpukat mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi alpukat mentega dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit serius. Tak heran pasalnya, alpukat mentega diperkaya oleh sejumlah zat bergizi. Bahkan, diperkirakan ada sekitar 20 kandungan nutrisi di dalam satu buah alpukat mentega yang terdiri dari vitamin, mineral, dan zat bergizi lainnya. Alpukat paling membawa manfaat jika dimakan mentah. Berikut adalah manfaat alpukat yang mengagumkan untuk kesehatan.

1. Detoks alami

Salah satu kandungan alpukat mentega adalah serat. Serat sendiri merupakan kandungan yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan, terutama untuk mengoptimalkan gerakan peristaltik usus. Pergerakan usus yang baik secara tidak langsung memudahkan organ pencernaan yang satu ini untuk membuang racun-racun di dalam tubuh. Selain itu, serat pada alpukat mentega efektif mencegah radang dan inflamasi.

2. Menurunkan kolesterol dan trigliserida darah

Kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida darah yang tinggi menjadi pemicu utama terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari Doktersehat.com, alpukat mentega adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan kadar lemak LDL dan trigliserida darah secara efektif. Manfaat alpukat mentega yang satu ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Mengonsumsi alpukat mentega secara rutin diklaim efektif menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 22 persen, trigliserida darah sebanyak 20 persen, dan sebaliknya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 11 persen.

3. Mencegah pengeroposan tulang (Osteoporosis)

Manfaat alpukat mentega selanjutnya adalah bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang (Osteoporosis). Kandungan buah alpukat mentega juga diperkaya dengan vitamin K. Jenis vitamin ini tentunya akan membantu mencegah pengeroposan tulang atau yang kita kenal dengan osteoporosis. Menkupun vitamin D dan kalsium memiliki peran yang lebih besar terkait kesehatan tulang, namun dengan asupan vitamin K yang cukup tulang akan menjadi semakin kuat.

4. Meredakan nyeri lambung

Lambung yang terluka sudah pasti menyebabkan rasa nyeri yang kadang tak tertahankan. Untuk mengatasi kondisi ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi alpukat mentega. Khasiat alpukat mentega untuk meredakan nyeri lambung ini didapat dari tekstur buah tersebut yang halus dan lembut sehingga dapat melindungi dinding lambung dari asam lambung yang bisa memperparah rasa nyeri.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rutin mengkonsumsi alpukat mentega juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan alpukat mentega diperkaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga buah alpukat mentega baik untuk konsumsi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari radikal bebas. Selain itu, kandungan zinc di dalam buah dengan daging berwarna hjau kekuningan ini juga disebut-sebut mampu mengoptimalkan fungsi dari sistem imun tubuh.

6. Meminimalisir resiko kanker

Tak diduga-duga, manfaat mengkonsumsi alpukat mentega juga baik untuk pencegahan penyakit kanker. Ini karena buah alpukat mentega diperkaya dengan vitamin E dan gluthatione yang bersifat sebagai senyawa antioksidan dan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat merusak jaringan sel tubuh menjadi titik awal dari berkembangnya sel kanker. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin.

7. Mencegah penyakit jantung dan gangguan organ hati

Selain kanker, penyakit mematikan lainnya yang bisa diminimalisir risikonya adalah penyakit jantung. Hal ini karena alpukat mentega mengandung asam folat dan mineral magnesium yang berfungsi dalam menjaga kesehatan pembuluh darah di area jantung sehingga aliran darah ke organ tersebut berjalan lancar. Selain jantung, alpukat mentega juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ hati karena memilki kandungan vitamin E, asam folat, glutathione, dan lemak tak jenuh yang baik untuk organ tubuh tersebut.

8. Menjaga kesehatan mata

Dikutip Doktersehat, alpukat mentega juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat alpukat mentega ini didapat dari senyawa lutein yang dikandungnya. Lutein disebut efektif untuk melindungi mata dari potensi masalah kesehatan mata seperti katarak dan age macular degeneration.

9. Menurunkan berat badan

Buat kamu yang sedang melakukan program diet atau sedang menurunkan berat badan, maka alpukat mentega ini cocok untuk asupan diet yang sempurna. Pasalnya alpukat mentega kaya akan serat dan asam oleat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Jangan terpengaruh isu bohong yang mengatakan alpukat mentega tidak baik untuk dijadikan menu diet karena mengandung lemak. Justru alpukat mentega sangat baik dijadikan menu diet karena lemak yang dikandung alpukat mentega adalah lemak tak jenuh yang sama sekali tidak berbahaya.

10. Mengatasi bau mulut

Bau mulut yang tak sedap kadang membuat kita menjadi nggak percaya diri apalagi saat harus berkomunikasi dengan orang. Untuk mengatasi gangguan yang tak menyenangkan terkait bau mulut, kamu bisa mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin. Kandungan antibakteri pada alpukat mentega dinilai efektif membasmi bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa mengonsumsi jus alpukat mentega dengan tambahan daun mint untuk memaksimalkan manfaat alpukat mentega satu ini.

11. Mengatasi stress

Kandungan asam folat yang tinggi pada buah alpukat mentega disebut-sebut mampu mengurangi rasa stres. Pasalnya asam folat yang terdapat dalam buah alpukat ini bermanfaat sebagai asupan nutrisi bagi otak. Zat ini mencegah penumpukan penumpukan homosistein. Kelebihan homosistein akan menganggu produksi serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang berperan dalam menentukan suasana hati dan susah tidur (insomnia).

12. Mencegah Peradangan Sendi

Peradangan sendi menjadi satu hal yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang. Namun dengan rajin konsumsi buah alpukat mentega, maka manfaatnya akan dapat dirasakan. Buah satu ini memiliki zat anti inflamasi yang dikenal dengan pitosterol. Kandungan inilah yang akan bekerja membantu mengurangi peradangan sendi.

Manfaat alpukat mentega untuk ibu hamil

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via momjunction.com

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara umum, alpukat mentega juga sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang tengah dikandung. Untuk itu, berikut ini berbagai manfaat alpukat mentega untuk ibu hamil dan janin.

1. Mencegah komplikasi kehamilan

Kandungan asam folat pada buah alpukat mentega sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti eklampsia, perdarahan, dan komplikasi lainnya. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin tapi juga tidak berlebih selama masa kehamilan kamu.

2. Mencegah terjadinya cacat atau kerusakan syaraf pada otak janin

Selain mencegah komplikasi kehamilan, asam folat yang terkandung dalam alpukat mentega juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan saraf janin sehingga risiko bayi terlahir cacat dapat diminimalisir.

3. Memberikan asukan nutrisi kalsium

Pada masa kehamilan, janin di dalam kandungan Ibu membutuhkan kalsium untuk pembentukan gigi, tulang dan otot yang kuat. Kalsium juga penting untuk menjaga detak jantung selalu stabil dan saraf berfungsi sempurna. Nah untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap hari, kamu bisa mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin karena alpukat mentega memiliki kandungan kalsium yang tinggi dibanding dengan buah lainnya.

4. Mengurangi gejala anemia

Ibu hamil sangat rentan mengalami anemia atau kondisi kurang darah. Hal ini disebabkan karena asupa zat besi kedalam tubuh yang kurang. Oleh sebab itu, perbanyak asupan zat besi selama kehamilan, salah satunya dengan mengonsumsi alpukat mentega yang memang kaya akan kandungan zat besi.

5. Sebagai obat kram

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah kram yang terjadi pada area kaki. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin. Pasalnya alpukat mentega memiliki kandungan posium yang efektif mengatasi gejala kram pada ibu hamil.

Manfaat ampukat mentega untuk kecantikan

keunggulan-dan-manfaat-alpukat-mentega

photo via thoughtco.com

Kalau ngomongin soal manfaat alpukat, nggak lengkap rasanya kalau nggak ngebahas tentang manfaat alpukat mentega bagi kecantikan. Nggak heran kenapa banyak wanita yang menggemari buah satu ini, ya karena manfaatnya sangat banyak untuk kecantikan baik itu kecantikan kulit wajah hingga tubuh. Nah untuk itu berikut berbagai manfaat alpukat mentega untuk kecantikan.

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat alpukat mentega bagi kecantikan pertama adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya alpukat mentega memiliki banyak kandungan seperti vitamin K, E, zinc, serta senyawa lain yang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Untuk memanfaatkan alpukat mentega untuk kesehatan kulit ini, tidak hanya dengan mengkonsumsinya langsung, kamu juga bisa memanfaatkan buah satu ini sebagai masker wajah atau lulur.

2. Melembabkan kulit

Alpukat mentega juga dapat membantu untuk melembabkan kulit. Cukup gunakan masker alpukat yang bersifat alami. Sebab kandungan mineral dan vitamin E pada buah ini akan membantu mencegah kulit kering dan menutrisinya dari dalam. Penggunaan secara rutin akan membuahkan hasil yang maksimal.

3. Mencegah penuaan dini

Buah alpukat mentega kaya akan vitamin E yang dapat menjaga kelembaban alami kulit serta merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah tanda penuaan seperti flek hitam dan keriput yang timbul pada kulit. Selain itu, kandungan kolagen pada buah alpukat juga akan sangat baik dimanfaatkan untuk meremajakan kulit, kulit jadi kencang dan pastinya mencegah kerutan-kerutan di bagian wajah. Mengkonsumsi alpukat setiap hari atau menggunakannya sebagai masker bisa membantu mencegah timbulnya keriput pada wajah dan kulit secara efektif.

4. Mengatasi masalah kulit lain seperti jerawat dan kulit terbakar

Kulit manusia terutama wajah sangat rentan mengalami masalah seperti jerawat dan kulit terbakar. Alpukat mentega dapat membantu menghilangkan masalah pada kulit karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin E dan antioksidan.

Untuk menghilangkan jerawat dan flek pada kulit, gunakan masker alpukat secara teratur minimal dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk mengatasi kulit terbakar matahari, oleskan buah alpukat yang dihaluskan dan dicampur aloe vera pada wajah. Wajah dan kulit akan bebas masalah jika rutin mengkonsumsi atau merawat kulit dengan menggunakan buah alpukat mentega.

5. Mengurangi kerut pada kelopak mata

Manfaat alpukat mentega untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu mengurangi kerutan pada kelopak mata. Bagi kebanyakan wanita, mata menjadi salah satu bagian yang paling diperhatikan karena mempengaruhi penampilan. Jadi tidak heran bila banyak yang sangat sensitive dengan kondisi area kelopak mata. Apalagi saat menemukan banyak kerutan di sana. Tenang, manfaat buah alpukat bisa diperoleh dengan menjadikannya sebagai masker. Kandungan vitamin E, hydratingfats dan fatty acids dalam alpukat akan bantu melembabkan dan mengencangkan kulit kelopak mata.

6. Menghaluskan Dan Menyuburkan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik kulit, kandungan nutrisi dalam buah alpukat juga mampu menyuburkan dan menghaluskan rambut yang kasar. Daging buah alpukat mentega yang dihaluskan dan dipijat pada kulit kepala dapat menutrisi akar rambut dan menghaluskan ujung rambut yang kasar jika dioleskan secara teratur. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, gunakan masker alpukat mentega pada kulit kepala dan rambut selama 15 menit baru setelah itu dibilas sampai bersih.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang alpukat mentega. Alpukat mentega memang memiliki banyak keunggulan dan segudang manfaat, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi alpukat mentega secara rutin. Semoga artikel kali ini bermanfaat guys!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.