5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Indonesia



Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak sekali gunung api yang aktif. Semuanya tersebar ke seluruh pulau-pulau besar terutama Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara dan ujung  Sulawesi. Indonesia berada pada jalur Cincin Api Pasifik, yang mengakibatkan banyaknya gunung yang sangat aktif, beberapa di antaranya sangat berbahaya.

Beberapa tahun belakangan gunung api di Indonesia banyak yang erupsi. Seperti Kelud, Merapi, hingga Sinabung. Kejadian ini mengakibatkan bencana alam bahkan menyebabkan kematian. Berikut adalah daftar gunung-gunung di Indonesia dengan ledakannya yang dahsyat, beberapa malah menyebabkan perubahan iklim dunia.

 

1. Gunung Tambora

Salah satu gunung dengan ledakan paling dahsyat di Indonesia adalah Gunung Tambora. Bahkan terdahsyat di dunia yang berhasil dicatat oleh sejarah. Gunung Tambora yang terletak di Sumbawa ini meletus pada tanggal 10 April 1815. Ledakan ini adalah puncak dari aktivitas vulkanik yang mulai meningkat selama hampir empat tahun.

Letusan Gunung Tambora benar-benar hebat. Bahkan bisa disamakan dengan ratusan ribu bom atom yang meletus bersama. Akibat ledakan gunung ini, diperkirakan ada 71.000 orang di sekitar Sumbawa meninggal karena lava, dan juga penyakit akibat debu dari gunung.


Tak hanya di Indonesia, dunia juga mendapatkan dampak dari Gunung Tambora. Usai erupsi, gunung ini mengirim banyak material debu ke langit. Terjadilah perubahan iklim yang cukup signifikan. Bahkan suhu dunia rata-rata turun hingga 0,53 derajat Celcius. Dan beberapa negara di belahan bumi utara tidak mengalami musim panas. Dan Negara di bagian selatan Eropa harus menghadapi wabah typus.

 

2. Gunung Krakatau

Gunung yang terletak di Selat Sunda ini meletus dengan sangat dahsyat pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Namun aktivitas vulkanik dari gunung ini telah terjadi sejak bulan Mei. Ledakan dari Gunung Krakatau menyebabkan bencana besar di kota sekitar Selat Sunda Seperti Merak, Banten.


Saat meletus, Gunung Krakatau melemparkan banyak sekali material batuan yang sangat panas. Hal ini mengakibatkan banyak warga yang meninggal dunia. Selain itu, ledakan juga menimbulkan gelombang tsunami yang sangat dahsyat. Bahkan Kota Merak dihancurkan oleh gelombang tsunami dengan tinggi hingga mencapai tinggi 46 meter.

Sama halnya dengan Gunung Tambora, erupsi dari Gunung Krakatau juga mengubah iklim dunia. Bahkan bertahan hingga hampir satu tahun lamanya. Di belahan bumi sebelah utara, suhu udara saat musim panas turun hingga 1,2 derajat Celcius. Bahkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat mengalami tahun yang banyak sekali turun hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan tahun itu disebut dengan “water year”. Saat ini Gunung Krakatau hanya menyisakan gunung yang disebut Anak Krakatau.

 

3. Gunung Kelud

Salah satu gunung paling fenomenal di Pulau Jawa adalah Gunung Kelud. Gunung yang sangat dihormati dari Kerajaan Majapahit hingga Kediri. Bahkan di Blitar dibuatkan sebuah sebuah candi untuk persembahan kepada gunung. Candi itu yang kita kenal dengan Candi Palah atau candi Penataran.

Pada tahun 2014 lalu, Gunung Kelud meletus dengan sangat besar. Material yang dimuntahkan gunung ini mengakibatkan beberapa bencana di beberapa kota besar di pulau Jawa. Seperti Kediri yang dihujani pasir. Bahkan Yogyakarta yang letaknya jauh juga mendapatkan kiriman hujan abu hingga berminggu-minggu. Sebelum meletus, banyak warga yang telah dievakuasi sehingga korban yang meninggal sangat sedikit meski korban berupa rusaknya rumah penduduk tidak bisa dihindari.

 

4. Gunung Merapi

Mendengar Gunung Merapi, maka yang ada dipikiran kita pasti tertuju pada Juru Kunci yang sangat nyentrik, Mbah Maridjan. Namun sayang beliau meninggal saat erupsi Merapi tahun 2010 lalu. Selain Mbah Maridjan, hal yang paling fenomenal dari gunung ini adalah munculnya wedhus gembel atau asap hitam panas yang turun dari gunung.

Gunung Merapi dikenal sebagai salah satu gunung yang paling aktif di Pulau Jawa. Bahkan sejak abad ke-16, Merapi terus melakukan serangkaian erupsi. Pada tahun 2010 ada sekitar 153 orang dilaporkan meninggal akibat letusan Gunung Merapi. Lalu sekitar 320.000 warga lainnya harus rela kehilangan tempat tinggal.

 

5. Gunung Samalas

Gunung Samalas mungkin tidak begitu terkenal dibanding yang lain. Alasannya adalah karena gunung ini sekarang sudah hancur akibat ledakannya sendiri. Dan sekarang sudah berubah menjadi Gunung Rinjani lengkap dengan Danau Segara Anakan di Pulau Lombok.

Gunung ini meletus pada tahun 1257. Dan memuntahkan sekitar 10 mil kubik batu ke atmosfer bumi. Besarnya ledakan hampir sama dengan Gunung Tambora, yaitu skala 7 dan masuk kategori ledakan kolosal. Letusan ini mengakibatkan anomali pada iklim dunia dan menjadi salah satu penyebab Zaman Es Kecil.

 

Source : http://www.boombastis.com/letusan-gunung-indonesia

Save

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >