3 Girl Group Jepang Tercantik Dan Terpopuler

2 bulan, by blogunik

Girl Group Jepang Tercantik Dan Terpopuler

Budaya Jepang saat ini semakin dikenal dan populer di seluruh dunia. Selain budaya tradisionalnya seperti Geisha dan Kabuki, Jepang juga dikenal dengan manga, anime dan girl grupnya. Girl group adalah sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa gadis muda berbakat yang dikenal sebagai idola dikalangan anak muda dengan keahlian mereka dalam menyanyi, menari dan lainnya. Di Jepang sendiri dikenal memiliki banyak sekali grup idola, namun siapa kira-kira girl group Jepang mana saja dengan anggota tercantik dan terpopuler? Simak ulasan nya berikut ini.

1. AKB48

Girl Group Jepang Tercantik Dan Terpopuler - AKB48

Photo via klikandika.wordpress.com

AKB48 adalah grup idol asal Jepang yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Grup ini meraih popularitas tinggi di Jepang, Sepuh singel terakhir mereka berhasil memuncaki tangga lagu mingguan Oricon. Bahkan berbagai macam album dan singel AKB48 sudah terjual lebih dari 50 juta kopi dan pada tahun 2019, grup ini telah menjual lebih dari 60 juta rekaman termasuk lebih dari 6 juta album.

Nama AKB48 sendiri diambil dari Akihabara sebuah area di Tokyo. Pada lantai ke-8 toko Don Quijote yang berdiri diarea tersebut terdapat teater milik grup ini. Ide Akimoto yang kemudian diperkenalkan sebagai “Idola yang dapat kamu temui” adalah membuat sebuah grup idola berbasis teater yang memungkinkan para penggemar bisa melihat mereka setiap hari. AKB48 masih tampil di teaternya setiap hari, namun karena permintaan yang sangat besar tiketnya sekarang hanya didistribusikan lewat sebuah undian.

AKB48 merupakan pemegang Guinness World Record sebagai grup pop terbesar di dunia. Saat ini AKB48 terdiri dari 5 tim, setiap tim memproduksi sebuah konser baru tiap musim teatrikal. Sejak tahun 2005 AKB48 berdiri, Yasushi Akimoto membentuk beberapa grup lainnya seperti SKE48 yang berbasis sebuah teater di Sakae, Nagoya, NMB48 (Namba, Osaka), HKT48 (Hakata), serta JKT48 (Jakarta) yang merupakan grup saudari pertama yang berbasis di luar negeri dan berhasil menjadi group yang sanggup bertahan lama di industri musik Indonesia.

Kemudian dibentuk TPE48 (Taipei) dan baru SNH48 (Shanghai) pada tahun 2015 diumumkan bahwa AKB48 akan memiliki saudari lagi yang terletak di Niigata dengan nama NGT48. Pada tahun 2016, diumumkan pembentukan Sister Grup baru di Manila MNL48 dengan single penjualan yang cukup besar di Filipina, Bangkok BNK48 yang popularitasnya meledak dan penjualan albumnya melebihi 300.000 kopi, dan juga Taipei TPE48 . Selain itu pada tahun yang sama AKB48 juga mengumumkan siter group mereka yang berada di Jepang yaitu STU48. Pada tahun 2018 TPE48 digantikan dengan AKB48 Team TP . Pada Juni 2016, Sister manajemen SNH48 karena pendapatanya sangat besar melakukan pelanggaran kontrak membentuk BEJ48, GNZ48, CKG48 dan SHY48 serta merencanakan 20 sister group lainnya tanpa seijin pihak AKS.

Pelopor acara jabat tangan

Meskipun penjualan CD menurun, AKB48 tetap mendapatkan popularitasnya yang sangat besar. Hal ini tak lain karena mereka memiliki konsep unik “idola yang bisa kamu temui”. Mereka tampil dipanggung yang lebih kecil dari teater mereka sendiri yang sangat dekat dengan penonton.

Selain itu, mereka juga mengadakan acara jabat tangan dimana kalian benar-benar dapat berjabat tangan dengan anggota favorit kalian. Tak hanya itu saja, tiket masuk untuk acara jabat tangan ini disertakan dengan CD mereka, sehingga hal inilah yang membuat mengapa mereka memenangkan pasar yang besar.

Anggota dipilih oleh penggemar

Ada banyak acara menarik yang menarik penggemar mereka termasuk acara besar tahunan “Pemilihan Senbatsu” dimana penggemar dapat memilih anggota favorit mereka. 48 anggota grup diberi peringkat. AKB48 mencapai puncaknya ketika 2 anggota teratas Atsuko Maeda memenangkan posisi pertama dari Pemilihan Senbatsu ke-1 dan ke-3 dan Yuko Oshima memenangkan posisi ke-1 dari Pemilihan Senbatsu ke-2 dan ke-4.

Anggota karisma terkemuka

Karisma Atsuko Maeda dan karakter ceria Yuko Oshima mampu menarik banyak penggemar dan tidak ada orang yang tidak mengenal mereka di Jepang. Setelah mereka lulus dari AKB48, girlgroup ini telah merilis CD terlaris yang mencapai lebih dari 1 juta penjualan.

2. Nogizaka 46

Girl Group Jepang Tercantik Dan Terpopuler - Nogizaka 46

Photo via tokyogirlsupdate.com

Nogizaka 46 adalah grup idola Jepang yang dibentuk pada 22 Agustus 2011 oleh produser Yasushi Akimoto sebagai rival resmi AKB48. Nogizaka 46 juga memiliki catchphrase yang isinya “idola yang akan menemuimu” kata yang akan menjadi saingan AKB48 yaitu “Idola yang dapat kamu temui”.

Nogizaka 46 adalah salah satu hirlgroup tercantik dan terpopuler di Jepang. Pada tahun 2017, Nogizaka 46 mencapai puncak girlgroup wanita Jepang karena mereka menghasilkan penjualan terbanyak. Selain itu, nomor sukses mereka “Influencer” memenangkan Japan Record Award, penghargaan musik utama yang mirip dengan American Grammy Awards.

Yang menjadi daya tarik Nogizaka 46 adalah musik mereka sangat fantastis serta mereka menarik secara visual. Nogizaka 46 sering mengatakan bahwa anggota grup ini dibentuk oleh gadis-gadis paling lucu di sekolah dari seluruh negeri.

Grup gadis kompetitif

Girl group ini sangat kompetitif karena anggotanya tingat atas secara visual. Sekitar 20 anggota dipilih setiap kali single baru dirilis dan anggota yang dipilih dengan baik diberi prioritas untuk menyanyikan lagu tersebut dan tampil di acara TV untuk mempromosikannya.

Anggota nomor satu juga ditempatkan di posisi tengah saat mereka tampil. Sehingga tak heran sangat sulit bagi para penggemar dan produser untuk memilih sekitar 40 anggota. Nogizaka 46 menjadi lebih kompetitif sejak anggota generasi ke-3 bergabung dengan grup pada tahun 2016 dan 4 anggota telah dipilih untuk single ke-20.

Ketidakstabilan

Beberapa bergabung dan yang lainnya lulus, kelulusan anggota utama Mai Fukagawa dan Nanami Hashimoto mengejutkan penggemar mereka pada tahun 2016 dan 2017. Salah satu anggota pemimpin Rina Ikoma yang memimpin grup sebagai posisi center sejak awal akhirnya lulus pada tahun ini.

Di dalam grup posisi setiap anggota berubah, posisi tengah yang merupakan wajah grup telah diubah. Center pertama adalah Rina Ikoma (dari single ke-1 hingga ke-5 dan ke-12) dan diikuti oleh Mai Shiraishi (ke-6 dan ke-20). Nanase Nishino memenangkan solo tengah (ke-8, ke-9 dan ke-11). Mai Shiraishi dan Nanase Nishino tampil di tengah sebagai “Pusat Ganda” di single ke-13 dan ke-17.

Selain itu, anggota terpilih lainnya diberi peringkat di dalam dan sebagian dari sekitar 20 anggota dipilih sebagai posisi yang lebih istimewa “Anggota Fukujin” yang dirujuk dari “Tujuh Dewa Keberuntungan” dalam mitos Jepang.

Variety

Para anggota memiliki berbagai karakter dan keterampilan individu. Mereka juga mengadakan acara jabat tangan serta AKB48 sehingga memungkinkan para penggemar untuk benar-benar bertemu dengan mereka. Girlgroup ini juga terdiri dari gadis dan wanita dari berbagai usia.

Ketika Nogizaka 46 dimulai pada tahun 2011, usianya berkisar 13 hingga 20 dan pada tahun 2018 dari 14 hingga 26. Pada tahap paling awal, Erika Ikuta, Rina Ikoma dan Minami Hoshino juha dikenal sebagai “Ikuikohoshi” memimpin kelompok di garis depan. Dan Mai Shiraishi, Nanami Hashimoto dan Sayuri Matsumura alias “Gosaken” juga berkontribusi pada popularitas grup.

Menikmati tantangan

Mereka juga menghadapi tantangan yang sangat besar, salah satunya adalah acara konser tahunan mereka “Birthday Live” dimana mereka membawakan semua lagu yang dirilis pada saat itu. The 5th Year Birthday Live diadakan selama 3 hari di tahun 2017 dimana lebih dari 130 lagu dibawakan. Upaya mereka yang tak terbayangkan memungkinkan mereka untuk melakukan hal yang sulit. Selain itu, 46 Jam Nogizaka TV disiarkan sebagai streaming langsung sehingga membuat para anggotanya muncul di acara TV terus menerus selama 46 jam.

Fans

Nogizaka dapat dianggap sebagai girl grup yang tidak biasa karena mereka memiliki banyak penggemar baik pria maupun wanita. Biasanya para idola memiliki penggemar pria tapi berbeda dengan girlgroup satu ini. Hal ini dikarenakan beberapa anggota Nogizaka 46 meraih popularitasnya sebagai model fesyen sehingga mereka cukup familiar di kalangan wanita di peragaan busana dan majalah.

Yang membuat para laki-laki tertarik dengan Nogizaka 46 ini karena peraturan mereka. Dimana para anggota tidak diizinkan untuk memiliki hubungan ketika mereka masih termasuk dalam grup. Hal inilah yang membuat para penggemar laki-laki menyukai mereka.

3. BiSH

Girl Group Jepang Tercantik Dan Terpopuler - BiSH

Photo via withonline.jp

BiSH juga dikenal sebagai Brand-new idol SHit adalah sebuah girlgroup Jepang yang dibentuk oleh 2015 oleh manajer mereka Watanabe Junnosuke. Grup ini memulai debutnya dengan label besar “avex” sehingga grup idola yang lebih baru kurang dikenal di Jepang dan luar negeri dibandingkan dengan dua nama lainnya diatas.

Namun BiSH mendapatkan publisitas lebih cepat daripada girlgroup lainnya. Butuh waktu kurang dari setahun hingga debut mereka dengan major label dan menggelar konser berkapasitas besar di Makuhari Messe dengan 7000 tiket terjual dengan sangat cepat di tahun berikutnya. Sekarang mereka digunakan untuk iklan komersial TV karena popularitasnya yang tinggi. Mereka telah berkembang sangat cepat berkat produser eksentrik mereka Junnosuke Watanabe.

BiSH juga bukan lagi girl group biasa tetapi juga dipandang sebagai punk rocker, mereka juga dikenal sebagai band punk tanpa instrumen. Mereka memainkan pertunjukan yang cukup kuat terutama di konser mereka headbanging, stage dives, moshes dan lainnya. Pada tahun 2016, untuk merayakan debut mereka dengan label besar, BiSH mengadakan 24 konser 1 jam berturut-turut dalam sehari sebagai “24 Hour Party BiSH”.

Pada tahun 2015, mereka mulai dengan 5 anggota asli dan dua dari mereka mengundurkan diri, Saat ini mereka terdiri dari 6 anggota unik termasuk 3 anggota baru Aina The End, Cent Chihiro Chittiii, Momoko Gumi Company dan Lingling, Hashiyasume Atsuko, Ayuni D merupakan anggota terbaru.

Individualitas

Terlepas dari lagu dan penampilan mereka, penggemar menikmati berbagai karakter anggota. Masing-masing anggota memiliki karakter yang sangat berbeda karena salah satu dari mereka Momoko Gumi Company mewakili BiSH.

Keramahan dan keakraban

Keramahan dan keakraban mereka telah menarik penggemar sejak tahun 2015. Mereka berkomunikasi dengan penggemar melalui konser langsung dan acara jabat tangan dimana kalian bahkan dapat berfoto dengan anggota BiSH. Mereka juga aktif di SNS seperti Twitter dan sering menanggapi pesan penggemar. Salah satu poin kesuksesan idol adalah keramahan dan keakraban seperti BiSH.

Lagu

Pertama lagu-lagu BiSH sangat keren hampir semua lagu mereka diciptakan oleh Kenta Matsukuma yang berperan besar dalam perkembangan BiSH. Suara mereka juga berbeda satu sama lainnya. Bisa dikatakan semua anggotanya sangat pandai menyanyi. Terutama vokalis utama Aina The End dan Cent Chihiro Chittii yang sangat berbeda dari girlgrup lainnya.

Independence

BiSH sangat mandiri karena mereka mengambil insiatif besar untuk aktivitas musik mereka sendiri. Tentu saja, produser berkomitmen untuk mendukung girlgroup tetapi ia juga mendorong inisiatif di saat yang sama. Lirik mereka berbeda dengan lagu-lagu girlgrup lainnya, banyak lirik lagu mereka yang ditulis sendiri oleh para member. Tentu saja mereka sama sekali bukan pencipta lagu profesional. Mereka dengan jujur menulis apa yang ingin mereka tulis sehingga beberapa liriknya terkesan tulus dan menyentuh hati.

Adapun bagian tarian dari pertunjukan mereka dimana Aina The End bertanggung jawab atas koreografi untuk pertunjukan tari. Mereka memang tidak mengkhususkan diri pada koreografi namun mereka merancang koreografi terbaik untuk setiap anggota.

Itulah 3 girl group Jepang tercantik dan terpopuler, nggak kalah cantik dari girl band Kpop bukan? Dari deretan girl group diatas mana yang menjadi favoritmu?

0
Artikel Terkait