15 Gedung – gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

3 tahun lalu, by blogunik

Asia merupakan benua dengan gedung-gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Bahkan, gedung tertinggi di dunia berada di kawasan Timur Tengah yaitu Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Berikut ini adalah gedung-gedung pencakar langit tertinggi di Dunia :

 

1. Eiffel Tower, Paris, Perancis (324 meter)

Eiffel Tower adalah sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia. Dibangun pada tahun 1889 oleh Gustave Eiffel, awalnya menara ini digunakan sebagai menara pengamat. Eiffel Tower butuh 50-60 ton cat untuk menjaganya dari karat. Termasuk menara setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81. Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift.

 

2. Tokyo Tower, Jepang (332,9 meter)

Menara di Tokyo ini punya fungsi yang sama dengan Eiffel Tower.  Tokyo Tower dibangun dari tahun 1957 sampai 1958 oleh Tachu Naito. Berdasarkan peraturan keselamatan penerbangan, menara ini dicat dengan warna oranye internasional dengan warna putih di beberapa tempat. Bangunan sekelilingnya lebih rendah, sehingga Menara Tokyo bisa dilihat dari berbagai lokasi di pusat kota. Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM. Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

 

3. Guangzhou International Finance Center, Tiongkok (439 meter)

Gedung tinggi ini terdiri dari 66 lantai dan mempunyai fungsi sebagai perkantoran, pusat konferensi dan hotel. Bangunan yang menjulang tinggi ini dibangun dari tahun 2005 sampai 2010 dengan arsitek Wilkinson Eyre.

 

4. Kingkey Finance Center Plaza, Tiongkok (442 meter)

Bangunan ini sering disebut dengan KK100 terletak di kota Shenzhen. KK100 berfungsi sebagai perkantoran dan perhotelan. Gedung ini merupakan gedung tertinggi yang pernah dibangun oleh arsitek yang berasal dari Inggris bernama TFP Farrels.

 

5. Zifeng Tower, Nanjing (450 meter)

Bangunan ini digagas oleh arsitek dari Skidmore, Owings and Merill (SOM) yang bernama Adrian Smith. Zifeng Tower ini digunakan sebagai hotel, restoran dan tempat observasi publik.

 

6. Petronas Twin Tower Malaysia (451,9 meter)

 

Twin Tower yang terkenal di Malaysia ini dibangun oleh Cesar Pelli selama 1992 sampai 1998. Bangunan ini terdiri dari 88 lantai yang merupakan kantor minyak kelapa sawit terbesar se-ASIA.

 

7. International Commerce Center, Hong Kong (484 meter)

Gedung tinggi ini diselesaikan pada tahun 2010 dan terdiri dari 108 lantai. ICC ini dibangun oleh tim arsitek dari MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties sebagai perkantoran dan perhotelan di daerah West Kowloon. Ada yang istimewa di gedung ini yaitu kolam renang yang berada di lantai 108.

 

8. Shanghai World Financial Center, Shanghai (492 meter)

Yang unik, bangunan satu ini berbentuk seperti pembuka botol raksasa. Terdapat lubang sebesar 164 kaki untuk mengurangi tekanan angin. Shanghai World Financial Center dibangun dari tahun 1997, dan baru selesai 2008 oleh William Pedersen.

 

9. Taipei 101, Taiwan (508 meter)

Bangunan ini dibangun sejak tahun 1999 sampai 2004 dengan arsitek yang bernama C. Y. Lee. Gedung pencakar langit ini difungsikan sebagai perkantoran dan pusat perbelanjaan di Taipei, Taiwan. Bentuknya seperti pagoda yang bersusun delapan.

 

10. Willis Tower, Chicago (527 meter)

Awalnya, bangunan ini bernama Sears Tower. Namun sejak 2009, nama bangunannya berganti Willis Tower karena Willis Group menempati sebagian besar ruangannya. Bangunan yang dikhususkan untuk gedung perkantoran ini dibuat oleh arsitek Skidmore, Owings, and Merill (SOM) sejak tahun 1970-1974.

 

11. One World Trade Center, New York (546 meter)

Bangunan berbentuk Oktagon sempurna terdiri dari 94 lantai. One World Trade Center, yang kemudian disebut WTC, merupakan salah satu korban serangan pada 11 September 2001. Arsitek dari WTC merupakan pemilik dari Skidmore, Owings, and Merill (SOM) yang bernama David Childs.

 

12. Makkah Royal Clock Tower, Mekkah (601 meter)

Dikenal juga dengan Abraj Al-Bait Tower, bangunan ini dikhususkan untuk tempat akomodari para jemaah haji. Royal Clock Tower ini dibangun oleh tim arsitek Al-Handasah Architects sejak tahun 2004 sampai 2012. Tower ini mempunyai bulan sabit emas seberat 35 kilogram pada puncaknya.

 

13. Shanghai Tower, Shanghai (632 meter)

Dibangun sejak tahun 2008 sampai dengan 2015 oleh arsitek bernama Marshall Strabala dan Jun Xia. Bangunan ini digunakan sebagai restoran, pertokoan, perkantoran, sky lobby dan tempat rekreasi. Shanghai Tower terdiri dari 121 lantai yang juga terdapat museum di dalamnya.

 

14. Tokyo Sky Tree, Jepang (634 meter)

Menara ini dibangun sebagai tempat siaran, observasi, dan rekreasi. Tokyo Sky Tree dibangun sejak tahun 2008 hingga 2012 dengan arsitek yang bernama Nikken Sekkei. Tokyo Sky Tree didesain agar tahan gempa.

 

15. Burj Khalifa, Dubai (830 meter)

Siapa yang tidak pernah mendengar nama bangunan yang satu ini. Dimulai sejak tahun 2004 hingga 2010, menara ini dicetuskan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour. Dari 160 lantai, ada hotel yang berjumlah 304 dan apartemen sebanyak 900 unik. Burj Khalifa juga memiliki elevator tercepat di dunia.

 

Sumber :
https://travel.idntimes.com/destination/aulia-ratna-safira/15-gedung-tertinggi-di-dunia-yang-perlu-kamu-lihat-sekali-seumur-hidup/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait