7 Kebiasaan salah ini bisa membuat smartphone kamu rusak

2 tahun lalu, by blogunik

Smartphone bukanlah barang langka lagi, kehadiranya dengan berbagai fungsi yang tertanam didalamnya membuat kehidupan kita semakin mudah. Hampir semua orang telah memiliki gadget keren yang satu ini. Kita dapat melakukan banyak hal menggunakan smartphone, mulai dari mengorbrol dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan aplikasi chatting, bermain game HD, mengerjakan tugas kantor hingga menonton film terbaru dengan kualitas HD pun bisa.

Dengan pentingnya smartphone dalam kehidupan kita, kita harus tau bagaimana menjaga smartphone agar tetap awet. mungkin sebelumnya yang kita ketahui hanya sebatas apabila batre habis maka kita harus mencharge-nya, dan jika hape kita tiba – tiba hang maka kita merestart smartphone kita.

Akan tetapi hal – hal biasa tersebut jika salah memperlakukan smartphone milik kita maka justru smartphone kita akan menjadi rusak. dikutip dari jalantikus, berikut kebiasaan yang tidak boleh kita lakukan agar smartphone kita tidak cepat rusak.

1. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Lama Kosong

Baterai smartphone berisi sel-sel baterai yang akan menampung arus listrik. Saat daya yang ditampungnya habis, sel-sel baterai akan mulai tidur. Jika semua sel kehabisan daya yang ditampungnya, maka akan membuat proses ‘membangunkan’ sel baterai semakin lama.

Bahkan bukan tidak mungkin sel baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik. Makanya jika dalam keadaan darurat, gunakan bantuan power bank; pokoknya segera isi baterai kamu begitu kosong. Minimal 20% lah.

2. Pake Power Bank Abal-abal

Saat ini mulai banyak beredar power bank yang kualitasnya buruk. Selain kapasitas yang tertulis tidak sesuai aslinya, beberapa power bank bahkan memiliki output arus yang tidak cocok untuk digunakan pada smartphone. Dampak lanjutan dari nge-charge smartphone pake power bank abal-abal adalah membuat baterai smartphone kamu cepat aus.

Jika kamu memang butuh power bank untuk aktivitas mobile, belilah power bank yang memiliki kualitas terjamin, bukan hanya harga murah. Baca juga artikel Cara Cek Keaslian dan Kualitas Power Bank Harga Murah dan Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak.

3. Budaya Numpang Nge-charge

Entah karena lupa atau karena gak mau ribet di tasnya banyak kabel, ada saja orang yang pinjam kabel atau charger untuk numpang nge-charge. Padahal jika kamu terus-terusan menggunakan charger yang bukan bawaan akan membuat proses isi ulang smartphone kamu jadi lambat. Karena lambat, akan membuat baterai cepat rusak akibat overheat.

4. Overheat Itu Masalah Serius

Jangan hanya karena mau smartphone mahal dengan fitur menarik, kamu mengabaikan masalah overheat. Pasalnya kebanyakan smartphone itu diciptakan untuk bekerja di antara suhu -10 derajat Celsius hingga 35 derajat Celsius. Jika suhu smartphone kamu mencapai lebih dari batas suhu tersebut, bisa dipastikan komponen di dalamnya akan cepat rusak. Dan juga hindari menyimpan smartphone di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung.

5. Smartphone Juga Butuh Istirahat

Biarkan smartphone istirahat agar performanya tetap terjaga. Aktifkan fitur jadwal otomatis ON/OFF agar saat kamu istirahat, smartphone kamu juga ikut istirahat. Dengan begitu kamu juga jadi bisa tidur dengan tenang.

6. Bluetooth dan WiFi ON Terus

Saat tidak sedang terhubung dengan perangkat lain, selalu matikan Bluetooth dan WiFi di smartphone kamu. Pasalnya saat tidak sedang terhubung dengan suatu perangkat, WiFi dan Bluetooth kamu akan terus menerus aktif memindai, sehingga membuat baterai cepat habis dan merusak smartphone.

Selain membuat baterai cepat habis, saat Bluetooth dan WiFi ON tapi tidak terhubung itu sangat beresiko terhadap serangan hacker. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu sebaiknya matikan Bluetooth dan WiFi jika tidak digunakan. Atau aktifkan Smart WiFi yang akan membuat smartphone kamu otomatis terhubung dengan WiFi yang kamu percaya.

7. Menyimpan Smartphone di Saku Celana Ketat

Ukuran layar smartphone yang tidak terlalu besar, maksimal 5,5 inci masih bisa masuk ke saku celana. Tapi jangan keseringan menyimpan smartphone di saku celana yang ketat karena kebiasaan ini bisa merusak smartphopne.

Selain beresiko layar jadi tergores, dikhawatirkan smartphone kamu jadi bengkok karena tertekuk. Jika bengkok, bisa-bisa menyebabkan baterai smartphone meledak dan menyebabkan luka bakar. Ngeri, kan?

Artikel Terkait