10 Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stres

3 minggu lalu, by blogunik

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress

Tahukah kamu jika kebahagiaan itu tidak hanya datang dari sesuatu hal yang mahal atau sulit diwujudkan saja. Namun ternyata kebahagian bisa datang juga dengan mencium aroma atau wewangian alami. Aroma sendiri memang dikatakan mampu memberikan suasana hati menjadi lebih baik. Berikut ini ada beberapa aroma yang dapat membuat bahagia serta meredakan stres apabila dihirup.

1. Bunga

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Bunga

Photo via amazon.com

Wangi bunga seperti lavender, melati, frangipani dan chamomile ternyata dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan tenang. Wangi lavender sangat bagus untuk mengurangi depresi dan membantu orang-orang yang memiliki insomnia atau susah tidur. Wangi melati sendiri dapat meningkatkan mood. Bunga frangipani atau kamboja sendiri memiliki aroma yang segar dan kalem aroma ini dapat menenangkan sehingga tak heran jika aroma ini banyak digunakan di spa atau aroma lulur. Sedangkan aroma chamomile sendiri dikenal sebagai aromatic yang bisa menenangkan, dimana aroma ini banyak digunakan sebagai wewangian parfum atau campuran minuman seperti teh chamomile.

2. Bedak Bayi

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Bedak Bayi

Photo via babygogo.in

Wangi bayi ketika sehabis mandi tentunya sangat wangi, hal ini tak lain karena salah satu produk bayi yang digunakan yaitu bedak bayi. Wangi dari bedak bayi ini mengingatkan akan keamanan dan kenyamanan ketika masih kecil. Aroma bedak bayi ini juga meningatkan akan kenangan bahagia yang kita alami, sehingga tak heran banyak orang dewasa yang masih sering menggunakan bedak bayi.

3. Citrus

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Citrus

Photo via sandiegouniontribune.com

Salah satu aroma yang dapat membuat bahagia dan meredakan stres adalah buah citrus seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon. Aroma citrus yang kita hirup ini dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan. Selain itu aroma ini juga dapat mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

4. Cokelat

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Cokelat

Photo via tribunnews.com

Cokelat tak hanya enak di makan namun aromanya juga dapat membuat kita bahagia. Selain itu, aroma coklat juga dapat menenangkan. Bahkan dengan mengkonsumsinya juga dapat membantu kita lebih tenang.

5. Herbal Sereh

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Herbal Sereh

Photo via mipmap.id

Mungkin tak banyak yang menyukai aroma herbal sereh ini, namun aroma ini ternyata dapat menenangkan. Aroma herbal campuran sereh dengan tanaman jamu-jamuan bisanya dapat membantu memberikan terapi seperti kembali ke alam setelah sekian lama sibuk bekerja.

6. Peppermint

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Peppermint

Photo via economictimes.indiatimes.com

Peppermint adalah salah satu aroma yang dapat membuat bahagia dan meredakan stres. Minyak dari daun kecil ini dikenal karena kemampuannya mengangkat mood dan mestimulasi pikiran serta memberikan efek segar.

7. Pinus

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Pinus

Photo via otcdigest.id

Aroma dari pohon pinus ternyata dapat menghilangkan stres. Bahkan berdasarkan penelitian dari Universitas Kyoto di Jepang, dengan berjalan-jalan di hutan pinus dapat mengurangi tingkat depresi seseorang. Tak ada salahnya jika kamu liburan berkunjung ke hutan-hutan pinus, selain sangat cantik digunakan untuk tempat berfoto kamu juga dapat mengurangi rasa stres.

8. Rumput Segar

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Rumput Segar

Photo via flickr.com/photos/fihu

Berdasarkan riset di Australia, rumput yang baru dipotong dapat menyebabkan orang menjadi lebih rileks dan bahkan merasakan kegembiraan. Menariknya lagi mereka bahkan memasukan aroma rumput ke dalam parfum. Aromanya yang kuat ini dikatakan dapat mencegah penuruanan mental seiring dengan bertambahnya usia.

9. Rosemary

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Rosemary

Photo via naturalstacks.com

Rosmery biasanya dikenal sebagai penyedap rasa dalam makanan, namun siapa sangka rosemary juga dapat memperkuat kekuatan otak. Aroma dari rosemary ini dikatakan mampu meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat kejadian dan tugas yang kompleks.

10. Tabir Surya

Aroma Yang Dapat Membuat Bahagia Dan Meredakan Stress - Tabir Surya

Photo via allaboutwomen.org

Pada umumnya tabir surya digunakan untuk saat keluar rumah terutama pada saat ke pantai untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Namun selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, aroma tabir surya juga mampu menurunkan tingkat stres. Aroma dari tabir surya ini akan mengingatkan momen ketika sedang berlibur.

Itulah beberapa aroma yang dapat membuat bahagia dan meredakan stres. Jika kamu sedang merasakan mood yang kurang baik ada baiknya kamu menghirup beberapa aroma diatas untuk meredakannya.

Artikel Terkait