8 Tradisi Perayaan Valentine yang Unik di Dunia

3 tahun lalu, by blogunik

Di hari Valentine jelas nggak lengkap rasanya kalo kita nggak membahas tradisi perayaan Valentine di dunia, Kalian tahu nggak sih, perayaan Valentine di berbagai negara itu nggak cuma bagi-bagi coklat aja seperti perayaan di Indonesia. Mereka punya tradisi unik dalam merayakan Valentine lho. Nih beberapa cerita perayaan Valentine dari 8 negara berbeda seperti Jepang, Korea, Perancis dan negara lainnya di dunia  :

Filipina

Negara ini punya tradisi unik dalam merayakan Valentine. Pasangan-pasangan di Filipina akan berkumpul di sebuah tempat pada tanggal 14 Februari. Lalu, seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Yap, nikah massal nih ! Orang-orang yang ikut misa pernikahan massal cukup banyak lho, sekitar 2.000 pasangan pada tahun 2012. Di samping pernikahan massal, beberapa pasangan yang udah menikah juga mengikuti acara untuk memperbarui sumpah pernikahan.

Inggris

Hari Valentine di Inggris lebih banyak dirayakan sama para perempuan jomblo dan anak-anak. Para perempuan jomblo akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal pada malam sebelum Valentine. Ada juga yang menyelupkan daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan. Harapannya, pria yang akan menjadi suami mereka bakal datang lewat mimpi. Hmm kamu mau nyoba juga ? Nah, di samping itu, anak-anak di Inggris menganggap Valentine sebagai momen pesta permen. Mereka akan menunggu Jack Valentine, Santa Klaus-nya hari Valentine, yang mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan permen dan hadiah.

Terus para cowoknya ngapain? Nah, para pria akan memberikan sebuah sendok cantik yang terbuat dari kayu dan diukir dengan simbol-simbol tertentu. Setiap ukiran pada sendok kayu punya arti beda-beda. Contohnya, pola sepatu kuda memiliki arti roda keberuntungan dan dukungan. Sedangkan ukiran sendok yang berbentuk kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih. Ssttt ini adalah salah satu hadiah tradisional paling romantis di dunia lho.

Afrika Selatan

Di negara ini, para secret admirer akan terbongkar di hari Valentine ! Kok bisa? Ceritanya gini, para perempuan akan memakai pin hati pada baju mereka saat hari Valentine. Di pin hati itu tertulis nama laki-laki yang mereka kagumi. Nah, rasa yang dipendam selama ini jadi kebongkar deh ! Hahaha. Yap, para laki-laki menjadikan hari Valentine sebagai momen untuk mengetahui pengagum rahasia mereka. Mereka pun bakal mengenal perempuan yang dirasa cocok sebelum mengungkapkan rasa kasih sayang. Cara merayakan Valentine seperti ini berasal dari tradisi Romawi Kuno yang dikenal dengan nama Lupercalia.

Denmark

Perayaan Valentine di Denmark diwarnai sama tradisi tukar kartu yang dilakukan oleh laki-laki pada perempuan yang dia suka. Pertukaran kartu ini disebut dengan pertukaran kartu terkasih. Jadi, pada 14 Februari, seorang laki-laki akan memberikan sebuah surat pada perempuan. Surat itu berisi puisi-puisi cinta atau gombalan yang terbuat dari potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu disusun sekreatif mungkin. Terus, di akhir surat tertulis anonim. Tugas para perempuan adalah menebak pengirim surat tersebut. Kalo tebakannya benar, mereka akan pergi ngedate. Wow!

Italia

Di Italia, para perempuan jomblo juga merayakan hari Valentine. Pada 14 Februari, mereka akan bangun sebelum matahari terbit. Soalnya, mereka percaya kalo semakin cepat bangun saat Valentine, maka mereka akan semakin cepat menemukan jodoh dan menikah. Sekarang, hari Valentine juga dirayakan dengan pertukaran hadiah dan makan malam romantis antara laki-laki dan perempuan yang saling menyayangi. Salah satu hadiah Valentine yang populer adalah Baci Perugina. Ini adalah makanan manis terbuat dari hazelnut berlapis coklat, dibungkus kertas perak, dan ditulisi berbagai kutipan romantis dalam empat bahasa.

Perancis

Perancis dengan Kota Paris-nya dikenal sebagai negara paling romantis di dunia. Di negara ini, laki-laki dan perempuan biasanya berkumpul dalam sebuah rumah di hari Valentine. Para laki-laki akan mencari perempuan yang cocok menurutnya. Kalo mereka nggak menemukan kecocokan pada seorang perempuan, laki-laki itu bisa beralih pada perempuan lain. Di akhir acara, para perempuan yang merasa kecewa akan berkumpul di sekitar api unggun. Mereka akan membakar foto laki-laki itu. Gimana, kelihatannya seru bukan ? Sayangnya nih, tradisi ini sudah dilarang sama pemerintah Perancis karena acara ini semakin tidak terkendali.

Korea Selatan

Begitu ngetrennya Valentine di negara ini, perayaannya sampai berlangsung selama tiga bulan! Pada 14 Februari, mereka merayakan hari Valentine dimana sang perempuan memberikan coklat / hadiah pada sang laki – laki. Sebulan kemudian, pada 14 Maret, mereka merayakan hari putih (White Day), dimana sang laki-laki membalas apa yang telah diberikan sang perempuan pada hari Valentine. Perayaan Valentine terus berlanjut sampai 14 April. Ini adalah saatnya para jomblo yang mau merayakan Valentine. Hari itu disebut juga dengan ‘hari hitam’, dimana mereka akan merayakannya dengan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas, yaitu mi bersaus kental warna hitam yang bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam.

Jepang

Di Jepang, hari Valentine merupakan hari dimana Pertarungan Para Wanita untuk mendapatkan laki laki yang disukainya,dengan cara membuat makanan yang terbuat dari coklat mulai kue,biskuit,coklat buatan sendiri ,dan hal hal yang berbau manis,ketika wanita jepang memberikan Coklat kepada orang yang dicintainya,rasa senang akan menghampiri sang wanita maupun sang laki laki,dimana sang wanita senang jika Si laki laki memuji Coklat yang dibuatnya karena enak.

Jika pada hari “Valentine Day” merupakan pertarungan bagi para Wanita Jepang yang bertanggal 14 Februari,maka pertempuran bagi para Laki laki adalah pada tanggal 14 Maret,lah kok maret,di kalender saya tidak ada hari spesial pada tanggal tersebut?itu wajar ,karena pada 14 Maret merupakan hari “White Day

White Day bertepatan pada tanggal 14 Maret yang merupakan sebulan setelah valentine yang diselenggarakan pada 14 Februari tersebut merupakan hari dimana pertarungan bagi para Laki laki,karena pada saat tanggal 14 Februari merupakan hari dimana sang perempuan memberikan hadiah,maka pada saat White Day ,para laki laki lah yang memberikan hadiah kepada sang perempuan,Karena itulah di jepang terdapat sebuah tradisi dimana katanya Valentine di Jepang dirayakan/diselenggarakan dalam setahun 2 kali

 

Source : http://loop.co.id/articles/7-tradisi-perayaan-valentine-yang-unik-di-dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait