10 Hewan Albino yang Menakjubkan dan Langka

3 tahun lalu

Jika kalian pernah melihat ular putih atau koala di alam, Kalian mungkin kagum dengan penampilan mereka yang indah. Tapi, meskipun mereka mungkin indah, hewan-hewan putih sebenarnya menderita suatu penyakit: albinisme.

Albinisme adalah kelainan bawaan yang merampas kulit, rambut dan warna mata. Bagi kebanyakan hewan, kulit fungsional, melindungi terhadap predator dan cedera. Untuk hewan albino, akibat perbedaan tersebut, mereka rentan terhadap matahari, kanker kulit dan masalah kesehatan lainnya. kulit putih terang mereka juga membuat sulit untuk bersembunyi dari predator.

Namun, hewan albino memiliki daya tarik bagi tersendiri bagi manusia sejak zaman kuno. Karena kelangkaan dan kecantikan mereka, hewan albino pasti menarik perhatian orang banyak di kebun binatang. Manusia begitu terpikat dengan hewan albino dan dalam beberapa kebudayaan, mereka dianggap keramat  ataupun disucikan.

Buaya

Penulis TreeHugger Sara Novak, mendatangi dan tatap muka dengan buaya albino di Carolina Selatan pada tahun 2010. Dalam tulisannya, ia menyoroti salah satu kontradiksi utama dalam kehidupan buaya albino ini: Matahari di daerah beriklim hangat di mana buaya ini berkembang, dapat menimbulkan bahaya bagi kulit halus buaya yang albino sehingga membuat mereka tidak mungkin untuk bertahan hidup di alam liar.

Tapi hewan albino tidak hanya beresiko karena ketidakmampuan untuk melawan matahari: Kulit pucat juga membuat mereka sasaran empuk bagi predator.

Merak

Merak mungkin satu hewan yang paling terkenal akan kaya warnanya, oleh karena itu saat melihat semua warna itu putih seperti kejutan. Secara teknis albino pada merak terjadi akibat kurang lengkapnya dari semua pigmen.

Siput

Penemuan tak terduga akan siput albino raksasa ini di Selandia Baru merupakan sebuah kejutan bahkan untuk para peneliti, yang mengatakan bahwa hanya sekali sebelum telah siput putih terang terlihat.

Para ahli memperkirakan siput ini berumur sekitar sepuluh tahun – sesuatu hal yang luar biasa, mengingat bagaimana sulitnya gastropoda untuk menyamarkan diri dari predator.

Katak Leopard

Kalau kalian pernah membedah katak di kelas sains, kemungkinan besar itu adalah Katak Leopard Utara, yang mendapatkan namanya dari pola kucing-besar disekeliling punggung – tetapi kalian mungkin belum pernah menemukan albino untuk katak yang satu ini.

Katak leopard utara albino bahkan lebih langka daripada katak hijau dan hitam, yang sekarang terdaftar dengan status “terancam” setelah bertahun-tahun ditangkap untuk makanan dan eksperimen ilmiah.

Tupai

Tidak semua tupai putih albino: Mereka dengan mata yang gelap merupakan hasil dari gen resesif yang diwariskan dari garis tupai abu-abu timur yang membuat mereka leucistic – yang berarti sel-sel yang menghasilkan pigmen tetap ada tapi tidak bekerja.

Tupai ini, meskipun, memiliki mata merah yang merupakan ciri albino – yang berarti kurang pigmen dalam memproduksi sel sepenuhnya.

Kanguru

Tidak mudah untuk langsung mengteahui jika bayi kanguru adalah albino – atau setidaknya itu tidak mudah bagi peternak Polandia Lucyna Zlamaniec yang menyadari bahwa salah satu bayi yang lahir di peternakan nya adalah murni putih ketika mulai berkembang bulu lima bulan setelah lahir.

Musang

Musang biasanya sering muncul dalam nuansa cokelat, abu-abu, atau hitam, namun musang albino juga hewan peliharaan populer. Hewan serba putih ini dibiakkan untuk warna mata merah khas mereka.

Red-Eared Slider

Trachemys sripta elegans yang lebih dikenal dengan nama umum,Red Eared Slider. Tapi kura kura albino ini telah kehilangan cangkang khas hijau, kaki, dan kepala – ditambah garis merah eponymous.

Red Eared Slider adalah kura-kura semi-akuatik yang sangat umum di selatan, di mana mereka memilih berada di air tawar dan batu yang cerah.

Cobra

Cobra ini sering dianggap sebagai salah satu predator paling mematikan alam, dirancang untuk berbaur dengan sempurna saat ia menunggu mangsanya. Untuk ular albino, bagaimanapun, kamuflase jelas bukan pilihan.

Hummingbird ( Kolibri )

Sebagai spesies burung terkecil di dunia, hummingbird / kolibri yang terkenal dengan bulu terang dan lidah cekatan. Namun berbeda halnya dengan kolibri albino yang serba putih.

Source : http://www.treehugger.com/slideshows/natural-sciences/10-rare-and-beautiful-albino-animals

Save

Save

Baca Juga
Tags: